Semakin maju zaman maka semakin berkembang pengetahuan, termasuk pengetahuan dalam perencanaan dan pengelolaan keuangan. Saya mungkin termasuk yang sedikit terlambat belajar investasi, tapi lebih baik terlambat daripada tidak memulainya sama sekali, kan? Jadi saya pun memulai investasi dan mencari tahu cara investasi pendanaan Financial Technology (Fintech) Peer to Peer (P2P) Lending Akseleran di Akseleran.

Apa itu Akseleran? Wait, sebelum kita bahas panjang lebar mengenai Akseleran, saya akan berbagi sedikit kenapa sih kita penting berinvestasi pendanaan?

Pentingnya Berinvestasi Pendanaan di Masa Kini

Beberapa tahun belakangan ramai perbincangan mengenai pentingnya memulai berinvestasi pendanaan. Semakin muda memulainya (semakin dini) katanya semakin baik. Hal ini terkait dengan nilai mata uang yang terus mengalami perubahan. Jika dulu beli semangkok bakso cukup dengan membayar Rp500,- maka saat ini harga sebesar itu hanya cukup untuk membeli permen.

Nilai mata uang terus turun, sementara kebutuhan dan nilai produk maupun jasa mengalami peningkatan. Menabung memang masih perlu dilakukan, namun dengan adanya inflasi tentu hal ini tidak terlalu menguntungkan untuk menyimpan uang dalam waktu lama.

Inflasi adalah kenaikan harga barang atau jasa selama periode waktu tertentu yang disebabkan penurunan nilai mata uang. Arti sederhananya begini ya, agar nilai mata uang tersebut tetap bisa berharga di kemudian hari, bukan menabung yang perlu dilakukan melainkan berinvestasi pendanaan.

Beberapa manfaat melakukan investasi pendanaan yang berhasil saya rangkum, antara lain:

1. Sebagai Dana Cadangan dengan Imbal Hasil yang Lebih Menguntungkan.

Berinvestasi pendanaan sebenarnya kurang lebih sama dengan menabung. Kita mesti menyisihkan sejumlah uang untuk melakukan pendanaan atau memberikan pinjaman pada campaign-campaign atau UKM-UKM (Usaha Kecil dan Menengah) yang membutuhkan dana pinjaman. Imbal hasil yang didapat adalah keuntungan atau bunga, namun dengan nilai yang lebih tinggi dari tabungan.

Bedanya, jika menabung bisa diambil sewaktu-waktu saat membutuhkan, maka uang yang dipinjamkan tidak bisa diambil sewaktu-waktu. Dana yang sudah dipinjamkan menjadi dana cadangan dalam jangka waktu tertentu.

Pengaturan jangka waktu dan jumlah dana yang hendak dipinjamkan semuanya kita yang mengatur dan menyesuaikan dengan kondisi keuangan yang ada. Kita bisa mulai investasi pendanaan dengan modal kecil yakni mulai dari Rp100.000,-.

2. Tambahan Penghasilan

Apa yang kamu lakukan setelah menerima gaji bulanan? Apakah langsung membelanjakannya untuk kebutuhan harian atau menyisihkan sebagian untuk dijadikan dana yang bisa dipinjamkan?

Banyak orang yang setelah menerima pendapatan, langsung menghabiskannya untuk memenuhi kebutuhan. Kalau ada sisa baru ditabung. Namun fakta yang juga sering terjadi, penghasilan yang didapat di awal bulan, habis di pertengahan bulan sehingga 15 hari yang tersisa terpaksa sedikit mengetatkan ikat pinggang. Ini sangat disayangkan.

Mengembangkan dana, semakin lama jangka waktunya semakin menguntungkan. Kalau kita rajin menyisihkan sebagian penghasilan untuk dilakukan investasi pendanaan secara rutin, maka tak menutup kemungkinan imbal hasil yang akan didapat bisa menjadi pemasukan tambahan dengan nilai yang lumayan. Hanya saja, tetap perlu pertimbangan dan perhitungan matang ya, mengingat menjadi pendana tetap ada yang namanya risiko.

