Tips & Trick

Aplikasi Gawe Tempat Berbagi Peluang Kerja

Pada Februari 2017 lalu, Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada kurang lebih 7 juta orang yang masih menganggur. Sulitnya mendapatkan pekerjaan ini antara lain karena kurangnya akses pencari kerja dalam mendapatkan informasi berkaitan dengan peluang ataupun lowongan kerja yang tersedia di sekitar mereka. Di saat yang sama, persaingan di dunia kerja juga semakin ketat. Biasanya ijazah menjadi syarat utama yang ditetapkan perusahaan-perusahaan besar, itu pun belum tentu lulusan S-1 bisa mendapatkan pekerjaan impian dengan mudah. Untungnya saat ini telah hadir aplikasi Gawe tempat berbagi peluang kerja.

Latar Belakang Lahirnya Aplikasi Gawe Tempat Berbagi Peluang Kerja

Kebanyakan mahasiswa melanjutkan pendidikan dan memenuhi kebutuhan hidup harian mereka dengan mengandalkan kiriman orangtua, terutama bagi mahasiswa yang menempuh pendidikan di luar kota. Dari kiriman yang mereka terima setiap bulan itulah mereka memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari membayar sewa kos, bayar uang kuliah, beli buku, beli makan, bahkan untuk jalan-jalan dan traktir gebetan ... Di pertengahan bulan biasanya masa krisis telah melanda mereka sehingga mereka harus benar-benar berhemat (ini kalau uang kiriman belum ludes semuanya). Untuk menutupi kurang biaya ini, banyak di antara mereka yang akhirnya berusaha mendapatkan pekerjaan sampingan. Sayangnya, mendapatkan pekerjaan sampingan yang bisa dikerjakan paruh waktu dan di sela-sela kegiatan kuliah tidak mudah. Kebanyakan perusahaan besar lebih memilih pekerja yang bisa bekerja secara full time, bukan yang part time.

Situasi yang dialami kebanyakan mahasiswa itu pernah pula dialami Elroy Hafidi Hardoyo, Kurniawan Aryanto, dan Budiarto Harsono. Mereka sempat menjadi bagian dari para pencari kerja yang kesulitan mendapatkan peluang kerja, terutama kerja part time yang bisa dikerjakan sewaktu-waktu dan real time dalam waktu tertentu. Maksudnya, ketika mereka hanya punya waktu luang kurang lebih empat jam dan bisa digunakan untuk bekerja, mereka malah kesulitan mendapatkan pemberi kerja yang mau mempekerjakan mereka dengan sistem part time.

Perkembangan teknologi komunikasi dan internet yang demikian pesat beberapa tahun terakhir telah banyak dimanfaatkan para kreatif yang kemudian menciptakan situs-situs pencarian pekerjaan. Namun situs-situs tersebut kebanyakan hanya berjalan satu arah, membantu pencari tenaga kerja mendapatkan orang-orang berkualitas dengan spesifikasi tertentu untuk bekerja secara penuh waktu (permanen), entah dengan sistem kontrak atau nonkontrak. Sementara bagi pencari kerja yang membutuhkan pekerjaan part time, masih sulit mendapatkan kesempatan.

Melihat situasi yang masih saja sulit bagi para pencari kerja part time (temporary employee) mendapatkan pekerjaan, maka Elroy Hafidi Hardoyo, Kurniawan Aryanto, dan Budiarto Harsono memutuskan bekerja sama menciptakan satu aplikasi yang bisa menghubungkan para pencari tenaga kerja dengan para pencari kerja. Fakta lain yang membuat mereka semakin yakin menciptakan aplikasi Gawe adalah berkembang pesatnya bisnis online. Kebanyakan pengusaha kecil dan menengah yang menjalankan bisnis online sering membutuhkan tenaga kerja hanya untuk saat-saat tertentu (tenaga kerja harian), misalnya ketika banyak pesanan sehingga membutuhkan lebih banyak pekerja untuk packing dan mengantar pesanan ke pelanggan. Usaha lain yang juga sering butuh tambahan pekerja harian misalnya rumah makan yang di saat tertentu sangat ramai dengan pelanggan, sementara salah satu karyawan tak masuk kerja.

"Teman saya yang punya bisnis franchise makanan memiliki kendala ketika salah satu pekerjanya tiba-tiba absen karena sakit. Dia memerlukan pekerja pengganti seketika, tetapi kesulitan mencari orang. Di saat yang sama, beberapa mahasiswa yang menjadi pelanggan rumah makan itu sering mengirimkan pesan singkat kepadanya untuk menanyakan pekerjaan sampingan. Dari sinilah kami mendapatkan ide menciptakan aplikasi Gawe," ungkap Elroy Hafidi Hardoyo, CEO Gawe.

