Pagi-pagi sekali, Pewe mengajak pergi. Ah, dia pasti mau mengajak saya belanja. Jadilah saya buru-buru cek e-money dan persediaan uang tunai di dompet. Budaya cashless semakin digemari saat ini, salah satunya adalah saya. Ya dengan menerapkan cashless, saya tak perlu harus membawa-bawa uang tunai. Tapi e-money pun harus punya persediaan dana di dalamnya. Maka perlu lho untuk cek cara top-up e-money yang praktis di mana.

Biasanya uang tunai yang tersedia di dompet hanya secukupnya saja, misalnya seperti pagi ini ya secukupnya untuk belanja di pasar saja. Sisanya, saya lebih banyak mengandalkan cashless, terutama untuk berbelanja di gerai-gerai yang juga sudah mendukung budaya cashless.

Beberapa Jenis Pendukung Budaya Cashless

Dengan kemajuan teknologi saat ini, ada banyak sekali jenis-jenis alat transaksi yang mendukung budaya cashless. Beberapa jenis di antaranya, yaitu:

1. E-Money

E-money adalah fitur digital yang memungkinkan siapa pun untuk melakukan transaksi pembayaran tanpa memerlukan uang tunai. Bentuknya bisa beragam, namun kebanyakan e-money berbentuk kartu. Contohnya adalah e-money dari berbagai jenis bank. Ada pula pusat perbelanjaan yang juga menyediakan e-money yang sekaligus sebagai kartu member.

2. Dompet Online

Dompet online ini merupakan aplikasi yang bisa diunduh di smartphone masing-masing. Di dalam dompet online kita bisa menyimpan sejumlah uang sebagai saldo. Lalu saat berbelanja, kita tinggal melakukan scan barcode, atau hanya menyebutkan nomor ponsel kita yang digunakan dan telah terdaftar di dompet online.

3. Kartu Belanja

Beberapa pusat perbelanjaan telah meluncurkan kartu belanja yang khusus untuk melakukan transaksi belanja di pusat perbelanjaan yang bersangkutan. Biasanya, kartu belanja ini juga berbentuk semacam e-money, namun dengan fitur yang lebih terbatas.

Artinya, tak bisa digunakan dengan lebih bebas untuk bertransaksi selain di pusat perbelanjaan yang mengeluarkan kartu ini. Oh ya, beberapa kartu belanja juga ada yang berfungsi sebagai kartu member sekaligus untuk mengumpulkan poin belanja yang nantinya bisa ditukarkan dengan berbagai keuntungan lain.

Cek Cara Top-up e-Money di Blibli

Dari banyaknya pilihan pendukung transaksi saat ini, saya lebih prefer menggunakan dompet online di smartphone untuk transaksi tertentu. Selain itu, saya juga memiliki e-money yang fungsinya terpisah dengan dompet online yang saya miliki.

Saya lebih banyak menggunakan e-money saat membayar biaya transportasi harian kalau menggunakan commuter line, MRT, LRT, atau naik bus TransJakarta. Jelas ya, transaksi untuk transportasi ini masih belum bisa menggunakan dompet online soalnya.

Oh ya, dalam situasi lain, e-money sangat berguna untuk melakukan pembayaran di gerbang tol ketika kita harus bepergiaan melalui jalan tol. Bisa juga untuk membayar parkir karena sudah cukup banyak gedung perkantoran maupun pusat perbelanjaan yang menerapkan pembayaran parkir wajib menggunakan e-money.

Coba cek e-money yang Anda miliki saat ini. Jika e-money tersebut adalah keluaran atau produk dari Bank Mandiri maka sekarang untuk top-up atau mengisi saldo di e-money tersebut sudah bisa dilakukan di Blibli.com.

Kenapa Harus di Blibli? Berikut alasannya:

  1. Melakukan top-up e-money di Blibli itu praktis dan mudah. Karena kita tinggal masuk ke website atau aplikasinya saja. Lalu masuk di fitur e-money, lalu tinggal masukkan nomor kartu.
  2. Transaksi Aman dan Terpercaya jika melakukan top-up melalui Blibli, mengingat selama ini Blibli telah menjadi salah satu e-commerce yang sangat mementingkan keamanan transaksi para pelanggannya. Tidak hanya untuk top-up, maupun untuk berbelanja produk lainnya.
  3. Pilihan nominal yang tersedia juga banyak dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Pilihan nominal yang paling kecil adalah Rp20.000,- sedangkan nominal paling besar yang bisa dipilih untuk top-up e-money adalah Rp500.000,-

Saya sih sudah cek e money saya, bahkan sudah coba top-up saldo di Blibli. Kamu bagaimana? Coba cek e-money-mu deh. Selalu sediakan dana di e-money sehingga saat membutuhkan tak lagi kebingungan harus melakukan top-up.

3,278 total views, 4 views today

SHARE
Previous articleYuk Berinvestasi Pendanaan Mulai dari Rp100 Ribu
Next articleReview Kdrama Romance is a Bonus Book

57 COMMENTS

  1. Betul sih saat ini alat transaksi yang mendukung budaya cashless sudah banyak, tergantung mau pake yang mana. Aku sama blibli sendiri kurang begitu tau detail, baca ini setidaknya sedikit lebih tau 🙂

  2. Suka banget blanja di Blibli, cuma saya baru tahu kalau bisa isi E-money disana. Biasanya saya cuma belanja retail sama barang-barang elektronik karena packingnya aman banget nget nget.. makin mantap Blibli pokoknya.. ngikutin perkembangan jaman 👍

  3. Aku juga suka top-up emoney di ecommerce. Semoga ke depan Blibli kasih cashback kalo top up ya. Lumayan banget kalo ada cashback dan potongan harga. Buat loyalitas customer gitu loh.

    • Aku juga belum pernah Teh. Jadi pengen nyoba. Selama ini jarang buka blibli walaupun sudah terpasang aplikasinya di handphone. Kalau mulai 20 ribu bisa, jadi enak ya bisa irit jadi nggak top up gede-gede. Isiin pulsa anak-anak jadi mudah.

  4. Waaah makasih banyak infonya Mba, baru tau loh bisa top up e-money di Blibli. Selama ini saya top up nya di ind***aret, repot banget karena jauh dari rumah. Thanks banget pokonya, artikelnya informatif ^^

  5. Caranya terlihat sangat mudah ya kak, tapi sampai saat ini saya belum ada transaksi dengan Blibli jadi lebih paham dengan berbagai media transaski yang mudah dan cepat, belanjaan bisa dari angka paling bawah lagi keren Blibli

  6. Bunda kana-mana sama anak jd tinggal duduk manis atau naek taksi or gocar yg emang udah punya e-money, jd gak pernah pake sendiri. Punya 3 e-money yp anak2 ama yg disuruh pake,hehehe…

  7. waa terima kasih infonya yaa, aku belum pernah cobain belanja di blibli, kapan kapan mau cobain aah belanja disana, barangnya bagus bagus soalnya ya hehehe

  8. Bulan lalu aku juga isi ulang saldo e-money Mandiri di Blibli. Prosesnya cepat dan caranya mudah sekali. Aku baru tahu bulan lalu kalau bisa isi ulang saldo e-money melalui Blibli karena biasanya aku hanya belanja online saja di Blibli.

  9. Baru tau deh bisa isi top up di blibli…alhamdulillah jadi gampang deh sekarang. Slama ini top up nya harus ke indo***et dulu huhu repot. Makasih infonya mba

  10. Sehari-hari aku udah selalu nerapin pembayaran cashless, karena ga ribet dan banyak promo. Tapi kadang sering ribet kalo masalah top-up. Nanti mau coba deh top-up di blibli. Soalnya belum pernah nih, tapi kayaknya lebih gampang dan ga ribet.

  11. Top Up e-money jadi lebih praktis ya di Blibli. Suami yang lebih sering nih pakai e-money untuk bayar di toll, ntar kurekomendasikan deh buat coba top up di Blibli, seringnya cuma belanja online di Blibli 😀

  12. Beberapa kali transaksi di Blibli mbak, untup top up e money belum pernah tapi caranya mudah dan bisa dilakukan kapan dan dimanapun ini.

  13. Aku baru tau blibli bisa top up emoney loh. Tapi mana tutorial cara top upnya ya? 😃Kira-kira flazz bisa ngga ya? Jadi pengen coba.

    Salam kenal,
    Ogie

  14. Saya pas baca tulisan Mbak Monica, baru ngeh punya kartu e-money. Itu saya pakai buat top up bus way saja hahaha.
    Nah, kalau di Blibli saya seringnya beli tiket bulutangkis, Mbak. tapi nanti coba top up di Blibli juga.

  15. Yang terpenting dan terutama emang transaksi yang aman. Karena ku juga pemakai e-money, gak kebayang deh kalau jalur transaksinya gak aman, apa jadinya? ambyar wis. Eh, Blibli sekarang juga udah mendukung top up e-money yah.. Mantab..

  16. Bunda punya e-money 3 hasil dari ikutan lomba dpt bonus e-money, tp gak pernah dipake karena kl ke mana-mana sama anak2 dan kl naik taxi or gocar, ya, drivernya punya tuh. Bsru top up, buat ngeramein dompet aja, hehe…

  17. setelah top up nanti gak usah diupdate di mesin emoney lag ya mabak enaknya di Blibli. aku pernah tip up di sebelah itu gak lgs update soalnya isinya

  18. Setujua banget, kita harus mulai membudayakan apa itu cashless. Selain itu dengan e-money kita jadi gak ribet karena gak harus bawa-bawa uang kertas kemana-mana.

  19. Aku nasabah mandiri tapi gak pakai e-money. Aku suka belanja di Blibli tapi belum pernah coba top up e-money. Tapi ini pasti caranya mudah dipraktikkan.

  20. oh bisa toh top up e money di bli bli,, baru tau,,, kayaknya caranya lebih simple nih ,,, cashless emang udah jadi lifestyle ya kak mon

  21. Kalau top-up lewat blibli, ada tambahan point atau diskon gak..kak?
    Hihii….soalnya jadi salah satu alasan top-up selain memudahkan juga menyenangkan bonusnya, huhuu~

  22. e-money emang lagi hits ya mbak, saya juga prefer pakai dompet online biar nggak ribet deh. Top up pakai blibli ternyata praktis juga ya, cocok buat yang multitasking sekaligus langsung isi uangnya.

  23. Bener banget sekarang udah budaya cashless ya, Kak Monic, bawa e-money juga lebih praktis, kalau saya pegang e-money memang buat cadangan dompet online, dan beberapa mal di kota besar kalau bayar mesti pakai e-money

  24. Saya juga termasuk yang sering banget transaksi cashless terutama dompet online soalnya lebih mudah. Kalau pake e-money belum pernah soalnya saya tidak tinggal di kota besar. Untuk blibli, belum pernah nyoba belanja di sana juga tapi makasih infornya saya mau coba main kesana dulu.

  25. saya malah belum biasa belanja di Blibli. Mungkin tinggalnya bukan di kota besar spt mba.. apa2 masih banyak offline. tapi, karena kota saya mulai menunjukkan geliat serba Online, bisa jadi referensi nih…

  26. Nah ini ada opsi lain lagi deh untuk top up e-money, bisa dari Blibli aja. Engga perlu melipir ke ATM. Apalagi memang harus di rumah aja kaaan…

  27. Aku blom pernah nih top up di bli bli, zaman sekarang emang zamannya emoney. Emang bikin simple dan mudah sih penggunaannya. Apalagi klo ada m-banking, tinggal top up trus belanja deh hwhw

  28. Wah, baru tahu kalau di Blibi ternyata bisa top up juga toh. Aku tahunya Blibi cuma buat belanja doang. Semakin canggih aja nih, si Blibi yah

  29. Aku juga pemuja segala sesuatu yang berkaitan dengan cashless. Selain faktor keamanan, kenyamanan saat transaksi cashless itu nyuss banget. Perkara salah hitung hingga waktu transaksi yang lebih lama akibat pembayaran pakai uang manual, sudah cukup sebagai alasan utamaku pindah ke cashless.

    Menggunakan merchant blibli.com selama ini aku puas banget. Belum pernah transaksi terjeda atau mengalami bug.

  30. Wah saya taunya Top Up e-money via m-banking atau minimarket aja :’ . Lengkap berarti yah bli bli smpe top up pun e-money jg bisa. Jd asik deh simpen saldo belanja di akun blibli

  31. aku baru tau kalau di Blibli bisa top up e-money, mbak Mon. Biasanya aku top up di marketplace tetangga. Aku mau coba top up di Blibli aah, ada cashbacknya ngga sih?

  32. Era digital begini hampir semua kebutuhan bisa dibayar tanpa uang cash yah mbak alias cashless. Aku pun begitu sering menggunakan e-money tapi untuk di blibli sih belum pernah coba. Cara top up nya pun cukup mudah dan praktis yah,next akan cobain deh caranya yang ada.

  33. Bagi generasi cashless kayak saya sih emang money penting banget. Dan di blibli ternyata mudah ya buat top up. Selama ini saya kira hanya di atm aja. 😂

  34. wah, sekarang top up e money bisa semakin mudah ya, bahkan lewat blibli juga bisa. Btw, aku pakai e money itu sejak sering ‘main’ sama mbak Monica lo, hehe. Sebelumnya cashless nya palingan lewat kartu debit gitu, blass nggak punya e money haha. Thanks ya mbak Monica bikin aku jadi update, hehe.

  35. Kalau bisa top up di marketplace kayak blibli gitu jadinya gampang ya, Mbak Mon. Aku juga sering pake blibli, enak. Sayangnya kadang ke sumatera ongkirnya mahal sih, gak kayak shopee yang ngasih voucher freeong.

  36. Sama mbak, aku jug udah lama nerapin cashless. Karena selain nggak ribet bawa uang juga lebih aman, semua kebutuhan jd lebih mudah. Dan selama aku belanja di blibli, aku belom pernah sih nyobain topup emonye, next time aku coba deh.. 🙂

  37. Sama mbak, aku jug udah lama nerapin cashless. Karena selain nggak ribet bawa uang juga lebih aman, semua kebutuhan jd lebih mudah. Dan selama aku belanja di blibli, aku belom pernah sih nyobain topup emonye, next time aku coba deh.. 🙂

  38. Sama mbak, aku jug udah lama nerapin cashless. Karena selain nggak ribet bawa uang juga lebih aman, semua kebutuhan jd lebih mudah. Dan selama aku belanja di blibli, aku belom pernah sih nyobain topup emonye, next time aku coba deh.. 🙂

  39. Sama mbak, aku jug udah lama nerapin cashless. Karena selain nggak ribet bawa uang juga lebih aman, semua kebutuhan jd lebih mudah. Dan selama aku belanja di blibli, aku belom pernah sih nyobain topup emonye, next time aku coba deh.. 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here