Event

Pesta Pecinta Otomotif Weekend on Wheels 2017 Surabaya

Weekend on Wheels 2017 - Surabaya bagai rumah kedua saya. Sebelum pindah ke Jakarta, saya sempat tinggal dan bekerja di kota ini kurang lebih 5 tahun lamanya. Selain terkenal dengan wisata kulinernya, kota ini juga terkenal dengan banyaknya pecinta otomotif. Tak heran di jalanan kota ini sering ditemukan mobil ataupun motor dengan tampilan ciamik karena telah dimodifikasi pemiliknya.

Kebetulan tanggal 11 November 2017 kemarin saya ke Surabaya dan dapat kabar kalau akan diselenggarakan Weekend on Wheels, pameran otomotif, di parkir timur Delta Plasa, Surabaya. Saya tentu saja tak ingin membuang kesempatan untuk hadir di acara tersebut. Dan kebetulan, Mitra Branding-Indoblognet memberi saya kesempatan untuk hadir dan meliput acara ini. Wah, bagai pucuk dicinta ulam pun tiba. Berasa cinta saya disambut sepenuh hati oleh sang pujaan hati... hahaha.

Weekend on Wheels 2017 Surabaya

Weekend on Wheels 2017 (WOW 2017)

Weekend on Wheels adalah event perdana yang diselenggarakan Samudra Dyan Praga. Event yang berlangsung selama dua hari, 11-12 November 2017, diikuti 250 komunitas otomotif mobil dan motor yang berlomba menampilkan hasil modifikasi kendaraan mereka. Tak tanggung-tanggung, event ini disponsori beberapa perusahaan ternama, seperti Pertamina, Migo, Kratingdaeng, XL, dan sejumlah sponsor lainnya. Bahkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Surabaya ikut berpartisipasi dalam acara ini dengan membuka stand sparepart mobil homemade.

Selain Disperindag, ada kurang lebih 200 stand yang mengisi area seluas 100 meter x 36 meter, antara lain, stand XL, Kratingdaeng, stand dari masing-masing komunitas mobil dan motor, berbagai stand makanan yang menyediakan beragam menu, foodtruck, dan masih banyak lagi. Sementara yang tak kalah menarik perhatian pengunjung adalah adanya berbagai mobil yang telah dimodifikasi dengan tampilan yang unik memenuhi beberapa stand. Di salah satu stand, Komunitas Motor Black Motor Community (BMC) juga menyediakan berbagai sparepart untuk memodifikasi mobil.

"Bisnis otomotif di Indonesia memang fluktuatif seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Namun di sisi lain, memunculkan gairah bisnis baru yang tak bisa dipandang sebelah mata, apalagi dengan bermunculannya komunitas pecinta otomotif, baik mobil maupun sepeda motor, yang pergerakannya terus mengalami peningkatan setiap tahun. Dari segi ide saja misalnya, kemampuan para builder yang notabene banyak digandrungi kalangan muda semakin mengagumkan. Kreativitas inilah yang membentuk ceruk pasar modifikasi mobil dan motor semakin diperhitungkan. Dan terbukti, baru pertama kali digelar, Weekend on Wheels 2017 ini berhasil merebut ratusan komunitas otomotif dan sejumlah industri terkait."

- Hariman T. Zagloel, CEO Samudra Dyan Praga -

Pengunjung yang datang ke event ini tidak hanya melihat pameran mobil atau motor saja, melainkan dapat pula menikmati berbagai hiburan yang telah disiapkan penyelenggara. Ada kontes expression day by weekend on wheels, ada parade band indie, lomba antar stand, Pertamina Talkshow, sexy dancer, dan pada malam tanggal 11 November 2017 ditutup dengan penampilan D'Masiv. Lalu di tanggal 12 November 2017 ada city touring, motor contest, mural mobil, parade band indie, fun games yang bisa diikuti semua pengunjung untuk mendapatkan merchandise menarik atau voucher gratis, parade drone, free style extreme (akrobat naik motor yang bikin jantungan saking extreme-nya gerakan aktobatnya), ladies wash, dan dj perform.

Migo Startup Baru yang Unik

Ketika datang ke acara ini, ada salah satu stand yang langsung menarik minat saya. Warna kuning cerah pada stand itu mungkin yang awalnya membuat saya penasaran hingga mendekat dan akhirnya jadi tambah penasaran waktu melihat deretan motor, tetapi ada pedal sepeda di kedua sisi motor. Saya pun menghampiri salah satu petugas yang berjaga di stand itu. Ternyata, stand itu milik Migo, salah satu sponsor acara Weekend on Wheels 2017 ini.

Sepeda Migo begitulah menyebut kendaraan yang saya kira motor tadi. Memang bentuknya sekilas mirip sepeda, namun ternyata menggunakan daya baterai (listrik). Sementara kedua pedal yang ada di sisi kiri dan kanannya memang berfungsi sebagai pengayuh layaknya sepeda jika daya listrik pada baterai habis sebelum kita tiba di station berikutnya. Jadi, jika kita menyewa sepeda Migo di station A dengan tujuan ke Tunjungan Plasa (misalnya) maka kita bisa mengembalikan sepeda Migo di station yang ada di dekat Tunjungan Plasa.