Aplikasi gawe tempat berbagi peluang kerja ini memang awalnya ditujukan bagi mahasiswa karena banyak mahasiswa yang ingin bekerja sambilan. Elroy mengatakan bahwa mereka mendukung agar lebih banyak mahasiswa mampu menyelesaikan kuliah tanpa perlu takut kekurangan biaya. Selain itu, menjadi pekerja part time bisa menjadi pengalaman berharga dan mengasah kemampuan mereka sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja atau menjadi pengusaha setelah mereka lulus kuliah.

Kehadiran aplikasi Gawe juga diharapkan bisa membantu banyak orang untuk mendapatkan penghasilan sehingga bisa hidup lebih baik. Untuk dapat memanfaatkan aplikasi ini tidak dibutuhkan modal dan keahlian khusus. Semua bisa cepat mendapatkan pekerjaan asalkan punya waktu dan niat untuk bekerja dengan baik dan profesional. Tidak dibutuhkan ijasah maupun kualifikasi khusus karena pekerjaan yang tersedia di sini adalah pekerjaan yang hanya dikerjakan sewaktu-waktu dan disesuaikan dengan kebutuhan para penyedia pekerjaan. Contohnya seperti pemilik rumah makan teman Elroy tadi. Contoh lain, pebisnis online butuh orang untuk membungkus barang pesanan ketika banjir order maka yang dibutuhkan hanya orang yang mau membungkusi pesanan tersebut. Bisa pula ada orang yang butuh tenaga untuk mengecat rumah maka itulah yang akan kita kerjakan. Di sisi lain, kita juga bisa mencari orang untuk membantu kita memotong rumput di halaman, misalnya, maka kita tinggal mencari orang tersebut di aplikasi Gawe.

"Bagi pengusaha kecil menengah, ketersediaan pekerja harian bisa meringankan beban perusahaan karena tidak semua pekerjaan membutuhkan tenaga permanen," kata Kurniawan Aryanto, Co-Founder Gawe.

Saat ini, banyak perusahaan besar yang memutuskan menghentikan usaha mereka atau mengurangi jumlah karyawan demi menekan biaya operasional. Otomatis keputusan yang mereka ambil berimbas kepada para karyawan. Angka Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) meningkat. Nah, para pekerja yang baru saja mengalami PHK jelas membutuhkan pekerjaan yang bersifat sementara atau harian agar tetap mendapatkan penghasilan demi bisa memenuhi kebutuhan hidup, sampai nanti mereka mendapatkan kembali pekerjaan yang bersifat permanen. Kehadiran aplikasi Gawe diharapkan bisa membantu mereka yang baru saja mengalami PHK ini menemukan pekerjaan yang bisa dikerjakan sementara.

Keistimewaan Aplikasi Gawe

Aplikasi Gawe tempat berbagi peluang kerja ini diluncurkan tanggal 17 November 2017 lalu di Jakarta dan diharapkan bisa menjangkau masyarakat luas, khususnya masyarakat yang tinggal di Jabodetabek. Ada banyak keistimewaan aplikasi Gawe dibandingkan dengan aplikasi penyedia lowongan kerja lainnya.

Keistimewaan itu antara lain:

  1. Menghubungkan penyedia kerja dan pencari kerja harian.
  2. Jenis pekerjaan dan gaji yang dibayarkan telah tertulis di aplikasi. Pengguna aplikasi tinggal menyesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.
  3. Rincian pekerjaan telah tercantum.
  4. Lokasi pekerjaan tidak lebih dari 5 km dari tempat tinggal pencari kerja.
  5. Aplikasi disertai peta lokasi sehingga memudahkan pencari kerja menemukan tempat pemberi kerja.
  6. Proses mudah dan cepat dalam mendapatkan tenaga pekerja ataupun pekerjaan.
  7. Tidak membutuhkan modal untuk mendapatkan pekerjaan.
  8. Tidak membutuhkan keahlian tertentu karena pekerjaan yang didapatkan bisa disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan.
  9. Bisa digunakan oleh semua orang, baik mahasiswa, ibu rumah tangga, pekerja paruh waktu lainnya.
  10. Bisa dimanfaatkan perusahaan besar maupun kecil, bahkan pelaku UKM.

Cara Menggunakan Aplikasi Gawe

  1. Memiliki smartphone (untuk sementara jenis android saja).
  2. Unduh aplikasi Gawe tempat berbagi peluang kerja di Google Play Store.
  3. Masukkan nomor smartphone yang kita gunakan dan aktif.
  4. Setelah menerima kode melalui SMS, masukkan kode tersebut.
  5. Isi data diri, nama dan jenis kelamin.
  6. Unggah foto profil dan foto KTP.
  7. Masukkan foto ID mahasiswa jika kita masih berstatus mahasiswa.
  8. Proses verifikasi masih manual sehingga kita menunggu kurang lebih dua hari.
  9. Jika profil kita disetujui maka aplikasi Gawe siap digunakan.

Masih bingung mendapatkan pekerjaan? Udah #GaweDulu aja dengan cara mendaftarkan diri di aplikasi Gawe tempat berbagi peluang kerja. Nanti kan bisa sambil jalan cari-cari lagi cara untuk mendapatkan pekerjaan impian.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *