Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami – Ketiak adalah area tubuh yang sering luput dari perhatian kita. Banyak di antara kita yang beranggapan karena tempatnya tersembunyi jadi tak perlu perawatan khusus. Akibatnya, kulit pada ketiak bisa saja mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap.

Penyebab Ketiak Berubah Warna Menjadi Gelap

Ada banyak penyebab yang membuat kulit di bagian ketiak mengalami perubahan warna. Beberapa penyebab itu antara lain:

  1. Penggunaan krim penghilang rambut di area ketiak.
  2. Keringat berlebihan dan kondisi ketiak sering dibiarkan lembab dalam waktu lama.
  3. Kegemukan yang menyebabkan kulit ketiak lebih sering bergesakan dengan kulit lengan.
  4. Kebiasaan mencukur rambut di ketiak.
  5. Mencabutan rambut yang terlalu sering juga bisa menyebabkan kulit di ketiak berubah warna.
  6. Akumulasi dari sel-sel kulit mati pada ketiak yang tak dibersihkan.
  7. Penggunaan deodorant.

Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Lalu bagaimana cara memutihkan ketiak secara alami. Apakah bisa ketiak yang sudah terlanjur mengalami perubahan warna menjadi lebih gelap ini kembali diputihkan? Jawabannya tentu saja bisa.

Berikut cara memutihkan ketiak secara alami, menggunakan bahan-bahan alami yang mudah didapat di rumah.

1. Kentang

Selama ini, sari kentang dipercaya bisa untuk memutihkan kulit wajah karena kandungan asamnya. Nah hal yang sama juga bisa loh untuk memutihkan ketiak.

Caranya: kentang dikupas, lalu iris sedikit pada bagian pangkalnya agar menjadi lebih datar. Gosok-gosokkan kentang pada ketiak selama 10-15 menit menit sebelum mandi di pagi hari. Cara lain bisa dengan memarut kentang dan menjadikannya sebagai masker yang dioleskan di ketiak.

2. Lemon

Lemon mengandung bahan alami dengan tingkat keasaman yang lebih tinggi dibandingkan kentang. Lemon juga dipercaya memiliki keampuhan untuk memutihkan kulit, termasuk memutihkan kulit ketiak. Selain itu, karena kaya akan kandungan antispetik maka lemon banyak manfaatnya untuk berbagai permasalahan kulit.

Cara memutihkan ketiak menggunakan lemon hampir sama dengan kentang, kupas kulit Lemon pada salah satu bagian, lalu gosok-gosokkan pada ketiak. Lakukan setiap pagi sebelum mandi secara rutin. Setelahnya, mandi seperti biasa.

3. Hindari Makanan dan Minuman Penyebab Keringat Berlebih

Membuat putih ketiak bisa pula dilakukan dengan cara menghindari pemicunya, dalam hal ini menghindari makanan dan minuman penyebab keringat berlebih. Jenis makanan dan minuman yang masuk dalam kategori ini, antara lain: mengandung banyak bawang, baik bawang merah maupun bawang putih, minuman beralkohol, makanan yang terlalu panas atau pedas.

Dengan menghindari pemicu keringat berlebih yang bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit ketiak, dikombinasikan dengan perawatan kulit ketiak yang tepat maka masalah kulit gelap di bagian ketiak bisa diatasi dengan cepat.

4. Kunyit

Bahan alami berikutnya yang bisa dimanfaatkan adalah kunyit. Selain bermanfaat mencerahkan warna kulit pada bagian ketiak, kunyit juga mengandung antibakteri yang bisa menghilangkan bau tak sedap akibat keringat berlebih.

Cara memanfaatkan kunyit: parut kunyit secukupnya. Campur dengan air perasan lemon. Aduk rata. Balurkan campuran kunyit dan air perasan lemon ini ke ketiak. Diamkan kurang lebih 20 menit. Bilas dengan air bersih, lalu jangan lupa untuk mengeringkan ketiak.

5. Menggunakan Deodorant Khusus Memutihkan Ketiak

Di pasaran sudah ada lho deodorant yang bisa membantu kita memutihkan kembali bagian kulit ketiak yang sudah terlanjur berubah warna. Menggunakan deodorant yang tepat bisa menjadi cara memutihkan ketiak secara alami. Pilih deodorant yang mengandung esktrak lemon, vitamin e, dan vitamin F, serta ekstrak Glycyrrhiza glabra atau akar manis.

Nah, bagi yang saat ini sedang mencari cara memutihkan ketiak secara alami, semoga tips pada artikel ini bisa bermanfaat ya.

2,434 total views, 1 views today

SHARE
Previous articlePentingnya Aktivitas Fisik Dalam Proses Berpikir Kreatif
Next articleMenjaga Cinta Agar Hubungan dengan Pasangan Tetap Mesra

17 COMMENTS

  1. Wah, ternyata pakai bahan alami bisa banget ya Mba
    Sip sipp, jadi kita makin PD kalo ketiak warnanya cerah ye kan

  2. Mbaaa, serius tuh kunyit bisa buat ketek? hihihi
    Entar keteknya jadi kuning 😀
    Tapi memang perpaduan kunyit dengan lemon itu pas banget sih, kunyit juga kayak antibiotik gitu kan ya 🙂

  3. Wah ini sih solutif dan informatif sekali yaaaa kak! Cewek-cewek emang perlu banget nih merawat diri sampai ketiak”nya sekalean. Thanks infonya kak :3

  4. Ini masalahku juga nih haha. Malu sih tapi ya gimana kudu cari solusi dan strategi buat aset masa depan kalo udah nikah haha. Kulitku sangat amat sensitif jadi kudu hati-hati menerapkannya.

  5. Tapi, kayaknya kalau pakai lemon juga harus pastikan jangan sampai ada luka, ya? Suka perih kena air lemon kalau kulit lagi luka

  6. Dari 5 cara diatas aku baru pakai deodoran untuk memutih ketiak aja nih ka, 4 cara lain patut nih dicoba demi 2020 ketiak lebih bersinar hehe.. caranya juga sangat mudah, bahan bahan yang bisa digunakan juga mudah didapatkan.. mantul deh ini tipsnya

  7. Aku baru tahu kentang, lemon sama kunyit bisa mutihin ketiak mba hehehe makasih infonya ntar aku share ke temen yang punya masalah ini

  8. Kebetulan setiap pagi suka minum jeruk nipis hangat, bekas perasaannya bisa diolesin ke ketiak ya, supaya ketiak tetap keliatan putih

  9. wah aku baru tau banyak sekali ya cara alami untuk putihkan ketiak. boleh juga untuk dicoba ya mba..

  10. Salah satu masalah terbesar wanita ini mbak monn.. Ketiak menghitam krna keseringan pake deodoran..

    Aku pernah cobain pakai kentang. Emang gak instan tapi work kok

  11. Baru tau nih mba, ternyata kentang dan lemon bisa ya digunakan untuk memutihkan ketiak. Lebih alami ya kita gunakan, daripada terkena paparan bahan kimia.

  12. **auto check…ketiak aku nyebelin gak?
    Hihii…kalau untuk dirawat biar sehat sama kah jenis perawatannya?

  13. Aku ga pernah pake deodoran lagi sejak pakai tawas cair. Dulu waktu pakai deodoran ketiak cepet banget hitamnya. Bisa nih dicoba tipsny mbak Monica

  14. wah boleh dicoba tuh mba triknya buat memutihkan ketiak, karena aku termasuk yang rutin pake deo sih, abis paling gak suka kalo semilir-milir BB tuh lsg ga pede rasanya

  15. Wah baru tau kentang bisa dijadikan masker buat mutihin ketiak.
    Emang area ini PR banget sih ya. Kadang suka diabaikan pdhl dampaknya bikin bau gak sedap. Bener nih kudu mulai diperhatikan lagi kebersihannya juga penampilannya, walau paling yg liat ya cuma suami sendiri hahahaha

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here