Tips & Trick

#AdaYangBaru Jadi Alasan Kenapa Kamu Wajib Buka Detikcom

Selalu saja #AdaYangBaru di dunia internet dan menarik perhatian kita. Kemajuan teknologi informasi dan internet beberapa tahun belakangan demikian pesat sehingga arus informasi begitu deras dan mudah didapatkan. Berbagai informasi dengan gampangnya beredar di internet, bahkan beberapa detik setelah suatu peristiwa berlangsung. Untuk itu, dibutuhkan kebijaksanaan dari pengguna untuk menelaah kualitas informasi tersebut, apakah informasi yang didapat memberi pengaruh positif ataukah negatif.

Sumber: APJII

Tak bisa dipungkiri, beberapa tahun ini pula serangan informasi maupun berita hoax bertebaran di internet, terutama di media sosial, dan seringkali informasi tersebut dibagikan ratusan hingga jutaan kali. Sama seperti konten positif yang mudah sekali menyebar dan mempengaruhi pembacanya, konten negatif pun memiliki efek yang sama. Itulah sebabnya, pemerintah dan masyarakat perlu bahu membahu untuk menangkal penyebaran informasi dan berita hoax tadi.

Program Internet Sehat dan Bijak Bermedia Sosial

Banyaknya dampak buruk akibat peredaran informasi dan berita hoax membuat pemerintah, melalui Kementerian Komunikasi dan Informatikan Republik Indonesia, mensosialisasikan gerakan internet sehat dan bijak bermedia sosial. Selain itu, disosialisasikan pula mengenai literasi digital.

Literasi digital adalah suatu kemampuan yang berguna dalam proses mengakses, menganalisis, melakukan evaluasi, dan menciptakan pesan dalam beragam bentuk, termasuk dalam bentuk postingan, status, dan konten di media sosial. Setiap informasi maupun berita yang diterima sebaiknya dievaluasi, dikomunikasikan, dan dianalisis dulu kebenarannya, tidak ditelan mentah-mentah begitu saja.

Gerakan internet sehat melalui literasi digital tadi bertujuan untuk memberikan pengetahuan bagi masyarakat yang sebagian besar menggunakan internet untuk menyaring terlebih dahulu setiap informasi maupun berita yang diterima, tidak mudah terhasut dan terprovokasi, serta ikut berpartisipasi menolak informasi hoax dan hanya menyebarkan konten positif saja.

Baca Berita dari Media Terpercaya

Saya merupakan salah satu pengguna internet aktif yang membutuhkan sangat banyak informasi bagi tulisan-tulisan saya. Ada banyak data dan fakta pendukung yang seringkali saya butuhkan demi membuat tulisan lebih 'berisi' dan bisa menyebarkan manfaat positif bagi sesama. Sayangnya, ketika mengetikkan kata kunci untuk data atau fakta tertentu yang dibutuhkan, saya seringkali 'terjebak' pada konten yang 'menyesatkan'. Bisa dibayangkan kan, apa jadinya jika data dan fakta yang kebenarannya tak bisa dibuktikan itu saya masukkan di buku, kemudian dibaca dan mempengaruhi lebih banyak orang? Atau contoh lain, saya membaca berita mengenai bentuk bumi itu datar. Lalu saya menuliskannya di buku saya. Lalu ketika buku itu terbit, ada anak sekolah yang membaca dan langsung mempercayainya sehingga ketika ujian ia menuliskan jawaban kalau bentuk bumi itu datar alih-alih menulis bumi berbentuk bulat seperti yang selama ini kita pelajari dari berbagai buku Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sumber: detik.com

Demi mendapatkan berbagai berita dan informasi terpercaya, saya berusaha selektif dan hanya membaca dari media atau website terpercaya, salah satunya adalah dari detik.com. Di laman ini, berita terkini dan sedang viral bisa mudah didapatkan. Bagi yang senang politik, bisa langsung menuju kanal yang mengulas berbagai berita dan informasi politik dalam dan luar negeri. Bagi yang membutuhkan informasi bidang kesehatan, tinggal meluncur ke detikHealth. Atau khusus pecinta otomotif bisa mendapatkan berita terkini di detikOto. Cuma itu saja? Ya nggak lah. Ada banyak lagi subtema yang tersedia di laman detik: detikNews, detikFinance, detikHot, detiki-Net, detik Sport, detikFood, sepakbola, Haibunda, dan sebagainya. Tinggal pilih saja di bagian header mana tema yang kita ingin baca.

Alasan lain kenapa saya senang membaca berita di detik? #AdaYangBaru di laman tersebut dan telah tersedianya aplikasi yang bisa diakses di smartphone. Jadi untuk saya yang lebih banyak memegang smartphone dibandingkan laptop, informasi dan berita apa pun yang saya butuhkan telah ada dalam genggaman saya.

#AdaYangBaru Dalam Aplikasi Detikcom

Bulan November 2017 ini Detikcom melakukan inovasi dengan mengangkat tema #AdaYangBaru. Ya, memang sih benar-benar ada yang baru di aplikasi detikcom yang terinstal di smartphone saya. Pada versi 5.0.0 tampilan laman detik di aplikasinya tersebut berubah. Apa saja yang baru di aplikasi detikcom?

1. Tampilan AntarMuka

Tampilan antarmuka pada aplikasi detikcom mengalami perubahan yang cukup signifikan dibandingkan dengan tampilan sebelumnya. Tampilan terbarunya sekarang lebih bersih, tampil kekinian, dan layout yang lebih rapi. Tentu saja tampilan seperti ini memudahkan dan membuat nyaman pengguna saat membaca.

