Ketika awal membuat website ini, saya pun sempat mencari Cara Membuat Nama Domain Website Paling Menarik. Memilih nama domain itu gampang-gampang susah, kadang memilih domain murah belum tentu mempunyai kualitas bagus. Tapi ada loh cara membuat nama domain website paling menarik dan tentu saja murah, namun tetap berkualitas.

Bicara tentang pembuatan website, selain membuat nama domain website, yang perlu diperhatikan adalah pemilihan layanan penyedia domain terbaik. Artinya, ada dua hal nih yang perlu dipikirkan ketika hendak membuat website, yaitu membuat nama domain website sehingga dapat memudahkan siapa pun yang ingin mengunjungi website kita, lalu baru memilih penyedia domain murah tadi. Yuk, lanjut baca dulu ya untuk tahu caranya.

Pilihlah Nama yang Sesuai dan Belilah Pada Penyedia Domain Berkualitas

Ada banyak kriteria dalam memilih nama yang baik untuk sebuah domain. Nanti akan kita bahas satu persatu. Sementara itu, kita kenalan dulu dengan IDwebhost.

IDwebhost adalah salah satu penyedia nama domain murah dan berkualitas yang bisa dijadikan pilihan untuk membeli domain. Selain itu, IDwebhost juga menyediakan layanan dedicated server jika membutuhkan kapasitas website yang lebih besar.

Berikut ini 13 kriteria untuk memilih nama domain website yang baik :

Cara membuat nama domain website paling menarik
IDwebhost Penyedia Layanan Domain Murah Berkualitas

1. Berkesan

Pilihlah domain murah dengan nama yang berkesan, mudah diingat, dan memberi kesan positif. Nama yang mudah diingat akan memungkinkan pengunjung website kembali mengunjungi website Anda. Hindari menggunakan nama domain yang disingkat-singkat.

2. Singkat

Jika pada poin satu kita diminta menghindari penyingkatan nama maka lebih baik pilihlah nama domain yang singkat saja, misalnya antara 2-3 kata saja. Hindari penggunaan nama website yang sangat panjang karena akan membuat pengunjung susah mengingat nama website kita.

3. Ekstensi yang tepat

Pilih ekstensi yang paling tepat dan banyak digunakan oleh user lain, misalnya .com. Ekstensi ini banyak digunakan karena bersifat universal. Selain itu, masih ada lagi yang dari lokal Indonesia seperti ekstensi co.id, .id, dan lain sebagainya.

4. Mudah dieja

Jangan sampai memilih nama domain dengan kata yang menyulitkan pelanggan dalam mengingatnya bahkan mungkin pelanggan bisa lupa jika mau berkunjung ke website kita lagi. Gunakan saja istilah ataupun kata yang umum dipakai dan gampang diingat oleh masyarakat. Jika memungkinkan, gunakan nama suatu brand yang memiliki karakter mudah sekali untuk diingat.

Cara membuat nama domain website
IDwebhost Penyedia Domain Website Murah

5. Nama yang kekinian

Zaman sekarang adanya banyak perangkat gadget yang memungkinkan kita untuk browsing dan mengikuti perkembangan zaman. Jadi, tidak ada salahnya jika kita memilih nama domain yang paling kekinian, terutama kalau website juga digunakan untuk toko online. Pilihlah nama yang singkat dan paling kekinian.

6. Nama yang gaul

Jika website ditujukan untuk kalangan teenager maka kita bisa memilih nama website dengan nama gaul ala anak milenial zaman sekarang. Cukup pilih kata gaul yang pendek sebanyak dua sampai tiga suku kata sebagai nama website.

7. Memilih nama domain berdasarkan target pengunjung

Nama dari penyedia jasa domain murah akan memberi saran untuk memilih nama yang baik dan bisa menarik simpati pengunjung. Misalnya dengan menggabungkan keyword produk dan nama perusahaan. Contoh, tokokuelegit.com. Nama seperti ini akan membuat para pengunjung timbul rasa penasaran, apa saja yang ada di dalam website tersebut?

8. Nama yang unik untuk meraih pangsa pasar

Jika memakai domain untuk jualan online pastikan namanya unik ya. Nama yang unik sangat bagus menjadi pilihan untuk toko online supaya memiliki karakter berbeda dengan produk lain. Ciri khas yang berbeda karena penggunaan nama unik juga bisa membuat pengguna lebih mudah mengingat ketika lain waktu hendak kembali melakukan pembelian di website kita.

9. Deskriptif

Pilihlah nama domain dengan cara mengasosiasikan usaha dan nama kita. Nama usaha pada umumnya akan mendiskripsikan mengenai apa yang ditawarkan usaha tersebut. Nama yang mudah dideskripsikan oleh kebanyakan orang akan dapat muncul di halaman depan pada hasil mesin pencarian karena nama domain seperti sebuah keyword.

10. Tidak pakai simbol

Cara lain memilih nama domain yang paling menarik dan mudah diingat, serta memudahkan pengguna ketika melakukan pencarian di search engine semacam Google adalah dengan tidak pakai simbol. Kadang, pengguna ingat nama website kita, namun karena penulisannya dengan menggunakan simbol dan pengguna lupa mengetikkan simbol tersebut, website kita pun jadi tak gampang ditemukan di mesin pencari.

11. Pilih nama yang kreatif dengan bahasa asing

Selain menggunakan bahasa sendiri atau bahasa gaul, kita bisa juga menggunakan bahasa asing sebagai bentuk dari kreativitas. Hal yang paling penting, utamakan pula kualitas konten di dalam website sehingga pengguna tak segan untuk kembali mengunjungi website kita.

12. Menggunakan nama keluarga

Ada banyak usaha yang menggunakan nama dari salah seorang keluarga mereka. Hal yang sama dapat diterapkan pada nama domain, sehingga akan menjadi karakter nama usaha yang sangat unik. Nama siapa pun, seperti nama anak misalnya, bisa dipilih.

Cara Membuat Nama Domain Website Murah di IDwebhost
Nama Domain Website Menjadi Personal Branding Pemiliknya

13. Konsisten dengan nama yang sudah dijadikan domain

Jangan mudah bosan dengan nama domain yang telah dijadikan nama website. Mengubah nama domain artinya sama saja dengan bikin website baru dan ini tentu saja sangat disayangkan. Untuk itu, pada penentuan awal nama domain website, pilihlah yang paling tepat, paling menarik, dan sesuai dengan yang kita inginkan. Tips lain, pilih nama yang memiliki ciri khas tertentu, unik, serta sesuai dengan kepribadian kita. Paling utama, kita juga menyukai nama tersebut.

Dari tips cara membuat nama domain website di tulisan saya kali ini, semoga bisa menginspirasi siapa pun yang saat ini sedang mempertimbangkan nama paling menarik untuk websitenya. Setelah yakin dengan nama yang hendak digunakan, pilih layanan terbaik penyedia domain murah, seperti IDwebhost, yang berkualitas dan hemat karena kita tak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk membeli nama domain.

Oh ya, perlu tidak sih membeli nama domain untuk website? Kalau menurut saya, perlu banget. Dengan menggunakan nama domain maka kita akan menjadi seorang blogger profesional dibandingkan hanya menggunakan domain gratisan. Brand maupun pengunjung juga lebih percaya dengan website yang sedang kita kembangkan. Jika sudah percaya, otomatis website kita jadi lebih dikenal banyak orang.

Butuh penyedia domain dengan layanan yang murah dan berkualitas? Bolehlah dipilih IDwebhost yang telah dipercaya berbagai klien untuk jasa pembuat domain berkualitas. Selamat memilih dan menemukan cara membuat nama domain untuk website paling menarik dan semoga tulisan ini bermanfaat.

4,280 total views, 5 views today

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here