Pergi liburan menjadi salah satu cara untuk menyeimbangkan hidup dan lepas dari rutinitas sehari-hari yang padat. Berlibur boleh ke mana saja, baik ke dalam maupun ke luar negeri. Dengan sering pergi liburan, kita bisa menikmati berbagai tempat wisata menarik, bertemu dan berinteraksi dengan banyak orang, juga yang pasti membuka wawasan dan pengetahuan sehingga kita tak jadi seperti katak dalam tempurung. Kita bisa jadi orang yang terbuka dan mampu beradaptasi dengan berbagai budaya serta bahasa. Untuk kali ini, saya akan mengulas 7 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Singapura. Mengapa Negeri Singa ini yang saya pilih? Karena cukup banyak promo tiket pesawat murah di JD Flight dari JD.id.

7 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Singapura

1. Merlion Park

Berkunjung ke Singapura wajib dong mengunjungi Merlion Park. Di sini, ada patung singa bertubuh ikan yang jadi ikon Singapura paling terkenal. Kalau tak berfoto di dekat patung singa ini rasanya belum sah kita berada di Singapura. Tahukah kamu asal nama Merlion? Ternyata nama ini merupakan gabungan dari kata Mermaid dan Lion. Merlion Park buka setiap hari selama 24 jam penuh, jadi kapan pun kamu ingin datang dan berfoto di dekat patung, bisa kamu lakukan kapan saja. Tiket masuk gratis. Lokasi tepatnya Merlion Park berada di depan Singapore River dan berseberangan dengan gedung Esplanade, yaitu gedung dengan bentuk atap yang unik dan sering menjadi tempat konser maupun pertunjukan teater di Singapura.

Merlion Park Dengan Latar Belakang Marina Bay
Merlion Park Dengan Latar Belakang Marina Bay

2. Gardens by the Bay

Gardens by the Bay merupakan taman dengan banyak sekali pepohonan buatan berukuran raksasa dengan bentuk yang unik. Tinggi pohonnya ada yang setara dengan gedung bertingkat 16 lho. Lokasinya dekat sekali dengan Marina Bay. Untuk suasana yang lebih menarik, indah, dan instagramable, baiknya sih mengunjungi taman ini pada malam hari karena ada banyak lampu yang dipasang di pepohonan tersebut dan menyala di malam hari. Luas taman kurang lebih 100 hektar. Jika ingin berjalan kaki berkeliling taman maka kita tidak dikenai biaya alias gratis. Namun jika ingin berjalan-jalan di Jembatan Skyway yang menghubungkan pohon-pohon raksasa, ada tiket sebesar $$5 yang harus dibayar. Begitu pula kalau mau masuk ke area Cloud Forest dan Flower Dome yang menjadi tempat konservatori tanaman dan bunga maka kita perlu membayar kurang lebih 350 ribu kalau dirupiahkan.

Garden by the Bay
Garden by the Bay

3. Marina Bay

Dari Merlion Park, kita bisa jalan ke Marina Bay dengan menyusuri The Helix Bridge. Sama seperti Merlion Park, Marina Bay juga menjadi salah satu dari 7 tempat wisata yang wajib dikunjungi di Singapura karena di sana ada 3 gedung tinggi yang dihubungkan dengan satu bangunan berbentuk kapal. Marina Bay Sands merupakan pusat hiburan dan resort yang dibuka sejak 2010, terdiri dari ribuan kamar hotel, teater, ruang-ruang perkanotran, klub malam, kasino, juga mall mewah. Di bangunan yang berbentuk perahu dan berada di bagian paling tinggi juga bisa dijumpai kolam renang terpanjang di dunia, dengan panjang kurang lebih 150 meter dan berada di ketinggian 200 meter. Untuk bisa naik ke bagian paling atas gedung, kita mau tak mau harus mengeluarkan uang kurang lebih 250 ribu kalau dirupiahkan. Ingin atraksi yang lebih menarik lagi di sekitar Marina Bay, datang saja di malam hari kemudian berjalanlah ke bagian belakang gedung, dekat dengan stasiun Marina Bay dan Stasiun Promenade. Di sana, kita akan menemukan Wonder Full: Light & Water Spectacular, yaitu pertunjukan laser dan cahaya setiap jam 20.00 malam waktu setempat.

7 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Singapura
Marina Bay

4. Bugis Street

Pergi liburan pasti kurang afdol kalau tak berbelanja pernak-pernik khas negara yang dikunjungi. Biar budget aman dan tak bikin kantong bolong, pergi saja ke Bugis Street yang merupakan tempat belanja ala kaki lima. Di sini, kita bisa berbelanja berbagai pernik dan oleh-oleh dengan harga cukup murah. Cara mencapai Bugis Street pun mudah, tinggal naik MRT dan turun di Stasiun Bugis karena lokasi wisata belanja ini tidak jauh dari stasiun.

Bugis Street
Bugis Street. Foto: singapore-guide.com

5. China Town

Seperti namanya, tempat wisata yang satu ini jelas dihuni lebih banyak penduduk keturunan China dan budaya China di lokasi ini begitu terasa. Ada banyak tempat belanja murah juga di sini, mulai berbagai produk camilan, makanan khas, oleh-oleh, juga wisata kuliner. Di sepanjang China Town, kita juga bisa menemukan penginapan murah. Tinggal dipilih dan disesuaikan dengan budget. Untuk pemesanan hotelnya, bisa dilakukan melalui JD Hotel saja sebelum waktu keberangkatan, jadi begitu sampai di sana tak perlu lagi pusing mencari-cari penginapan, apalagi kalau sampai kehabisan kamar.

6. Singapore Botanical Garden

Saya pernah tinggal cukup lama di Singapura, sekitar 1 tahun, dan saat menemukan Botanical Garden rasanya senang sekali. Hampir setiap pagi saya berjalan-jalan di taman ini, menyegarkan pikiran dan tubuh, serta menikmati pemandangan hijau taman yang begitu indah. Bikin nggak mau pulang setiap berada di taman ini. Ya, Singapore Botanical Garden ini merupakan paru-parunya negeri singa dengan luas area kurang lebih 74 hektar. Bagi pecinta tanaman dan bunga, inilah surga yang bisa ditemukan di dunia karena kita bisa menemukan berbagai jenis tanaman yang tak ditemukan di daerah lain. Untuk mencapainya, kita naik saja MRT dan turun di stasiun Botanic Garden. Kalau dulu karena saya tinggal di sekitar Orchard Road, saya hanya perlu jalan kaki saja menuju ke sana. Untuk masuk ke Botanic Garden, tak ada biaya, tetapi kalau masuk ke National Orchid Garden, kita perlu membayar tiket masuk sekitar $$5.

7. Sentosa Island

Kalau punya budget lebih, tak ada salahnya main ke Sentosa Island yang merupakan pulau resort terkenal di Singapura dan terpisah dari wilayah Singapura. Mudahnya, bayangkan saja Ancol yang ada di Jakarta ya… hahaha. Di Sentosa Island banyak sekali spot-spot keren, baik yang berbayar maupun yang tidak. Jika ingin mengisi liburan dengan permainan penuh ketegangan, masuk sekalian saja ke Universal Studio Singapore. Selain itu, saat berada di Sentosa Island jangan lupa berkunjung ke Pantai Siloso yang indah dan memiliki pasir putih bersih.

Persiapkan Liburan Dengan JD Flight

Keunggulan JD.id
Keunggulan JD.id

Mempersiapkan Liburan dengan JD Flight bikin liburan impian jadi kenyataan karena mudah pesan tiket pesawat murah di sini. Selain itu, kita juga bisa pesan hotel di JD Hotel lho. Dengan mempersiapkan liburan sebaik mungkin sebelum waktu keberangkatan, kita bisa meminimalkan risiko-risiko terjadinya ketidaknyamanan akibat tidak tersedianya kamar, dan sebagainya. Ada banyak kota atau negara tujuan wisata yang bisa dipilih pula. Sesuaikan saja ke mana kita mau pergi, dengan siapa, menginap di mana, dan sebagainya. Jadi, next liburan mau ke mana nih? Kalau ke Singapura, jangan lupa kunjungi 7 Tempat Wisata yang Wajib Dikunjungi di Singapura.

Disclaimer

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diselenggarakan oleh Indonesia Corners dan JD.ID. Artikel ditulis berdasarkan pengalaman dan opini pribadi.

1,013 total views, 1 views today

3 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here