Event

Cinta Produk Indonesia di Perayaan Ulang Tahun Aston Marina Ancol

Kalau dapat undangan hadir di acara ulang tahun, gimana perasaanmu? Tentu senang, kan? Sama. Saya juga senang banget saat mendapat kesempatan menghadiri perayaan ulang tahun Aston Marina Ancol yang ke-9. Sebenarnya, tanggal ulang tahun Aston Marina Ancol ini jatuh pada 30 Oktober 2017, namun perayaannya baru diadakan 10-12 November 2017 di area lobby hotel.

Tanggal 10 November 2017 menjadi tanggal yang luar biasa bagi saya. Pertama, hari ini adalah hari ulang tahun belahan jiwa saya. Kedua, saya baru saja mengikuti pelatihan jurnalistik di Bekasi mulai tanggal 9 November dan berakhir sekitar pukul 11 siang pada tanggal 10 November. Waktu memikirkan perjalanan panjang naik motor dari Bekasi ke Jakarta, saya hampir saja memutuskan mundur. Kebayang kan naik motor dari Bekasi di siang bolong dalam kondisi jalan macet luar biasa. Apalagi ditambah ada demontrasi massa di beberapa titik jalan yang menyebabkan motor stuck, sama sekali susah bergerak. Meski begitu, akhirnya saya tetap meluncur ke Aston Marina Ancol dan tiba di sana kurang lebih pukul 3 sore.

Ngopi Cantik di Cium-cium Kafe

Sewaktu tiba di Aston Marina Ancol dan berjalan menuju lobby depan dari parkiran motor, saya melihat banyak stand-stand di pelataran belakang, dekat parkiran mobil. Karena penasaran, saya menuju ke sana dan melihat-lihat. Stand-stand tersebut menjual produk-produk unggulan khas Indonesia. Ada berbagai jenis makanan, snack, kerajinan tangan, busana muslim, kain batik, kosmetik, produk perawatan tubuh, dan sebagainya.

Bazaar Produk Lokal di Perayaan Ulang Tahun Aston Marina Ancol

Setelah tanya-tanya, stand-stand tersebut diselenggarakan selama tiga hari penuh sebagai bagian dari perayaan ulang tahun Aston Marina Ancol yang mengangkat tema " I Love Local Product". Aston Marina sengaja mengundang beberapa usaha kecil menengah asuhan Inacraft, kawula muda, juga usaha sampingan yang dijalankan karyawan hotel, untuk bersama-sama meramaikan kemeriahan ulang tahun ke-9 Aston Marina. Ngomong-ngomong, saya sempat membeli beberapa produk perawatan kulit di bazaar tersebut dengan harga murah banget.

Dari lokasi bazaar, saya menuju ke Cium-cium Cafe yang berada di salah satu sudut lobi hotel sambil menunggu acara dimulai. Kafe ini bernuansa nyaman dengan tatanan kursi dan meja yang artistik. Kapasitas tempat duduknya kurang lebih 80 kursi disertai alunan musik yang menambah kenyamanan acara ngopi di sana. Ya, saya memesan segelas es cappucino untuk melepas dahaga setelah kepanasan selama 3 jam perjalanan tadi.

Cium-cium Cafe Aston Marina Ancol

Perayaan Ulang Tahun yang Berbeda

Kurang lebih pukul 5 sore, acara pun dimulai. Acara dibuka dengan games dan bagi-bagi voucher menginap gratis di Aston Marina oleh Paundra Hanutama, selaku Marketing Communications Manager Aston Marina Ancol. Ia didampingi seorang perempuan cantik yang saya lupa namanya ketika memandu permainan berhadiah voucher ini.

"Kami berharap ke depannya Hotel Aston Marina Ancol memiliki kesamaan dengan angka 9 yang memiliki arti sukses."

- Paundra Hanutama, Marketing Communications Manager Aston Marina Ancol -

Saya kemudian berkeliling di sekitar lobi sambil tetap mengikuti kemeriahan kuis dan bagi-bagi voucher yang dibawakan Pak Paundra. Di belakang panggung, ada sekelompok ibu-ibu yang memegang canting dan sibuk membatik. Tangan-tangan mereka bergerak lincah di atas kain, membuat ulir-ulir yang indah. Dulu waktu masih tinggal di asrama di Malang, saya pernah belajar membatik dan kegiatan ini bukan kegiatan yang mudah. Butuh kehati-hatian dan ketelitian. Jika tidak bisa kena tumpahan lilin dan itu berbahaya sekali. Salah satu teman saya di asrama pernah mengalaminya dan bekas luka ketumpahan lilin itu masih ada hingga saat ini. Selain kelompok ibu-ibu yang membatik tadi, ada juga stand Puspita Martha, deretan rak yang memajang batik, juga ada stand penjualan tiket untuk yang mau bermain trampolin.

Tak lama kemudian, dua pembaca acara bernama Shila dan Adit naik ke panggung. Mereka menyapa pengunjung. Lalu peragaan busana batik dari model-model Puspita Martha. Batik yang diperagakan oleh para model itu adalah Batik Gobang Jakarta karya Ethys Mayoshi. Pecinta batik wajib punya batik Gobang ini karena motifnya bikin pakaian jadi tampak mewah dan elegan.

Selesai peragaan busana, acara dilanjutkan dengan opening ceremony yang dibawakan oleh Pak Achmad Noer Ardan, selaku General Manager Aston Marina Ancol. Beliau juga meminta beberapa tamu undangan untuk menemani beliau memotong tumpeng, termasuk lurah dan camat setempat. Para undangan yang memenuhi lobi hotel juga sempat diajak menyanyikan lagu Happy Birthday bersama-sama.

Acara terakhir dan sebagai penutup malam itu adalah makan malam bersama di Cium-Cium Cafe. Beragam menu tersaji dan bisa dinikmati secara prasmanan. Undangan pun berbaris rapi menunggu giliran. Tadinya saya sempat berharap acara makan malam ini di Cumi-cumi Cafe loh karena di sana tempatnya keren banget dan menu makanannya enak. Saya pernah satu kali makan di Cumi-cumi Cafe dan sampai sekarang masih terbayang betapa lezatnya makanan di sana.

Sekilas Informasi Mengenai Aston Marina Ancol

Aston Marina Ancol merupakan salah satu hotel yang berada di bawah naungan Archipelago Internasional, yang beroperasi sejak tahun 2008. Desain yang diusung dalam bangunan hotel ini minimali modern dan banyak menggunakan ornamen kayu untuk menimbulkan kesan hangat bagi siapa pun yang berada di dalamnya. Ada 356 kamar di hotel Aston Marina Ancol ini, yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Fasilitas yang tersedia sudah pasti akan memanjakan kita yang memutuskan menghabiskan waktu bersantai di hotel ini. Lokasinya yang berada di pusat kota mudah dicapai, apalagi hanya butuh 25 menit perjalanan untuk menuju dan dari Bandara Soekarno Hatta.

Tak terasa malam semakin larut. Meski sedikit enggan meninggalkan keseruan perayaan ulang tahun Aston Marina Ancol, akhirnya saya tetap harus pamitan pulang sekitar pukul setengah 10 malam karena pukul 1 nanti saya harus meluncur ke Bandara Soekarno-Hatta untuk menuju ke Surabaya. Sukses selalu ya, Aston Marina Ancol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *