Berburu Peluang Kerja di Situs Cari Kerja

Memenuhi kebutuhan hidup saat ini memang sedikit terasa berat, mengingat Indonesia masih berada dalam situasi pandemi Covid-19. Banyak perusahaan yang terpaksa melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) demi bisa bertahan, dan ini membuat peluang kerja yang tersedia semakin terbatas. Jika yang sudah berpengalaman saja menjadi sulit untuk mendapatkan pekerjaan baru, apalagi untuk para pencari kerja yang baru saja lulus sekolah atau kuliah. Jadi, apa yang harus dilakukan? Adakah tips untuk berburu peluang kerja di situs cari kerja?

Apa yang Harus Diperhatikan Saat Berburu Peluang Kerja di Situs Cari Kerja

Bagi para fresh graduate, biasanya peluang kerja terbuka sangat lebar. Namun kadang, persyaratan yang harus dipenuhi cukup banyak, terutama terkait bidang keilmuan, pengetahuan, attitude, dan sebagainya. Ini wajar, mengingat setiap perusahaan pasti menginginkan kandidat terbaik yang nanti akan bekerja di perusahaan mereka.

Karena syarat yang kadang dirasa lebih berat, atau mungkin karena belum percaya diri untuk mencoba berburu peluang kerja di perusahaan besar, maka banyak yang akhirnya memilih mundur teratur dan mengambil pilihan lain yang lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Ini sangat disayangkan. Jika kita ingin berburu peluang kerja dan memperbesar kesempatan untuk mendapatkan pekerjaan yang bagus, maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu.

1. Kenali Potensi diri

Ada banyak di antara kita yang ternyata masih kesulitan dalam mengenali potensi diri sendiri, sehingga ketika hendak mencari pekerjaan kita belum benar-benar tahu pekerjaan seperti apa yang sebenarnya diinginkan. Akhirnya, kita pun mencari perusahaan secara acak tanpa memperhatikan pekerjaan apa yang cocok dan sesuai dengan kemampuan diri kita. Padahal mencari pekerjaan tidak hanya bisa bergantung pada peruntungan yang belum tentu bisa dipastikan kemenangannya.

Oleh karena itu, ada baiknya kita mengenali potensi yang ada di dalam diri kita dulu, mulai dari menganalisis kemampuan yang kita miliki, pendidikan dan pengetahuan, bidang keahlian, dan yang terpenting apakah pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang memang akan kita sukai.

Mencari pekerjaan berdasarkan bidang keilmuan memang bagus, tetapi pastikan juga pekerjaan itu merupakan passion dan akan membuat kita bahagia ketika mengerjakannya. Karena bekerja dengan hati yang gembira pasti akan memberi hasil yang lebih baik dibandingkan kalau kita bekerja dengan setengah hati. Selain itu, pastikan kita memiliki keahlian lain yang nantinya juga akan mendukung kita meraih sukses di dalam pekerjaan yang jadi pilihan kita.

2. Perbanyak Skill dan Kuasai Sampai Jadi Ahli

Mulailah mempelajari skill atau kemampuan baru yang kemungkinan banyak dibutuhkan di dunia kerja, terutama yang nanti dibutuhkan dalam bidang pekerjaan di perusahaan yang kita incar. Jangan hanya fokus pada peluang kerja, tetapi tidak tahu apakah posisi pekerjaan itu sesuai dengan kemampuan yang kita miliki atau tidak.

Ini akan menjadi hal yang sia-sia pada akhirnya, karena kita hanya terus berusaha melamar kerja tanpa tahu mungkin sebenarnya kita melamar pada perusahaan yang salah. Atau dalam bahasa lain, perusahaan tersebut tidak membutuhkan SDM yang memiliki standarisasi nilai seperti yang kita miliki. Mempelajari keahlian baru yang sesuai dengan kita dan kebutuhan perusahaan adalah nilai tambah untuk kita dalam menghadapi persaingan ketat.

Saat ini, di era globalisasi untuk mendapatkan skill tambahan bukanlah hal yang sulit, kita bisa mencarinya di berbagai media, salah satunya media daring semacam YouTube. Jadi tunggu apalagi, segera upgrade skill agar kita dapat menjadi orang yang dicari perusahaan.

3. Buat CV yang Menarik

Jangan asal-asalan saat menawarkan diri sebagai kandidat pelamar kerja. Dalam berburu peluang kerja kita dituntut untuk mampu bersaing dalam berbagai hal, termasuk “menjual diri” kita, atau bagaimana cara kita memperkenalkan diri melalui media bernama CV kepada perusahaan yang menjadi sasaran kita.

