Cara Ikut Pelatihan Prakerja bagi Pemegang Kartu Prakerja

Pada bulan Maret 2022 ini, pengumuman mengenai pembukaan pendaftaran kartu Prakerja gelombang 24 sudah dibuka. Apakah kamu sudah daftar kartu Prakerja gelombang 24? Apakah sudah ada info kalau kamu lolos kartu Prakerja? Jika sudah lolos dan jadi peserta program Kartu Prakerja, kini saatnya kamu mempelajari cara ikut pelatihan Prakerja.

Apa saja tata cara ikut pelatihan Prakerja setelah dinyatakan lolos dan mendapatkan Kartu Prakerja? Simak yuk cara mengikuti pelatihan Prakerja yang sudah dibeli. Artikel ini berisi rangkuman mengenai tata cara ikut pelatihan Prakerja dan manfaat kartu Prakerja dari berbagai sumber dan dari website resmi prakerja.go.id pada artikel ini.

Tata Cara Ikut Pelatihan Prakerja bagi Pemegang Kartu Prakerja Gelombang 24

1. Maksimal Jangka Waktu 30 Hari

Setelah dinyatakan lolos dan sudah mendapatkan Kartu Prakerja, kamu akan mendapatkan saldo  dengan nominal Rp1.000.000,- Saldo ini harus kamu gunakan dalam jangka waktu maksimal 30 hari untuk membeli berbagai kelas atau kursus yang berguna untuk meningkatkan pengembangan diri, reskill dan upskill, juga untuk bekal nanti mencari kerja atau buka usaha.

Sementara, jika kamu tidak menggunakan dana yang sudah tersedia dalam jangka waktu maksimal 30 hari, maka kartu Prakerja kamu akan dinonaktifkan dan saldo pun hangus. Makanya, begitu kamu sudah mendapatkan notifikasi kalau pendaftaran program Prakerja gelombang 24 lulus. Segera saja cari dan ikuti pembelajaran daring yang menyediakan berbagai materi untuk kamu pelajari di mitra program yang telah ditunjuk.

2. Berapa Banyak Kelas atau Pembelajaran Online yang Bisa Diikuti?

Apakah dana Rp1.000.000,- harus dihabiskan dalam satu kali kursus saja? Berapa jumlah pelatihan Prakerja yang boleh kamu ikuti? Mungkin 2 pertanyaan ini muncul dalam pikiranmu.
Nah, jumlah pelatihan atau kerja pengembangan diri yang bisa kamu ikuti bisa lebih dari satu kok. Hanya saja, kamu harus melakukan pembelian pertama sebelum jangka waktu 30 hari berakhir.

Kalau kelas pertama sudah selesai dan dana masih tersedia, maka kamu bisa mengambil kelas berikutnya. Untuk jumlah kelas pelatihan yang diikuti, tergantung ketersediaan dana dan pilihan kelas yang kamu ambil. Bahkan kamu bisa memilih pelatihan Prakerja tanpa webinar atau memilih kelas-kelas yang bisa kamu pelajari kapan saja kamu mau belajar.

3. Memilih Kelas Pelatihan Prakerja

  • Kamu memilih QuBisa.com untuk membeli Kelas Pelatihan Prakerja.
  • Kelas pertama yang kamu ambil: Meningkatkan Kemampuan Kepemimpinan untuk Supervisor – Rp400.000,-
  • Setelah kelas pertama selesai kamu ikuti, dan karena masih ada saldo yang tersedia, maka kamu mengambil kelas kedua di QuBisa.com: Membuat Website dengan WordPress Rp200.000,-
  • Total pembelian dua kelas Rp600.000,-
  • Karena masih ada sisa 400 ribu, kamu masih bisa mengambil Pelatihan Prakerja berikutnya yang kamu butuhkan untuk mengembangkan diri dan meningkatkan kemampuan.

4. Mendapatkan Insentif Prakerja

Ada banyak manfaat kartu Prakerja yang bisa kamu dapatkan. Itu sebabnya, banyak orang yang berusaha mengikuti program pemerintah ini, termasuk berusaha memenuhi syarat kartu Prakerja yang sudah ditentukan.

Selain mendapatkan benefit berupa saldo senilai Rp1.000.000,- yang bisa kamu gunakan untuk mengikuti pelatihan Prakerja, sudah pasti pelatihan yang kamu ikuti dengan tekun akan meningkatkan skill, menambah pengetahuan, bahkan membuka peluang baru bagi Anda di masa depan.

