Akhir pekan lalu saya dan suami jalan-jalan ke salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta. Karena kebetulan di sana lagi ada pameran mobil, mampirlah kami ke sana untuk melihat-lihat. Suasana cukup ramai pengunjung. Biasanya pameran begini jadi ajang jual mobil SUV Jakarta. Ya, tren mobil SUV saat ini sedang naik daun, bersaing ketat dengan mobil MPV. Apa sih beda mobil SUV dan mobil MPV?

Beda Mobil SUV dan Mobil MPV

SUV singkatan dari Sport Utility Vehicle, sementara MPV singkatan dari Multi Purpose Vehicle. Keduanya kalau dilihat sekilas mirip ya, sama-sama mobil keluarga dan bisa muat tujuh penumpang (walaupun ada juga mobil SUV yang hanya muat 4-5 penumpang). Kemiripan keduanya sering membuat banyak orang awam, seperti saya, cukup bingung menentukan mana mobil SUV dan mana mobil MPV. Jadi kalau mau beli mobil, apalagi sampai mau berburu info tentang jual mobil SUV di Jakarta, harus tahu terlebih dahulu perbedaan keduanya.

Mobil SUV

Seperti singkatannya, Sport Utility Vehicle (SUV) adalah mobil yang didesain cocok untuk segala medan. Artinya mau dibawa di jalan kota yang mulus oke aja, atau dibawa ke medan berat berlumpur dengan kondisi jalan tak mulus juga akan tetap nyaman dikendarai. Bentuk body mobil SUV perpaduan antara sedan dan Jeep, yaitu desain interior semewah sedan, namun bagian luar dan kaki-kaki sekokoh Jeep.

Jarak antara body mobil ke tanah juga tinggi (ground clearance) sehingga bisa melewati jalan yang berlubang, rusak, jalan naik turun, pokoknya medan apa pun, ditambah lagi ukuran bannya pun besar. Penumpang yang ada di dalam mobil tak akan merasakan guncangan yang berlebihan karena dukungan suspensi yang bagus. Oh ya, karena mesti siap melalui berbagai kondisi jalan, mobil SUV juga dilengkapi mesin dengan tenaga yang besar.

Untuk interior dan lainnya, SUV hampir mirip dengan sedan ataupun mobil MPV, mewah, elegan, tapi tetap tampak sporty. Bagasi belakang cukup luas untuk menyimpan barang bawaan. Jumlah penumpang yang biasa naik ke mobil tergantung jenis mobil SUV yang dipilih, apakah low SUV (LSUV) ataukah SUV. Contoh LSUV, misalnya Suzuki SX4, Nissan Juke, Toyota Rush, Honda BR-V, dan sebagainya. Kalau contoh SUV, seperti Mitsubishi Pajero, Xpander, Nissan X-train, dan sebagainya.

Mobil MPV

Mobil MPV selama ini dikenal sebagai mobil keluarga karena bisa muat banyak penumpang (7 orang penumpang) dan bisa muat barang juga. Kapasitas tempat duduk yang banyak tetap membuat penumpangnya nyaman karena jarak antar kursi cukup jauh berkat ukuran body mobil yang besar. Sesuai namanya, Multi Purpose Vehicle, mobil MPV lebih mengedepankan kenyamanan dalam berkendara, khususnya di dalam kota dengan jalanan yang mulus. Selain itu, jenis mobil ini lebih mengusung kemewahan ketimbang sporty, itu terlihat dari bentuknya yang elegan, dan kaki-kaki yang didukung suspensi lembut penahan goncangan.

Ada 3 jenis MPV, yaitu low MPV, MPV, dan Upper MPV. Bagi siapa pun yang ingin membeli mobil MPV bisa menetapkan pilihan sesuai dengan kebutuhan. Jenis low, bodynya lebih pendek, seperti Mobilio, Ertiga, Evalia, dan sebagainya. Untuk jenis MVP ada Nisan Grand Livina, Toyota Sienta, dan masih banyak lagi. Kalau mau yang upper, pilih saja Mitsubishi Delica, Toyota Alphard, Mazda Biante, dan lainnya.

Pilih Mobil Sesuai Kebutuhan

Dulu waktu suami masih kerja kantoran, acara jalan-jalan baru bisa kami lakukan saat suami libur. Saat ini kami berdua sudah sama-sama bekerja sebagai freelancer dengan jam kerja yang bebas. Akhir-akhir ini jadi terpikir untuk beli mobil dan jenisnya haruslah yang sport. Maklum, kami suka sekali traveling ke daerah dengan medan jalan beragam. Mobil SUV akhirnya jadi incaran kami setelah kami tahu beda mobil SUV dan mobil MPV. Makanya nih, kami pun jadi rajin berburu info tentang jual mobil SUV Jakarta. Kalau kamu mau pilih beli mobil jenis apa?

631 total views, 3 views today

1 COMMENT

  1. […] Mesin pada BR-V yang baru ini tidak mengalami banyak perubahan, namun tampilan body ada beberapa perubahan sehingga membuat mobil ini jadi lebih menarik perhatian. Bagian depan mobil keluarga BR V Facelift terlihat seperti mobil jenis SUV, padahal aslinya merupakan mobil jenis MPV. Secara umum memang ada┬ábeda mobil SUV dan mobil MPV. […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here