Event

Mandiri Jakarta Marathon 2017

Mandiri Jakarta Marathon 2017 - Pemerintah Indonesia selama beberapa tahun terakhir serius membenahi dan melakukan pengembangkan sektor pariwisata. Hasilnya tahun ini pariwisata Indonesia telah berada di peringkat ke-30 dunia. Selain melanjutkan promosi Wonderful Indonesia, Pemerintah Indonesia juga terus menyelenggarakan berbagai event skala internasional dengan tujuan agar keberadaan Indonesia semakin diakui negara-negara di dunia. Salah satu event skala internasional yang kembali diselenggarakan adalah Mandiri Jakarta Marathon 2017.

Konferensi Pers Mandiri Jakarta Marathon 2017

Dalam konferensi pers yang diselenggarakan di Harris Vertu Hamoni, Jakarta, pada 18 Oktober 2017, Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo mengatakan bahwa Bank Mandiri merasa bangga dapat terus bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, dan Promotor Inspiro untuk terus menjadikan Mandiri Jakarta Marathon sebagai ajang lomba lari terbaik dan terbesar yang melekat di hati warga Jakarta khususnya dan Indonesia pada umumnya.

"Kehadiran kami untuk kali kelima dalam Mandiri Jakarta Marathon merupakan wujud nyata dukungan kami untuk peningkatan kesadaran pola hidup sehat bagi warga Jakarta dan sekitarnya agar rutin berolahraga demi peningkatan kualitas hidup."

- Kartika Wirjoatmodjo, Direktur Utama Bank Mandiri -

Inovasi Baru Dalam Penyelenggaraan Mandiri Jakarta Marathon 2017

Event lari yang diikuti kurang lebih 16.000 pelari dan lebih dari 1.585 pelari berasal dari 50 negara berpotensi mendongkrak kunjungan wisatawan, menjadi penggerak ekonomi, sekaligus meningkatkan pamor Jakarta sebagai destinasi sport tourism kelas dunia, apalagi hadiah yang ditawarkan sangat menarik dengan total 774 juta rupiah.

Pada tahun ke-5 terselenggaranya event marathon di Jakarta ini diperkenalkan pula berbagai inovasi terbaru untuk memberikan nuansa dan suasana lari yang nyaman serta menyenangkan. Beberapa inovasi baru yang berbeda dengan tahun sebelumnya, antara lain: program live streaming full marathon 42,195 km, penyediaan fasilitas Mandiri Jakarta Marathon Virtual Run, dan peluncuran theme song Mandiri Jakarta Marathon.

Pengadaan tayangan live streaming bertujuan agar masyarakat pecinta olahraga lari yang berada di luar wilayah Jakarta bisa mengikuti keseruan MJM 2017 secara real time karena akan ditayangkan di seluruh pelosok nusantara hingga ke luar negeri. Terobosan live streaming yang baru dilakukan untuk pertama kalinya di Indonesia ini berhasil diwujudkan berkat bekerja sama dengan MNC Sport dan XL Axiata sebagai provider yang memiliki pengguna lebih dari 15 juta orang serta dengan jaringan luas yang menjangkau ke berbagai wilayah di Indonesia.

Live streaming Mandiri Jakarta Marathon 2017 bisa disaksikan di MNC Sport channel 102 Indovision dan MNS Play. Selain itu, untuk para pengguna kartu XL yang mendapatkan gratis nonton Youtube bisa mengakses kanal Youtube myXL atau mengakses Twitter @myXL. Sementara melalui Virtual Run, pecinta marathon yang tak bisa hadir di MJM 2017 dapat pula ikut berlomba di wilayah/daerah masing-masing dan mendapatkan amenitis yang berlaku dengan menggunakan teknologi Virtual Run Mobile Apps.

Theme song MJM 2017 yang berjudul Kuberlari diciptakan oleh Albert Juwono (Djoo), komposer jingle iklan dan produser musik ternama. Lagu ini dinyanyikan oleh Alina. Penciptaan lagu "Kuberlari" sebagai wujud kecintaan pada olahraga dan diharapkan dapat menginspirasi dan menyemangati masyarakat Indonesia untuk hidup lebih sehat dan tertarik untuk rutin berolahraga.

Rute Mandiri Jakarta Marathon 2017

Full Marathon 42,195 km
Half Marathon 21 km. Foto: jadimandiri.com

Mengusung tema "Never Give Up" rute MJM 2017 hampir sama dengan rute tahun sebelumnya, yaitu tetap menonjolkan landmark yang menjadi ikon kota Jakarta, seperti Fatahillah Square, Kawasan Kota Tua, Gereja Katedral, Masjid Istiqlal, Monas, dan Bundaran Hotel Indonesia. Rute yang ditetapkan untuk dilalui para runner MJM 2017 ini telah memperoleh sertifikat dari Association of Athletics Federations (IAAF) dengan nilai grade A dan tingkat elevasi rute 0 m/km.

Peta Mandiri Jakarta Marathon 2017 - 10km
5 km

"Melalui tema "Never Give Up" diharapkan Mandiri Jakarta Marathon 2017 dapat semakin menyulut semangat para runner Indonesia dan dunia untuk berlomba pantang menyerah. Walaupun jalanan kota Jakarta dalam proses pembangunan yang masif terkait persiapan infrastruktur sebagai Tuan Rumah Asian Games 2018 dan berbagai kendala lain, penyelenggara terus berjuang untuk mempersembahkan yang terbaik melalui berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan."

- Sapta Nirwandar, Chairman Jakarta Marathon -

Lokasi start dan finish Mandiri Jakarta Marathon 2017 berada di Monas. Ada 5 nomor lari yang disiapkan sehingga para runner bisa memilih dan mengikuti lomba sesuai dengan kemampuan masing-masing. Kelima nomor lari yang tersedia, yaitu:

  • Marathon - jarak tempuh 42,195 km.
  • Half Marathon - jarak tempuh 21 km.
  • 10K - jarak tempuh 10 km.
  • 5K - jarak tempuh 5 km.
  • Maratoonz (Children;s Sprint)

1 thought on “Mandiri Jakarta Marathon 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *