Kembali Alami Demi Hidup Lebih Produktif – Ketika memutuskan berhenti kerja kantoran dan memilih bekerja secara freelance, saya pikir, saya bisa memiliki kebebasan waktu. Namanya kebebasan waktu ya dalam 24 jam saya hanya perlu menyusun apa yang perlu saya kerjakan, di mana saya akan bekerja dan berapa lama. Faktanya, dunia freelance tak sebebas yang saya bayangkan. Jika tidak mengatur waktu dengan baik maka tidak hanya kesehatan yang terganggu tapi produktivitas pun bisa menurun.

Mari Berubah Kembali Alami Demi Hidup Lebih Produktif

Dari banyak referensi baik melalui buku dan artikel yang bersumber dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) maupun Kementerian Kesehatan RI, saya mendapatkan pengetahuan bahwa gaya hidup kurang sehat (jam tidur berantakan dan kurang melakukan aktivitas fisik) ditambah dengan pola makan yang tidak sehat merupakan faktor penyebab berbagai penyakit berbahaya dan mematikan, seperti penyakit jantung, stroke, tekanan darah tinggi, diabetes, bahkan kanker. Untuk menghindari berbagai penyakit ini, maka gaya hidup yang kurang sehat tadi perlu banget segera diubah.

Saat memutuskan ingin berubah, yang muncul dalam pikiran saya adalah kembali alami, maksudnya kembali alami di sini adalah kembali hidup selayaknya manusia seharusnya. Ya normalnya manusia kan tidurnya malam ya, bukan kebalikannya. Lalu jenis makanan yang dikonsumsi pun harusnya adalah bahan-bahan alami yang segar, bukan instan, bukan olahan. Namanya berubah memang tak bisa secara langsung dan dalam waktu singkat. Saya perlu kembali membangun kebiasaan-kebiasaan baru dan meninggalkan kebiasaan lama yang kurang sehat.

Beberapa perubahan yang saya lakukan agar kembali alami dan hidup dengan gaya hidup sehat, antara lain:

1. Tidur Malam Cukup dan Bangun Pagi

Kenapa masalah tidur malam dan bangun pagi saya letakkan di paling pertama? Ya, inilah masalah terberat saya yang sejak dulu sudah jadi kebiasaan dan rasanya sulit sekali diubah. Jadi cara yang saya lakukan:

  • Naik ke tempat tidur di jam yang sama setiap malam, yaitu antara jam 11 atau jam 12 malam.
  • Menghindari membaca buku di malam hari karena kalau saya penasaran dengan isi bukunya maka aktivitas membaca buku ini bisa berlanjut hingga pagi (hingga baca bukunya selesai).
  • Menjauhkan ponsel dari tempat tidur.
  • Pasang alarm di jam yang sama setiap pagi dengan nada dering yang dengan rutin juga diubah.
  • Meredupkan pencahayaan kamar.
  • Sebelum naik ke tempat tidur, kadang saya juga minum minuman hangat, seperti susu hangat tawar, sari jahe, sari temulawak, wedang uwuh, dan sebagainya.

2. Makan Makanan Berbahan Baku Segar

Pola makan berada di urutan kedua. Makanan yang masuk ke tubuh dipercaya banyak ahli kesehatan sebagai sumber penentu apakah kesehatan kita akan jadi lebih baik ataukah malah jadi buruk. Jika makanan yang dikonsumsi adalah makanan baik yang berbahan baku segar (bebas pengawet dan bahan-bahan berbahaya lainnya, maka kesehatan kita bisa terjaga dengan baik. Untuk itu, saya berusaha kembali alami dengan memasak makanan sendiri di rumah. Jika pergi, maka saya bawa bekal makanan di kotak bekal. Tapi ya kadang sulit juga sih, sesekali masih makan di luar juga atau di tempat acara, hanya saja saya akan memilih makanan yang diolah dengan baik dan memprioritaskan konsumsi sayur dan buah.

3. Menurunkan Berat Badan dengan Menambah Aktivitas Fisik

Kerja sebagai penulis buku dan konten mengharuskan saya duduk berjam-jam di depan laptop. Tak heran berat badan saya terus mengalami peningkatan ke angka timbangan yang menakjubkan. Kebiasaan dalam posisi duduk terlalu lama ini ternyata sangat berbahaya lho karena rentan akan gangguan tulang punggung yang bengkok, sering sakit di persendian, fungsi metabolisme tubuh terganggu, bahkan meningkatkan risiko penyakit diabetes. Di saat yang sama, terlalu banyak duduk jelas meningkatkan berat badan kalau dikombinasi dengan pola makan yang buruk.

Jadi saat ini, setiap 30-45 menit sekali saat bekerja dengan posisi duduk, saya akan berdiri dan berjalan-jalan sejenak sambil melakukan peregangan ringan.

