Mungkin ada banyak di antara kita yang masih bingung, mengapa WhatsApp bisa menjadi bagian dari pemasaran? Agar tak bingung, mari kita bahas saja secara langsung mengenai 5 strategi pemasaran melalui Whatsapp yang jitu.

Whatsapp Bisa Menjadi Media Pemasaran yang Bagus

Whatsapp memang benar bisa menjadi media pemasaran yang bagus lho, baik untuk memasarkan bisnis, produk, jasa, bahkan memasarkan diri sendiri untuk meningkatkan personal branding. Alasan Whatsapp bisa menjadi media pemasaran karena WhatsApp merupakan aplikasi mobile gratis yang bisa berbagi banyak hal, mulai dari chat, berbagi foto maupun file, panggilan video atau suara.

Selain itu, Whatsapp juga telah digunakan oleh banyak orang. Hanya dengan bermodalkan koneksi internet yang memadai, kita bisa secara aktif menggunakan Whatsapp di smartphone kita. Artinya, siapa pun saat ini memanfaatkan keberadaan WhatsApp sebagai media komunikasi, interaksi, dan sebagainya. Nah, dengan cara yang sama pula seperti kita berkomunikasi itulah, kita bisa sekaligus melakukan pemasaran di Whatsapp.

5 Strategi Pemasaran Melalui WhatsApp yang Jitu

WhatsApp sangat cocok untuk melakukan pemasaran, karena lebih efektif, mudah digunakan dan dinilai lebih dekat dengan calon konsumen atau pelanggan. Dengan alasan ini pula, banyak pelaku UKM atau yang memiliki bisnis online menggunakan WhatsApp sebagai salah satu strategi pemasaran yang jitu.

Namun, dalam penerapannya tetap diperlukan persiapan strategi terlebih dahulu, mengingat setiap media sosial memiliki karateristik yang berbeda. Tetapi tenang saja, semua bisa dipelajari dengan mudah, asal kita konsisten dan serius.

Berikut ini, 5 strategi pemasaran melalui WhatsApp yang jitu dan wajib dicoba, antara lain:

1. Simpan Nomor Kontak Sebanyak Mungkin

Sebagai langkah awal, kita bisa mulai dengan menyimpan nomor kontak sebanyak mungkin, misalnya menyimpan kontak saat teman-teman ada dalam satu grup. Alangkah baiknya kalau kita meminta izin juga jika hendak menyimpan nomor telepon guna ungtuk silahtuhrahmi.

Cara lain, ketika kita sedang berada di bazar atau festival dan menjaga stan bisnis, kita bisa meminta setiap pelanggan yang mampir ke booth untuk mengisi data dan nomor telepon. Simpan semua data tersebut dengan sebaik mungkin.

Intinya, semakin banyak nomor kontak yang potensial disimpan, maka akan semakin banyak peluang buat Anda memasarkan produk. Namun, jangan lupa untuk calon pelanggan menyimpan nomor kontak teman-teman ya, tujuannya agar bisa calon pelanggan melihat status WhatsApp dari Anda.

2. Setiap Hari Update Status yang Menarik

Nah, selain itu Anda juga setiap hari harus update status produk dengan menggunakan foto yang menarik, Anda juga bisa mengecek siapa saja yang melihat status Anda dan bisa mengetahui berapa orang kah yang melihat status dari tersebut, semakin banyak semakin bagus.

3. Secara Berkala Buatlah Broadcast

Ini penting banget ya, Anda baiknya secara berkala mengirim broadcast yang menarik dengan bahasa copywriting yang ciamik, agar menghasilkan engagement yang baik. Intinya biar ada hubungan timbal balik, jangan asal broadcast yak, karena pengguna whatsApp berbeda dengan pengguna media sosial lainnya, pengguna WhatsApp lebih personal, jadi gunakan hati untuk meraih hati pelanggan.

4. Setidaknya Buatlah Grup Reseller untuk Penerapan Strategi Pemasaran Whatsapp

Asyiknya menggunakan pemasaran melalui WhatsApp, Anda juga bisa membuat grup khusus reseller, dengan begitu lebih mudah update katalog dan harga produk, selain itu juga jangan lupa bina reseller agar para reseller bisa membantu Anda untuk meningkatkan promosi dan penjualan produk. Intinya sering interaksi yang baik dan merespon dengan cepat.

5. Pelajari Tool Marketing WhatsApp

Ini juga penting banget buat kita untuk mempelajari tool marketing WhatsApp, bagaimana membuat link untuk menambahkan chatting ke website, email atau media sosial lainnya, sehingga memudahkan untuk pemasaran. Saat ini WhatsApp juga telah menyediakan WhatsApp bisnis, untuk memudahkan pelaku usaha yang mau terus belajar.

So, banyak cara yang bisa kita lakukan untuk marketing melalui WhatsApp, asal terus mempelajari dan upgrade ilmu mengenai marketing, karena setiap media sosial pastinya punya karateristik yang beda. Apakah Anda sudah mencoba tips di atas? Atau punya tambahan tips lagi? Jangan lupa untuk share yak. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

 201 total views,  4 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here