Saat ini, memiliki blog atau website merupakan suatu hal penting, baik secara personal, profesional, apalagi untuk bisnis. Ada banyak manfaat dari memiliki blog. Pada artikel kali ini saya akan berbagi cara membuat blog WordPress dengan langkah paling mudah, serta manfaat memiliki blog.

Manfaat Memiliki Blog Bagi Personal, Profesional dan Bisnis

Sebelum kita membahas secara lengkap mengenai cara membuat blog, ada baiknya kita mengetahui dulu berbagai manfaat dari memiliki blog. Mengapa? Karena di zaman yang serba digital seperti saat ini, hampir semua orang menggunakan yang namanya internet untuk berbagai keperluan, mulai dari mencari informasi, pengetahuan, belanja secara online, berjualan, mengembangkan bisnis, membangun personal branding, dan sebagainya.

Artinya, ada banyak manfaat yang bisa diambil dari memiliki blog lho, baik bagi personal, profesional, maupun bagi orang yang menjalankan bisnis. Blog maupun website yang bisa secara online diakses selama 24 jam penuh ini merupakan portofolio yang bagus dalam membangun personal branding bagi yang menginginkan blog secara personal maupun profesional. Sementara bagi para pebisnis, blog ataupun website ini bisa menjadi katalog yang memudahkan melakukan promosi online dan pemasaran dengan lebih mudah, murah, dan praktis.

Sebenarnya, saya sudah pernah menuliskan mengenai manfaat memiliki blog pada tulisan lain di blog ini berjudul 7 Alasan Saya Menulis Blog. Namun, sepertinya tidak ada salahnya saya ulangi sedikit ringkasannya di sini ya. Jadi, beberapa manfaat memiliki blog atau website, antara lain:

1. Media Berbagi Pengetahuan dan Pengalaman

Blog menjadi media yang sangat baik untuk berbagi pengetahuan yang kita miliki. Ingat, ilmu pengetahuan itu semakin dibagikan ke sebanyak mungkin orang akan semakin berkembang lho. Artinya, ilmu pengetahuan yang kita miliki jadi berkembang dari sebelumnya, begitu pun pengetahuan yang dimiliki orang lain.

Selain itu, blog juga bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan pengalaman sekaligus berbagi pengalaman. Ada banyak sekali pelajaran yang bisa dipetik, baik dari pengalaman diri sendiri, maupun pengalaman orang lain. Maka, bertukar pengalaman begini bisa membuat kita mendapatkan banyak pelajaran hidup dengan cara yang lebih mudah dan cepat.

manfaat memiliki blog

2. Mengembangkan Potensi dan Kemampuan yang Dimiliki

Senang menulis? Manfaatkan blog sebagai media yang akan membantu kita untuk meningkatkan kemampuan dan potensi dalam menulis. Dengan membagikan tulisan melalui blog, kita bisa sekaligus mendapatkan feedback langsung dari pembaca mengenai kualitas tulisan kita. Apa pun feedback yang diberikan melalui kolom komentar di blog, terima dan lakukan perbaikan demi kualitas tulisan yang akan menjadi semakin baik.

Tidak hanya terkait potensi dan kemampuan menulis saja. Ada banyak potensi lain yang bisa dikembangkan melalui keberadaan blog ini, seperti kemampuan desain, komunikasi, copywriting, teknologi informasi, speaker, narator, arsitektur, dan masih banyak lagi. Blog memungkinkan setiap orang bisa berbagi hal-hal baik dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki, dengan cara langsung berinteraksi dengan orang lain, menerima masukan dan saran, bahkan bisa juga berkolaborasi dalam suatu project.

3. Mendapatkan Penghasilan Berupa Uang Secara Online

Kita bisa mendapatkan uang dari blog lho! Ini benar. Ada banyak cara mendapatkan uang dari menulis blog. Penghasilan di sini bisa berupa adsense, pemasangan iklan, menerima review produk, content placement, dan sebagainya.