Oh ya, saya juga menambah aktivitas fisik seperti lebih memilih naik turun tangga daripada menggunakan eskalator atau lift. Jika pergi ke pasar atau mini market yang jaraknya masih bisa saya jangkau dengan berjalan kaki, maka saya akan memilih jalan kaki alih-alih naik sepeda motor. Harapannya, dengan bertambahnya aktivitas fisik dan pola makan yang sehat, saya bisa segera mendapatkan kembali berat badan ideal.

4. Banyak Minum Air Putih

Jika dulu saya sering abai dengan pentingnya minum air putih yang banyak setiap hari dan lebih memilih minuman lain yang berasa manis atau kopi, saat ini saya lebih memilih minum air putih. Ada banyak sekali manfaat konsumsi air putih, seperti membantu membersihkan racun dari dalam tubuh, meningkatkan produksi sel otot dan sel darah baru, meningkatkan metabolisme, menjaga kadar air dalam tubuh sehingga suhu tubuh tetap terjaga dan terhindar dari dehindrasi, serta masih banyak lagi manfaat lainnya.

5. Mengganti Camilan Kurang Sehat dengan Buah dan Sayur

Sekarang untuk makanan yang saya konsumsi tiap hari, saya menggunakan panduan piring gizi seimbang, yaitu porsi karbohidrat dikurangi, namun menambah porsi sayur dan buah. Camilan tak sehat semacam gorengan atau snack-snack yang tinggi garam serta perasa juga mulai saya tinggalkan, dan lebih memilih mengkonsumsi buah atau sayur saat saya ingin menyamil. Selain sehat, konsumsi buah juga mengenyangkan dan ini sangat membantu saya yang sedang dalam proses menurunkan berat badan.

6. Konsumsi Suplemen Berbahan Alami

Sejak remaja, saya senang sekali minum jamu. Dulu mudah sekali menemukan jamu gendong yang lewat depan rumah, bahkan kadang saya dan keluarga suka pesan satu botol gitu sekalian untuk disimpan di lemari pendingin, sehingga saat ingin minum sudah tersedia. Sekarang, agak sulit menemukan jamu gendong ini sehingga kebiasaan minum jamu berbahan alami hanya saya lakukan sesekali, yaitu ketika menemukan jamu gendong atau gerai jamu yang bahan-bahan jamunya memang dari bahan alami.

Untungnya kebiasaan minum jamu bisa kembali saya lakukan dengan rutin saat saya menemukan produk Herbadrink yang mudah didapatkan di mana pun, mulai dari mini market, supermarket, bahkan beberapa apotik dan toko kelontong dekat rumah juga menyediakan Herbadrink.

Ada cukup banyak varian Herbadrink, mulai dari sari jahe, sari temulawak, kunyit asam sirih, chrysanthemum, beras kencur, lidah buaya, bahkan wedang uwuh. Lengkap banget variannya sehingga saya punya banyak pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Konsumsi jamu berbahan alami begini benar-benar membantu menjaga kesehatan saya.

Kembali Alami Demi Hidup Lebih Produktif

Sejak berusaha menerapkan gaya hidup yang lebih sehat, memang saya juga merasakan beberapa perubahan signifikan dalam keseharian saya.

Agar hidup saya lebih produktif, maka ada beberapa hal yang saya lakukan, antara lain:

1. Mencatat dan Membuat Rencana.

Di awal minggu, saya akan membuat rencana kerja mingguan terlebih dahulu. Biasanya sih saya lakukan setiap hari Minggu malam. Namun namanya rencana, pastilah akan ada perubahan-perubahan karena perlu disesuaikan dengan situasi dan kondisi yang ada. Jadi selanjutnya, saya selalu meluangkan waktu setiap hari sebelum tidur untuk mencatat pekerjaan apa saja yang sudah saya lakukan di hari tersebut dan rencana apa yang akan saya wujudkan keesokan harinya.

Mencatat progres kerja harian juga membantu saya melakukan evaluasi ulang, pekerjaan mana butuh perbaikan, pekerjaan mana yang perlu ditingkatkan, apakah hasilnya baik atau tidak, dan sebagainya. Sementara menyusun rencana untuk esok hari membantu saya fokus pada apa yang seharusnya dikerjakan dan mana yang bisa saya alihkan jika mendadak ada hal-hal penting lain yang perlu dilakukan.

Biasanya setelah selesai mencatat dan membuat rencana, saya akan membuat Herbadrink Lidah Buaya hangat. Minum minuman hangat membantu saya untuk bisa segera tidur. Selain itu, sari lidah buaya yang ada pada Herbadrink Lidah buaya ini sangat membantu memelihat kesehatan pencernaan dan melancarkan buang air besar. Besok pagi urusan “mengosongkan amunisi” yang tak terpakai tubuh bisa lancar dan tak memakan waktu lama.

