Indonesia memiliki jumlah pengguna internet dan media sosial yang besar. Hal ini tentu saja membuka banyak peluang, bagi pengguna yang hendak mendapatkan peluang penghasilan maupun bagi pemilik usaha yang ingin berpromosi dengan memanfaatkan media pemasaran online. Pada artikel kali ini, saya akan berbagi cara beriklan di Facebook Ads.

Kenapa Perlu Menggunakan Facebook Ads untuk Beriklan?

Pada akhir bulan Januari 2020, We Are Social merilis hasil survei pengguna internet di Indonesia dengan judul Global Digital Reports 2020. Di dalam riset tersebut disebutkan hampir 64% penduduk Indonesia telah menggunakan internet. Data ini hampir serupa dengan hasil survei yang dirilis oleh HootSuite.

Dengan jumlah total penduduk di Indonesia ada sekitar 272,1 juta orang, maka jelas ada banyak peluang pemasaran yang bisa diciptakan di sini. Apalagi pengguna internet di Indonesia, yang rata-rata berusia 16 hingga 62 tahun, ternyata sangat aktif menggunakan internet dan bermedia sosial hingga 6-8 jam perhari.

Data pengguna internet di Indonesia
Data Pengguna Internet di Indonesia dari We Are Social dan hootSuite

Dari data ini bisa dilihat, ketika kita memasang suatu iklan, baik promosi maupun jualan, maka ada kurang lebih 175,4 juta pengguna internet yang berpeluang melihat iklan tersebut. Jika dengan penerapan strategi digital marketing yang tepat, bisa jadi dari sekian banyak pengguna tersebut akhirnya jadi pelanggan bisnis kita.

Lalu, bagaimana langkah selanjutnya agar bisa memanfaatkan internet sebagai media promosi online? Salah satu caranya adalah dengan beriklan di Facebook Ads.

Facebook Ads dan Manfaatnya

Saya beranggapan bahwa teman-teman yang membaca artikel ini sudah mengenal dengan baik istilah Facebook Ads. Atau masih ada nih yang bertanya-tanya, apa itu Facebook Ads?

Jadi, Facebook Ads adalah salah satu layanan atau fitur yang disediakan oleh Facebook, yang memungkinkan pengguna Facebook bisa menyebarkan konten, baik dengan tujuan beriklan maupun untuk meningkatkan brand awareness, kepada pengguna Facebook lainnya, bahkan untuk pengguna internet secara umum. Ini karena jangkauan iklan menggunakan Facebook Ads sangat luas.

Bentuk iklan yang bisa dipasang di Facebook Ads cukup beragam, mulai dari foto, image, infografis, teks, bahkan video. Penempatan iklannya pun bisa di beranda, sidebar, atau di antara postingan Facebook milik pengguna. Kita tinggal mengatur mau seperti apa iklan yang ditayangkan melalui Facebook Ads.

Alasan mengapa kita perlu beriklan menggunakan Facebook Ads, tentu saja karena ada banyak manfaatnya. Berikut manfaat beriklan di Facebook Ads, antara lain:

1. Facebook Memiliki Banyak Pengguna Aktif

Sesuai data yang sudah disajikan di awal artikel ini, sudah terlihat jelas bahwa ada banyak orang yang menggunakan Facebook sebagai media pertemanan, bertukar informasi, berinteraksi, bahkan mencari peluang usaha.

Itu sebabnya, Facebook menjadi Social Media Digital Marketing paling aktif kedua di Indonesia apalagi setelah megakuisisi Instagram, setelah posisi pertama dipegang YouTube. Para pengguna yang aktif inilah yang nanti bisa membantu kita untuk menjadi target market paling potensial bagi bisnis, peningkatan brand awareness, reach (jangkauan), engagement (interaksi), peningkatan traffic ke website, dan sebagainya.

2. Demografi dan Target Market yang Spesifik

Di dalam Facebook Ads tersedia banyak fitur yang memudahkan kita dalam menentukan target market yang lebih spesifik, mulai dari usia, latar belakang profesi, perilaku konsumen/pembaca website, bahkan demografinya.

Kita tinggal memanfaatkannya demi menyesuaikan produk maupun konten iklan sesuai dengan target audiens yang dibidik. Memang perlu trial and error dan analisis setelah melakukan pemasangan iklan agar selanjutnya bisa menentukan pengaturan terbaik agar iklan tepat sasaran.

3. Jangkauan Luas Berkat Fitur Remarketing

Kebanyakan di antara kita pasti pernah mengalami, ketika membuka media sosial atau website, tahu-tahu ada iklan yang muncul terkait produk yang pernah kita lihat sebelumnya. Inilah yang dinamakan remarketing. Sama halnya seperti fitur di Google Ads, Facebook Ads juga ada fitur remarketing yang memungkinkan audiens kita melihat kembali iklan yang pernah kita tampilkan ketika mereka berselancar di internet.

Dengan adanya fitur remarketing ini, maka jangkauan iklan pun menjadi lebih luas, sehingga nanti yang memungkinkan jadi pelanggan kita tidak hanya followers atau teman dalam jaringan pertemanan kita, namun juga bisa menjangkau audiens yang lebih luas.

4. Biaya Pasang Iklan Murah

Nah, ini yang paling penting nih. Ketika kita hendak pasang iklan, biasanya yang pertama kita pikirkan adalah masalah biayanya. Namun, jangan khawatir. Beriklan menggunakan Facebook Ads biasanya murah sekali, bahkan bisa mulai dengan harga Rp10.000,-

Mengenai biaya, bahkan kita bisa mengatur sendiri berapa biaya yang hendak kita gunakan untuk beriklan, berapa iklan hendak ditayangkan, dan adanya fitur pengoptimalan iklan yang disediakan Facebook Ads juga membantu kita bagaimana cara memaksimalkan iklan kita.

Dengan biaya murah, kita sudah bisa meningkatkan traffic dan page view website, memperluas jaringan demi membangun brand awareness, meningkatkan konversi, bahkan berpeluang untuk meningkatkan penjualan.

Cara Beriklan di Facebook Ads

Setelah mengetahui apa itu Facebook Ads dan manfaat beriklan dengan menggunakan Facebook Ads, maka selanjutnya yang perlu kita tahu adalah cara beriklan menggunakan Facebook Ads.

1. Memiliki Facebook Pages

Langkah pertama, pastikan kita sudah memiliki Facebook Pages atau Facebook Fanpages. Jika belum memiliki, maka kita harus membuat halaman bisnis ini terlebih dahulu.

Facebook Ads menggunakan Facebook Pages
Facebook Page

2. Masuk ke Facebook Pages

Masuk ke halaman Facebook Pages. Kemudian pada bagian kanan halaman ada tombol Create Ad. Klik tombol ini.

Facebook ads di Pages Facebook

ad-center-facebook-ads

Atau Anda bisa masuk ke Facebook Ads Manager, namun pastikan sebelum Anda masuk ke sana, Facebook akun Anda sudah dalam posisi login. Tampilan jika masuk ke Facebook Ads Manager seperti di image berikut. Kita tinggal klik Create untuk mulai beriklan.

Facebook Ads Manager
Tampilan Facebook Ads Manager

3. Lakukan Pengaturan Iklan

Langkah berikutnya, kita perlu melakukan pengaturan tujuan pemasangan iklan yang akan kita lakukan. Jika melalui Facebook Pages, maka pilihan yang tersedia, get more calls, get more website visitor, boost a post, boost and Instagram post, get more messages, promoto your page, get more leads.

Beriklan di Facebook Ads
Pengaturan Target Iklan Menggunakan Ad Center di Facebook Pages

Sementara jika melakukan pengaturan melalui Facebook Ads manager, maka ada kategori tujuan pemasangan iklan, yaitu:

Iklan di Facebook Ads Manager
Pengaturan Tujuan Iklan di Facebook Ads Manager

Brand Awareness (Kesadaran Merek)

– Brand awareness (kesadaran merek)
– Reach (jangkauan)

Consideration (Pertimbangan)

– Traffic (lalu lintas kunjungan)
– Engagement (interaksi)
– App Installs (pemasangan aplikasi)
– Video views (penayangan video)
– Lead generation (pembuatan prospek)
– Messages (pesan masuk)

Conversion (Konversi)

– Conversions (konversi)
– Catalog sales (penjualan katalog)
– Store traffic (kunjungan toko)

Pilih salah satu tujuan iklan yang ingin kita capai. Sebagai contoh, saya memilih: get more website visitor. Hal ini juga sangat sering diterapkan oleh digital agency Jakarta.

Kemudian, saya akan melakukan pengaturan pula untuk button label apa yang akan tampil pada iklan, audiens seperti apa yang jadi target saya, mulai dari domisili, profesi, usia, kapan iklan akan ditayangkan, untuk berapa lama iklan mau ditayangkan, dan berapa anggaran biaya iklan yang saya tetapkan. Jika pengaturan sudah selesai, tinggal klik Promote Now.

Beriklan Facebook Ads
Pengaturan Iklan di Ad Center Facebook Pages

Cara Melakukan Pembayaran Iklan di Facebook Ads

Namanya kita mau pasang iklan tentu kita harus bayar ya. Menggunakan Facebook Ads, pembayaran dilakukan otomatis sesuai dengan anggaran iklan yang kita tentukan, dan langsung dipotong dari saldo yang tersedia. Untuk itu, kita perlu melakukan pengisian saldo dulu (available balance).

Cara melakukannya, adalah sebagai berikut:

1. Klik tombol Add money

Pada bagian ini, kita perlu melakukan pengisian saldo dulu, supaya tersedia dana di dompet Facebook kita dan ketika mau pasang iklan, tidak dilakukan pemotongan dari saldo yang tersedia. Untuk itu, langsung saja klik Add Money.

cara bayar iklan Facebook

2. Memilih Metode Pembayaran

Lalu akan muncul halaman select a payment method. Pilih cara pembayaran yang kita mau, bisa dengan menggunakan kartu kredit, bank transfer, doku wallet (melalui pihak ketiga), atau dengan Facebook Ad Coupon.

Saya lebih memilih Bank Transfer, karena akan lebih terkontrol dalam penggunaan dan pemanfaatan anggaran biaya iklan yang perlu saya lakukan. Jika sudah menentukan pilihan, klik tombol continue (lanjutkan).

cara bayar facebook ads

3. Menentukan Jumlah Dana

Pada tahap ini akan muncul halaman Add Money to Your Balance. Kita perlu memasukkan jumlah uang yang mau kita setorkan untuk mengisi saldo di Facebook. Kemudian kita akan dibawa ke halaman review dana yang mau dilakukan, tinggal klik Make Payment jika sudah benar.

Nanti akan muncul halaman Process Facebook Payment, tinggal klik Continue.

cara beriklan di Facebook Ads

4. Lakukan Transfer

Begitu halaman berikutnya terbuka, maka akan muncul jumlah uang yang perlu kita transfer, cara melakukan transfer, bank code, dan tenggat waktu terakhir kita melakukan transfer.

Masih di halaman yang sama, bahkan kita juga diberikan caranya melakukan transfer, tujuan bank transfer, yaitu Bank Permata, dan payment code milik kita yang nanti harus dimasukkan saat melakukan transfer. Untuk diketahui, payment code juga menjadi nomor rekening tujuan kita melakukan transfer.

cara transfer Facebook Ads

5. Metode Transfer

Melakukan transfer ini bisa menggunakan transfer melalui ATM, atau menggunakan internet atau mobile banking. Saya sudah pernah mencoba semua cara transfer ini, baik melalui atm, internet banking, juga mobile banking. Semuanya worked dan tidak membutuhkan waktu lama, dana sudah masuk dalam saldo available balance milik saya.

Kali ini, saya mencoba melakukan pembayaran dengan menggunakan Jenius, aplikasi bank milik BTPN. Dan ternyata praktis juga kok. Tahapannya bisa dilihat pada gambar yang saya sertakan. Jika belum punya Jenius, kamu bisa cari tahu lebih banyak tentang Jenius terlebih dahulu dan melakukan pembuatan rekeningnya dengan mengunjungi website Jenius.

Bayar Facebook Ads Pakai Jenius
Cara Bayar Facebook Ads Pakai Jenius

Setelah proses transfer selesai, dana yang tersedia pada available balance bisa kita gunakan untuk beriklan sesuai kebutuhan. Lakukan analisis dalam melakukan pengaturan sampai menemukan target yang sesuai dengan audiens Anda.

Semoga Cara Beriklan Menggunakan Facebook Ads, juga cara melakukan pembayaran iklan di Facebook bisa bermanfaat bagi pemilik usaha yang hendak mempromosikan produk maupun brand, juga untuk semua pemilik website yang ingin meningkatkan traffic website.

 844 total views,  6 views today

35 KOMENTAR

  1. Nah aku belum pernah beriklan di Facebook nih mbak, aku ikutin tutoroal mbak Mon aja ah. Dulu pernah sih tahun 2008 pas awal-awal FB ada tapi yg ngerjain suamiku.
    Jangkauannya bisa lebih luas ternyata ya mbak beriklan di Facebook, terima kasih buat pencerahannya

  2. Wohoo mantap ilmunya Mba Monica, daging semuaaa.. aku izin save yaa. Aku udah punya fb fanpage, tapi bener-bener belum dimaksimalkan buat pasang ads

  3. Saya baru tahu yang bahwa fitur remarketing FB ads memungkinkan audiens kita melihat kembali iklan yang pernah ditampilkan ketika mereka berselancar di internet. Kirain saya saja yang bisa melihat kembali. Wah keren ya Facebook. Waktu menayangkan iklannya pun bisa kita serahkan saja ke FB ya, terserah menurutnya kapan yang paling bagus.

  4. Wah makasih banget mbak Artikelnya. Aku udah lama pengen nyobain pakai facebook ads, cuma kendalanya di pembayaran. dulu kan aku bikin fanpage facebook waktu tinggal di Malaysia. Jadi otomatis pakai mata uang sana, dan sekarang bingung mau ngeset lagi cara pembayaran. semoga setelah membaca ini jadi bisa utak atik Facebook ads.

  5. Wah trimakasih utk infonya ini. Saya punya FB page, tp nelum pernah menggunakan layanan FB ads krn belum menguasai caranya. Perlu utk dipraktikkan nih

  6. Saya mulai coba facebook ads, tapi kayaknya perlu trial and error kelompok audiencenya ya Mbak. Hehehe

  7. Wah ini yang aku cari. Aku mandek aja nih mau nyoba Facebook Ads ini. Padahal manfaatnya banyak banget ya buat blogger. Aku bookmark deh. Mau aku baca pelan-pelan sekalian nyobain langsung Facebook Ads-nya. Makasih buat tulisan lengkapnya, Mbak Mon.

  8. Sekarang murah banget ya bisa dari 10 ribu rupiah aja. Aq dlu zaman masih berbisnis juga pernah iklan di fb ads buat fan Page ku. Dari cuma 200 an followers alias likes bisa jadi 1900 lebih. Mantaplah

  9. Saya pernah sekali nyoba Facebook ads ini dan beneran loh untuk artikel blog dan yang baca sehari saja diluar ekspektasi saya mbak, banyak banget.

  10. Aku secara pribadi belum pernah mencoba Facebook Ads…tapi pernah mendegar salah satu sahabat blogger yang rutin menggunakan kalau ada pekerjaan.
    Hasilnya sungguh tidak mengecewakan. Dan patut dicoba.

  11. Mbak Mon, saya pernah nih coba facebook ads dan gagal, hehehe. Habis 100rb tapi gak dapat apa-apa. Trus saya nggak pernah coba lagi. Misalnya saya pasang iklan nih mbak, 60rb, sedangkan saldo saya tinggal 50rb. Trus saya gak bisa transfer, kan iklan jalan terus ya. Nah, kalau udah habis waktu ngiklannya, kira-kira apa yang terjadi dengan iklan saya? Terhapus kah atau gimana mbak? #penasaran

  12. Aku kemarin nyoba Kak, artikel diboost iklan di FB Ads. Masih harus belajar settingannya sih, jadi trail and error memang. Belum cek, apakah PV-nya naik atau ga. Makasih sharingnya, jadi makin ngerti…

  13. Pas banget aku nemu tulisan Kak Mon di saat baru aja temanku tanya tanya soal facebook ads. Ijin ya Kak Mon, tulisan kakak ini aku share ke temanku.

  14. Saya pernah pasang iklan via Facebook ads mba, work banget emang karena kita bisa tentukan target market kita gitu, jadi biaya yg dikeluarkan gak sia-sia. Mantap pokoknya

  15. Aku pernah nyoba facebook-ads juga, tapi iseng untuk mencoba dan hasilnya cukup lumayan juga sih. Makasih atas sharingnya mbak, semangat.

  16. Dulu waktu aku ada usaha dibidang healthy lifestyle pernah juga pakai facebook ads. Dan pada saat itu hanya bisa menggunakan kartu kredit. Tapi belakangan, untuk metode pembayaran sudah bisa melalui debit juga ya kak.

  17. Wah makasih Mbak udah mau sharing cara beriklan di facebook ads. Ini ulasannya lengkap banget. Jadi saya kalau mau beriklan di FB lagi, nanti tinggal ke sini aja deh, intip caranya.

  18. ternyata pembayarannya bisa beragam ya, dulu pernah sekali fb adds harus pakai kartu kredit jadinya dipinjemin deh sama temen plus dipesenin ^_^
    txs ya mba monic, jadi tahu & pengen nyoba sendiri, apalagi ternyata biayanya beragam bisa disesuaikan dengan isi dompet 🙂

  19. Woh lengkap bgt thanks Mba Mon, kemarin sy sempet sih coba2 FB Ads ini dg harga 50rb, namun jangkauannua belum maksimal dan perlu mau disesuaikan2 lagi. Baru nyobanya ke postingan blog sih dan waktu itu temanya laptop, mau coba lg yg versi artikel lain. Thanks insightnya, bs dimanfaatkan bgt ya emang Fb Ads ini

  20. Menurut pengalaman suami yang pernah berjualan online, memasang iklan di facebook ads memang lebih keliatan hasilnya karena bisa melihat target pasarnya dengan jelas.
    Sepertinya saya juga mau nyobain untuk memasang link postingan blog di facebook ads supaya PV bisa bertambah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here