3. Untuk Mencapai Tujuan Finansial yang Ingin Dicapai

Cara terbaik untuk mencapai tujuan finansial adalah dengan berinvestasi pendanaan secara tepat dan cermat. Kalimat ini sering saya dengan di seminar-seminar ataupun workshop mengenai perencanaan keuangan.

Dari banyak cerita yang saya dengar atau pengalaman teman-teman, kenalan, keluarga, maupun relasi yang saya lihat sendiri, investasi pendanaan bisa membantu sekali dalam pencapaian tujuan finansial.

Contohnya: Di bulan pertama, kita punya uang satu juta rupiah. Uang ini kita kembangkan dalam satu instrumen dalam jangka waktu tertentu. Di bulan kedua, kita mulai lagi menyisihkan satu juta, kemudian mengembangkannya di instrumen P2P Lending lainnya lagi. Tiap bulan kita melakukan hal yang sama hingga jangka waktu satu tahun.

Di tahun kedua, kita sudah bisa menikmati hasil dari yang ditanam. Keuntungan dari investasi pendanaan di bulan pertama tahun lalu sudah bisa dinikmati di bulan pertama di tahun ini. Di bulan kedua pun begitu, dan seterusnya.

Melakukan investasi pendanaan dengan cara yang tepat akan membuat kita bisa mempekerjakan uang dan akhirnya mendapatkan passive income. Semakin piawai kita mengelolanya, maka uang akan bekerja semakin baik, dan passive income bisa membawa kita pada kebebasan finansial. Uang akan terus datang dengan sendirinya dari hasil yang telah kita tanam sebelumnya.

Investasi Pendanaan dengan Modal Kecil: Cari Tahu Caranya di Akseleran

Manfaat dari investasi pendanaan lumayan menggiurkan ya? Saya pun berpikir begitu. Itu makanya sejak setahun lalu, saya mulai mencari-cari instrumen investasi pendanaan yang memungkinkan saya melakukan pemberian dana dengan modal kecil, yakni bisa mulai dari Rp100.000,-. Dan baru-baru ini saya pun mencari tahu cara kerjanya P2P Lending Akseleran.

Akseleran adalah platform Financial Technology (Fintech) P2P Lending di Indonesia yang menjadi penghubung antara pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang membutuhkan dana (borrower) untuk mengembangkan usaha dengan para pemilik dana (lender) yang bersedia memberikan pinjaman dana.

Akseleran ini dikelola dan dibentuk oleh para praktisi berpengalaman dalam dunia finansial dan teknologi. Visi yang diusung adalah “Mewujudkan Inklusi Keuangan Menjadi Realitas”. Dengan visi ini diharapkan Akseleran bisa ikut mendorong pertumbuhan UKM di Indonesia.

Saya baru mengenal Akseleran ini akhir tahun lalu dan baru benar-benar mempelajarinya sejak Februari 2020 kemarin. Beberapa hal yang membuat saya tertarik memulai Investasi Pendanaan di Akseleran, antara lain:

  1. Investasi pendanaan dengan modal kecil mulai dari Rp100.000,-
  2. Akseleran Berizin dan Diawasi oleh otoritas Jasa Keuangan (OJK).
  3. Akseleran sudah mendapatkan ISO 27001 full scope sehingga keamanan data pemberi pinjaman (lender) dan penerima pinjaman (borrower) terjamin.
  4. Memiliki agunan, proteksi asuransi kredit dan imbal hasil hingga mencapai 21% per tahun.
  5. Platform dan aplikasi Akseleran mudah dipelajari dan digunakan.
  6. Untuk pemula bahkan ada tim yang mau bantu mengarahkan dan bantu belajar mana campaign atau UKM yang cocok dengan profil kita.
  7. Jangka waktu bisa lebih pendek, bahkan bisa kurang dari 1 tahun.
  8. Bisa dapat penghasilan tambahan.

Cara Investasi Pendanaan dengan Modal Kecil di Akseleran

Sebelum melakukan investasi pendanaan di Akseleran maka yang perlu kita lakukan adalah melakukan pendaftaran dan pembuatan akun terlebih dahulu. Tenang, caranya gampang banget kok. Berikut caranya:

  1. Buat akun Akseleran di website www.akseleran.co.id/daftar atau Google Play
    Store (Android) atau Apple App Store (iOS).
  2. Masukkan kode referral AKSLMONICA316120 saat diminta kode referral, untuk mendapatkan free saldo senilai Rp100.000,-
  3. Lengkapi data yang diminta secara tepat dan akurat. Sebelum menekan tombol submit ada baiknya diperiksa sekali data yang telah diberikan.
  4. Tunggu proses approval data kurang lebih 1×24 jam (bisa lebih cepat jika data yang diajukan sudah sesuai dengan yang diminta).
  5. Jika ada yang kurang nanti akan ada tim Akseleran yang sabar luar biasa menghubungi kita dan membantu proses selanjutnya.

Setelah akun diverifikasi dan disetujui maka kita bisa langsung melakukan investasi pendanaan atau mengembangkan dana. Caranya sebagai berikut:

  1. Masuk saja ke dashboard akun kita.
  2. Lakukan pengisian dana untuk memulai investasi pendanaan. Pada awal saya punya saldo Rp400.000,- Dengan dana ini saya bisa mengatur mau investasi pendanaan di produk yang masuk kriteria saya. Tinggal pilih saja dan tentukan jumlah dana yang mau kamu berikan pinjaman.

pendanaan di akseleran

3. Contoh investasi pendanaan yang saya pilih adalah Pinjaman Beragunan Usaha Pengadaan Bahan Material Konstruksi No. 1644/II/20.

Pilihan investasi pendanaan

4. Sebelum memutuskan memberi pinjaman, baca dengan teliti dengan detail keterangan yang tersedia pada kampanye yang sedang berjalan, mulai dari detail kampanye, info usaha dan keuangan, histori pinjamannya, juga tenor.

pendanaan

Pada bagian ini, kita bisa pula melakukan penghitungan terlebih dahulu untuk mengetahui imbal hasil yang nanti akan didapatkan. Misalnya investasi pendanaan yang saya lakukan nilainya adalah Rp100.000,- maka saya bisa menghitung dan langsung tahu berapa nanti keuntungan yang akan saya dapatkan.

5. Jika sudah yakin memberi pinjaman, maka tinggal klik tombol “Berikan Pinjaman”. Selanjutnya akan muncul pemberitahuan untuk sekali lagi meyakinkan kita apakah akan meneruskan untuk mengambil campaign/ukm yang dipilih atau tidak.

risiko pendanaan

6. Jika pemberian pinjaman ini berhasil, halaman pemberitahuan pun akan muncul, dan selanjutnya kita juga akan menerima kontrak perjanjian, baik yang tampil di
platform maupun yang juga langsung dikirimkan ke email oleh Akseleran.

Pendanaan berhasil

pendanaan

Selain bisa menjadi pendana di Akseleran, kita bisa juga lho untuk memperoleh penghasilan tambahan kalau sudah jadi pemberi pinjaman (lender) di Akseleran, yaitu dengan sistem referral. Kalau kamu mau mencoba, bisa gunakan kode referral saya: AKSLMONICA316120.

pendanaan akseleran
Ajak Teman Dapat Duit

pendanaan

Semoga artikel ini bermanfaat bagi siapa pun yang saat ini hendak memulai melakukan investasi pendanaan atau mengembangkan dana. Yuklah lakukan sedini mungkin untuk mencapai kebebasan finansial yang diinginkan.

