BPJS Kesehatan Care Center 1500400 – Pernah suatu kali saya kumpul bersama ibu-ibu yang tinggal di kompleks kontrakan saya. Lumrahnya kalau para ibu ngumpul pastilah ngerumpi panjang kali lebar mengenai banyak hal. Lalu salah satu ibu mengeluh mengenai penyakit ngilu-ngilu di badannya yang tak kunjung sembuh dan beliau ingat kalau suami saya pernah pula sakit cukup berat dan dirawat di rumah sakit. Beliau tanya berapa habisnya biaya berobat dan perawatan suami.

Saya pun menceritakan perihal penyakit yang diderita suami. Biaya yang dikeluarkan cukup banyak karena waktu itu saya dan suami belum jadi peserta JKN. Namun setelah jadi peserta JKN, biaya perawatan bahkan biaya operasi semuanya gratis. Ibu itu lalu mengeluh betapa ribetnya mengurus proses pendaftaran kepesertaan JKN di kantor cabang BPJS Kesehatan. Antrian yang panjang terlalu memakan waktu, sementara ia harus jualan. Ketika itu, belum tahu kalau BPJS Kesehatan Care Center 1500400 bisa jadi solusi layanan JKN tanpa antri.

Ngopi Bareng JKN BPJS Kesehatan Care Center 1500400 Solusi Layanan JKN Tanpa Antri

Kemarin sore, bertepatan dengan Valentine Day, saya mendapat undangan hadir di acara Ngopi bareng JKN. Acara diselenggarakan di The Hook, Jakarta, dan menghadirkan 3 narasumber keren, yaitu Ibu Upik Handayani (Asisten Deputi Bidang Pengendalian Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan), Charles Bonar Sirait (Publik Figure), dan Iwan Setiawan (penulis buku dan pemerhati media sosial). Dari ketiga narasumber inilah saya mendapatkan informasi berharga mengenai BPJS Kesehatan Care Center 1500400 Solusi Layanan JKN Tanpa Antri.

BPJS Kesehatan Care Center 1500400
Ki-Ka: Charles Bonar Sirait, Ichi, Upik Handayani Sosialisasi BPJS Kesehatan Care Center 1500400

Ibu Upik Handayani mengakui bahwa masalah antrian yang panjang memang masih menjadi masalah utama peserta JKN untuk mendapatkan berbagai layanan yang dibutuhkan, termasuk ketika mau mendaftarkan kepesertaan JKN ataupun saat hendak melakukan perubahan data peserta. Sampai tanggal 9 Februari 2018, jumlah peserta JKN-KIS telah mencapai 192.492.151 jiwa atau kurang lebih 74 persen dari keseluruhan jumlah total penduduk di Indonesia.

Kebayang tidak sih kalau sekian banyak peserta datang ke berbagai kantor cabang? Jelas kantor cabang BPJS Kesehatan di seluruh Indonesia sangat padat pengunjung. Kepadatan di kantor cabang BPJS Kesehatan tidak hanya membuat para peserta JKN terpaksa “membuang” waktu banyak hanya untuk mendapatkan layanan yang bisa jadi hanya menghabiskan waktu paling lama 30 menit, tetapi juga membuat para petugas di kantor cabang bekerja ekstra keras untuk memberi pelayanan terbaik.

BPJS Kesehatan Care Center 1500400
Mas Iwan Setiawan Berbagi Tips Menulis yang Bisa Menginspirasi Banyak Orang

Padahal sebenarnya, BPJS Kesehatan telah melakukan antisipasi mengenai padatnya antrian di kantor cabang, seperti menyediakan cara lain untuk melakukan pendaftaran kepesertaan yang bisa dilakukan di website BPJS Kesehatan, melalui aplikasi mobile JKN yang bisa diunduh di ponsel, mendaftar di kader JKN yang sudah banyak tersebar di berbagai lingkungan tempat tinggal masyarakat, atau yang terbaru adalah adanya fasilitas BPJS Kesehatan Care Center 1500400.

Banyaknya masyarakat yang jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan hanya untuk mendaftarkan diri menjadi peserta JKN dan terpaksa harus kena antrian panjang. Padahal itu bisa dilakukan dari rumah dan cukup menelepon ke Care Center 1500400. Nanti begitu kartu kepesertaan jadi, kartu langsung dikirim ke rumah peserta.

– Upik Handayani, Asisten Deputi Bidang Pengendali Mutu Pelayanan BPJS Kesehatan –

Layanan yang Tersedia di BPJS Kesehatan Care Center 1500400

Layanan apa saja sih yang bisa didapatkan dengan menelepon ke BPJS Kesehatan Care Center ini? Apakah Care Center ini hanya menerima keluhan dan pengaduan layaknya kebanyakan customer care atau call center dari instansi atau perusahaan swasta lainnya?

BPJS Kesehatan Care Center tidak sama dengan call center atau customer care yang sudah ada di luar sana, karena Care Center BPJS Kesehatan ini lebih mementingkan kebutuhan dan kenyamanan para peserta JKN. Itulah sebabnya diberi nama “Care Center” yang bisa berarti wadah yang memedulikan “kebutuhan” para peserta.

Dengan menghubungi care center, kita bisa melakukan Pendaftaran atau Penambahan Anggota Keluarga peserta JKN, juga melakukan Perubahan Data Peserta jika diperlukan. Misalnya kita mau pindah faskes tingkat 1, maka lakukanlah dengan menelepon care center tanpa perlu antri ke kantor cabang. Prosesnya jauh lebih cepat dan praktis.

BPJS Kesehatan Care Center 1500400
Sumber: Materi Acara Ngopi Bareng JKN 14 Februari 2018 – BPJS Kesehatan

Layanan lain yang bisa kita dapatkan adalah Layanan Tanya Dokter. Jadi ketika kita merasakan gejala sakit dan butuh dokter, kita bisa menelepon dulu ke 1500400 dan berkonsultasi dengan dokter mengenai gejala penyakit yang kita rasakan dan apa yang sebaiknya kita lakukan. Kalau diperlukan tindakan medis secara langsung, dokter akan menyarankan untuk pergi ke fasilitas kesehatan (faskes) tingkat 1 yang terdaftar dalam kepesertaan kita. Berikutnya, ketika kita membutuhkan informasi tambahan berkaitan dengan BPJS Kesehatan dan hal-hal yang berhubungan dengan layanannya, maka kita tinggal melakukan Permintaan Informasi atau melakukan Survey Kepuasaan.

Baca juga:

Untung Ada BPJS Jadi Tak Perlu Bayar Ketika Suami Harus Operasi
Dampak Buruk Napza Bagi Otak

Sama seperti layanan care center lainnya (customer care atau call center) kita juga tetap bisa melakukan Pengaduan atau Mengajukan Keluhan berkaitan dengan layanan kesehatan yang tidak berkenan dengan kebutuhan kita. Contoh: ketika ada faskes yang tak memberikan pelayanan seharusnya atau meminta tambahan biaya, kita bisa melakukan pengaduan melalui fitur ini.

Masih butuh lebih banyak informasi berkaitan dengan layanan yang bisa didapatkan sebagai peserta JKN? Media sosial BPJS Kesehatan sangat aktif memberi berbagai informasi pendukung yang dibutuhkan, karena media sosial ini juga menjadi bagian dari BPJS Kesehatan Care Center 1500400 Solusi Layanan JKN Tanpa Antri.

Apa yang Perlu Disiapkan Sebelum Mendaftar Melalui Care Center 1500400?

Beberapa hal yang perlu disiapkan sebelum menghubungi nomor 1500400 melalui telepon atau ponsel, antara lain:

  • Nomor Kartu Keluarga (KK)
  • Nomor Induk Kependudukan (NIK)
  • Nomor rekening tabungan (BRI/BNI/Mandiri)
  • Nomor ponsel yang aktif.
  • Alamat email
  • Alamat tempat tinggal (untuk pengiriman kartu)

BPJS Kesehatan
Sumber: BPJS Kesehatan

Setelah seluruhnya siap, barulah menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400. Ini akan lebih memudahkan komunikasi antara kita dengan Agent Care Center. Kalau semua syarat yang dibutuhkan belum disiapkan, kita bakal gupuh dan waktu yang dibutuhkan untuk pendaftaran jadi lebih lama (dan otomatis jadi boros pulsa dong… hahaha).

Begitu proses pendaftaran selesai, kita akan mendapatkan Nomor Virtual Account (VA) yang dikirim secara otomatis ke nomor ponsel atau email yang sudah kita daftarkan. Lalu langkah selanjutnya, lakukan pembayaran iuran pertama minimal 14 hari atau maksimal 30 hari setelah kita mendapatkan nomor VA.

Oh ya, pembayaran iuran pertama ini harus dilakukan dengan mendatangi bank yang sudah terdaftar. Misalnya rekening bank yang kita daftarkan adalah rekening Bank Mandiri, maka datanglah ke Bank Mandiri. Nanti di bank tersebut kita perlu menandatangani surat persetujuan autodebet iuran selanjutnya langsung dari rekening tabungan kita. Kartu peserta JKN-KIS akan kita dapatkan (dikirim ke rumah) setelah proses pembayaran iuran pertama dilakukan.

Nah, gampang dong proses mendaftaran diri jadi peserta JKN karena sudah ada BPJS Kesehatan Care Center 1500400 Solusi layanan JKN Tanpa Antri. Yuk daftarkan diri dan jadilah peserta JKN. Negara bisa maju kalau masyarakatnya sehat. Dengan tubuh yang sehat pula kita bisa berusaha meraih impian dan masa depan yang lebih baik.

2,969 total views, 3 views today

SHARE
Previous articleFilm Meet Me After Sunset Wajib Tonton Bagi Penulis Pemula
Next article5 Hal Kecil Meningkatkan Produktivitas

7 COMMENTS

  1. hiksss aku belum pakai jkn nih, masih pakai asuransi swasta 🙁 padahal kata adikku (yg baru nikah) nanti pemerintah bakal mewajibkan warganya harus punya jkn dan yg gak punya bakal kena penalti/denda gitu deh

    makasih infonya mbak monic, 2018 ini kudu punya jkn

    • Waaah, buruan bikin, Mbak. Banyak banget manfaatnya loh. Kita memang nggak tahu kapan butuhnya, tapi ketika kita butuh dan sudah jadi peserta JKN, insya Allah akan terbantu banget.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here