Mengenal Ciri-ciri Artikel

Artikel adalah karangan berisi berbagai informasi berdasarkan fakta dan data. Dalam pembuatan artikel, penulis artikel punya maksud dan tujuan yang mau dicapai. Nah, untuk membedakan artikel, kita perlu mengenali ciri-ciri artikel. Cari tahu yuk bagaimana ciri-ciri sebuah artikel dalam penjelasan di bawah ini.

Ciri-ciri Artikel

Tulisan Harus Berdasarkan Fakta

Ciri-ciri artikel yang pertama, tulisan di dalam artikel harus berdasarkan fakta. Artinya memang ada kejadian nyata, hasil penelitian dan data. Apa yang tertulis di dalam artikel bukan rekaan, mitos atau cerita fiksi. Dengan kata lain, isi artikel harus bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Penulisan Artikel Harus Sistematis dan Mudah Dimengerti

Penulisan artikel harus sistematis dan terstruktur, mulai dari pembukaan, isi, dan penutup. Tulisan yang sistematis sudah tentu akan memudahkan pembaca memahami isi tulisan. Tujuan penulisan pun bisa tersampaikan dengan baik kepada masyarakat luas.

Memiliki Sifat Informatif dan Faktual

Artikel yang kita buat, apa pun tujuannya, harus bersifat informatif dan faktual. Artinya, isi artikel mengandung informasi yang valid berdasarkan kenyataan dan bisa kita buktikan kebenarannya.

Untuk bisa menuliskan artikel yang bersifat informatif dan faktual, penulis tentu saja harus melakukan riset yang mendalam dan mencari sumber referensi terpercaya.

Berdasarkan Opini yang Obyektif dan Data Pendukung

Saat menulis artikel, penulis bisa menuliskan informasi secara obyektif dan harus ada data pendukung. Misalnya, menuliskan hasil penelitian mengenai penyakit tertentu, maka perlu ada data riset atau referensi terpercaya mengenai penyakit tersebut.

Jika isi artikel mengenai suatu peristiwa yang memang benar terjadi, perlu ada data valid, tidak menyudutkan pihak tertentu, dan tidak boleh disisipi dengan imajinasi atau pendapat pribadi yang belum tentu benar.

Ciri-ciri Artikel Menggunakan Gaya Bahasa yang Lugas dan Efektif

Ciri-ciri artikel yang terakhir, gaya bahasa yang kita gunakan dalam menulis artikel harus lugas, padat, berisi, dan menggunakan kalimat efektif. Hindari penjelasan berbelit-belit yang hanya membuat pembaca bingung.

Nah, setelah mengetahui ciri ciri artikel, tentu kamu akan lebih mudah mengenali jenis artikel yang mau kamu tulis. Selain ciri-ciri artikel, pelajari juga mengenai Struktur Artikel yang Benar ini, yuk.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

30 pemikiran pada “Mengenal Ciri-ciri Artikel”

  1. Perlu banyak belajar lagi dalam menulis artikel. Bahkan termasuk urusan memahami ciri-ciri artikel. Berarti kalo enggak ada salah satu dari ciri-ciri tersebut, bukan disebut artikel ya Mba. Disebutnya apa dong, hehehe…

    Terima kasih atas ilmunya yang sangat bermanfaat ini. Sebagai blogger perlu banget asupan artikel keren kayak gini nih…

    Balas
  2. Masih perlu banyak belajar apalagi untuk penggunaan kata-kata efektif dan mudah dimengerti. Harus banyak2 baca artikel media online, apalagi kalau jadi kontributor, biar tau jenis artikel yg publish di web tersebut

    Balas
  3. Paling penting selain riset dalam menulis artikel adalah menyajikan fakta ya, Kak. Jangan sampai kita menganggap itu fakta, eh ternyata hoax. Duh, jadinya fakta ga bener ya, Kak.

    Lagi-lagi, say a sangat terbantu dengan adanya tulisan ini

    Balas
  4. Kalau nulis nonfiksi seperti artikel, kudu lugas dan tidak bertele-tele ya, Kak. Kudu riset juga biar isi artikelnya valid dan terpercaya.

    Menurut Kak Monica, artikel yang bagus itu panjangnya berapa kata? Soalnya pernah baca artikel yg isinya di atas 1.000 kata malah pusing sendiri.

    Balas
  5. Harus banyak belajar lagi soal menulis artikel. Dari kelima ciri itu mungkin kalau menulis artikel di blog saya sudah memenuhi hanya saja belum sempurna. Misalnya ciri nomor 5 itu, kadang bahasa yang saya gunakan kurang lugas, alias kurang singkat, efektif, jelas dan padat, masih suka bertele-tele. Ini peer saya yang harus saya perbaiki niy Kak Mon

    Balas
    • Jadi inget pelajaran bahasa Indonesia waktu sekolah dulu. Menulis berdasarkan fakta dan cara penulisan juga harus yang tegas,supaya pembaca nggak bingung juga maksud dari artikel itu.
      Aku sendiri juga masih banyak belajar untuk menulis artikel yang baik, mungkin pas nulis featured yang biasanya agak serius

      Balas
    • Susah banget bikin artikel yang baik dan benar, dalam arti memiliki struktur yang jelas dan mudah dipahami.
      Selama ini bikin artikel suka-suka hati, macam gaya anak sastra dan curhat

      Balas
  6. Perlu belajar lebih banyak lagi untuk nulis artikel
    Terutama dalam pemilihan kata agar jadi kalimat efektif
    Jujur aku tuh kadang ngerasa nulisnya kepanjangan
    Maksud hati agak puitis, tapi jadinya malah bertele-tele huhu

    Balas
  7. Penulisan artikel kaya laporan atau rilis berita ya mba, harus faktual dan objektif, ga bisa sekadar opini aja

    Balas
  8. Makasih kak informasinya, masih harus banyak belajar buat artikel yang baik ini, masih suka berbelit-belit kalau nulis. Seperti kalau ngomong langsung pun saya suka berbelit-belit bikin bingung orang hehe

    Balas
  9. Harus belajar memahami ciri-ciri artikel ya kak, supaya artikel yabg kita tulis bisa dipahami oleh pembaca. Kadang kita ingin menuangkan informasi yang kita dapatkan dalam bentuk tulisan. Namun tidak mudah membuat tulisan itu bisa enak dibaca. Perlu berulangkali belajar menulis artikel dengan kalimat lugas dan jelas.

    Balas
  10. Waduh ternyata saya belum memahami banyak tentang artikel, baca tulisan mba monica jadi makin tercerahkan dan paham. Makasih mba ilmunyaaa

    Balas
  11. Aku nulis artikel sederhana aja berdasarkan pengalaman sehari-hari. Kalau pakai riset, berat banget itu xixixi. Nulis di blog juga pakai bahasa sehari-hari supaya lebih mudah dipahami.

    Balas
  12. Hwaaa PR banget buatku mengenai cara menyajikan data di dalam artikel agar tetep menarik. Bagian itu rasanya perlu dapat perhatian lebih. Btw, kalau kita rutin menerapkan ciri di atas setiap menulis, secara tidak langsung ternyata bisa membentuk pola pikir kita. Pengalaman pribadiku nih ka, cara berpikirku menjadi lebih sistematis sejak aktif menulis.

    Balas
  13. Biar makin terlatih dalam menulis artikel entah itu akan dipublish di blog ataupun di medsos (misalnya) sebisa mungkin menggunakan kalimat efektif ya. Biar gak bertele² tapi tepat sasaran.

    Balas
  14. Yupp artikel harus bener kebenarannya alias akurat untuk tata penulisan bahasa dkk aku masih jauh dari kataaa kurang yaa…

    Masih butuh banyak belajar…

    Balas
  15. Wah iya, artikel yang baik memiliki kelima ciri di atas ya mbak
    Aku yang kadang masih susah itu menulis dengan bahasa yang lugas
    Kadang masih kaku dan kurang efektif kalimatku

    Balas
  16. Wuih mantap tulisannya Mbak, bermanfaat… Tulisan artikel yang mudah dibaca dan sederhana, disertai data dan fakta, sebagaimana panjang pun tulisannya pasti dibaca habis…

    Balas
  17. memang ya menyajikan yang berkualitas ini butuh terus berlatih 🙂 apakah artikel yang bagus itu gak bisa berisi curhatan gitu ya? jadi semacam bertele-tele sih memang kalau pemilihan katanya terlalu berlebihan

    Balas
  18. Menulis artikel gak hanya sekadar curhat lalu menuangkan isi kepala tanpa aturan ya. Karena ternyata untuk menjadi sebuah artikel yang bagus itu perlu riset dan memahami aturan artikel itu sendiri. Terimakasih sangat mencerahkan nih buat saya yg suka menulis

    Balas
  19. jadi sadar pake banget nih kalau tulisan saya masih banyak kurangnya untuk disebut sebagai sebuah artikel, emang harus banyak belajar nih.
    sharing lagi dong Mbak tips n trik kepenulisan 🙂

    Balas
  20. Nah saya tuh sedang berjuang belajar menulis artikel ilmiah Mbak Mon. Kebiasaan nulis tulisan populer jadi memang masih sering terbawa-bawa.

    Balas
  21. Setuju, artikel berdasarkan peristiwa yang benar terjadi jangan sampai disisipi dengan imajinasi atau pendapat pribadi, mesti valid datanya biar enggak timbul misinformasi

    Balas
  22. Aku masih harus banyak belajar lagi Mbak kalau nulis artikel. Jujur aja, buatku nulis artikel itu lebih sulit dari nulis cerpen 🤭

    Balas
  23. Aku masih harus banyak belajar lagi Mbak kalau nulis artikel. Jujur aja, buatku nulis artikel itu lebih sulit dari nulis cerpen 🤭

    Balas
  24. Iya nih saya kadang juga bingung membedakan artikel
    Padahal ada banyak jenisnya
    Tak sekadar menulis dan tulisan jadi

    Balas
  25. Tentang pembahasan kali ini relate sama aku yg juga terjun di dunia blogging, saat ini sedang berusaha untuk nulis sistematis dan pakai bahasa lugas dan efektif, makasi ilmunya kak

    Balas
  26. Malu deh.. kayaknya selama ini cuma nulis curhatan aja bukan artikel wkwk.. makasih banyak nih Mbak Mon ilmunya. Lope sekebon deh.

    Balas
  27. Akhirnya bisa benar2 belajar mengenai artikel.
    Aku kadang yang nomer 5 itu, bahasa yang aku gunakan kurang singkat, efektif, dan jelas, kadang masih suka muter-muter.

    Balas

Tinggalkan komentar