Suzuki All New ERTIGA 2018 mobil keluarga Indonesia – Mengapa saya menyebut All New ERTIGA sebagai mobil keluarga? Karena inilah mobil idaman bagi keluarga mana pun yang punya banyak anggota keluarga. Oke, di Jakarta saya dan suami hanya tinggal berdua. Tapi begitu kami pulang ke Semarang atau ke Banjarmasin untuk berkumpul bersama keluarga besar, maka mobil berukuran besar yang muat 7 penumpang ditambah 1 supir akan menjadi pilihan pertama.

Data dari Gaikindo yang pernah dirilis di laman Kompas Otomotif menguatkan hal ini. Dalam data tersebut terlihat mobil jenis MVP mulai mengalami peningkatan penjualan sejak tahun 2010 dan puncaknya terjadi pada 2013, bahkan penjualannya terus berlangsung hingga saat ini. Fenomena meningkatnya kebutuhan akan mobil keluarga yang multifungsi dan muat banyak, namun tetap lega dan nyaman, bisa jadi karena meningkatnya keinginan tiap-tiap keluarga untuk mengajak keluarganya bepergiaan bersama-sama, entah untuk travelling atau perjalanan mudik ke kampung halaman. Jelas jauh lebih enak pergi sama-sama dalam satu mobil daripada terpisah-pisah, kan?

Lalu, mobil MVP jenis apa nih yang bisa jadi pilihan? Kalau saya sih bakal pilih Suzuki All New ERTIGA 2018 mobil keluarga Indonesia. Mengapa? All New ERTIGA keluaran PT. Suzuki Indomobil Sales (SIS) telah mendapatkan penghargaan The Best MPV pada malam puncak Indonesia International Motor Show (IIMS) Awards 2018. Dengan didapatkannya penghargaan ini jelas mengukuhkan keberadaan All New ERTIGA 2018 sebagai salah satu mobil yang layak untuk dimiliki.

Pilihan Warna Suzuki All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia
Pilihan Warna Suzuki All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia. Sumber: Suzuki.co.id

Aih, iklan nih! Pasti bakal ada yang langsung teriak begitu… hahaha. Pesan saya, jangan mudah termakan iklan saat hendak memutuskan sesuatu untuk dibeli. Saya pribadi, termasuk orang yang tak mudah percaya iklan sebelum membuktikan sendiri kebenarannya, mungkin ini karena latar belakang saya yang lahir di keluarga dengan para lelakinya bergelut di bidang teknik otomotif.

Papa saya adalah pemilik bengkel mobil cukup ternama di Banjarmasin, Bengkel Nurisa, dan kedua adik saya adalah mekanik mesin kapal di perusahaan perkapalan kelas multinasional. Tahun ini, anak lelaki saya juga mengambil jurusan Teknik Mesin karena kecintaan pada dunia otomotif seolah telah mendarahdaging dalam keluarga kami. Jadi, iklan apa pun berkaitan dengan otomotif, terutama saat hendak beli mobil baru, saya tak memakan mentah-mentah iklan tersebut. Saya harus mencoba dan membuktikannya terlebih dahulu.

Mau beli mobil baru juga untuk rencana mudik atau jalan-jalan bersama keluarga tahun ini? Eits, tunggu dulu! Kamu perlu baca tulisan saya kali ini, tentang mengapa Suzuki All New ERTIGA 2018 bisa mendapatkan penghargaan The Best MVP.

Pameran Suzuki All New ERTIGA 2018 di Summarecon Mall Serpong

Pada 14 Mei 2018 lalu saya mendapat undangan dari Mas Dzulfikar dan kompas.com untuk hadir di acara Blogger Gathering Suzuki All New ERTIGA. Dengan sukacita saya meluncur ke Summarecon Mall Serpong, tempat diadakannya pameran mobil Suzuki All New ERTIGA 2018. Ketika tiba di lokasi pameran, hanya ada beberapa teman blogger yang sudah datang duluan, tim Suzuki Indomobil Sales (SIS), teman-teman dari kompas.com, juga beberapa pengunjung mall yang sepertinya tertarik dengan 4 mobil Suzuki yang sedang dipamerkan.

