Saya sudah kenal dengan Toyota Kijang Innova ini sejak sekitar tahun 2015. Ketika itu, saya masih kerja sebagai medical representatif dengan area kerja yang lumayan luas di Kalimantan Selatan, meliputi wilayah Banjarbaru sampai Batulicin dan Kotabaru. Dalam satu bulan, saya ada tugas untuk checking outlet di luar kota dan melakukan perjalanan up-country (sebutan untuk tugas luar kota ini). Kadang saya diminta bawa mobil sendiri. Nah, ketika tahun ini dengar kabar ada Toyota Kijang Innova New Series 2020, saya penasaran dong dan pengen juga bisa coba berkendara dengan seri terbaru ini.

Pengalaman Menggunakan Toyota Kijang Innova untuk Perjalanan Jarak Jauh

Sebelum saya cerita tentang Toyota Kijang Innova New Series 2020, saya mau cerita sedikit tentang pengalaman saya menggunakan Toyota Innova semasa tugas di Banjarmasin. Jadi ketika itu, ada beberapa dokter muda yang akan melakukan kunjungan ke Batulicin dan Kotabaru. Karena ini masuk dalam area kerja saya, maka sayalah yang mendapatkan tugas mengantarkan para dokter muda tersebut.

Rencana sudah disusun rapi. Namun mendekati hari keberangkatan, saya mendapatkan kabar kalau mobil kantor akan digunakan oleh medrep lain untuk ke Palangkaraya dan Sungai Danau. Opsi yang tersedia, saya harus sewa mobil. Dan ketika sudah menghubungi tempat yang biasa saja sewa, katanya yang tersedia cuma mobil Toyota Kijang Innova manual.

Waduh, saya was-was dong, mengingat tahun 2015-an itu jalanan menuju ke Batulicin masih rusak parah. Banyak lubang besar-besar dan berbatu pula. Ketika itu saya memang khawatir mengingat kondisi jalan yang tak mulus, sementara saya terbiasa bawa mobil diesel. Di saat yang sama, saya ingat kenangan masa saya kecil hingga remaja.

Jadi, Toyota Kijang ini kan sudah lama ada ya, seingat saya generasi pertama Toyota Kijang itu hadir sekitar tahun 1977-1981. Wah, saya masih kecil banget ini. Setelah itu, Toyota Kijang terus mengalami perkembangan dari perbaikan dalam segi penampilan dan desain eksterior, desain interior, hingga berbagai fitur pendukung. Papa saya pernah punya Kijang KF20 Pickup sekitar 1985-1986 dan ini memang tangguh sekali mesinnya.

Waktu kuliah di Malang sekitar tahun 1997-1998, salah seorang teman saya mengendarai Kijang Kotak, Kijang generasi ketiga, sebagai sarana transportasi keseharian dia. Momen yang paling mengesankan, kami pernah ke Bali bertiga, dia, saya, dan adiknya yang cowok, naik Kijang kotaknya dia.

Perjalanan lancar banget meski di masa itu belum ada jalan tol lintas Jawa. Kabin yang lega memungkinkan kami bawa banyak barang, ditambah jadi tempat untuk tidur bagi yang sudah dapat giliran menyetir. Pengalaman di masa lalu tentang betapa tangguhnya mobil Kijang di berbagai kondisi membuat saya akhirnya memutuskan, oke tak apa, saya akan ke Batulicin naik Toyota Innova.

Di hari yang sudah ditentukan, pagi-pagi sekali saya ke Banjarmasin dulu untuk jemput para dokter muda. Jumlahnya 6 orang dengan bawaan yang cukup banyak. Mereka akan menginap selama beberapa hari sehingga harus membawa perbekalan, juga kebutuhan obat untuk rumah sakit tujuan.