Sebuah perusahaan biasanya akan mempertimbangkan kemasan luas kandidat melalui CV yang kita kirim kepada mereka. Curriculum Vitae yang menarik akan memperbesar kemungkinan kita dipanggil oleh perusahaan tempat kita melamar pekerjaan. Analoginya seperti berjualanan makanan, jika packaging yang kita tampilkan hanya terlihat biasa-biasa saja, kemungkinan lakunya sangat kecil.

Berbeda dengan makanan yang dikemas dengan menarik, orang pasti akan tertarik untuk membelinya. Begitu juga dengan perusahaan. Kalau CV yang dikirim menarik dan kita bisa membuktikan kemampuan yang kita miliki, perusahaan pun akan dengan senang hati menerima kita bekerja. Maka belajarlah membuat CV yang menarik untuk dikirimkan ke perusahaan yang kita incar.

Jika kita sudah yakin dengan semua persiapan yang kita lakukan untuk berburu peluang kerja. Sisanya hanya tinggal berusaha dan berdoa. Yakinlah semua proses tidak akan pernah mengkhianati kita. Jika kita sungguh-sungguh dalam melakukan persiapan yang matang, sangat besar kemungkinan kita untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Perkembangan Situs Cari Kerja di Indonesia

Para pencari kerja hari ini sebenarnya sudah diberi banyak kemudahan dalam memuluskan niat untuk mencari pekerjaan. Saat ini, kita dimanjakan oleh kemudahan jaringan internet yang bisa menjangkau semua wilayah tanpa batas ruang dan waktu. Meskipun era media cetak belum berakhir, tapi setelah era media online bergerak pesat kita bisa melihat sendiri situs-situs cari kerja yang bermunculan satu persatu.

Berbagai situs cari kerja yang saat ini banyak tersedia di internet, lahir dari kebutuhan masyarakat Indonesia yang merasa kesulitan dalam mendapatkan info lowongan pekerjaan. Namun tidak semua situs pencari kerja ini bisa dipercaya. Tetap ada kemungkinan pihak-pihak yang kurang bertanggung jawab ingin mengambil kesempatan dalam kesempitan. Salah memilih situs tempat mencari kerja bisa mendatangkan kerugian bagi kita.

Keberadaan situs cari kerja yang ada saat ini memiliki kelemahan dan kelebihan masing-masing. Namun sebenarnya tujuannya tetap sama, yaitu membantu orang lain yang sedang membutuhkan informasi lowongan pekerjaan. Artinya, keberadaan situs yang menjadi tempat mencari kerja ini juga membantu pemerintah dalam upaya mengurangi pengangguran meski hanya dalam bentuk informasi.

Daftar Situs Cari Kerja Terpercaya

Sebelum memutuskan berburu peluang kerja di situs cari kerja, kita harus mencari informasi sebanyak mungkin mengenai situs tersebut agar kita tidak sampai salah pilih. Berikut ini daftar situs cari kerja terpercaya yang ada di Indonesia.

1. Jobstreet.co.id

Situs ini didirikan di Malaysia pada tahun 1997. Ketika itu di Indonesia internet masih merupakan hal baru sehingga keberadaan situs cari kerja yang satu ini belum dimanfaatkan dengan baik. Jobstreet.co.id adalah bagian dari Jobstreet.com yang telah beroprasi di banyak negara-negara Asia.

Peran situs pencari kerja ini cukup besar dalam membantu masyarakat di Asia, khususnya di Asia Tenggara, untuk mendapatkan informasi mengenai ketersediaan lowongan pekerjaan. Di Indonesia, Jobstreet telah membagikan lebih dari 90ribu info lowongan pekerjaan. Pada tahun 2014, Jobstreet terdaftar di Bursa Efek Australia dan menyatakan diri sebagai situs pencari kerja terbesar di Dunia.

2. LinkedIn

Gaung nama LinkedIn baru bergema dan mulai dikenal di dunia maya sekitar tahun 2016 setelah secara resmi diakuisisi Microsoft. LinkedIn merupakan platform membangun jaringan profesional terbesar di dunia dengan lebih 690 juta pengguna yang tersebar di lebih dari 200 negara.

Ada banyak kelebihan LinkedIn, seperti kemudahan dalam membuat akun layaknya media sosial, menjadi tempat menayangkan portofolio dan keahlian yang kita miliki sehingga ketika ada pencari tenaga kerja yang melihat skill kita sesuai dengan yang mereka cari, mereka bisa langsung menghubungi kita.

Kelebihan lainnya, kita sebagai pencari kerja bisa melakukan pengamatan berbagai perusahaan besar yang juga memiliki akun di sana dan banyak berbagi insight mengenai profesi, produk, lowongan pekerjaan yang tersedia, dan sebagainya.

3. JobsDB

Situs  yang sudah berdiri sejak tahun 1998 ini sudah banyak membantu para pencari kerja menemukan pekerjaan impian. Fungsinya hampir sama dengan Jobstreet. Sistem JobsDB tidak berbeda jauh dengan situs pencari kerja yang lain dan telah beroperasi di banyak negara, salah satunya di Indonesia.

Ribuan info pekerjaan tersedia di sini dan bisa diakses dengan mudah. Dengan membuat akun di JobsDB sebagai pencari kerja, kita akan mendapatkan akses pencarian kerja di seluruh wilayah di Indonesia dengan memilih area hingga nominal gaji yang diinginkan.

4. Loker.id

Situs yang berdiri sejak tahun 2007 menjadi salah satu situs yang terasa sangat lokal dan merupakan buatan dalam negeri. Nama loker.id diambil dari kata “Lowongan Kerja” yang familiar di telinga masyarakat Indonesia, dan telah membantu ribuan pencari kerja dalam mencari pekerjaan berdasarkan kategori pekerjaan yang dibutuhkan.

Berburu peluang kerja di situs cari kerja bisa dilakukan pada masa sekarang sebagai salah satu upaya untuk mendapatkan pekerjaan impian, sekaligus untuk tetap bertahan di masa pandemi. Jadi, jangan ragu untuk menggunakan situs cari kerja online yang bisa membantu kita memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan dengan lebih mudah.

28 pemikiran pada “Berburu Peluang Kerja di Situs Cari Kerja”

  1. Saya dulu sering banget berburu peluang kerja di Jobstreet dan JobsDB, paling sering dapat panggilan tuh di Jobstreet.
    Sayang sejak jadi mamak-mamak, bekerja di luar itu udah nggak mamak-mamak friendly, bahkan kerja dari rumah pun demikian hahaha

    Jadinya sekarang cuman maintenance akun di LinkedIN 😀

    Balas
  2. jadi teringat, waktu masih freshgraduate, aku setiap hari selalu mantengin loker di jobstreet dan jobsdb 😀
    Alhamdulillah sih, dari situ banyak banget panggilan interview. sangat terbantu banget aku tuh sama situs-situs loker itu..

    Balas
  3. Jadi ingat saat fresh graduate memang spesifikasi selain dilihat dari IPK terakhir juga dari kegiatan selama kuliah. Aktif atau tidak di HIMA dan hal-hal semacam itu.
    Dan berburu peluang kerja di situs pencari kerja harus semakin giat dilakukan. Semoga dengan skill yang dimiliki bisa bertemu dengan perusahaan yang membayar dengan gaji yang sesuai.

    Balas
  4. Cari kerja di jaman now dah nggak kayak dulu ya. Lebih praktis dan cepat kalo pake situs cari kerja dan sudah pasti bisa cari yang pas dengan keahliannya.

    Balas
  5. Masih inget dulu rajin banget dikirimin email sama Lina Job Street dan Jobs DB, hehehe
    Belakangan setelah eranya LinkedIn aku udah nggak kerja formal lagi, cv-pun jarang diupdate lagi.

    Balas
  6. Banyak sekali tantangan pencari kerja, seringnya mereka gagal di tahap wawancara. CV cakep, skill oke, efek grogi jadi jawabnya amburadul. Belum kalau nemui HRD yang resek dengan pertanyaan jebakan, hehe. Tapi yang penting memang skill sih

    Balas
  7. Dari keempat situs tersebut, via LinkedIn sih yang belum sukses hehe. Sebar peluang untuk mendapatkan pekerjaan di situ cari kerja memang jadi kesempatan baik, karena bisa mencari yang sesuai dengan kompetensi dan keinginan kita

    Balas
  8. Aku selalu iri deh kak, dengan orang yang bisa langsung di telepon sama head hunter melalui linkedin dan aplikasi sejenis… karena aku nggak pernah! Hahahaha :)) Menulis review atau pengalaman kerja di situs tersebut juga harus mengerti keyword sesuai dengan job desk yang dibutuhkan, ya..

    Balas
  9. Jadi ingat waktu baru lulus suka cari kerja di JobsDB lumayan job-job disana. Cari pekerjaan memang lebih bagus yang sesuai skill kita, karena kalau gak sesuai malah hasil kerja jadi gak maksimal dan gak betah juga

    Balas
  10. Dulu sih banyak cari kerja di Jobsetreet
    lalu pas udah dapat kerja pake LinkedIn buat cari side job
    maklum sekarang bukan pekerja kantoran

    Balas
  11. Banyak yang bilang peluang besar di LinkedIn untuk urusan karir dan branding diri, Mbak.. Namun entah kenapa aku kok susah banget punya akun di sana, ya hehe… Kata temen-teman di grup menulis sih karena menambahkan banyak teman di waktu bersamaan. Padahal tidak. Udah tiga kali daftar selalu kembali dibatasi akunnya.
    Eh kok curhat di sini. Intinya sih pengen banget bisa branding diri di LinkedIn.

