Tren fotografi menggunakan kamera ponsel meningkat tajam seiring dengan banyaknya produk ponsel berkamera yang diluncurkan para produsen ke pasaran. Sayangnya, tren ini tidak diikuti dengan peningkatan pengetahuan para konsumen akan fitur-fitur canggih yang ada di ponsel yang mereka beli. Karena terbatasnya pengetahuan akan kelebihan fitur kamera, konsumen jadi tidak bisa menggunakan fitur tersebut secara maksimal ketika melakukan fotografi menggunakan ponsel mereka. Untuk itu, situs ArenaLTE.com bekerja sama dengan Coolpad Indonesia menyelenggarakan acara Community Meet Up: Cool Dual Experience pada 30 Mei 2017. Acara ini diselenggarakan di Awan Lounge, Hotel Kosenda, Jl. KH. Wahid Hasyim No. 127, Jakarta Pusat, dengan tujuan untuk mengenalkan fitur-fitur dan kecanggihan kamera Coolpad Cool Dual.

Community Meet Up ini diselenggarakan sebagai sarana bagi pengguna smartphone, baik dari komunitas blogger maupun jurnalis, untuk membuktikan sendiri performa smartphone terbaru dari Coolpad, yaitu Coolpad Cool Dual. Sementara bagi vendor, ajang ini bisa dimanfaatkan untuk semakin dekat dengan pengguna potensial sekaligus mendapatkan feedback yang berguna bagi pengembangan ke depan, kata Iman Aulia, Chef Editor ArenaLTE.com.

Saya datang ke acara ini pukul 15.30 WIB. Setibanya saya di Awan Lounge, sudah ada teman-teman dari Komunitas Kelas Blogger, teman-teman jurnalis, tim dari ArenaLTE, serta tim dari Coolpad Indonesia. Kami beramahtamah selama beberapa saat dan tepat pukul 4 sore, acara pun dimulai. Seorang MC cantik mulai membuka acara ini. Lalu, Mr. Kim Chen, Country Manager Coolpad Group, mempresentasikan berbagai informasi dan keunggulan Coolpad Cool Dual kepada para undangan.

Mr. Kim Chen sedang presentasi Coolpad Cool Dual Foto: dok. pribadi

Menurut Mr. Kim Chen, kebiasaan para pengguna ponsel yang ingin mengabadikan berbagai momen terbaik dalam hidup mereka, yang didukung pula dengan konektivitas jaringan 4G LTE yang menawarkan akses internet super cepat sehingga pengguna bisa dengan mudah berbagi foto maupun video langsung dari ponsel, membuka peluang baru bagi para produsen ponsel untuk memenuhi kebutuhan ini. Dengan adanya tren inilah, Coolpad kembali meluncurkan ponsel berkamera ganda dengan harga terjangkau yang menyasar segmen menengah pada 27 April 2017 lalu.

Seri pertama Cool ini diberi nama Cool Dual yang dilengkapi kamera dengan konfigurasi terbaik di kelasnya, yaitu berupa kamera ganda di bagian belakang ponsel dengan resolusi 13+13MP dan kecepatan auto fokus 0.1 detik.

Jika dilihat sekilas, kedua kamera ini tampak sama. Tetapi sebenarnya, kedua kamera itu memiliki fungsi yang berbeda. Kamera pertama berlensa RGB yang berguna untuk menghasilkan warna pada gambar, sedangkan kamera yang satunya lagi berlensa monokrom yang menghasilkan gambar hitam putih. Lensa monokrom ini juga membantu lensa RGB menangkap detail gambar sembari menyerap lebih banyak cahaya meski dalam keadaan pencahayaan kurang sehingga tetap menghasilkan gambar dengan kualitas terbaik.

Coolpad menyematkan lampu flash dua warna sehingga memastikan cahaya yang cukup untuk menghasilkan gambar terbaik. Teknologi dual kamera 2.0 pada Cool Dual meningkatkan kejelasan pada gambar sebesar 20 persen, membantu mengurangi noise pada gambar sebesar 8 persen, dan meningkatkan kecerahan sebesar 20 persen. Dengan semua ini, kami berharap dual kamera yang nyata akan membawa kita ke arah smart framing dan lensa 6P-nya memberikan kepada pengguna kualitas terbaik dari gambar, kata Mr. Kim Chen, Country Manager Coolpad Group.

Acara Bukber Coolpad Cool Dual

 

Peweku In Action-nya culun banget ih

Di akhir presentasinya, para undangan boleh mengajukan berbagai pertanyaan langsung kepada Mr. Kim Chen untuk mengetahui lebih banyak lagi kelebihan dan keistimewaan fitur kamera di Coolpad Cool Dual. Selanjutnya, permainan berhadiah voucher senilai dua juta rupiah dimulai. Sesi pertama, tiga peserta diminta maju ke depan. Nah, yang maju ke depan ini adalah Kang Dudi, Bang Udin, dan Bang Punto. Mereka kemudian diwajibkan berpose ala model. Tentu saja aksi ketiga peserta ini mengundang tawa.