3,035 total views, 6 views today

SHARE
Previous articleTempat Makan Enak di Jakarta di Traveloka Eats
Next articleCek Cara Top-up e-money di Blibli

50 COMMENTS

    • Wah, Kak Nurul udah coba juga ya? Mudah memang ya. Aku pun udah nyoba euy. Main kecil-kecil aja dulu. Mayan buat ngumpulin dana cadangan di post lain

    • Selain itu penting juga mempelajari setiap instrumen investasinya ya, kak, biar benefit yang diharapkan bisa didapatkan

      • Sebagai seseorang yang jarang banget mau ambil kegiatan yang beresiko, aku sendiri terlalu takut mbak berinvestasi seperti ini. Tetapi, sedikit banyak mulai ada rasa penasaran ingin tahu perihal investasi ini. Apalagi, nominal awalnya kan juga relatif nggak besar.

  1. Wah aku baru tau mba Mon soal ini biasanya taunya invest di emas atau reksadana aja. Ini baru ya ada yang membuat model investasi dengan pendanaan gini, boleh juga ahh tar aku mau nanya – nanya lebih lanjut

    • Emas dan reksadana oke juga. Aku pun biasanya investasi di 2 instrumen itu. Sekarang mau coba Akseleran memang karena kebetulan bisa mulai dengan modal kecil dulu

  2. Ini berarti sifatnya pinjaman ya? Tadinya kupikir seperti nanam saham dan ada bagi hasil dengan mitra usaha

    • Akseleran ini kita kayak kasih modal gitu ke orang lain untuk usaha. Kalau lihat peluangnya sih lebih save ya dari saham.

    • Siap, selamat belajar, Kak. Akseleran cukup mudah dipelajari kok dan tim mereka juga siap bantu jawab semua pertanyaan kita

    • Iya, Kak, benar. Dana cadangan daripada disimpan saja di tabungan, mending diinvestasikan memang, Kak

  3. Wadah buat berinvestasi sekarang itu macam2 ya seperti P2P Akseleran ini dan modalnya pun cukup murah, saya juga tertarik dengan sistem imbal hasilnya yang bisa mencapai 21% per tahun

    • Imbal hasilnya memang menggiurkan banget. Cuma ya mesti dipelajari juga dengan baik ya, Kak, biar dana yang kita pinjamkan lebih terarah dan tepat sasaran

  4. Saya dengar fintech itu kok berasa serem, ya. Padahal ga semua fintech negatif.

    Investasi memang penting dan bermacam-macam bentuknya, ya.

    Sementara ini saya baru bisa nabung. Belum kepikiran investasi lainnya.

  5. Investasi melalui P2P Akseleran kita mengetahui ke mana saja dana yang kita simpan akan diinvestasikan ya, mba. Modalnya juga sangat terjangkau dan step by stepnya mudah banget untuk diikuti. Siip banget. Makasih infonya, mba.

  6. Waah, asiknya niih P2P Akseleran, dengan modalnya pun cukup murah, Invest pendanaan mulai 100k tapi hasilnya wow yaa.
    Detail banget pula langkah2nya, makasih infonya Mba Monik

  7. Wah bagus juga nih kayaknya. Tapi sekarang kami sedang on hold semua. Semoga wabah corona ini segera berlalu & bisa berinvestasi lagi untuk hari tua kami.

  8. Baru tau infonya mba. Hehehe. Ternyata investasi ga harus mulai dari yang besar ya, bisa dari 100 ribu rupiah aja. Makasih infonya ya mba.

  9. Dulu aku pikir kalau mau investasi itu harus punya uang jutaan ternyata sekarang ada P2p Akseleran yang bisa bantu kita berinvestasi mulai dari 100rb ya, makin semangat jadinya

  10. Investasi itu penting banget soale buat mewujudkan financial goals kita terus buat jaga-jaga juga sih aku mah kaya macam dana darurat. Btw, ini terjangkau banget ya mulai 100K aja udah bisa investasi.

  11. Iya, kak Monic.
    Saya masih boncos dimana-mana. Niat hati ingin punya rekening khususpun berakhir pada si rekening bisa diambil untuk hanya sekedar keinginan.
    Harus banget berinvestasi yang cerdas dan menguntungkan.

  12. Dari dulu paling senang investasi mbak, menarik juga untuk join Akseleran apalagi sangat terjangkau untuk semua orang baik pemilik modal maupun yang pemula ya mbak.

  13. Terkadang saya masih ragu-ragu untuk melakukan investasi. Takut ada hal-hal yang membuat rugi karena penipuan.

  14. Saya termasuk orang yang takut untuk melakukan investasi karena banyak alasan, apalagi kadang denger berita ga enak tentang kerugiannya mb, kayanya ini harus saya baca-baca dan searching di google biar pandangan saya juga punya sisi positifnya makasih mb

  15. Saya pernah nih dulu ketemu dan ngobrol sama CEO Akseleran. Mereka cukup bagus, gak seperti skema pinjaman online lain yang ditakuti nasabah. Hehehe. Bagaimana pun mereka target utamanya adalah UMKM yang memang sedang membangun usaha. Jadi jatuhnya bukan kredit konsumtif semata, seperti kebanyakan anak-anak milenial suka pinjam uang buat foya-foya dan hura-hura. Kita juga bisa jadi investor dan returnnya lumayan. Tinggal kembali ke pemahaman diri masing-masing saja, mau jadi investor atau tidak. Karena susah kalo urusannya udah disangkutpautin sama hukum agama. Hehehe

  16. Tos dulu dong mba, saya juga termasuk oramg yg telat belajar berinvestasi, padahal udah umur segini (((segini))).
    Akhir2 ini sya juga belajar dr artikel2 seputar financial spt ini. Thnks bgt mba, artikelnya jadi salah satu referensi..

  17. Wahh, makin banyak pilihan untuk ber-investasi sekarang, yaa. Nominalnya pun sangat terjangkau. Ntar mau coba main ke website-nya, ah. Kali aja ada UKM yang aku minati. 🙂

  18. udah coba beberapa investasi yang kecil2, tapi belum pernah cari tahu byk ttg p2p lending

    jadi intinya kita kasih pinjaman ke umkm ya, menarik sih ini kak mon

  19. Saya kira untuk memulai berinvestasi harus dengan modal yg besar. Ternyata hanya dengan 100 ribu sudah dapat mulai berinvestasi.

    Ternyata platform fintech ini menjadi salah satu pelopor investasi dengan pendanaan murah di Indonesia

  20. Sekarang media untuk mencapai financial freedom makin banyak dan beragam. Tinggal kita pilah nih mana yg terbaik dan sesuai dengan kebutuhan dan tujuan kita. Rasanya cukup menarik kalau bisa invest mulai dr 100rb rupiah aja

  21. Saya mulai berpikir untuk berinvestasi juga Mbak, tapi masih bingung tentang berapa persen baiknya dari penghasilan bulanan yang dijadikan tabungan dan investasi gitu.

  22. Bagus juga nih Akseleran ya…selain kita bisa mengajukan pinjaman online, juga bisa berinvestasi. Hmm murah pula ya bs mulai invest dari nominal 100k. Tfs Mbak Monica

  23. Wah sepertinya patut dicoba nih. Apalagi akseleran kan udah dibawah naungan OJK kan yaa jadi aman donk…
    Mana bisa berpartisipasi jadi pendana dari 100.000 pula kan .. mantap

  24. Saya suka dengan fitur history peminjam, sehingga lender lebih mudah dalam memberikan penilaian risiko yang harus di tanggung. Interfacenya simpel namun cukup jelas. Jadwal pembayaran dicantumkan di awal penggalangan dana juga bagus sekali.

  25. setelah membaca artikel ini jadi pingin juga untuk berinvestasi, itung-itung bisa buat simpanan dana. makasih artikelnya mbak monica… sangat menginspirasi… 🙂

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here