Saya orangnya tidak tahan panas. Kalau kepanasan sukanya pasti sakit kepala. Itu sebabnya, di rumah selalu pakai AC, terutama kalau siang hari. Bulan lalu, saya dan suami kebingungan karena mendapati listrik di rumah kami kok boros sekali. Selidik punya selidik, ternyata nih kami belum menerapkan tips hemat listrik meski pakai AC.

Tips Hemat Listrik Meski Pakai AC

Beberapa tips hemat listrik meski pakai AC sebenarnya sudah saya ketahui sejak lama dan sudah pula kami terapkan di rumah. Sayangnya akibat kesibukan di rumah (dan karena kaminya juga lalai) akhirnya tips tersebut terlupakan. Alhasil ya bayar listriknya jadi bengkak dan lebih mahal dari biasanya.

Nah, tips hemat listrik meski pakai AC yang saya maksudkan, antara lain:

1. Pilih Kapasitas AC Sesuai Ukuran Ruangan

Jika ruangan kamar tidak terlalu luas maka AC dengan kapasitas 1/2PK sebenarnya sudah cukup. Kalau memaksakan menggunakan AC berukuran 2PK demi mendapatkan ruangan yang dingin maksimal, jelas jadinya pemborosan. Selain harga AC-nya lebih mahal, pemakaian listriknya pun juga lebih besar.

2. Ruangan Harus Tertutup dengan Baik

Ruangan yang menggunakan AC idealnya tertutup rapat. Hal ini untuk menjaga suhu ruangan dalam kondisi stabil. Untuk itu, pastikan jendela dan pintu tertutup rapat ketika sedang menggunakan AC. Selain itu, pastikan pula tidak ada lubang lain yang memungkinkan udara dingin dari dalam ruangan ke luar, misalnya lubang angin-angin. Dengan menjaga suhu ruangan tetap stabil maka penggunaan listrik pun jadi lebih hemat dan AC tidak perlu bekerja terlalu keras.

3. Atur Suhu Ideal

Idealnya suhu ruang di negara tropis seperti Indonesia adalah antara 20-25 derajat sehingga suhu AC yang diatur di 22 derajat sudah cukup membuat dingin ruangan. Sayangnya, kebiasaan saya kemarin karena ingin ruangan cepat dingin maka saya mengatur suhunya 16 derajat Celcius. Suhu serendah ini jelas membuat AC bekerja lebih keras dan menarik listrik lebih banyak. Akibatnya, ya wajar kalau pemakaian listrik di rumah jadi boros banget.

4. Rajin Membersihkan AC

Gara-gara sibuk dan jarang di rumah, saya dan suami jadi lalai membersihkan AC. Kondisi bagian dalam AC yang kotor membuat pemakaian listrik jadi bertambah besar akibat tumpukan debu dan kotoran. Jika tak sempat memanggil tenaga pembersih AC, minimal bersihkan kawat-kawat penahan debu yang ada di AC sebulan sekali. AC yang bersih selain bikin perangkat AC jadi awet, tentunya jadi hemat listrik juga.

5. Gunakan AC Seperlunya Sesuai Kebutuhan

Tips hemat listrik meski pakai AC yang terakhir adalah gunakan AC seperlunya, sesuai kebutuhan. Artinya, kalau sudah tak digunakan, ya AC-nya dimatikan. Paling sering yang saya lakukan adalah lupa setting timer. Memang kalau mau tidur kan pengennya ruangan sejuk. Menjelang subuh, biasanya suhu udara di ruangan sudah dingin walaupun tanpa AC menyala. Sayangnya, AC saya sering tetap menyala dan baru saya matikan saat saya atau suami bangun tidur. Ini yang juga jadi salah satu sebab pemakaian listrik di rumah saya jadi lebih boros. Meski mulai disiplin nih dalam hal penggunaan AC.

Dari pengalaman pemakaian AC bulan lalu yang membuat pemakaian listrik saya jadi boros, akhirnya saya dan suami sepakat untuk menerapkan tips hemat listrik meski pakai AC dengan lebih disiplin. Apalagi sebenarnya kami sudah pakai AC LG DUALCOOL with Watt Control yang sudah terkenal hemat listrik. Dengan penggunaan yang benar, listrik di rumah bisa dihemat hampir 45 persennya. Kok bisa?

Keistimewaan AC LG DualCool with Watt Control

Jadi gini, AC LG DUALCOOL with Watt Control ini punya keistimewaan dibandingkan AC lainnya loh karena telah dilengkapi dengan 3 fitur andalan, yaitu:

1. JetCool

Fitur JetCool memiliki fungsi untuk mempercepat proses ruangan menjadi dingin dengan cara menyemburkan udara bersuhu 18 derajat Celcius ke satu titik, kemudian mempertahankannya pada tingkat suhu yang sudah ditentukan. Dengan cara ini, penggunaan listrik jauh lebih hemat.

2. Ionizer

Miliaran ion akan disemburkan oleh fitur Ionizer untuk menonaktifkan bakteri, virus, ataupun kuman sehingga udara di dalam ruangan tetap sejuk dan segar.

3. SmartThinQ

Fitur yang satu ini memerlukan aplikasi yang harus diunduh dulu di smartphone. Fungsinya, untuk mengontrol penggunaan AC dari jarak jauh, baik mematikan, menghidupkan, atau mengaktifkan fitur-fitur pendukung lainnya. Jadi harusnya tidak ada alasan lagi nih lupa mematikan AC di waktu subuh hanya karena remote AC jauh dari jangkauan.

Tips Hemat Listrik Meski Pakai AC
Promo AC LG DualCool with Watt Control

Tips hemat listrik meski pakai AC ini hanyalah beberapa hal yang saya ketahui dari teknisi AC yang dulu memasang AC di rumah saya. Dan memang ternyata berguna sekali untuk menghemat penggunaan listrik. Semoga yang sekarang sedang bingung akibat listriknya boros, bisa ikut terinspirasi menerapkan tips-tips di artikel ini ya. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat.

592 total views, 16 views today

4 COMMENTS

  1. Di rumah cuma ada 1 AC di kamar utama, jadi kalau mau ngadem umpel-umpelan di satu ruangan,, bukannya adem malah sesak 🙂
    Tapi tau ada AC yg hemat listrik dan dengan teknologi canggih dari LG jadi pengen banget punya AC lagi buat di ruang keluarga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here