Tanpa membuang waktu, saya langsung “menjelajah” dan mencari tahu kelebihan yang dimiliki mobil yang digadang-gadang sebagai mobil MVP terbaik di Indonesia ini. Yah, dengan kata lain, saya mencoba mencari tahu, benar tidak sih yang dikatakan iklan? hehehe. Mau tahu apa saja yang saya temukan dalam penjelajahan saya hari ini?

1. Tampilan Eksterior All New ERTIGA 2018 yang Stylish dan Premium

Tampilan luar yang stylish dengan desain premium sudah eye catching banget hingga saya menghampiri salah satu dari keempat mobil yang sedang dipamerkan. Jika dibandingkan dengan ERTIGA sebelumnya, All New ERTIGA 2018 ini lebih panjang 130mm, lebar 40m, tinggi 5mm, dan katanya body-nya lebih ringan dan aerodinamis.

Tampilan luar yang juga menarik hati dan cocok dengan saya yang pecinta mobil berpenampilan maskulin adalah grill depannya lebih tinggi dan lebih lebar, garis bahunya juga dinamis dan tak berkesan kaku, serta ada aksen krom yang membuatnya jadi berpenampilan mewah. Kalau diumpamakan sebagai seorang perempuan, maka All New ERTIGA 2018 mobil keluarga Indonesia ini bisa diumpamakan layaknya perempuan dengan lekukan body yang ciamik.

Tampilan Elegan Suzuki All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia
Tampilan Elegan Suzuki All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia

Fitur pendukung pada eksterior All New ERTIGA 2018 yang juga memiliki fungsi penting dalam menciptakan perjalanan yang aman, nyaman, dan tetap stylish, antara lain:

  • Projector Head Lamps yang membuat cahaya lebih terang, fokus, dan tidak menyilaukan. Cahaya lampu mobil yang tak membuat pengendara silau ini penting banget lho, terutama bagi yang senang bepergian di malam hari. Pencahayaan yang baik bisa mengurangi risiko terjadinya kecelakaan.
  • New Elegant Alloy Wheels 185/65 R15. Beberapakali beli mobil, hal pertama yang sering kali mengalami penggantian produk adalah ban dan pelek. Saya suka gemes kalau mobil udah bagus tapi bagian bannya nggak banget, baik secara tampilan maupun fungsi. Tapi ketika melihat Suzuki All New ERTIGA 2018, saya sudah puas dengan tampilan ban dengan desain peleknya yang udah bagus. Jadi tak perlu keluar budget lebih nih buat ganti pelek.
  • Bagi yang suka bepergiaan di malam hari dan berpetualang ke daerah yang sering berkabut maka lebih baik pilih All New ERTIGA tipe GX karena sudah dilengkapi dengan FOG Lamps yang memudahkan proses mengendarai mobil dalam kondisi jalan yang berkabut.
  • LED Rear Combination Lamps with Light Guides & LED High Mount Stop Lamp. Desain lampu belakang mobil juga biasanya menjadi penunjang penampilan mobil secara keseluruhan. Desain yang premium jelas bikin mobil terlihat tetap gagah jika dilihat dari belakang, apalagi kalau didukung dengan pencahayaan dan lampu rem yang meningkatkan keamanan. Btw, lampu belakang dan lampu rem ini penting demi menghindari tabrakan dari arah belakang, lho. Oleh karen itu saat beli mobil, tetap perhitungkan juga bagian lampu belakangnya. Normalnya sih, lampu belakang ini tak boleh terlalu menyilaukan agar tidak mengganggu pengendara yang berada di belakang mobil kita.
Eksterior Suzuki All New Ertiga
Eksterior Suzuki All New Ertiga. Sumber: suzuki.co.id

Pokoknya nih, Head Lamp dan Rear Lamp pada Suzuki All New ERTIGA telah didesain sedemikian rupa untuk menjaga keselamatan pengendara dan penumpang, namun tetap memperhatikan penampilan yang modern dan elegan.

2. Desain Interior yang Mewah dengan Bahan Pilihan

Tidak hanya desain luar yang wah dan bikin mata jadi pengen menatap terus, desain interiornya pun sudah berkelas banget. Semua kursi di dalam mobil bernuansa beige dengan two tone color (terutama khusus untuk tipe GL dan GX). Bahan pelapis kursi adalah fabric high grade hingga tampilan kursinya jadi elegan, tetapi tetap nyaman untuk diduduki, terutama dalam perjalanan yang membutuhkan waktu lama.

Dashboard All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia
Dashboard All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia

Pada bagian dashboard ada ornamen kayu yang memberi kesan klasik namun simple. Head Unit Touch Screen menjadi pelengkap yang memudahkan pengendara untuk mengoperasikan entertainment selama dalam perjalanan. Saya perhatikan, bagian setir telah didesain flat bottom steering wheel dengan lapisan kulit yang tak licin sehingga saat menyetir tak mudah tergelintir akibat tangan yang gampang berkeringat.

Saya juga menemukan tombol untuk mengatur mode atau  volume di bagian atas setir sehingga tak perlu lagi menjangkaukan tangan kiri ke arah dashboard hanya untuk mengatur volume musik. Di bagian bawah setir ada pula tombol untuk menerima ponsel yang telah dihubungkan dengan bluetooth. Menyetir dengan dua tangan jauh lebih aman daripada dengan satu tangan sementara tangan lain sibuk melakukan hal lain (mengatur volume atau mengganti mode entertainment atau malah memegang ponsel).

Setir Pada All New ERTIGA 2018
Setir Pada All New ERTIGA 2018

Sering melihat kondisi kabin mobil berantakan? Orang yang bagian kabin mobilnya berantakan sepertinya perlu disarankan ganti mobil dengan Suzuki All New ERTIGA 2018 saja. Mengapa? Mobil All New ERTIGA sudah dilengkapi dengan banyak kopartemen untuk menyimpan berbagai barang, baik di bagian depan, di pintu, juga di baris ketiga, termasuk telah dilengkapi dengan Ventilated Cup Holder untuk menaruh botol atau kaleng minuman dingin tetap dingin sepanjang perjalanan.

Mau mudik dan barang bawaannya banyak? Jangan khawatir. All New ERTIGA sudah dilengkapi bagasi yang luas banget dan bisa memuat banyak barang. Wong saya lihat Mas Ono Sembunglango aja muat kok masuk ke bagasi. Coba deh intip blognya Mas Ono.

Performance dan Feature Suzuki All New ERTIGA 2018
Performance dan Feature Suzuki All New ERTIGA 2018

3. Lebih Luas Jelas Lebih Nyaman

Saya pernah tuh naik mobil bersama 7 teman + 1 supir, namun terpaksa duduk berjejalan. Apesnya saya duduk di kursi paling belakang yang jaraknya dengan kursi tengah cukup mepet. Alhasil perjalanan kurang lebih 5 jam itu jadi berasa siksaan karena kaki saya tertekuk tak nyaman dan punggung pegal setengah mati akibat kursi belakang terlalu tegak.

Itu sebabnya ketika saya menjajal All New ERTIGA, hal berikutnya yang saya lakukan setelah memperhatikan eksterior dan interior adalah mencoba duduk di kursi belakang. Ternyata, jarak antar kursi di mobil ini cukup jauh dan leg room-nya bikin kaki tetap nyaman dan lega meski duduk di kursi belakang. Perjalanan jauh, dijamin lancar tanpa pegal deh kalau naik All New ERTIGA 2018 mobil keluarga Indonesia.

Kabin Lebih Luas Suzuki All New ERTIGA 2018
Kabin Lebih Luas Suzuki All New ERTIGA 2018

Ngomong-ngomong, untuk keluarga kecil dengan dua anak, yang ingin melakukan perjalanan jauh, mudik ke kampung halaman misalnya, tinggal dilipat saja kursi tengah dengan konfigurasi 60:40 dan kursi belakang (kursi ketiga) dengan konfigurasi 50:50, maka dua anak bisa tiduran dengan nyaman sepanjang perjalanan. Tinggal siapin saja bantal, guling, dan selimut. Ayah tetap menyetir, dan Ibu menemani Ayah menyetir sambil ngobrol di depan ya. Eh, tapi kalau Ibu mau ikutan tidur bersama dua anak, juga bisa kok, wong tempatnya luas banget.

4. Performa Lebih Oke dan Lebih Irit dengan Mesin Baru K15B

Kalau beli mobil, lihat mesinnya. Buka. Jangan cuma dengar kata orang! Kalimat ini sering Papa saya ucapkan kalau ada salah satu anaknya mau beli mobil, atau saat ngasih nasihat ke pelanggan bengkelnya. Saat sudah puas mengamati tampilan dan bagian dalam mobil, maka yang berikutnya saya lihat adalah mesinnya. Saya meminta izin terlebih dahulu untuk buka tutup kap mobil. Setelah kap terbuka, saya pun mengamati mesinnya.

Tampilan Mesin Suzuki All New ERTIGA 2018
Tampilan Mesin Suzuki All New ERTIGA 2018

Suzuki All New ERTIGA 2018 ini disempurnakan dengan mesin K15B yang lebih bertenaga menjadi 104,7PS di 6.000rpm dan torsi 138Nm di 4.400rpm. Mesin baru ini membuat mobil lebih responsif di berbagai medan dan lebih irit bahan bakar. BBM irit berarti dompet tak jebol dong yak. Berdasarkan ujicoba BT2MP berkaitan dengan konsumsi bahan bakar, untuk tipe automatic All New ERTIGA adalah sebesar 16,73km/liter, sementara untuk tipe manusia sebesar 18,09km/liter. Dari segi emisi memiliki Multi Point Injection yang sesuai dengan standarisasi EURO 4.

Tipe Mesin K15B Suzuki All New ERTIGA
Tipe Mesin K15B Suzuki All New ERTIGA

5. Fitur Keamanan dan Keselamatan

Untuk fitur keamanan telah tersedia Engine Push START/STOP sehingga mobil bisa dihidupkan tanpa anak kunci. Kita cukup menekan tombol yang ada di samping kemudi sambil menginjak pedal kopling (untuk mobil manual) atau mengijak pedal rem untuk mobil automatic. Juga tersedia Smart Entry, yang mana kita tak perlu memasukkan kunci mobil lagi pada slot kunci di pintu untuk masuk ke mobil dan mobil tidak bisa dibuka jika tak menggunakan kunci aslinya. Dengan ada fitur ini bisa meminimalkan risiko mobil dicuri.

Suzuki sebagai perusahaan otomatif berkelas selalu mengutamakan keselamatan pelanggannya. Itu sebabnya, di semua produknya, masalah keamanan ini menjadi hal penting dan diutamakan. Pada All New ERTIGA 2018, Suzuki melengkapinya dengan Suzuki Total Effective Control Technology (TECT) yang bekerja meredam benturan dengan baik meski material body-nya termasuk ringan. Dilengkapi pula dengan Side Impact Beam untuk memberi perlindungan pada penumpang jika terjadi benturan dari sisi samping. Untuk bagian pengemudi dan penumpang yang duduk di kursi depan, keamanan dan keselamatan didapat dari tersedianya Dual SRS Airbag. Ingin tahu lebih jauh mengenai fitur-fitur dan kelebihan lain pada Suzuki All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia? Buka saja laman resmi Suzuki.

Test Drive Suzuki All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia

Ketika tahu bisa test drive, saya langsung mendaftarkan diri. Sebelumnya saya sudah bilang, kan, kalau saya orangnya tak begitu saja percaya iklan. Saya harus mencoba dan membuktikannya sendiri dulu baru deh percaya. Meski sebelumnya sudah mendaftar di grup Whatsapp, saya kembali diminta mendaftarkan diri pada Tim Suzuki yang berjaga di lokasi.