    Balas
  12. Anak zaman sekarang canggih-canggih namun persaingan juga semakin ketat.
    Kudu banget memperkaya diri dengan skill yang spesifik. Rekomendasi web pencari kerja yang sangat dibutuhkan. Terima kasih kak Monic.

    Balas
  13. Belum pernah nyari kerja pakai semua aplikasi ini sih tapi sering liat iklan disitus tersebut yang kadnag wara wiri di iklan

    Balas
  14. Sekarang cari kerja bisa lewat online ya, kalau saya dulu nyarinya lewat lowongan iklan di koran haha😂 saya tertarik mencoba cari kerja di Loker.id sepertinya menarik… kalau soal skill saya percaya diri hehe.

    Balas
  15. Wah wah cocok nih artikelnya direkomendasikan ke adikku yang udah mo lulus kuliah biar nanti pas mo kerja gak bingung lagi

    Balas
  16. biar punya nilai lebih saat menawarkan diri di lowongan pekerjaan emang harus nonjolin skill yg dimiliki di portfolio yaa, harus banget sih ini mahir 1-2 skill utama dan lengkapi dengan skill2 pendukungnya biar punya nilai jual kalo lamar kerja

    Balas
  17. Bener banget yang Mbak Monica tuliskan, bahwa para lulusan yang belum punya pengalaman kerja mestinya membekali dan mempersiapkan diri untuk masuk ke dunia kerja ya. Nah, salah satunya dengan rajin berselancar di situs cari kerja seperti Jobstreet, LinkedIn dll ya, nice share, tfs.

    Balas
  18. Situs kerja memang sangat membantu, terbukti waktu saya mencari pekerjaan lewat jobsdb, jobstreet mekanisme gampang dan ga ribet.. Hanya klik lamar sesuai skill atau potensi.

    Balas
  19. Dengan tersedianya situs siap kerja seperti Jobstreet dan Jobsdb, memudahkan bagi siapa saja untuk mencari pekerjaan. Terutama di masa pandemi seperti sekarang, situs-situs cari kerja sangat membantu sekali.

    Balas
  20. Siapa yang mau memburu peluang ialah yang menguasai peluang. Tentu dengan skill yang dibutuhkan. Artikel ini sangat membantu mereka yang masih mencari kerja dan peluang kerja. Lengkap pula dengan tipsnya.

    Balas
  21. sempet ikutan juga dulu tapi belum maksimal. Dulu aku punya tapi sekarang ngga pernah diupdate lagi. Mayan lah bisa nambah ilmu dan kettrempalin. Mayan banget nih

    Balas
  22. Udah buka akun di 4 situs tersebut. Memang sangat bermanfaat. Tapi cari kerja yg sesuai passion memang jadi tantangan tersendiri, dan rada susah.

    Balas
  23. Sering banget loker berseliweran di Linkedin tapi kok ya jauh-jauuuhh. wkwkwk.. karena perusahaan besar ya jadi banyak di ibukota.

    Balas
  24. Aku baru pakai Linkedin nih hehehe, sekarang ramai ya disana bahas segala macam hal tentang dunia karir. Ada pelatihannya juga. Menarik untuk dikulik 😀

    Balas
  25. perbanyak skill ini yang penting ya, mbak. Soalnya saat ini semakin banyak kualifikasi yang dibutuhkan terhadap suatu posisi lowongan. Hal ini bisa buat kita semakin pede juga saat melamar dan juga interview.

    Balas
  26. Situs-situs ini banyak membantu para pencari kerja dan juga membantu perusahaan yang sedang membutuhkan karyawan. Selain CV, attitude juga sangat menentukan diterima atau tidaknya calon karyawan. Sering berseliweran di twitter keluhan tentang attitude calon karyawan n karyawan baru yang kurang tepat. Jadi selain skill, komunikasi efektif plus adab juga penting dipelajari agar tidak mengecewakan perusahaan pencari kerja. Jadi kedua pihak sama-sama puas.

    Balas
  27. Jadiinget jamannya bolak-balik buat ikutan job fair. Juga ketika harus keluar masuk pabrik hanya untuk menanyakan apakah ada lowongan atau tidak. Alhamdulillah sekarang ini mencari pekerjaan bisa dilakukan dari rumah.

    Balas

Tinggalkan komentar