Manfaat kartu Prakerja berikutnya, kamu memiliki kesempatan mendapatkan insentif sebesar Rp600.000,- setiap bulan selama 4 bulan. Syarat agar insentif Prakerja bisa kamu terima, ya harus menyelesaikan pelatihan Prakerja yang kamu ikuti dengan baik dan mendapatkan sertifikat dari lembaga pelatihannya.

Kamu sudah daftar Kartu Prakerja gelombang 24 belum? Kalau sudah lolos Kartu Prakerja gelombang 24, segera pilih dan ikuti pelatihan Prakerja yang tersedia di berbagai platform belajar online yang menjadi mitra program Prakerja.

16 pemikiran pada “Cara Ikut Pelatihan Prakerja bagi Pemegang Kartu Prakerja”

  1. Oh, baru tau aku kak, rupanya kalau lolos dapet kartu prakerja saldo yang masuk harus digunakan pelatihan prakerja dalam jangka waktu maksimal 30 hari, supaya kartu prakerja tidak dinonaktifkan dan saldonya gak hangus ya.

    Balas
  2. wih udah gelombang 24 aja ya mba? kudet bener aku.. cuma ngikutin dari twitter aja biasanya.. semoga bermanfaat yaa buat temen2 yang udah ketrima prakerja gelombang ini. kudu bisa memanfaatkan dana tersebut dengan baik 😀

    Balas
  3. Saya baru tahu manfaat kartu pra kerja seperti ini. Bermanfaat sekali ya, untuk bekal memasuki dunia kerja. Jadi persaingan pun positif

    Balas
  4. wah ternyata ikutan pelatihan prakerja bisa dapet insentif juga ya, menarik mba infonya 🙂 mau ah coba daftar juga

    Balas
  5. baru paham Mbak Mon. Ingin ikut prakerja, lumayan kan bisa dapat saldo 1juta untuk pelatihan trus dapat skill dan sertifikat. Berarti ikut pelatihannya harus satu persatu, ya. Satu selesai, daftar pelatihan lain. Noted.

    Balas
  6. Aku mau cobain daftar lagi, deh. Dari gelombang pertama sampe terakhir belum pernah lolos, huhuhu.

    Soalnya aku mau ambil pelatihan ya, katanya bagus karena pelatihnya sudah bersertifikat 😊

    Balas
  7. Wah, udah gelombang 24 aja, makin banyak yang ikut dan memang udah terasa manfaatnya yaa. Benar2 bisa mengembangkan diri dengan saldo 1 juta, upgrade skill sesuai dengan kemampuan.
    Dengan pelatihan2 yang ada semoga membantu mereka yang membutuhkan.

    Balas
  8. Aku tau program ini dari suamiku blio sempat bantu beberapa orang yang ga paham tentang ini…asyik juga sih lumayan dapat 600 rb per bulan selama 4 bulan jadi membantu yang membutuhkan modal.

    Balas
  9. Aku akan rekomendasikan temanku untuk segera daftar Kartu Prakerja gelombang 24. Ini tentunya bisa nambah keahliannya dan bisa juga ikut pelatihan Prakerja yang mudah diperoleh karena tersedia di berbagai platform belajar online

    Balas
  10. prakerja itu sangat membantu banget buat menambah skill kita biar makin kompeten di era persaingan global nih, lumayan loh dapat budget pelatihan 1 juta, bisa ikut 2 sampai 3 kali pelatihan tuh

    Balas
  11. Alhamdulillah, ada program pelatihan prakerja gini ya mba. Bagi yang membutuhkan, tuh segera ikutan. Lumayan nih pertama kali dapet 1 jeti dan berikutnya 600k per bulan. Perbanyak penguasaan skill melalui QuBisa dotcom ini agar makin bisa bersaing dengan para pencari kerja lainnya.

    Balas
  12. Membayangkan aku kalau dapat Kartu Prakerja, memang sudah pas banget mengikuti kelas di Qubisa.com
    Karena selain banyak pilihan kelas dan skill yang bisa dipelajari, juga bisa menyesuaikan waktu belajar. Ini bisa mencari waktu-waktu yang aku paling fokus dalam belajar.
    Asik bangeettt~

    Balas
  13. enak juga ya ada program prakerja, bisa ikut kelas online sesuai dengan bidang yang kita minati. lumayan nambah ilmu..

    Balas
  14. Salah satu program pemerintah yang paling saya suka, apalagi ada tersedia banyak pelatihan prakerja. Thank you informasi nya kak

    Balas

Tinggalkan komentar