Saat mendaftar dan ditanya hendak mencoba tipe manual atau automatic, saya jelas pilih manual. Lalu petugasnya menjawab dengan nada keheranan, “Kok manual sih, Mbak, bukannya perempuan lebih enak nyetir mobil matic?” Saya jawab aja, saya beda dengan kebanyakan perempuan. Padahal aslinya, lagi-lagi saya ingat Papa yang sejak semula memperkenalkan mobil manual. Menurut Papa, untuk mencoba performa mobil yang sesungguhnya, enak mencoba di tipe manual. Nanti kalau sudah sreg mau beli matic ya tak apa.

Setelah mendaftarkan diri, kami para blogger pun dibagi menjadi 5 kelompok. Satu yang test drive dan 4 blogger lainnya jadi penumpang. Kami kemudian diminta menuju ke area lobi utama karena di sana telah menunggu tim yang akan membantu kami untuk melakukan test drive. Saat masuk ke mobil dan memasang seat belt, saya bersiul kagum karena tali seatbelt langsung mengencang secara otomatis berkat tersedianya Front Seatbelt 3 Point ELR with Pretensioners & Force Limiter. Fitur tersebut juga mampu menahan tubuh dengan baik ketika terjadi hentakan dan benturan.

Sebelum keempat teman blogger naik ke mobil, saya dan pendamping dari tim Suzuki diminta berputar satu kali dulu. Sejak menginjak pedal gas pertama kali, saya kembali terkagum-kagum sambil berseru ke pendamping yang duduk di sebelah kiri saya, “Tarikannya mantap. Enteng banget ya!” Mas-mas pendamping hanya tertawa dan bilang kalau nanti tarikan Suzuki All New ERTIGA yang sebenarnya akan lebih terasa saat melaju dalam kecepatan tinggi. Aih, saya jadi tak sabar mencobanya. Tapi sebelum itu, saya harus menjemput keempat penumpang saya dulu nih.

Suzuki All New ERTIGA 2018 Mobil Keluarga Indonesia
Pas Test Drive Lupa Minta Fotoin… Hiks, jadinya pasang foto ini aja deh

Mas Ono, Mbak Tuty, Punto, dan Mas Arisman kemudian naik ke mobil dan acara test drive pun dimulai. Saya sengaja untuk beberapa saat membiarkan perseneling berada di gigi satu. Tarikan tetap oke dan mesin sama sekali tak menggerung. Ini beda banget dan membuat saya bisa menyetir dengan bahagia. Dulu pernah juga coba mobil lain, dan tarikan di gigi satunya tak sepanjang ini. Perpindahan perseneling ke gigi dua dan tiga mulus banget. Sayangnya, saya tak bisa mencoba hingga kecepatan di atas 100km karena kami test drive-nya masih di area parkir Summarecon Mall Serpong.

Oh ya, sebelumnya saya sempat membaca kalau katanya Suzuki All New ERTIGA 2018 dilengkapi dengan Electronic Stability Program, yaitu teknologi yang memadukan antara pengereman optimal dan kestabilan saat melaju di jalan licin serta berbelok. Jadi saat diajak pendamping dari Tim Suzuki memasuki area parkir gedung, saya pun menjajal kemampuan yang dimiliki All New ERTIGA ini, mengingat lantai area parkir gedung bisa dibilang licin. Saya memacu mobil (meski tetap waspada dengan kemunculan mobil lain), kemudian melakukan pengereman secara mendadak. Hasilnya? Ternyata oke banget. Teknologi tadi mencegah terjadinya over steer dan under steer.

Oversteer adalah situasi ketika mobil dibelokkan dalam kecepatan tinggi dan ban belakang kehilangan traksi sehingga terjadi selip pada ban belakang, dan mobil pun bisa terpelintir. Sementara itu, understeer adalah kondisi ketika mobil dibelokkan dalam kecepatan tinggi maka ban depan yang kehilangan traksi sehingga meski mobil sudah dalam posisi dibelokkan, mobil tetap meluncur lurus.

Fitur Safety Suzuki All New ERTIGA 2018
Fitur Safety Suzuki All New ERTIGA 2018

Selain teknologi Electronik Stability Program, Suzuki All New ERTIGA juga dilengkapi dengan Anti-Lock Braking System yang mencegah penguncian roda saat terjadi pengereman mendadak, juga ada Electronic Brake Force Distribution yang membagi besarnya gaya pengereman pada masing-masing roda sesuai beban dan kondisi pada roda.