Seperti kebanyakan mobil Toyota Kijang generasi yang sudah-sudah, Toyota Kijang Innova ini pun punya kabin dan bagian bagasi untuk penyimpanan barang yang luas. Jadilah 6 dokter dan saya sebagai supir bisa memulai perjalanan dengan nyaman. Perjalanan dari Banjarmasin ke Batulicin seharusnya bisa ditempuh dengan waktu sekitar 6 jam. Namun karena kondisi jalan yang lumayan banyak rusak, kami tiba di Batulicin setelah 9 jam perjalanan.

Dari pengalaman pertama menggunakan Toyota Innova inilah saya jadi jatuh cinta mengendarai mobil MPV yang cocok banget untuk bepergian jauh bersama keluarga atau dengan relasi kerja maupun untuk digunakan sehari-hari di dalam kota. Tarikan mesinnya halus walau kondisi jalan tak menentu dan bagian kaki-kakinya empuk sehingga lewat di jalan berbatu pun tak terlalu banyak guncangan berarti. Sejak pengalaman pertama ini pula, akhirnya ketika ada keluarga yang mau beli mobil, saya menyarankan untuk menggunakan Innova.

Tampilan Toyota Kijang Innova New Series 2020
Tampilan Toyota Kijang Innova New Series 2020. Sumber Gambar: website Auto2000 / Toyota Indonesia

Toyota Kijang Innova Mobil MPV yang Dicintai Banyak Keluarga

1. 5 Top Best Seller Terbaik

Kalau diperiksa dan dianalisis lagi mobil Toyota mana saja yang banyak diminati masyarakat di Indonesia, maka Toyota Kijang Innova jadi salah satu 5 best seller mobil dengan angka penjualan yang tinggi versi data penjualan nasional Auto2000.

2. Sudah Terbukti Sebagai Mobil Keluarga

Dari data penjualan Toyota Kijang Innova juga terlihat bahwa yang paling banyak beli mobil jenis MVP ini memang yang statusnya sudah berkeluarga. Alasannya sudah tentu seperti yang saya ceritakan sebelumnya, kabin dan bagasi tempat menyimpan barangnya memang luas banget sehingga bisa angkut banyak orang dan banyak barang.

Selain itu, sejak generasi pertama Toyota Kijang, memang mobil jenis ini sudah digemari. Mobil dari kakek turun ke ayah, lalu dari ayah turun ke anak lelaki. Contohnya, salah satu adik lelaki saya pun pengguna mobil Toyota Kijang. Itu makanya mobil ini tetap eksis dari dulu hingga sekarang.

3. Mesin yang Tangguh dengan Inovasi yang Tanpa Henti

Toyota Kijang sudah terkenal sejak dulu dengan mesinnya yang tangguh, tahan banting dan kuat, serta didukung dengan ketersediaan sparepart yang mudah didapat dengan harga yang terjangkau. Suspensi dan kaki-kakinya juga lembut sehingga dalam kondisi jalan mulut, berbatu dan terjal, bahkan jalan menanjak, Toyota Kijang Innova tetap enak dikendarai.

Toyota Innova sebagai penerus dari generasi Toyota Kijang, sudah pasti memiliki spesifikasi yang sama. Ini mobil bandel yang tetap nyaman digunakan untuk kondisi jalan apa pun. Malah Toyota Innova ini sudah jauh lebih berkembang dari generasi pendahulunya dengan semakin dilengkapinya berbagai fitur pendukung yang meningkatkan kenyamanan dan keamanan dalam mengemudi.

4. Harga Jual Kembali yang Masih Bagus

Ini yang penting nih. Dulu waktu saya dan adik-adik sudah mulai bekerja dan pengen punya mobil sendiri, kami sering tanya ke papa, mobil jenis apakah yang seharusnya kami beli? Mobil yang tangguh tentu saja mengingat kami lima bersaudara semuanya senang traveling dan bepergian jauh menggunakan mobil (kalau ini sih sepertinya memang keturunan Papa suka bepergian semua karena sejak kecil Papa suka banget mengajak anak-anaknya jalan-jalan).

Saran Papa selalu Toyota. Katanya kalau beli Toyota Kijang Innova itu perawatannya gampang, bengkel Auto2000 juga tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia, sparepart mudah didapat, dan paling penting harga jual kembalinya yang selalu bagus. Misalnya nih, harga jual Innova tahun 2018 harganya masih mendekati angka 300juta lho.

Ah, kalau saya teruskan cerita tentang pengalaman dan keuntungan punya mobil Toyota Kijang Innova, bakal panjang sekali tulisan ini. Kapan-kapan saja mengenai hal ini saya lanjutkan lagi di tulisan saya yang lain di blog ini ya. Sekarang mari kita lanjutkan dengan membahas tentang Toyota Innova New Series tahun 2020.

Toyota Kijang Innova New Series 2020

Oke, kita lanjut nih ya. Ada apa dengan Toyota Kijang Innova New Series 2020?

Untuk seri terbaru Toyota Kijang Innova memang cukup banyak perbaikan dalam hal tampilan, kenyamanan, keamanan, dan fitur-fitur pendukung yang bikin perjalanan keluarga menyenangkan. Karena serinya cukup banyak, saya akan mengulas secara umum saja mengenai beberapa keunggulan yang membuat saya dan suami jadi pengen buru-buru beli.

1. Tipe pada Toyota Kijang Innova New Series 2020

Ada 3 tipe yang saat ini ditawarkan, yaitu tipe G, V, dan Q, yang masing-masing terbagi lagi menjadi beberapa kategori sesuai dengan jenis mesin yang digunakan, apakah bensin atau diesel.

a. Tipe G, meliputi:
  • 2.0 G M/T (manual)
  • 2.0 G A/T (matic)
  • 2.4 G M/T Diesel (manual)
  • 2.4 G A/T Diesel (matic)
b. Tipe V
  • 2.0 V M/T
  • 2.0 V A/T
  • 2.4 V M/T Diesel
  • 2.4 V A/T Diesel
c. Tipe Q
  • 2.0 M/T
  • 2.0 A/T

2. Mesin Toyota Innova

Untuk dimensi, chassis, dan jenis serta spesifikasi mesin untuk masing-masing tipe bisa dilihat langsung di halaman resmi Auto2000 atau Toyota Indonesia. Namun secara garis besar, saya bisa memberikan sedikit gambaran bahwa untuk tipe G dan tipe Q, Toyota Innova sudah menggunakan mesin diesel terbaru dengan kodenya 2GD-FTV. Kapasitas mesinnya sudah diangka 2.400cc yang dilengkapi dengan VNT Intercooler dan tenaga turbonya mampu menghasilkan tenaga hingga 149ps di kecepatan 3.400 rpm.

Membayangkan spesifikasi mesin seperti ini saya langsung teringat dengan roadtrip saya beberapa waktu lalu melintasi tol Jawa menuju Bali. Dari jam 1 tengah malam start di Bawen Jawa Tengah, saya bisa memasuki Surabaya sekitar jam 5 pagi. Kalau naik Toyota Kijang Innova, sepertinya bisa jauh lebih cepat nih, apalagi didukung dengan body yang stabil sehingga kalau dalam kecepatan tertentu sudah pasti tak melayang.

Sementara untuk mesin bensin masih menggunakan 1TR-FE berkapasitas 2.000 cc dilengkapi Dual VVT-i, yang mampu menghasilkan tenaga maksimal 139ps di 5.600rpm dan torsi puncaknya mencapai 182 Nm di 4.000rpm.

Interior Toyota Innova
Interior Toyota Innova tampak lebih mewah. Sumber Gambar: website Auto2000 / Toyota Indonesia

3. Interior Mewah untuk Kenyamanan Berkendara

Bagian kabin Toyota Innova seri terbaru sudah mengalami banyak pengembangan untuk menciptakan kemewahan yang bisa meningkatkan kenyamanan bagi yang menyetir maupun bagi penumpang.

Jarak antar kursi lebih lega sehingga kaki tak tertekuk. Ini jelas meningkatkan kenyamanan, terutama untuk perjalanan jarak jauh. Kursi dilapisi dengan pembungkus jok yang nyaman dan bentuk kursi pun sudah disesuaikan dengan posisi duduk yang tepat hingga tak membuat punggung cepat penat.

Untuk A/C dilengkapi dengan Auto A/C, yang sudah menggunakan pengaturan suhu ruang secara otomatis. Tersedia Premium Illumination LED di atas spion tengah dan cabin tray atau meja lipat untuk penumpang yang berada di kursi tengah. Oh ya, menaikkan dan menurunkan sandaran kursi pun sudah lebih praktis.

Selain itu, interior Kijang Innova sudah dilengkapi dengan Electronic Multi Tripmeter, Fabric Upholstery, Digital Clock, Tacho Meter, Digital Odometer, Driving Experience Control Eco dan berbagai fitur hiburan dan komunikasi. Seperti, Touch Screen, FM/AM/Radio, Bluetooth Connectivity, USB & Auxiliary Input, CD Player, DVD Player, Speakers Front, Speakers Rear and Integrated 2DIN Audio.

4. Fitur Keamanan dan Kenyamanan

Untuk fitur keselamatan sudah tersedia Super Safety Airbags untuk supir dan penumpang dilengkapi dengan Driver Knee Airbag, Smart Entry Key, ABS+EBD. Sementara untuk fitur keamanan juga sudah dilengkapi dengan Anti Theft Device, Anti-Theft Alarm and Engine Immobilizer.

Toyota Indonesia Auto2000
Auto2000

Wajah Baru Auto2000 Digiroom

Kebanyakan di antara kita sudah kenal dong ya dengan Auto2000, terutama bagi yang sudah familiar dengan mobil-mobil keluaran Toyota. Ya, benar banget. Auto2000 merupakan dealer resmi Toyota terbaik dan terandal di Indonesia yang sudah ada sejak 1975 dengan nama Astra Motor Sales.

Tidak hanya sebagai dealer Toyota, namun Astra Motor Sales yang berganti nama menjadi Auto2000 pada 1989 juga merupakan jaringan resmi penjualan, perawatan, perbaikan, dan menyediakan suku cadang asli Toyota dengan gerai yang sudah tersebar hampir di seluruh wilayah Indonesia.

Auto2000 Digiroom merupakan wajah baru dari pengembangan website Auto2000.co.id yang kini menjadi e-commerce website untuk penjualan mobil, suku cadang dan aksesoris Toyota. Dengan adanya platform digital ini, pelanggan yang ingin melakukan berbagai transaksi terkait produk dan kelengkapan mobil Toyota bisa melakukan semuanya secara online. Kita tinggal gerakin jempol saja di smartphone, klik-klik, lalu semua transaksi beres.

Bahkan bagi yang mau melakukan perawatan kendaraan Toyota jenis apa pun, semakin mudah lho. Cukup masuk ke platform atau aplikasi Auto2000 Mobile ini, kita bisa melakukan pemesanan THS, memesan Auto2000 Home Service, cek status servis, atau untuk yang mau beli mobil Toyota Kijang Innova juga bisa melakukan simulasi menghitung berapa biaya yang dibutuhkan (leasing).

Masih ada banyak sekali kelebihan dari Toyota Kijang Innova New Series 2020. Untuk lengkapnya, bisa langsung baca di website Auto2000, begitu pun kalau mau langsung melakukan pembelian ya. Saya sih pengen banget punya mobil MVP keluarga Indonesia ini, kamu gimana? Pasti mau juga, kan?

402 total views, 2 views today

SHARE
Previous articleBerburu Peluang Kerja di Situs Cari Kerja
Next articleTips Perawatan Gigi Anak Berkebutuhan Khusus

29 COMMENTS

  1. Toyota Kijang memang mobil kecintaan sejuta umat ya Mba
    Udah bodi dan spesifikasinya mantab jiwa, harganya juga value for money.
    Aku sukaaa ama nih mobil

  2. emang mobil keluarga banget ini, besar, luas, tangguh juga. Paling enak kalau bawa orang/keluarga atau pun bawa barang, huhu mudah2an bisa punya innova

  3. Wah mbak Mon ternyata pernah kerja sebagai Medical Representatif ya, aku pernah kerja di dunia farmasi jadi di kantor banyak Medrep juga dulu. Eh maaf jadi OOT 🙂

    Khawatir ya mbak kalau naik mobil di jalan yang rusak ngeri juga kaki-kakinya rusak. Bapakku juga dari jaman kijang lama sudah pakai, memang merek yang satu ini termasuk awet dan selalu dipebaharui sampai ada kijang inova.
    Untuk keluarga pas punya MPV macam Kijanbg IOnova apalagi yg suka bawa barang banyak 😀 eh itu sih aku deh

  4. Aku pernah nyewa mobil innova, mbak, dan asli nyaman banget. Aku, yang biasanya suka mabok darat kalau naik mobil, jadi nggak mabok donk.

  5. Toyota Kijang Innova nih nyaman banget, kabinnya juga luas. Pengalaman pas keluarga pada datang ke sini (Lombok), terus mau jalan bareng, yaa kitanya ngerental Toyota Kijang Innova.

  6. Toyota memang juara, sih. Termasuk kijang Innova pastinya. Ini berbagai jenis kijang dari Toyota memang bagus semua

  7. Sejak kecil, nama mobil yang nempel di ingatan saya ya mobil Kijang dari Toyota ini. Dan iya benar, awal 8O-an saya sudah melihatnya berseliweran di kota saya. Rupanya sudah ada jenis barunya ya dari Toyota Kijang.

  8. Wah keren banget mbak Monic pengalamannya. Pernah juga naik Kijang Innova yang dulu… Emang handal sih dan muat banyak, cucok untuk keluarga besar.

    Btw, yang seri terbaru pastinya lebih keren lagi ya mbak. Jadi mupeng. Sholawatin dan doa dulu yang kenceng. Aamiin

  9. Kijang memang masih jadi jawaranya mobil keluarga mbak. Bapak nih masih bertahan di kijang LGX dan belakangan ini juga bahas mobil kijang inova.

    Keberadaan digiroom sangat membantu kita buat cari informasi mobil yang sedang kita incar ya mbak. Nice share.

  10. Mobil keluarga banget Toyota Kijang Innova.
    Kalau mudik, kami sering menggunakan Toyota Kijang Innova agar keluarga besar kami masuk semuaaa..

  11. kijang inova tuh emang mobil sejuta umat ya kak, aku pun seneng banget masa kalo dapet babang taxi online yang pake kijang innova ini, hehehe

  12. Kijang memang dari dulu nilai jualnya bagus ya, Mbak. Yang keluaran tahun 1992an, seusia mobil bapakku saja masih laku di atas 50an juta sekarang. Ini lihat model yang terbaru, duh, kapan keturutan punya satu.

  13. Keluarga saya termasuk yang senang menggunakan Toyota Kijang. Kami pakai dari seri Kijang LGX sampai Kijang Innova. Memang rekomended sekali untuk digunakan bersama keluarga. Muat banyak dan nyaman.

  14. Kijang Innova ini memang mantap banget mba saat dikendarai. Penumpangnya pun nyaman, serasa kayak ga gerak lho mobilnya. Beda dengan beberapa mobil lain yang guncangannya terasa banget ketika ada penumpang.

  15. Innova ini mnrtku family car bgt. Cocok buat klrg dgn anak 2-3 org. Atau yg tipikal keluarga besar deh. Salah satu iparku jg pake ini dan jrg ada komplen

  16. Kabarnya lagi ada type venturer dimana ada beberapa penambahan yang makin membuat kendaraan enak di ajak perjalanan jauh dengan tampilan yang lebih Ok juga. Kijang memang tiada duanya

  17. Jadi inget Toyota Kijang kotak. Tahun 90-an setiap tahun mudik dari Bengkulu-Purwokerto PP naik Toyota Kijang kotak pinjaman dari kantor papa. Dua hari dua malam jalur darat sungguh trip keluarga yang ga terlupakan dan ga bakal bisa terulang keseruannya.
    Btw Sekarang seri-serinya Toyota makin bervariasi ya mbak. Apalagi Kijang Innova ini. Desainnya modern, interiornya makin nyaman, mesinnya tangguh. Dan karena kabinnya lebih luas, cocok banget buat jadi SUV andalan keluarga. Emang pantes kalo Kijang Innova menjadi Top 5 Best Seller dalam penjualan.

  18. Toyota memang andalah, Kak. Dulu pas masih aktif di komunitas sosial kami mengandalkan Toyota Avanza karena irit dan mesinnya kuat. Bisa nanjak ke dataran tinggi Bogor pas mengunjungi korban gempa di Gunung Salak Endah. Percaya deh kalau Innova memang tangguh. Sesuai namanya, Innova memang inovatif, temenku pernah pakai jarak jauh dari Kudus ke Lampung, Innova terbukti joss banget. Syukur banget sekarang bli mobil dan spare part makin mudah ya, lewat aplikasi di Digiroom. Pas pandemi gini, cocok deh ga perlu sering keluar. Mengerti konsumen banget Auto2000.

  19. Service di Auto2000 bisa booking dlu & bisa ketauan dapat jam berapa untuk servicenya, trus tempatnya nayamn buat nunggu bisa sambil wifi juga. sambil service bisa sambil ngintip Kijang Inovva new series di show room

  20. Aku juga pernah pakai toyota innova mbak. Waktu itu mau ke bandara antar keluarga. Bawaan pasti banyak dong. Dan bener, desain interiornya yang keren dn nyaman gak bikin para orangtua ngedumel.

    Ditambah fasilitas lain dan ruang yang lebar, bener-bener jadi mobil andalan keluarga.

  21. Toyota Kijang ini memang mobil legendaris, sudah dipakai dari jaman dulu ya. Sampai sekarang pun konsumen tetap suka dengan mobil ini. Mobil yg fungsional, cocok buat mobil keluarga yg bisa muat banyak orang

  22. Samma nih ama keputusan suami waktu milih Toyota. Mobil serbaguna, muat banyak. Jual kembalinya gampang. Tapi kami punyanya adiknya Innova, Veloz…hehe…

  23. Toyota kijang innova memang paling cocok digunakan untuk keluarga. Desainnya elegan, interiornya nyaman sekali

  24. Mobil Toyota Kijang Innova memang keren dari dulu. Dan sekarang ada tipe barunya. Makin cakep aja nih.

    Toyota dari dulu memang kece, harga jual kembalinya juga masih tinggi. Dan cepet laku.

  25. Aku sempet dong ngerasain naik Toyota Kijang kotak 😀 Jebakan umur ini mah. Barusan lihat foto-foto jadul kampus anakku (kebetulan dia di majalah kampus). Di parkiran isinya mobil kotak-kotak 😀

  26. AKu pun suka banget liat kijang innova, cakep aja itu, beda sama yang lain rasanya. Hwaaa, aku baru tahu deh Kijang Innova ada New Series 2020 nya sekarang. Suka banget sama interiornya yang mevvah itu

  27. Dengan kelebihan yang dimiliki, tentu toyota kijang new series ini bisa dijadikan mobil untuk keluarga dan sebagai mobil utama untuk aktifitas sehari hari.
    Apalagi banyak upgrade yang sudah dilakukan ya kak

  28. Huaaa Kak, pantasan aja nih Suamiku ngebet banget pengen ganti Innova terbaru, keren gini fiturnya ya, saya juga jadi naksir. Kemarin udah sempat tanya-tanya sih di teman yang kerja di Toyota, tapi karena masih pandemi gini kami belum berani, meski harus tukar tambah dengan Avanza kami yang sekarang tapi budgetnya belum cukup, hihihih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here