2. Tampilan Kategori

Kategori informasi ataupun berita di detikcom memang cukup banyak. Beberapa kategori telah saya sebutkan di pembahasan sebelumnya. Dengan adanya tampilan kategori yang tersedia di aplikasi #AdaYangBaru di detikcom ini, kita bisa langsung menuju kategori yang kita butuhkan sehingga waktu yang dibutuhkan untuk mencari informasi lebih singkat.

3. Mode Malam

Banyak di antara kita yang cukup mobile setiap hari, pergi pagi dan pulang malam. Ketika malam hari, biasanya penerangan juga tak sebaik saat kita berada dalam kondisi siang. Otomatis ketika membaca berita di internet menggunakan smartphone, kegiatan membaca ini jadi melelahkan mata. Tim detikcom mengetahui hal ini. Itu sebabnya mereka berinovasi dan menjawab kebutuhan para pengguna yang tetap butuh baca berita di malam hari dengan menyediakan fitur 'mode malam'. Kita bisa masuk ke bagian pengaturan untuk mengaktifkan fitur ini dan kegiatan membaca di malam hari akan sama menyenangkannya dengan kegiatan membaca di siang hari.

4. Kategori Video 20 detik

Bagi penggemar video, maksud saya yang suka nonton video, tim detik juga tak melupakan kalian lho. Ada kategori khusus video 20 detik yang bisa diakses langsung hanya dengan mengklik pada kategori yang dimaksud. Di kategori ini kita tinggal cari video mana saja yang ingin ditonton. Asyik banget, kan?

5. Fokus, Berita Utama, dan Berita Paling Banyak Dikomentari

Untuk berita atau informasi khusus yang membutuhkan peliputan dan ulasan lebih mendalam, tim detik menyediakan fitur 'Fokus'. Di sini, berita khusus yang telah ditentukan dan sedang banyak dibicarakan netizen akan diulas habis-habisan dan detail. Selain itu, kita bisa pula memilih berita utama atau berita yang paling banyak dikomentari netizen sebagai bacaan kita.

6. Indonesia Happy

Pada kategori Indonesia Happy khusus mengulas mengenai berita-berita dari berbagai daerah di Indonesia yang membuat bangga dan bahagia, seperti keberhasilan pembangunan, dan sebagainya. Kategori ini kemarin sudah tersedia pada versi 5.0.0. Namun ketika saya melakukan update aplikasi lagi, kategori ini untuk sementara digantikan dengan ulasan mengenai berita yang sedang sangat viral di Indonesia. Contoh berita terbaru yang masuk dalam kategori ini adalah berita dengan tagar #NovantoDitahan.

7. Hai Bunda

Nah, ini nih yang tak ketinggalan dan sangat perlu saya cantumkan pada tulisan saya kali ini. Dulu untuk mengakses laman Hai Bunda, saya harus mengetikkan alamat url-nya terpisah dari detikcom. Ini cukup merepotkan. Padahal di Hai Bunda, ada banyak sekali pengetahuan mengenai parenting, kewanitaan, dan relationship dengan pasangan. Untungnya sekarang di aplikasi #AdaYangBaru di detikcom ini, tersedia Hai Bunda di bagian kategori sehingga saya tinggal klik kategori tersebut dan langsung bisa cari informasi maupun berita yang saya butuhkan.

8. Ukuran Aplikasi yang minimalis dan tak memakan space di smartphone

Ukuran aplikasi detikcom yang baru ini sama sekali tak menghabiskan banyak tempat di penyimpanan smartphone kita. Ukurannya yang tak terlalu besar dan tampilan yang bersih serta minimalis membuat laman ini cepat terbuka dan perpindahan antar satu kategori dengan kategori lain juga lumayan cepat. Tak ada lagi ceritanya kita nunggu laman yang loading-nya lama.

Kontes Video Instagram #AdaYangBaru

Buat video berdasarkan pengalaman mengeksplorasi dan menemukan fitur-fitur terbaru di Apps detikcom dan posting video tersebut di instagram. Gunakan caption yang menarik dan sertakan pula tagar #AdaYangBaru. Periode kontes video ini berlangsung mulai 13 November 2017 - 30 November 2017.

Hadiahnya: Voucher belanja Rp 10.000.000 untuk 10 pemenang.

Sekarang kamu udah tahu kan kalau #AdaYangBaru di detikcom itu akan memudahkan kegiatan kita mengakses informasi dan berbagai berita. Bagi yang belum punya aplikasinya, langsung aja unduh di playstore ya. Kalau udah punya, segera update agar bisa menikmati tampilan baru yang lebih segar, bersih, dan lebih cepat aksesnya. Jangan lupa, ikutan juga kontes video pengalaman serumu menemukan berbagai fitur baru di Apps detikcom ya.

5 thoughts on “#AdaYangBaru Jadi Alasan Kenapa Kamu Wajib Buka Detikcom

    1. Iya, yang di web banyak iklan, Koh. Klo yang di-apps masih bersih sih. Dulu suka juga baca di web, tapi akhir-akhir ini enakan baca berita lewat aplikasi klo saya karena saya jadi bisa baca berita di mana aja dan kapan aja… hehehe

  1. Paling susah itu nyerewetin WAG ibu2 kompleks rumah yg suka share link2 hoax dr blog gratisan nggak jelas. Coba mereka kasih link detikcom kan lebih terpercaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *