Uncategorized

Charity Fun Run CT ARSA Foundation

Pada 4 November 2017 lalu, CT ARSA Foundation menyelenggarakan ajang lomba lari yang mengusung tema Charity Fun Run 2017, berlari sambil berbagi sekaligus bersenang-senang. Kurang lebih pukul 05.00 WIB, saya tiba di salah satu gerai makan cepat saji yang berada di seberang Lapangan Sunburst BSD City Tangerang. Saya menunggu di gerai tersebut, menikmati segelas kopi, sambil mengamati para peserta lari yang sedang sarapan sambil berbincang. Sekitar pukul 05.30 WIB, saya pun memutuskan menyeberang, menuju lapangan tempat start dan finish Charity Fun Run, dan langsung menuju ke booth detik.com yang diberi nama Kampung Happy. Di sana, sudah berkumpul teman-teman sosmed agen Detik.

Charity Fun Run - Sosmed Agen Detik di Kampung Happy
Momen Seru Setelah Puas Bagi-bagi Doorprize Bersama Bang Karel

Setelah briefing singkat, saya dan teman-teman sosmed agent detik dibagi dalam beberapa kelompok yang nanti akan berada di beberapa titik untuk mengambil momen kemeriahan para peserta lari di titik tersebut. Saya dan dua teman kebagian di Color Zone. Oke, saya langsung menyanggupi tanpa pikir panjang. Tapi begitu melihat peta rute lari, alamak, ternyata posisi nanti saya berada cukup jauh. Untungnya saat berjalan menuju ke Color Zone, ada satu mobil pick up milik panitia yang mengizinkan saya menumpang hingga tiba di Color Zone.

Rute Charity Fun Run 2017 CT ARSA Foundation

Charity Fun Run yang Benar-benar Fun

CT ARSA Foundation menyelenggarakan Charity Fun Run 2017 sebagai momen peringatan 12 tahun yayasan ini berkiprah dalam berbagai kegiatan sosial di Indonesia. Sebagai grup korporasi dari beberapa perusahaan, seperti Carefour, Trans Corp, Bank Mega, dan lain sebagainya, maka para peserta yang mengikuti lomba lari ini berasal dari keluarga dan kerabat pegawai perusahaan-perusahaan yang berada dalam naungan CT ARSA Foundation. Meski begitu, ada banyak pula peserta yang merupakan masyarakat umum.

Beberapa tokoh masyarakat juga hadir dalam acara ini lho, seperti Wakil Gubernur Sandiaga Uno yang memang cinta banget dengan olahraga lari. Itu makanya tak heran jika Pak Sandiaga Uno juga ikut menjadi peserta lari. Kemudian hadir pula dai kondang yang sering mengisi acara dakwah di Trans TV, Pak Ustad Maulana, artis-artis dari Trans Corp, bahkan Pak Chairul Tanjung dan Ibu Anita Ratnasari.

Pak Sandiaga Uno Jadi Peserta Charity Fun Run 2017. Foto: Trans Corp

Tujuan diselenggarakannya Charity Fun Run ini adalah untuk mengajak seluruh peserta, masyarakat umum, juga pecinta olahraga lari ikut berbagi keceriaan sekaligus peduli terhadap sesama yang membutuhkan uluran tangan. Itu sebabnya, seluruh peserta yang telah melakukan pendaftaran untuk ikut berpartisipasi dalam lomba lari ini juga sekaligus menjadi donatur. Dana yang terkumpul nantinya akan disalurkan dan digunakan untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan sosial oleh CT ARSA Foundation, seperti untuk pendidikan, kesehatan, penyediaan air minum gratis, pembagian susu untuk anak-anak di daerah terpencil, dan sebagainya.

Beberapa lomba yang bisa diikuti peserta:

  1. Best Running Costume.
  2. Best Running Costume Family.
  3. Best Face Painting.
  4. Best Happiest Selfie Photo.
  5. Most Photo Likes.

Karena ada kategori Best Running Costume dan Best Running Costume Family, tak heran kalau cukup banyak peserta lari mengenakan kostum yang menarik dan unik. Ada yang berpakaian ala vampir, gatot kaca, kostum pemuja setan, bahkan ada banyak pula keluarga yang kompakan mengenakan kostum bertema sama dalam mengikuti lomba ini. Selain itu, ada satu kelompok peserta yang mengikuti lari sambil bermain tetabuhan, nyanyi bareng, atau bawa tape yang memutar lagu penuh semangat. Karena temanya adalah berlari dengan fun dan menyenangkan maka para peserta bebas berbagi keceriaan dengan sesama peserta yang kurang lebih 15.000 orang serta menghibur masyarakat umum yang menonton di sepanjang jalan yang akan dilalui para peserta.

Peserta Charity Fun Run akan berlari kurang lebih 5 km. Rute yang dilalui peserta dimulai dari garis start yang berada di Lapangan Sunburst sekitar pukul 06.00 WIB. Pelepasan para peserta lari dilakukan oleh Bapak Chairul Tanjung. Para peserta serempak berlari melalui Kantor Pajak, memasuki area The Breeze, melewati 2 zona fun yang telah disiapkan panitia, berputar di perempatan Forest, kembali berlari menuju Lapangan Sunburst sebagai garis finish, namun sebelum mencapai garis finish, mereka mau tak mau akan melalui Color Zone.

Secara lengkap, 3 Zona Fun yang harus dilalui peserta adalah:

Bubble Zone

Saat melalui zona ini, para peserta akan diserbu dengan gelembung-gelembung sabun yang telah disiapkan panitia untuk menambah kesegaran, keceriaan, dan semangat untuk terus berlari hingga garis finihs.

Zombie Zone

Zona horor, kalau ini sih menurut saya, karena panitia telah menyiapkan tokoh-tokoh zombie untuk meningkatkan adrenalin para peserta sehingga mereka akan terus berlari. Ya di zona ini para peserta akan dikejutkan dengan kehadiran puluhan zombie yang dengan senang hati mengejar mereka. Ayo, terus berlari dan jangan sampai tertangkap. Inilah yang diteriakkan kepara para peserta saat melewati zona yang seru ini.

Color Zone

Ini zona terakhir yang dilalui peserta sebelum memasuki garis finish. Cukup banyak cewek-cewek cantik yang berbaris rapi di sini dan siap menaburkan bubuk warna-warni ke arah para pelari untuk menambah keceriaan. Yah, walaupun dalam praktiknya, ternyata cukup banyak pelari yang berusaha menghindar karena tak mau tubuh mereka berubah penuh warna... hahaha.

Hadiah Berlimpah di Charity Fun Run CT ARSA Foundation

Setelah seluruh pelari mencapai garis finish, saya dan seluruh sosmed agent detik kembali ke Lapangan Sunburst karena di sana keceriaan masih berlanjut. Ada panggung utama yang menampilkan berbagai band pengisi acara, kontes berhadiah yang bisa diikuti para peserta, berbagai booth sponsor yang bagi-bagi produk gratis, merchandise, juga menjual produk mereka dengan harga yang sangat murah. Ada Carefour yang menyediakan berbagai produk sayur dan buah segar, juga sarapan pagi yang nikmat. Ada es krim, ada pembagian minuman gratis, pokoknya banyak deh. Intinya, para peserta dan pengunjung yang berada di Lapangan Sunburst tak akan dibiarkan pulang dengan tangan kosong.

Tersedia Aneka Makanan di Booth Transmart - Carrefour. Charity Fun Run 2017 CT ARSA Foundation

Di Kampung Happy, booth milik detik.com, juga berlangsung acara meriah yang bisa diikuti. Ada stand memanah, lomba teriak untuk mengukur kadar gila (ini gokil banget), ada stand message yang kasih jasa pijat gratis, sarapan enak, dan yang paling seru adalah doorprize berupa uang tunai untuk peserta yang beruntung. Bang Karel Anderson menjadi pembawa acara bagi-bagi doorprize dengan gayanya yang cool dan gokil abis. Tidak tanggung-tanggung, acara bagi doorprize ini dilakukan sampai tiga sesi dan banyak sekali yang kebagian rezeki dapat hadiah uang tunai.

Sebagian Peserta yang Beruntung Mendapatkan Hadiah dari Detik di Kampung Happy

Tentang CT ARSA Foundation

CT ARSA Foundation didirikan oleh Bapak Chairul Tanjung dan Ibu Anita Ratnasari dengan visi memutuskan mata rantai kemiskinan melalui pendidikan yang berkualitas dan optimalisasi kesehatan bagi masyarakat Indonesia yang kurang mampu. Langkah pertama untuk mewujudkan visi tersebut dilakukan pada 2005 dengan mendirikan Rumah Anak Madani di Deli Serdang untuk membantu anak-anak korban tsunami Aceh.

Program lain yang telah diselenggarakan CT ARSA Foundation, antara lain:

  • Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).
    Bertujuan untuk memastikan tercapainya pendidikan yang berkualitas bagi anak-anak Indonesia sedini mungkin.
  • Mobil Sehat.
    Pendidikan yang berkualitas tidak akan mungkin tercapai tanpa kesehatan yang optimal. Untuk itu, CT ARSA Foundation menyediakan mobil sehat yang siap sedia memberikan pelayanan kesehatan umum dan gigi secara gratis bagi masyarakat. Selain itu, Mobil Sehat ini juga menyelenggarakan penyluhan kesehatan secara umum, mengenai pentingnya kesehatan gigi, kebersihan lingkungan hidup, bahaya narkoba, dan sebagainya.
  • Mobil Pintar.
    Penyediaan Mobil Pintar bertujuan untuk menyediakan bacaan gratis bagi anak-anak dan menyelenggarakan keterampilan praktis bagi masyarakat tidak mampu sehingga bisa ikut mengentaskan kemiskinan di Indonesia.
  • Yayasan Mitra Netra.
    CT ARSA Foundation yang dipimpin Ibu Anita Ratnasari Tanjung juga bekerja sama dengan Yayasan Mitra Netra untuk meningkatkan kualitas dan partisipasi tuna netra di bidang pendidikan dan mendapatkan peluang kerja sehingga mereka dapat hidup mandiri dan bermakna bagi masyarakat sekitarnya.
  • Pemberdayaan Pengrajin ARSA.
    Pemberdayaan Pengrajin ARSA dilaksanakan dengan membentuk Butik ARSA yang 100 persen keuntungannya diberikan kepada pengrajin yang tergabung dalam program ini. Para pengrajin tersebut juga mendapatkan keterampilan dan penyuluhan sehingga hasil karya mereka menjadi lebih baik dan mereka pun menjadi lebih sejahtera.
Mobil Pintar CT ARSA Foundation

Selain yang telah disebutkan tadi, masih ada banyak sekali program sosial yang diselenggarakan CT ARSA Foundation demi mewujudkan visi yang telah ditetapkan. Yayasan ini ikut pula dalam pembangunan di wilayah Amfoang, Nusa Tenggara Timur, dalam bentuk pembangunan sekolah, penyuluhan kesehatan umum, kesehatan gigi dan mulut, program penyediaan air bersih, pembagian susu dan peralatan sekolah, serta pemberdayaan pengrajin tenun. Mereka juga menerbitkan berbagai buku panduan berkaitan dengan kesehatan, parenting, serta pemberdayaan manusia. Masih membutuhkan informasi lengkap mengenai CT ARSA Foundation, kunjungi website resmi saja langsung dan nantikan Charity Fun Run berikutnya.

3 thoughts on “Charity Fun Run CT ARSA Foundation

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *