Website menjadi salah satu sarana yang bagus untuk melakukan promosi bagi para pelaku usaha UKM maupun personal. Ada banyak sekali manfaat membuat website, namun sebelumnya ada 3 hal penting dalam membuat website yang harus benar-benar diperhatian. Ini demi tercapainya tujuan dari pembuatan website itu sendiri.

Apa saja sih 3 hal penting yang perlu diperhatikan ketika hendak membuat website?

Nama Domain Ditentukan Sebelum Membuat Website

Sebelum membuat website, hal pertama dan paling utama adalah menentukan nama domain. Kenapa memilih nama domain membutuhkan perhatian khusus?

Nama domain ini akan menjadi identitas kita di dunia maya, entah kita sebagai pemilik usaha maupun sebagai personal. Dengan pemilihan nama yang tepat maka orang, klien, pelanggan, maupun siapa pun yang nantinya berinteraksi dengan kita, bisa mengingat nama tersebut dengan baik.

Contohnya nih ya, seperti saya yang membuat website untuk personal branding, maka saya lebih memilih menggunakan nama pena saya, yaitu Monica Anggen. Kebetulan semua buku-buku yang pernah saya terbitkan juga menggunakan nama tersebut.

Kalau kamu sebagai pemilik usaha, maka alangkah baiknya nama website yang digunakan juga merupakan identitas dari nama usaha atau produk usaha. Tujuannya, ketika pelanggan membutuhkan informasi, mereka bisa dengan mudah menemukannya di internet.

Untuk menentukan nama domain maka ada dua hal yang bisa dijadikan panduan

Cara Memilih Nama Domain

Ketika orang tua memilihkan nama bagi anaknya yang baru lahir, pastilah di dalam nama itu terselip doa. Maka saya rasa, ini juga berlaku ketika kita memilih nama untuk domain. Dengan kata lain, pilihlah nama yang bagus supaya harapan yang menjadi tujuan pembuatan website tersebut bisa terwujud.

Beberapa tips cara memilih nama domain:

  1. Nama mudah diingat dan bisa terpatri lama dalam pikiran meski hanya satu kali melihat/membaca.
  2. Nama tersebut mudah ditulis atau diketik di mesin pencari.
  3. Nama sesuai dengan tujuan pembuatan website, entah sebagai personal branding ataupun sebagai media promosi usaha.
  4. Nama di website sebaiknya seragam dengan nama yang nanti digunakan di media sosial.

Oh ya, penjelasan lebih lengkap mengenai tips memilih nama domain sudah pernah saya tuliskan di artikel lain dalam blog ini dengan judul Tips Memilih nama domain untuk blog. Silakan untuk penjelasan lebih lengkap bisa langsung dibaca di sana saja ya.

Syarat Menentukan Nama Domain yang Perlu Dipenuhi

Setelah menentukan mau menggunakan nama apa, selanjutnya ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi dalam pembuatan nama domain ini.

  1. Dalam nama tidak menggunakan simbol atau tanda baca seperti strip, titik, dan sebagainya.
  2. Nama harus singkat, jelas dan berkesan.
  3. Nama sesuai dengan ekstensi yang dipilih. Misalnya: co.id ekstensi yang biasa digunakan perusahaan, .com adalah ekstensi yang lebih universal, sementara kalau .gov biasa digunakan oleh website pemerintahan.
  4. Jika menggunakan nama gaul pilihlah nama gaul yang masih memiliki makna sesuai dengan tujuan pembuatan website.
  5. Nama bisa disesuaikan dengan niche atau jenis website.

Isi Website

Setelah menentukan nama domain, kita juga perlu menentukan website yang kita buat ini nantikan akan berisi apa saja. Pada tahap ini, lebih baik jika kita membuat rancangan atau rencana isi website. Misalnya nih website yang mau dibuat adalah website personal.

Nah di dalam website personal ini isinya apa saja? Apakah tentang pekerjaan yang sedang kita geluti? Apakah memuat seluruh karya yang pernah kita buat? Apakah nanti ada tips yang kita bagikan sesuai dengan profesi tersebut.

Saya mencoba membagi dua bagian dulu ya terkait isi website yang mau dibuat.

Desain dalam Membuat Website

Desain website perlu dipikirkan pula di awal. Bagaimana tampilan website yang akan kita sajikan bagi para pengunjung website. Apakah desainnya mau yang minimalis dan clean, apakah mau menggunakan tampilan yang lebih banyak foto, apakah lebih berbentuk seperti kanal berita, dan sebagainya.

Desain website ini bisa dibuat atau dirancang sendiri dengan menggunakan tools tertentu. Nanti tools terkait hal ini akan saya usahakan untuk menuliskannya dalam artikel terpisah saja. Desain website juga bisa dengan menggunakan yang sudah jadi. Ada banyak sekali template desain website yang tersedia di internet, baik yang gratis maupun yang berbayar (premium).

Konten Website

Setelah desain jadi, maka waktunya kita segera mengisi website dengan berbagai konten yang sesuai. Bagus tidaknya suatu website salah satunya ditentukan oleh kualitas konten yang tersedia. Jika konten yang dibuat adalah konten yang informatif dan lengkap, tentu akan ada banyak pengunjung yang datang ke website ini.

Pembahasan mengenai konten website ini harus diulas secara khusus karena cukup banyak syarat-syarat yang harus dipenuhi bagaimana suatu konten bisa dikatakan berkualitas atau tidak. Selain isi konten mesti berkualitas, detail, dan lengkap, tentu konten juga harus ramah dan terbaca baik secara SEO. Apa itu SEO? Nanti ya kita bahas terpisah saja.

Website Gratis atau Berbayar

Nah setelah menentukan domain yang mau digunakan, isi website, dan mengenai apa website yang mau dibuat, selanjutnya adalah menentukan apakah website tersebut mau menggunakan website gratis atau website berbayar.

Website Gratis

Jika mau menggunakan website gratis maka bisa menggunakan blogspot.com atau website.com. Bagi yang baru belajar, boleh ya mencoba dulu di website gratis ini. Namun kelemahan dari website gratis, nama domain yang digunakan jelas masih menumpang di blogspot atau di wordpress-nya. Pengelolaan website gratis juga sangat terbatas.

Namun jika membuat website untuk kebutuhan profesional, maka lebih disarankan untuk menggunakan website berbayar.  Jadi, website berbayar itu apa sih?

Website Berbayar

Website berbayar adalah website yang menggunakan nama domain yang langsung diikuti ekstensi .com, .net, .id dan sejenisnya. Contohnya adalah www.monicaanggen.com. Menggunakan website berbayar ada banyak sekali keuntungannya, terutama jika berkaitan dengan berbagai fitur yang dibutuhkan untuk membangun website sesuai kebutuhan.

Website berbayar juga memiliki tingkat keamanan yang lebih baik, bisa untuk mengelola database, memiliki email dengan domain milik kita, mengelola tampilan website yang lebih dinamis, dan sebagainya.

Untuk memiliki website berbayar maka kita perlu mencari hosting yang tepat. Cara mencarinya bisa dengan mengklik web hosting kebanggaan Indonesia di browser. Jangan lupa untuk cek pula promo domain menarik yang memungkinkan kita memiliki domain yang kita inginkan.

Demikian 3 hal penting dalam membuat website yang perlu diperhatikan. Semoga bermanfaat dan bisa memberi sedikit pencerahan langkah awal yang perlu dipersiapkan ketika hendak membuat website. Nantikan artikel-artikel selanjutnya dalam pembuatan website yang berkualitas ya.

134 total views, 9 views today

SHARE
Previous articleCara Mengelola Keuangan bagi Sandwich Generation

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here