Kembali Alami Demi Hidup Lebih Produktif
Herbadrink Sari Temulawak dan Sari Lidah Buaya Minuman Alami Favorit

2. Bekerja dengan Skala Prioritas.

Bekerja dengan skala prioritas penting dilakukan agar hasil kerja jadi lebih baik dibandingkan kalau bekerja dengan sembarangan apalagi dengan sistem multitasking. Saya mengelompokkan terlebih dahulu pekerjaan mana saja yang memiliki skala prioritas paling tinggi, paling penting, dan paling membutuhkan perhatian untuk waktu satu minggu. Kemudian, baru saya membaginya untuk dikerjakan satu hari satu sesuai tenggat waktu yang telah ditentukan.

Menyelesaikan pekerjaan yang memiliki prioritas tinggi akan membuat ada lebih banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam satu hari lho. Analoginya sama seperti kita mengisi toples dengan batu besar terlebih dahulu, kemudian baru batu-batu kecil, pasir, dan terakhir air. Toples dengan ruang terbatas bisa memuat lebih banyak dengan susunan seperti tersebut.

Sebaliknya, jika kita mengisi pasir lebih dulu, batu kecil, lalu air, maka batu besar belum tentu bisa muat di toples yang sama. Pekerjaan juga begitu, ketika satu atau dua pekerjaan besar bisa diselesaikan terlebih dahulu, pekerjaan lain yang lebih ringan akan jauh lebih mudah diselesaikan pula di hari yang sama. Dengan kata lain, ada banyak pekerjaan yang bisa diselesaikan dalam satu hari.

Ngomong-ngomong, saat bekerja, apalagi yang bekerja dalam posisi duduk lama dan menghadap laptop/komputer, luangkan waktu untuk berdiri sejenak dan melakukan peregangan ya. Saya suka banget disela-sela waktu kerja begini jalan ke dapur dan bikin minuman, bisa dingin dan bisa hangat tergantung suasana hati dan cuaca. Kalau udaranya panas sekali, pastilah lebih segar minum minuman dingin, misalnya minum sari temulawak dingin. Selain dapat segarnya, temulawak juga membantu memelihara fungsi hati dan pencernaan di dalam tubuh, meningkatkan daya tahan tubuh, dan menjaga kadar kolesterol di dalam darah. Bisa juga minum chysanthemum yang membantu meredakan panas dalam. Segar banget nih pastinya.

Kembali Alami demi Hidup Lebih Produktif
Kembali Alami dengan Herbadrink Minuman Sehat

Sementara saat cuaca lagi dingin, seperti di musim penghujan, saya senang minum yang hangat-hangat, atau yang bisa membuat tubuh saya hangat, seperti minum wedang uwuh dan sari jahe. Tidak hanya menghangatkan badan, wedang uwuh yang dipadukan dengan jahe alami, kulit kayu manis, biji pala, minyak sereh, minyak cengkeh dan kayu secang yang ada di dalam Herbadrink wedang uwuh bisa memberi efek relaksasi lho. Jadi setelah beristirahat sejenak dan minum wedang uwuh, kita bisa bekerja lagi dengan lebih semangat dan lebih produktif. Ya, di tas saya selalu tersedia berbagai varian Herbadrink karena semuanya dikemas praktis dalam bentuk sachet, tinggal dibuka, diseduh dengan air dingin atau panas sesuai kebutuhan, dan bisa langsung diminum.

3. Mengelilingi Diri dengan Hal-hal Positif.

Ada banyak perkara, masalah, ataupun rintangan dalam kehidupan yang terjadi akibat hal-hal negatif yang masuk dalam kehidupan. Hal-hal negatif ini bisa berupa pikiran negatif, lingkungan negatif dengan orang-orang yang negatif, ataupun malah pekerjaan yang berdampak negatif.

Mengenai pikiran, jika pikiran kita sering diisi dengan hal-hal negatif maka tak aneh kalau perbuatan dan tindakan bahkan perkataan kita jadi negatif. Sebaliknya, kalau pikiran kita selalu positif maka percaya saja segala hal yang terjadi dalam hidup kita akan positif pula. Energi baik positif maupun negatif ini menular. Oleh karena itu, penting sekali mengelilingi diri hanya dengan hal-hal positif, orang-orang positif, pokoknya semua yang positif.

Saya telah beberapa waktu terakhir ini menerapkan berbagai cara untuk kembali alami agar hidup lebih produktif dan akhir-akhir ini memang menunjukkan hasil yang lebih baik. Tubuh saya lebih segar karena rajin beraktivitas fisik, makan makanan enak olahan sendiri yang berbahan alami, minum jamu sari jahe, sari temulawak dan sebagainya untuk menjaga stamina dan tetap sehat dan lebih banyak bersenang-senang hingga ketika kembali bekerja, saya bisa bekerja dengan ide-ide yang lebih segar. Semoga terinspirasi dan ada lebih banyak orang yang kembali alami dan hidup lebih produktif berkat menerapkan gaya hidup sehat.

14,002 total views, 3 views today

1 COMMENT

  1. Wahhh jadi bisa minum Herbadrink ini dengan tujuan terapi psikis ya mbak, keren dah…. Menjelang UN bisa nih dicoba buat menenangkan pikiran. #DuniaFaisol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here