Namun, untuk bisa mendapatkan penghasilan secara online dari blog maka harus tahu cara membuat blog terlebih dahulu, lalu membuat konten blog yang bisa mendatangkan traffic, dan melakukan optimasi. Blog yang berkualitas akan memudahkan kita mendapatkan penghasilan secara online melalui blog.

mendapatkan penghasilan dari blog

4. Meningkatkan Traffic Website dan Membangun Interaksi

Memiliki blog sangat penting bagi para pebisnis yang menggunakan website dalam menjalankan usahanya, entah langsung berjualan produk atau jasa, atau hanya website official untuk mendekatkan brand kepada masyarakat luas.

Blog yang berisi berbagai informasi pendukung, terutama yang mampu memberikan solusi atas berbagai permasalahan yang dihadapi pengunjung, bisa membantu mendatangkan traffic ke website resmi. Itu sebabnya, selain membangun website bisnis, disarankan pula kepada pebisnis untuk membangun blog yang informatif.

Selain itu, dengan adanya blog, kita bisa membangun interaksi dengan pengunjung blog melalui kolom komentar yang kita sediakan. Dari komentar yang masuk, kita bisa berdiskusi, bercakap-cakap, bertukar pengalaman, memperluas jaringan atau networking, dan sebagainya.

Nah, kalau sudah tahu manfaat dari blog, apakah ada yang makin tertarik untuk membuat blog sendiri? Mari kita lanjutkan dengan pembahasan mengenai cara membuat blog. Oh ya, karena saya menggunakan platform WordPress, maka bahasan kali ini saya bagikan berdasarkan pengalaman saya ya.

meningkatkan traffic website

Cara Membuat Blog WordPress dengan Langkah Paling Mudah

Ah, bikin blog susah. Pasti harus paham coding dan bahasa HTML, kan? Pernah berpikir seperti ini? Kalau pernah, segera singkirkan pemikiran ini. Faktanya, membuat blog mudah kok, tapi ya sudah pasti kita harus tahu cara membuat blog WordPress dan langkah-langkah dalam pembuatannya. Dengan kata, lain, siapa pun bisa membuat blog, bahkan bisa disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan kita.

Kenapa saya membuat blog WordPress? Karena dengan platform WordPress, kita tidak harus paham coding dan bahasa HTML. Proses pembuatannya jauh lebih praktis dan semua yang kita butuhkan tersedia. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat blog:

1. Tentukan Topik Utama Blog Sesuai Minat

Hal pertama yang perlu kita lakukan sebelum membuat blog adalah menentukan topik utama. Topik utama di sini bisa dipilih sesuai dengan minat dan kemampuan kita. Misalnya, kita adalah seorang penulis, maka blog kita bisa berisi berbagai tips menulis, portofolio karya tulis, dan sebagainya.

Contoh lain, kita punya kemampuan desain yang bagus untuk kartu nama, banner, template blog, desain interior, desain grafis, dan sebagainya. Nah, isi blog kita bisa hal-hal terkait desain yang kita kuasai ini. Perlu diketahui, blog akan menjadi portofolio online juga bagi kemampuan yang kita miliki. Ketika ada seseorang yang membutuhkan jasa desain, misalnya, dan mereka menemukan blog kita di internet, bisa jadi mereka akan menghubungi kita.

Kalau blog kita punya topik khusus yang hendak kita kembangkan, maka topik khusus ini menjadi pondasi utama sehingga blog bisa terus update dengan informasi dan konten yang sesuai dengan kemampuan kita. Artinya, kita jadi lebih mudah pula mengembangkan blog ini di kemudian hari karena benar-benar paham konten apa yang seharusnya kita buat.

Selain dua topik utama yang sudah dibahas di atas, masih banyak lho tema blog yang disukai, yang bisa kita dipilih, misalnya kesehatan, tempat wisata, kegiatan traveling, kuliner, parenting, marketing, teknologi, gadget, olahraga, entertainment, seni, musik, budaya, fashion, kecantikan, dan masih banyak lagi. Oh ya, satu topik utama tetap harus ada. Sisanya, kita boleh juga menambahkan topik-topik pendukung lainnya sehingga isi blog kita kaya akan beragam konten.

pilih topik blog sesuai minat dan kemampuan contohnya desain

2. Pilih Platform Blog Terbaik

Kalau pemilihan topik utama sudah selesai, maka langkah kedua yang harus dilakukan adalah memilih platform blog. Secara umum, ada 2 platform blog yang bisa dipilih, yaitu WordPress dan Blogspot. Setiap platform punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berdasarkan pengalaman saya, untuk bisa menggunakan platform blogspot demi mempercantik tampilan blog, diperlukan pengetahuan dasar tentang bahasa HTML, terutama untuk edit feature, template, dan sebagainya.

