Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata Yogyakarta Terkini – Liburan ke Yogyakarta beberapa waktu lalu yang saya lakukan sebenarnya dadakan. Jadi ceritanya, di hari terakhir saya liburan di Malang, tiba-tiba kangen sekali dengan Yogyakarta.

Memang, sudah lama sekali saya tak menginjakkan kaki di Yogyakarta. Mungkin ada lebih dari lima tahun. Karena itu, wajar saja kan kalau rasa rindu itu sudah sangat menggebu, apalagi beberapa tahun terakhir ada banyak sekali tempat wisata baru di Yogyakarta dengan pemandangan alamnya yang begitu indah.

Kerinduan yang kuat itulah yang akhirnya mendorong saya untuk bergegas cari tiket murah dengan tujuan Yogyakarta. Dan setelahnya, tibalah saya dan suami di Yogyakarta pada 21 Juli lalu.

Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata Yogyakarta Terkini

Saya bersyukur sangat ketika tiba di Yogyakarta semuanya dimudahkan prosesnya, mulai dari proses mendapatkan penginapan sampai sewa transportasi di Yogyakarta. Pilihan saya dan suami tentu saja seperti biasa.

Dengan kata lain, kami lebih memilih sewa sepeda motor, selain biaya sewa yang lebih murah, jelas boncengan naik motor menikmati keindahan alam Yogyakarta juga lebih seru.

Beberapa tempat wisata Yogyakarta terkini yang berhasil saya kunjungi bersama suami selama kami di sana, antara lain:

1. Candi Prambanan

Hari pertama tiba di Yogyakarta dan setelah mendapatkan sepeda motor, saya dan suami memutuskan ke Candi Prambanan. Tempat wisata Yogyakarta yang satu ini selalu membekas dalam hati kami karena memang ada nilai histori yang tak boleh dilupakan. Selain itu, tempatnya memang indah dan asri.

Perjalanan dari Malioboro hingga tiba di Candi Prambanan kurang lebih 50 menit naik motor. Karena tiba di sana siang hari, teriknya matahari cukup menyengat. Tapi tak apa, ini jauh lebih baik daripada hujan, kan?

Dengan luas kompleks Candi Prambanan yang kurang lebih 39,8 hektar, jelas setengah hari penuh kami habiskan di sini, namun jelas tak mungkin seluruh area kami jelajahi hanya dengan berjalan kaki. Capek banget, book, kalau harus jalan kaki.

 

Candi Prambanan Wisata Jogja Terhits 2019
Candi Prambanan Wisata Jogja Terhits 2019

Saya dan suami masuk ke kompleks Candi Prambanan dan sedih melihat betapa banyaknya bangunan candi dan patung-patung yang tinggal puing akibat gempa bumi tahun 2006 lalu. Ya, dampak dari gempa bumi itu meninggalkan jejaknya di sini. Meski begitu, cukup banyak pula bagian candi yang berhasil dipugar dan diperbaiki, dan ini sungguh melegakan.

Beberapa fasilitas dan keseruan liburan kami di Candi Prambanan sudah pernah saya tuliskan di tulisan lain di blog ini dengan judul Candi Prambanan Wisata Jogja Terhits 2019.

2. Hutan Pinus Mangunan

Di hari kedua, saya ingin sekali ke Kebun Buah Mangunan. Jadilah kami meluncur ke daerah Mangunan, Dlingo, Bantul. Berbekal Google Map, perjalanan lancar tanpa kendala.

Pemandangan di sepanjang jalan begitu indah dengan warna hijau yang menyegarkan mata. Jalan juga mulus beraspal. Namun karena suami salah belok, kami malah tiba lebih dulu di Hutan Pinus Mangunan.

Dari tengah kota Yogyakarta hingga tiba di tempat wisata Yogyakarta terkini yang satu ini kurang lebih 45 menit. Sesuai namanya, ya banyak sekali pohon pinus di hutan ini. Hutannya bersih dan cukup banyak spot menarik untuk dijadikan latar belakang foto.

Mesti tiba di sini siang hari, udara tetap sejuk dan segar. Bau tanah dan pinus menyerbak di udara. Buah-buah pinus yang berserakan di tanah malah membuat tempat itu jadi makin eksotis.

Hutan Pinus Mangunan
Hutan Pinus Mangunan

Tiket masuk ke Hutan Pinus Mangunan cukup murah, hanya Rp5.000,- perorang. Untuk parkir sepeda motor Rp3.000,- Di sekitar area parkir banyak tempat makan yang dikelola oleh warga setempat. Lumayan juga makanan di sana.

3. Tempat Wisata di Sekitar Hutan Pinus Mangunan

Dari Hutan Pinus Mangunan, kami memutuskan jalan-jalan di sekitar Hutan Pinus Mangunan karena dapat info dari penjaga parkir, kalau ada banyak sekali tempat wisata dengan pemandangan alam yang indah di sini.

Beberapa tempat wisata di sekitar Hutan Pinus Mangunan, antara lain Seribu Batu Songgo Langit, Jurang Tembelan yang lokasinya dekat sekali dengan Kebun Buah Mangunan, Pinus Penger, Watu Goyang, Rumah Hobit, Bukit Panguk Kediwung, dan masih banyak lagi. Kami hanya melewati semua tempat wisata tersebut karena terpikir tetap ingin mampir dan menghabiskan waktu di Kebun Buah Mangunan saja sambil menunggu matahari terbenam.

Tempat Wisata Yogyakarta Terkini
Tempat-Wisata-Mangunan

4. Pantai Parangtritis

Kurang lebih jam 3 sore dan kami sudah sangat dekat dengan lokasi Kebun Buah Mangunan, tiba-tiba suami tercintah malah mengajukan keinginan lain. Dia ingin menikmati sunset di Pantai Parangtritis saja, katanya.

Momen matahari terbenam di pantai itu memang jadi salah satu kenangan kami di masa lalu. Iyes, dulu waktu masih pedekate, dan kami janjian ketemu di Yogyakarta, lalu saat matahari terbenam di Pantai Parangtritis itulah ia mengucapkan janjinya.

“Gombal banget kan ya kalau aku bilang aku suka kamu. Aku cinta kamu. Itu bukan aku banget. Ayo menikah saja. Jadikan aku bagian hidupmu. Buat aku jadi sandaranmu bahkan dalam kondisi paling buruk yang terjadi dalam hidupmu. Sampai tua. Sampai mati. Aku akan menjaga kamu.”

Tempat Wisata Yogyakarta Terkini
Sunset Romantis di Pantai Parangtritis Yogyakarta

Perempuan mana loh yang tak klepek-klepek diberi janji seperti itu. Ingatan akan janji itu pula yang akhirnya membuat saya menyetujui untuk langsung meluncur ke Pantai Parangtritis. Ngebut dong kami menempuh perjalanan selanjutnya agar tiba di pantai penuh kenangan itu tepat waktu.

Sekitar jam 5 sore, kami tiba di Pantai Parangtritis. Suasana di sana tak terlalu ramai. Gelombang juga terlihat tinggi di kejauhan sehingga pengunjung pantai hanya bermain air di tepi pantai dan tak ada yang berenang.

Oh ya, pantainya jadi makin landai ya dan lautan pasirnya jadi makin luas. Menurut penduduk setempat yang sempat berbincang dengan saya, katanya luas pantai memang bertambah sejak peristiwa tsunami yang pernah terjadi. Ibu pemilik warung kelapa muda tersebut juga kehilangan beberapa anggota keluarganya pada peristiwa itu.

Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata Yogyakarta Terkini
Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata Yogyakarta Terkini

Sambil menunggu sunset, saya menikmati keriuhan beberapa anak muda yang bermain All Terrain Vehicle (ATV). Sewanya 50ribu persetengah jam. Di sisi lain, ada juga pengunjung yang menikmati suasana pantai dengan naik delman, atau berkelana ke pantai-pantai terdekat dengan naik Jeep yang bisa disewa di sana.

Tiket masuk ke Pantai Parangtritis sangat terjangkau, hanya 10ribu perorang, ditambah dengan parkir motor yang hanya 3ribu saja. Menikmati pemandangan alam yang begitu indah di sini dengan suara deburan air jadi latar belakang, menghadirkan banyak sekali memori dalam kepala saya. Betapa Tuhan begitu agung menciptakan semua keindahan ini.

Liburan Usai Waktunya Kembali ke Jakarta

Tiga hari berada di Yogyakarta terasa sangat kurang. Rasanya ingin lebih lama berada di kota ini. Sayangnya, tugas dan kewajiban di dunia nyata memanggil. Kami harus kerja lagi agar di lain waktu bisa kembali lagi ke sini, atau malah pergi jalan-jalan menikmati keindahan alam Indonesia di lokasi yang berbeda.

Malam terakhir berada di Yogyakarta, saya dan suami mulai berburu promo tiket pesawat murah. Cari tiket murah sekarang gampang banget karena sudah ada berbagai website yang menjual tiket pesawat online.

Cara Pesan Tiket Pesawat Online di Pegipegi

Langkah-langkah yang saya lakukan untuk memesan tiket pesawat Jogja Jakarta melalui Pegipegi adalah sebagai berikut:

  • Masuk ke website Pegipegi atau bisa juga melalui aplikasi di ponsel. Ketikkan tujuan dan tanggal keberangkatan untuk cari tiket pesawat.
Tempat Wisata Yogyakarta Terkini
Cari Tiket Pesawat Murah
  • Pilih penerbangan yang sesuai keinginan. Di halaman website akan muncul cukup banyak pilihan maskapai beserta harga tiket pesawatnya, juga jam penerbangan.
Tempat Wisata Yogyakarta
Pilih Penerbangan
  • Setelah menetapkan pilihan, selanjutnya yang perlu dilakukan adalah mengisi data penumpang pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk memasukkan nomor telepon yang bisa dihubungi, juga email aktif ya. Alamat email ini penting karena e-tiket akan dikirimkan ke email yang sudah didaftarkan.
Tiket Pesawat Murah
Isi data Penumpang
  • Lakukan pembayaran setelah sebelumnya ada konfirmasi mengenai tiket, jadwal penerbangan, dan harga yang sudah kita pilih. Pembayaran bisa dilakukan melalui bank transfer, dengan kartu kredit, atau melakukan pembayaran di merchant yang sudah ditetapkan.
Tempat Wisata Yogyakarta
Lakukan Pembayaran
  • Dalam waktu singkat e-tiket akan bisa kita dapatkan di email kita. Biasanya sih tak lebih dari 30 menit ya. Untuk kasus saya malah tak lama setelah transfer e-tiket sudah saya terima.

Menikmati Keindahan Alam di Tempat Wisata Yogyakarta Terkini kali ini belum cukup banyak bagi saya. Jadi sepertinya saya perlu kembali lagi ke Jogja agar bisa berpetualang ke lebih banyak tempat wisata di sana. Kamu kapan ke Jogja? Bareng yuk.

3,309 total views, 3 views today

32 COMMENTS

  1. Kami berkali-kali ke Jogja, pasti mampir di parangtritis mba, seolah Parangtritis itu jadi titik awal kalau mau explore Jogja hahaha.

    Kami belum pernah ke hutan pinus nih, kayaknya noted banget buat dikunjungi 🙂
    Kalau Prambanan sudah pernah, tapi dulu sih 🙂

    Ih mba jadi bikin auto buka Pegi-Pegi nih intipin tiket pesawat dong 🙂
    Banyak promo nih bikin mupeng 🙂

  2. Jogja itu kereeennn khanmaeeenn
    Masyarakatnya juga kreatif mengolah sebuah tempat yg kayaknya B aja menjadi destinasi wisata yg jadi jujugan banyak orang
    AKu juga mauuu cus ke Jogjaaaaa

  3. Aku belum pernah ke hutan pinus di Yogya. Kalo candi dan parangtritis pernah, waktu SMA dulu. Masih inget karena sandal kesayangan hilang di parangtritis. Waktu itu sandal kulepas kemudian menyusuri pantai tanpa sandal. Eh balik ke tempatnya kucari-cari sandal udah nggak ada huhu.

  4. pengen lo aku ke mangunan, kayaknya buat spot foto cantik banget, hutan pinus gtu emng paling ku suka buat foto, ngebayangin suasannya ijo, seger, dan ada nuansa coklat2 gt kalo difoto

  5. Yang dadakan itu lebih seruuuu hehehe.
    Asik banget bund, abis dari Malang langsung ke Jogja yaaa..
    Ah Ujame jadi ikutan kangen!! Serasa dipanggil sama Parangtritis ^^

  6. Pantai Parang Tritis memang menyenangkan banget ya mbak. Aku jadi inget jalan kemari dan ke Candi Prambanan. Semoga bisa balik ke sana lagi. Btw pegi-pegi memang memberikan banyak kemudahan termasuk diskon tiket.

  7. Serius deh kak, aku gagal fokus ama foto pertama, keren bingiiiiitttt… ini yang ngambil fotonya beneran udah profesional banget deh kayanya…

  8. Hutan Pinus Mangunan nih ya yang lagi hits. Aku belom pernah ke sana deh. Kalah sama anak-anak yang udah ke sana bareng sekolahnya. Foto-foto mereka di sana bikin mupeeeeng 😅

  9. Lebaran kemarin aku ke Parangtritis tapi sayang banget gak bisa mampir-mampir tempat wisata lainnya di JOgja. Jadi pingin ke sana lagi

  10. Mangunan itu memang banyak banget jejer2 bisa seharian. Nah yg ke Parangtritis itu masig banyak yg belum tau kalau dari Mangunan bisa mlipir aja ke Parangtritis via Imogiri. Banyak yg dr Mangunan balik dulu ke Jogja, baru besoknya ke Parangtritis jadi bolak balik. Anw, semoga awet langgeng cinta kalian ya. Aamiin.

  11. Jogjakarta selalu ngangenin aku pengen banget ke pantai di Jogja blm sempat aja…semoga next ada kesempatan hehe .

  12. Yogyakarta emang ngangenin deh terakhir kesana th 2016 itu pun cuma ke westlake resort sama ke pelataran candi Prambanan. Jadi pengen Jogja lagi deh , pengen ke tempat2 yang belum pernah kesana.

  13. Mupeng deh dengan tempat wisat alam yang ada di Jogja. Keren-keren Mbak. Semoga suatu hari keinginan saya buat ke Jogja bisa kesampaian deh biar saya juga bisa menikmati keindahan wisata alam yang Mbak sebutkan di atas.

  14. Di Parangtritis bisa menikmati keindahan sunrise dan sunset kaya gini indahnya yaa, kak…
    Aku belum pernah main ke Pantai Parangtritis euui…
    Hiiks~

  15. Duh jogja, belum kesampaian juga untuk pergi kesana. akan disegerakan. mumpung belum sibuk kerja

  16. Kota Jogjakarta selalu bikin candu ya kak, rindu dengan segala keindahan dan kuliner yang ada.

    Btw, aku belum bernah pesan tiket di pegi pegi, thanks ya kak infonya. Jadi aku gak bingung lagi kalau mau pesan tiket.

  17. Setiap liburan ke Jogja dari Pontianak aku selalu pake pesen tiket manual, duh ngerasa banget ketinggalan zaman deh aku . Nanti kalau pergi pergi lagi pesennya pake PegiPegi aja deh lebih praktis ternyata

  18. Aku tahun lalu ke Mangunan tapi buat acara lomba dan itu indah banget di sana, jadi pengin liburan juga ke sana sama ke Prambanan juga

  19. Hm… Yogya, aku baru ke pernah ke Borobudur. Belum sempat ke Pantainya, pengen padahal ngerasain ke Parangtritis, semoga liburan ke Yogya selanjutnya bisa ke sana deh, hehe.

    Oh iya, Pegipegi ini juga jadi salah satu pilihanku kalau pas mau pulkam sih, banyak promonya biasanya, hehe

  20. Pengen ke Jogja juga. Sampai sekarang belum kesampaian. Soalnya baru berani solo-travelling tahun ini sih, hehe. Mungkin destinasi selanjutnya.. jogja!

    Padahal dari dulu penasaran dengan pantai parangritis hehe. Sering baca di majalah bobo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here