Resep Mie Kuah Spesial

Saat ini sudah mulai memasuki musim hujan. Kadang seharian penuh mendung yang kemudian mendadak hujan. Kadang hujan hanya datang sebentar, namun bikin udara jadi dingin. Kalau sudah begini, pasti bawaannya lapar dan pengin makan yang hangat-hangat. Nah, saya dan suami biasanya bakal bikin resep mie kuah spesial.

Resep Mie Kuah Spesial yang Mudah Pengolahannya

Nah maafkan ya, saya dan suami memang penggemar mie, mulai dari mie sehat, mie olahan rumah, mie telor, sampai mie instan juga suka. Lho kok makan mie instan? Ya tidak apa-apa makan mie instan asal tidak sering dan cara pengolahannya benar.

Biar lebih enak, saat bikin mi kuah, ya perlu kreativitas dan variasi saat bikinnya. Variasi memasak dan mengolah mi instan itu mudah, praktis, dan jadi solusi masakan yang cepat dibuat ketika kita membutuhkan. Selain itu, mudah pula mencampurkan berbagai bahan makanan dalam olahan mi.

Memang sih untuk rasa, ada banyak pilihan, seperti mi kari ayam, mi kaldu ayam, dan sebagainya. Hanya saja, topping yang tersedia sudah olahan dan diproses dengan sistem dikeringkan.

Jadi ketika dimasak tidak terlalu berasa. Agar makan mie kuah di waktu hujan jadi makin sedap, cobain beberapa variasi resep mie kuah spesial, antara lain:

Mie Kuah Baso

Untuk menikmati mie kuah bakso sebenarnya memang sudah ada ya produsen mie instan yang menyediakan varian rasa bakso ini. Namun bakso yang ada dalam kemasan sudah dalam bentuk kering, yang ketika dimasak rasanya tetap terasa berbeda dengan rasa bakso yang sesungguhnya.

Untuk bisa menikmati mie kuah bakso dengan rasa bakso yang sesungguhnya, ya tambahkan bakso daging kemasan yang bisa dibeli di mini market ataupun di swalayan.

Cara mengolahnya, rebus terlebih dahulu. Lalu buang kuahnya. Kemudian isi kembali panci dengan air yang baru, didihkan, dan masukkan bakso. Untuk bumbu bisa memasukkan bumbu yang sudah tersedia atau tambahkan saja bumbu yang diolah sendiri.

Terakhir, masukkan mi yang tadi telah direbus. Sajikan dengan menambahkan bawang goreng, irisan seledri, atau bisa juga tambahkan tong chai. Ini cara memasak yang mudah dan bisa dilakukan siapa saja.

Mie Kuah Seafood

Seafood jadi salah satu bahan makanan favorit, karena kita bisa mengolah dan mencampurnya dengan banyak ragam masakan, mulai dari nasi goreng, mie goreng, sayur, sup, bahkan mie kuah.

Saya dan suami pertama kali makan mie seafood ketika kami traveling ke Penang. Tak jauh dari tempat kami menginap, ada penjual mie kepiting yang kuahnya luar biasa enak. Sejak itu, kami jadi suka bikin mie kuah seafood, terutama kepiting, yang kuahnya pedas.

Pilihan seafood, misalnya kepiting, udang, tiram, dan sebagainya. Kita bisa bebas mengkreasikan bahan makanan ini, baik dengan metode mencampurkan langsung dalam masakan, atau hanya sebagai topping.

Caranya mudah, kok. Hampir sama seperti masak mie kuah biasa. Bedanya, kepitingnya harus dimasak terlebih dahulu. Setelah masak, pisahkan isi kepiting dari cangkangnya.

Kemudian rebus terlebih dahulu. Setelahnya, siapkan lagi air baru, didihkan, masukkan bumbu, daging kepiting. Masak sampai mendidih. Baru masukkan bumbu-bumbu, irisan cabe rawit, atau bisa juga dengan mencampurkan bumbu untuk mengolah kuah tom yam.

Jika telah matang, sajikan dengan tambahan garnish tomat dan irisan timun. Atau bisa pula tak usah dengan garnish karena daging kepiting sudah membuat rasa kuah jadi enak banget.

Resep Mie Kuah Sayur

Pernah makan mie instan dengan campuran sayuran? Pernahlah ya pastinya karena mie kuah sayur yang satu ini paling banyak warung makan atau depot yang menyajikannya. Alasannya, ini jenis makanan yang banyak penggemarnya dan mudah pula cara mengolahnya.

Cara membuat mie kuahnya hampir sama dengan resep mia kuah pada umumnya. Bisa dengan varian mie kuah soto atau kaldu ayam. Kemudian tinggal tambahkan irisan sawi hijau. Selain sawi hijau, bisa juga dengan menambahkan tauge atau telur.

Jangan lupa untuk mencuci bersih terlebih dahulu sayuran yang akan menjadi campuran kuah. Dengan menambahkan sayuran, kita bisa makan mie instan dengan cara yang lebih sehat. Untuk penyajian akhir, tambahkan bawang goreng atau irisan cabe rawit. Wis pokoknya sedap banget.

Mie Kuah Ayam

Siapkan bahan untuk membuat mie kuah ayam, yaitu dada ayam. Paling sedap kalau memilih mie kuah bumbu soto. Olah mie seperti pada umumnya. Lalu siapkan irisan daging bagian dada ayam, rebus matang, dan masukkan bumbu. Agar mie tidak terlalu lembek, kita bisa memasukkannya terakhir. Sajikan dengan daun bawang, tomat, dan bawang goreng.

Kamu punya resep mie kuah spesial favorit keluarga? Boleh berbagi karena variasi mie kuah memang banyak dengan berbagai bahan untuk menciptakan cita rasa yang berbeda dan lebih lezat. Selamat menikmati santapan hangat di suasana dingin.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

Tinggalkan komentar