Untuk mencoba keduanya, saya sampai beberapa kali mencoba melakukan pengereman mendadak setelah memacu mobil. Pengereman yang saya lakukan telah membuktikan ABS bekerja dengan baik. Mungkin nanti kalau saya bisa punya mobil ini, saya akan menjajal kemampuannya sekali lagi di jalan tol biar lebih mantap…hahaha.

Blogger Gathering Suzuki All New ERTIGA 2018 di The Breeze BSD City

Usai test drive, seluruh blogger yang mengikuti acara hari ini diajak naik bis dan kemudian meluncur ke The Breeze BSD City untuk sekalian makan siang bersama di Dermaga Makasar Seafood. Usai makan siang, kami mengikuti kegiatan blogger gathering dengan 3 pembicara, yaitu Pak Harold Donnel selaku Head of Brand Development Marketing Research Suzuki Indomobil Sales (SIS), Pak Yulius Purwanto selaku Product Development & Accessories Head dari SIS, dan Pak Aris Harvenda yang merupakan editor otomotif Kompas.com. Ketiga pembicara ini menjelaskan lebih lanjut informasi mengenai Suzuki All New ERTIGA 2018 yang cocok untuk keluarga-keluarga di Indonesia.

Suzuki All New ERTIGA 2018
Ki-Ka: Pak Aris, Pak Harold, dan Pak Yulius

Dalam sesi ini, Pak Yulius dari Suzuki Indomobil Sales mengungkapkan konsep yang diusung dalam penciptaan Suzuki All New ERTIGA 2018, yaitu:

  1. Memenuhi kebutuhan keluarga yang menginginkan mobil yang up to date, fungsional, serta berpenampilan membanggakan (meningkatkan prestise pemiliknya).
  2. Suzuki All New ERTIGA 2018 telah mengalami perkembangan dalam desain dn teknologi sehingga lebih baik dari ERTIGA sebelumnya.
  3. Mengusung konsep kebersamaan atau togetherness, yang menguatkan ikatan, baik dalam keluarga, juga teman dan orang lain.
  4. Kabin yang lebih luas, lebih lebar, dan lebih panjang memungkinkan memuat banyak orang sehingga sesuai dengan slogan yang diusung yaitu The New Face of Urban MVP.
  5. Berkelas premium karena desain eksterior dan interiornya mengikuti perkembangan zaman modern dan berteknologi terkini, fitur-fitur yang mampu memenuhi kebutuhan masyarakat zaman ini, salah satunya tersedia USB untuk charge ponsel yang jumlahnya banyak hingga tak perlu rebutan kalau kehabisan baterai ponsel di perjalanan. Selain itu juga, chassis dan mesin bertipe baru yang irit dalam konsumsi bahan bakar.
Daftar Harga Suzuki All New ERTIGA 2018
Daftar Harga Suzuki All New ERTIGA 2018. Sumber: suzuki.co.id

Harga Suzuki All New ERTIGA 2018 lebih murah dibanding produk kompetitor di kelas yang sama. Tujuannya agar semakin banyak keluarga Indonesia bisa memiliki mobil untuk memenuhi kebutuhan keluarga akan bepergian bersama, tetapi dengan mobil yang berkualitas premium dan berfitur modern.

Blogger Gathering Suzuki All New ERTIGA 2018
Blogger Gathering Suzuki All New ERTIGA 2018. Foto: Imawan

Jadi, liburan kali ini mau pulang kampung pakai mobil baru? Beli Suzuki All New ERTIGA 2018 mobil keluarga Indonesia saja. Yuklah cus ke gerai Suzuki terdekat.

514 total views, 1 views today

4 COMMENTS

  1. Wah lengkap syekalii, sekelas MPV yg lahir belakangan ini juara harga nya dan dimensinya. Luas, lebar, panjang bikin nyaman. Gak takut kalah mode jugak. Bedewey, waktu test drive emang lincah beud nyupirnya hihihi …

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here