Sepeda Migo ini merupakan kendaraan ramah lingkungan yang sengaja diluncurkan untuk mengurangi polusi udara dan menjadi solusi untuk mengantisipasi kemacetan lalu lintas. Startup ini berdiri pada Juli 2017 dengan bermodal 1000 unit yang disebar di 100 titik station. Untuk dapat menyewa sepeda ini, kita perlu mengunduh aplikasinya di smartphone dan nanti pembayaran sewanya dengan menggunakan e-money. Untuk pengisian pulsa sebesar 100ribu, kita akan mendapatkan saldo sebesar 200 ribu. Dan selama bulan November 2017, kita bisa mennggunakan sepeda listrik ini secara cuma-cuma.

Setelah mendapatkan keterangan lengkap mengenai startup baru yang keren ini, saya ditawari untuk mencoba naik sepeda Migo. Tanpa pikir panjang, saya pun mencobanya. Ternyata asyik juga naik Migo. Membayangkan bisa keliling kota Surabaya naik Migo pasti menyenangkan. Pemikiran ini membuat saya langsung mengunduh aplikasinya, dan karena masih masa pameran, saya dihadiahi saldo sebesar 50 ribu rupiah. Asyik banget, kan.

Ngomong-ngomong, kalau kita punya halaman terbuka seluas 2 meter x 4 meter persegi, kita bisa menjadi mitra Pertamina untuk menjalankan bisnis persewaan sepeda Migo lho. Modal lainnya yang perlu kita siapkan cukup punya smartphone saja. Pertamina mengatakan kalau keuntungan yang bisa didapatkan dari usaha persewaan ini kurang lebih 2 juta rupiah, belum termasuk bonus-bonus lainnya. Tertarik jadi substation dari sepeda Migo?

Pertamina dan Produk Unggulannya di Weekend on Wheels 2017

Stand selanjutnya yang saya kunjungi adalah stand Pertamina karena ukuran stannya yang besar dengan berbagai produk yang terpajang rapi di dalamnya. Sewaktu saya memasuki stand, salah seorang petugas yang jaga di stand itu memberitahu saya kalau ada merchandise keren yang bisa saya dapatkan. Caranya: cukup selfie di area WOW 2017 dan stand Pertamina, kemudian mengunggah foto selfie tadi ke akun instagram saya dengan menyertakan mention @pertamina dan @pertaminamor5.

Beberapa produk unggulan yang dipajang di stan ini antara lain Pertamax Series, Pelumas Faston, dan Enduro. Selain itu, ada pula produk unggulan Pertamina lainnya yaitu Pertamax Turbo. Khusus untuk Pertamax Turbo, Pertamina pernah bekerja sama dengan Lamborghini menyelenggarakan suatu event di Italia. Semua mobil yang berpartisipasi dalam event tersebut menggunakan Pertamax Turbo. Keren banget ya ada produk Indonesia yang telah digunakan di Italia sana.

Di event Weekend on Wheels 2017 ini pula saya mendapatkan kabar mengenai telah dibukanya SPBU COCO, yaitu SPBU Pasti Prima. PT. Pertamina (Persero) terus melakukan inovasi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Di SPBU Pasti Prima ini tersedia pengalaman baru berupa pelayanan non-fuel retail, pelayanan energi terpadu, dan layanan digital untuk kenyamanan konsumen.

"Inilah bukti Pertamina terus melakukan inovasi. Pada 2007 lalu, Pertamina telah sukses meluncurkan SPBU Pasti Pas. Saat ini telah terjadi perubahan besar dalam bidang teknologi yang membuat pelanggan membutuhkan layanan teknologi digital. Itu sebabnya Pertamina pun mengembangkan SPBU Pasti Prima. Untuk saat ini, baru ada 6 SPBU COCO di Jakarta, yaitu di Lenteng Agung, MT. Haryono, Kuningan, Bumi Serpong Damai, Abdul Muis, Fatmawati, dan di Hang Lekir."

- Ahmad Bambang, Direktur Pemasaran Pertamina -

Saya dan Mbak Mira di Weekend on Wheels 2017 Surabaya

Masih banyak keseruan lain di Weekend on Wheels 2017 di Surabaya ini. Semakin sore, pengunjung semakin memenuhi area parkir timur Delta Plasa, Surabaya. Keseruan pun semakin terasa saat Pertamina bagi-bagi voucher gratis BBM kepada pengunjung. Ih, rugi banget yang tak datang ke acara ini. Makanya lain kali kalau Pertamina bikin acara lagi, kamu harus datang ya. Lumayan lho voucher BBM-nya buat isi bensin dan bisa ngapel ke rumah gebetan tanpa perlu pake acara dorong motor atau mobil yang kehabisan bensin... hahaha.

1 thought on “Pesta Pecinta Otomotif Weekend on Wheels 2017 Surabaya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *