7 Kisah Inspiratif bagi Anda yang Hampir Putus Asa

Namanya hidup, akan selalu ada yang namanya masalah dan tantangan. Siap tidak siap, kita memang perlu menghadapinya. Wajar kalau semua masalah yang datang kadang membuat kita merasa cemas, takut, atau bahkan hampir putus asa. Nah, biar semangat lagi, baca yuk 7 kisah inspiratif dari 7 tokoh terkenal ini.

7 Kisah Inspiratif bagi Anda yang Hampir Putus Asa

1. Kisah Si Jenius, Albert Einstein

Nama Albert Einstein yang terkenal sebagai tokoh jenius juga pernah lho mengalami masa-masa berat dalam hidupnya. Sebelum meraih sukses dan menjadi tokoh terkenal, separuh hidup Albert Einstein penuh dengan penolakan.

Bayangkan saja, dia baru bisa membaca saat usianya 7 tahun. Kemampuan membaca yang terlambat ini bukan disengaja, melainkan karena memang ada kekurangan di dalam dirinya. Begitu dewasa, Albert Einstein juga pernah mengalami penolakan saat mendaftar di Swiss Federal Institute of Technology karena ujian masuknya gagal.

Meski banyak mengalami kegagalan, Albert Einstein tak menjadikannya sebagai alasan untuk berputus asa, apalagi menyerah. Dia terus berusaha. Bahkan kini, Albert Einstein menjadi sosok yang menginspirasi banyak orang, sekaligus mencatatkan namanya dalam sejarah sebagai manusia jenius dengan berbagai teori relativitasnya.

kisah inspiratif Albert Einstein

2. Si Penerang, Thomas Alva Edison

Berkat penemuan hebat dari sosok Thomas Alva Edison, bumi yang gelap tidak lagi menakutkan karena adanya teknologi bernama lampu. Penemuan lampu ini sudah tentu sangat berguna bagi umat manusia hingga kini.

Tahu tidak, kisah hidup Thomas Alva Edison yang terkenal ini bisa jadi sama dengan yang kita alami saat ini lho. Di masa lalu, dia sering mendapat sindiran dan hinaan.

Di masa sekolah, guru di sekolah Edison pernah mengirimkan surat pemberitahuan ke orang tua Edison. Isinya, meminta orang tua membawa Edison pulang ke rumah dan Edison tidak perlu sekolah lagi. Ya, pihak sekolah menganggap Edison terlalu bodoh dan tidak layak sekolah.

Edison tidak menyerah. Dengan dukungan keluarga, dia akhirnya berhasil menjadi seorang penemu yang hebat.

Jika saat ini kamu sedang mengalami hinaan, atau situasi yang sangat tidak menyenangkan saat sedang berjuang mencapai impian, tetap semangat ya. Selama mau bergerak dan berusaha, pasti ada kok jalan untuk mencapai sukses.

3. Pengusaha Ikan Hingga Pesawat Terbang, Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti salah satu tokoh perempuan sukses Indonesia. Dia merupakan seorang pengusaha ikan yang sukses dan sudah ekspor ikan ke mancanegara. Bahkan, pernah menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan.

Selain sebagai pengusaha ikan, Susi Pudjiastuti juga pemilik bisnis maskapai penerbangan yang diberi nama Susi Air. Di balik kisah suksesnya, ada perjalanan terjal dan tidak menyenangkan yang pernah dilalui Susi.

Susi Pudjiastuti merupakan lulusan SMP. Beliau pernah sekolah sampai SMA, namun tidak selesai. Lalu, ia memilih bekerja di bidang perikanan dengan modal seadanya, yaitu 750 ribu dari hasil menjual perhiasannya.

Nah, dengan modal 750 ribu itulah, Susi Pudjiastuti bangkit dari keterpurukan dan memulai bisnis perikanan. Ia membeli ikan dari tempat pelelangan ikan, lalu menjual ikan-ikan tersebut ke berbagai restoran. Pengorbanan dan perjuangannya pun terbayar dengan kesuksesan bisnisnya di bidang perikanan melalui ekspor ikan dan lobster.

4. Eksportir Muda, Nicholas Kurniawan

Pernahkah kamu mendengar nama Nicholas Kurniawan? Nicholas merupakan salah satu anak muda sukses yang membangun bisnis ekspor ikan hias. Di usianya yang masih muda, Nicholas berhasil menjual ikan hias ke luar negeri dengan omzet mencapai 100 juta lebih.

Awalnya, ekonomi keluarga Nicholas terpuruk dan keluarga terlilit utang dalam jumlah besar. Nicholas jelas tidak mau berputus asa. Dia bertekad akan mengubah nasibnya dan nasib keluarganya. Berbagai bisnis pun ia coba, sampai akhirnya ia menemukan bisnis ikan hias.

Hayo, kamu yang saat ini sedang merasa putus asa, cari tahu ke dalam diri, apa yang kamu suka? Bisakah hobi atau kegiatan yang kamu suka membantumu untuk kembali bangkit? Cobain dulu. Lakukan dulu. Karena hanya cara ini yang membuat kamu bisa tahu hasil akhirnya.

5. Gibran Rakabuming

Sebagai anak Presiden Jokowi tidak membuat Gibran menggantungkan hidupnya dengan status orang tuanya. Ia malah memilih bisnis katering, bisnis yang berbeda jauh dengan bisnis mebel yang keluarganya miliki.

Gibran merupakan salah satu sosok yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang sedang patah semangat. Masih muda, mau berjuang dan berusaha membangun bisnis sendiri. (update 2022: Gibran Rakabuming menjabat sebagai Walikota Solo)

6. Entrepreneur muda, Yasa Singgih

Tahu dong merek pakaian bernama Mens Republic? Pemilik brand pakaian ternama ini adalah Yasa Singgih. Selain membangun bisnis pakaian, Yasa juga menjalankan bisnis konsultasi, yaitu MS Consulting.

Kamu bisa mencontoh perjalanan Yasa Singgih yang pantang menyerah, meski banyak diremehkan orang. Hingga pada usianya yang baru 16 tahun, Yasa memulai bisnis pakaian. Yasa pun berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu tokoh muda tanah air yang sukses.

7. Sang Legenda Bisnis, Bob Sadino

Siapa yang tidak kenal dengan sosok yang gemar menggunakan kemeja dan celana pendek. Ya, Bob Sadino sosok yang terkenal dan menjadi legenda sebagai pengusaha Indonesia yang sukses. Bob Sadino memang mempunyai perjalanan kesuksesan dengan kisah yang menarik dan sering menjadi inspirasi bagi pengusaha lain, terutama untuk pemula.

Perjalanannya sebagai pegawai selama 9 tahun diakhiri dengan beralih membuka bisnis penyewaan mobil. Sayangnya rencana besar dengan bisnis penyewaan mobil ternyata gagal karena Bob Sadino tidak bisa mengemudi setelah mengalami kecelakaan. Tidak patah semangat, Bob Sadino tidak malu dengan beralih profesi dari pegawai menjadi buruh bangunan.

kisah inspiratif Bob Sadino

Di tengah perjalanannya sebagai buruh bangunan, Bob Sadino melihat peluang usaha lain, yaitu bisnis ternak dan telur ayam. Bisnis ayam inilah yang mengantar sang pengusaha meraih kesuksesan. Hebatnya lagi, beliau tetap berpenampilan sederhana walau sudah sukses lho.

Setelah menjadi pengusaha sukses, Bob Sadino lebih sering terlihat mengenakan celana pendek dibandingkan pakaian resmi seperti kebanyakan pengusaha sukses. Ia juga dikenal sebagai sosok yang ramah dan sering melayani pelanggannya sendiri.

Kekhawatiran akan mendapat kegagalan besar memang sering menghantui saat kita sedang berjuang mewujudkan impian. Jangan takut pada hal-hal yang belum pasti. Coba lakukan berbagai cara dulu dan berusahalah sepenuh hati. Jikapun gagal, itu artinya kita harus belajar lagi. Semoga 7 kisah inspiratif di atas bisa membantu menginspirasi siapa pun yang saat ini sedang putus asa. Tetap berusaha, dan terus lakukan pengembangan diri.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

13 pemikiran pada “7 Kisah Inspiratif bagi Anda yang Hampir Putus Asa”

  1. Semangat mereka untuk terus berusaha memang patut dicontoh ya.
    Pengusaha sukses umur 16th? Aih bikin mupeng…

    Balas
    • Tuh kan, aku ya kaget pas tahu dia mulai usahanya usia 16 tahun dan sukses. Keren banget ya dia. Yuk kita juga tetap semangat ya

      Balas
  2. Tokoh-tokoh di atas memang mampu menginspirasi banysk orang , kegigihan mereka dalam memperjuangkan cita-cita layak kita jadikan contoh teladan, agar kita juga bisa melakukan sesuatu yang hebat seperti mereka.

    Balas
      • Sip mbak, bakal sering maen sini nih, blognya keren dengan penulis yang juga keren, lsngsung tertarik pada perkenalan pertama, saya pengen belajar banyak sama mbak Monica tentang dunia tulis-menulis, boleh ‘kan?

        Balas
    • Idolaku juga. Suatu hari nanti semoga impianku terwujud, Mas, satu kapal ma beliau (satu sampan lebih asyik nih kayaknya) sambil ngopi + udut. wahahaha

      Balas
  3. Wah. Mereka memang punya kisah inspiratif dalam mengapai kesuksesannya. Pantang menyerah dalam segala kondisi dan yakin teus berusaha. Mantap. Makasih sharing motivasinya mbak.

    Balas
  4. Mereka aja enggak putus asa, jadi aku pun enggak boleh putus asa ya?
    Aku selalu senang baca kisah-kisah orang sukses, selalu ada jatuh bangun berkali-kali sebelum mereka berhasil. Bikin aku belajar untuk lebih menerima diriku dan enggak boleh menyerah pada mimpi-mimpi yang ada.
    Thanks for sharing this 7 inspiration people, Mbak.

    Balas

Tinggalkan komentar