Cara Mengirimkan Naskah dan Tema yang Disukai Penerbit

Hingga hari ini, masih banyak teman-teman penulis yang kebingungan cara mengirimkan naskah ke suatu penerbit. Begitulah kebanyakan isi inbox yang saya terima akhir-akhir ini. Pertanyaan ini biasanya akan disusul dengan pertanyaan berikutnya, “Tema apa saja ya yang disukai penerbit A? Bagaimana mencari tahu tema-tema yang disukai mereka?” Yuk, baca cara mengirimkan naskah, cara menerbitkan naskah, dan mencari tahu tema yang disukai penerbit di artikel ini.

Cara Mengirimkan Naskah ke Penerbit

  1. Buka website masing-masing penerbit dan cari tahu ketentuan yang telah ditetapkan. Ada ketentuan yang sama, tetapi banyak pula yang memberi syarat berbeda dalam hal penerimaan naskah.
  2. Pada website masing-masing penerbit biasanya juga telah tercantum alamat atau email untuk pengiriman naskah. Ada penerbit yang mensyaratkan naskah harus dikirim dalam bentuk hardcopy, tetapi ada pula yang mau menerima naskah dalam bentuk softcopy.
  3. Misalnya kamu mau menerbitkan buku di Gramedia, maka beli dulu buku terbitan Gramedia. Biasanya di halaman belakang atau di bagian belakang pembatas buku, sudah tercantum persyaratan pengiriman naskah.
  4. Alamat penerbit juga ada yang tercantum di back cover buku yang mereka terbitkan.
  5. Manfaatkan media sosial untuk memperluas jaringan pertemanan. Semakin luas jaringan pertemanan, biasanya kita bisa lebih mudah mendapatkan informasi mengenai penerbit yang sedang membutuhkan naskah dengan tema tertentu.
  6. Bergabung dengan grup kepenulisan atau grup dari penerbit tertentu untuk mengetahui (termasuk mencari tahu) informasi berkaitan dengan penerimaan naskah.

Cara Mengetahui Tema yang Penerbit Suka

  1. Cari dan baca buku-buku terbitan penerbit yang ingin kamu tuju. Cari di sini bisa dengan cara meminjam di perpustakaan terdekat atau membeli bukunya.
  2. Jalan-jalan ke toko buku dan lihat rak best seller, recomended, dan new arrival. Biasanya,  buku-buku yang berada di rak tersebut merupakan tema-tema yang saat ini sedang banyak orang cari, dan merupakan tema yang penerbit suka.
  3. Buka website penerbit dan lihat-lihat tema buku seperti apa yang banyak mereka terbitkan.
    Cari tahu lebih banyak dengan mengikuti media sosial dari penerbit.

Kamu sudah tahu cara mengirimkan naskah dan tema naskah yang penerbit suka. Sekarang, waktunya kamu menyelesaikan naskah kamu agar bisa kamu kirimkan ke penerbit. Untuk bisa menyelesaikan naskah, boleh juga kamu ikuti Tips Menulis Buku dan Rahasia Menerbitkan Buku untuk Pemula.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

Satu pemikiran pada “Cara Mengirimkan Naskah dan Tema yang Disukai Penerbit”

  1. Ping-balik: Awas, Pelajaran Satu Ini Bisa Mendorongmu Jadi Penulis! · Catatan Monica Anggen

Tinggalkan komentar