Karena saya tak paham bahasa HTML dan coding, maka saya memilih WordPress. Bagi saya, menggunakan WordPress jauh lebih mudah, karena semua tinggal drag and drop. Selain itu, sudah tersedia pula berbagai plugin pendukung yang memudahkan kerja kita, sekaligus bisa meningkatkan kinerja blog. Itu sebabnya, saya merekomendasikan WordPress bagi yang baru pertama kali mau bikin blog.

Oh ya, dalam hal ini, WordPress yang saya maksud adalah WordPress.org ya. Untuk lebih memahaminya, kita bisa mempelajari terlebih dahulu perbedaan WordPress.org ini dengan WordPress.com. Alangkah baiknya pula, kalau kita juga sekaligus belajar WordPress bagi pemula secara dasar terlebih dahulu.

3. Pilih Layanan Hosting Terbaik

Agar blog WordPress.org yang kita punya bisa online, maka kita harus menempatkannya di suatu hosting. Mudahnya, hosting adalah tempat yang nanti kita gunakan untuk menyimpan semua file-file blog kita, konten gambar / foto atau infografis, video, teks, tema, hingga pengaturan. Untuk bisa mendapatkan hosting ini, tentu saja kita harus membayar sewanya.

Ada berbagai jenis hosting yang perlu kita ketahui terlebih dahulu sebelum memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan. Jenis hosting itu, antara lain shared hosting, cloud hosting, dan VPS hosting.

Shared hosting adalah suatu hosting yang biasanya lebih cocok untuk blog-blog yang baru dibangun. Untuk kita yang masih pertama kali membuat blog dan memerlukan hosting, maka pilih saja jenis shared hosting karena paling murah dan paling mudah dalam pengelolaannya.

Untuk mendapatkan hosting ini, kita perlu memastikan penyedia hosting memiliki layanan terbaik. Salah satu layanan hosting terbaik yang bisa saya rekomendasikan adalah paket hosting di Niagahoster yang sangat terjangkau, pelayanan customer service 24 jam, dan berbagai fitur pendukung lain yang memudahkan.

Nah, untuk melakukan pembelian, langsung klik saja beli hosting di Niagahoster dan dapatkan domain gratis. Mau tambahan diskon lagi? Nih saya kasih kupon diskon dengan cara masukkan: BlogMonica pada bagian kupon diskon.

4. Tentukan Nama Domain yang Pendek dan Mudah Diingat

Agar blog kita mudah dicari orang, mudah diingat, dan bisa mendatangkan lebih banyak pembaca ketika dibagikan di media sosial, kita perlu punya nama domain. Nama domain ini akan menjadi alamat bagi blog kita. Lalu, kita juga perlu memilih ekstensi domain, misalnya: . com; .id; .net; .co.id; .org; .info, dan sebagainya.

Ada berbagai tips dalam memilih nama domain yang mudah diingat, antara lain: nama domain harus pendek, mudah dieja, bisa menggunakan nama sendiri untuk sekalian membangun personal branding seperti www.monicaanggen.com, bisa memilih nama yang unik, dan sebagainya. Untuk memilih nama domain, hindari penggunaan angka, strip atau tanda baca, karena seringkali orang salah dalam mengetikkan nama domain yang diikuti angka atau tanda strip ini.

Inilah cara membuat blog yang mudah dan praktis berdasarkan pengalaman saya. Setelah melakukan pembelian hosting dan domain, kita tinggal melakukan instalasi WordPress saja kok. Kapan-kapan, saya akan berbagi lagi langka-langkah instalasinya. Selamat membuat blog!

 613 total views,  6 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here