Pak Iman Aulia sedang meminta pendapat kepada tiga peserta di sesi kedua mengenai Cool Dual

Sesi kedua, tiga peserta lagi maju ke depan. Kali ini permainannya tidak lagi menjadi model, tetapi menjadi SPG atau SPB Coolpad yang mampu menjelaskan keistimewaan dari smartphone berkamera ganda Coolpad Cool Dual. Ketiga peserta di sesi kedua ini adalah Mbak Muthiah, Mas Fauzi, dan Mbak Lita. Hebatnya, ketiga peserta ini promosiin Cool Dual-nya mantap banget dan tentu saja ketiganya mendapat hadiah voucher juga.

Praktik Fotografi Membuktikan Kecanggihan Fitur Kamera Coolpad Cool Dual

Tidak cukup hanya dengan acara presentasi dan permainan berhadiah voucher tadi, tim ArenaLTE.com dan Coolpad Indonesia juga mengajak semua undangan untuk mencoba secara langsung kemampuan fotografi dari fitur kamera yang ada di Coolpad Cool Dual. Ada dua booth yang disediakan, yaitu booth food photography dan models photography. Para undangan diminta mengambil foto makanan dan para model tadi menggunakan smartphone Coolpad Cool Dual yang telah disediakan.

Mas Endi sedang memberi pengarahan sebelum praktik fotografi dimulai

Selama praktik fotografi ini, baik tim Coolpad Indonesia maupun tim ArenaLTE membantu para undangan mencoba berbagai fitur yang ada di smartphone Cool Dual. Mbak Tiyuk Grahayu dari Coolpad Indonesia sempat membantu saya mencoba fitur slow motion pada video-nya. Sementara Mas Endy juga sempat menerangkan pada saya cara mengatur gelap terang layar, juga mengambil gambar yang ada efek bokeh di latar belakangnya.

Praktik Foto Menggunakan Coolpad Cool Dual

 

Fitur canggih berikutnya yang dimiliki Coolpad Cool Dual ini ada pada fitur SLR yang memang sudah tersedia. Jadi untuk membuat foto yang ada efek bokehnya (hanya ada satu subjek foto yang terlihat jelas dan fokus sementara latarnya buram), kita tinggal memilih fitur SLR di Cool Dual, kemudian mengklik subjek foto yang hendak dijadikan titik fokus.

Fitur lain yang terdapat pada kamera ganda di bagian belakang Cool Dual, antara lain:

  • Fitur classic mono untuk menghasilkan foto berwarna hitam-putih.
  • Fitur foto makro akan membuat objek kecil terlihat lebih detail dan fokus.
  • Fitur beauty agar tampilan model lebih cantik, bersih, dan bercahaya.
  • Fitur Smart View Finder untuk mengabadikan gambar dengan efek terbaik
Hasil Foto Saya Pakai Coolpad Cool Dual

Jadi, untuk membuat efek bokeh menggunakan smartphone Coolpad Cool Dual, kita tidak perlu ribet lagi karena fitur tersebut telah tersedia. Cukup dengan satu kali klik setelah mengatur angle, hasil foto dengan efek bokeh pun bisa kita dapatkan. Sementara jika menggunakan kamera SLR atau kamera tipe tradisional lainnya, kita terpaksa harus melakukan banyak cara untuk menciptakan efek bokeh pada hasil foto kita, seperti dengan bantuan apertur lebar, lensa zoom, sensor yang besar, atau dengan mendekati subyek foto seperti dalam fotografi makro.

Hasil foto para peserta yang diunggah di Instagram masing-masing dengan #cooldualbukber

Seluruh foto hasil praktik dari para undangan, baik dari komunitas blogger maupun dari jurnalis, diunggah ke akun instagram masing-masing dengan menyertakan tagar #cooldualbukber dan mention @arenalte serta @coolpadindonesia. Foto terbaik tentu saja akan mendapatkan hadiah dari Coolpad Indonesia dan ArenaLTE. Mau tahu hadiahnya apa? Smartphone Coolpad Cool Dual, tentu saja!

Baca juga: Mengenal Produsen Smartphone Canggih Coolpad

Istimewa dan Terbaik di Kelasnya

Pada 15 Mei 2017, bertempat di Rafflesia Ballroom Balai Kartini, Jakarta, Coolpad Cool Dual berhasil meraih penghargaan Selular Award 2017 untuk kategori Most Valuable Smartphone. Ini merupakan penghargaan bergengsi di industri ICT tanah air yang penentuan pemenangnya berdasarkan penilaian objektif dari tim redaksi. Dengan diberikannya penghargaan ini, Coolpad Cool Dual semakin mengukuhkan dirinya sebagai smartphone dengan dual kamera terbaik yang spesifikasinya mendekati smartphone flagship di kelasnya.

Selain unggul pada dual kamera di bagian belakang (yang menggunakan dua frame dari dua lensa berbeda sehingga menghasilkan satu foto atau video dengan kualitas terbaik dan lebih terlihat hidup), kamera depan Cool Dual yang beresolusi 8Mp juga mampu mereproduksi foto selfie yang terang dan detail karena memiliki fitur arsitektur PureCel pixel f/2.2. Fitur lain yang tersedia pada aplikasi kamera di Coolpad Cool Dual adalah banyaknya pilihan untuk memainkan aplikasi kamera bawaan, penggunaan stiker untuk personalisasi foto selfie, bisa menghasilkan foto dalam format GIF, bahkan bisa memproses foto selfie tiga dimensi yang hasil fotonya akan terlihat lebih alami.

Gambar: coolpadindonesia.co.id

Untuk prosesor, Cool Dual diperkuat dengan Snapdragon 652 1.8GHz Octa-core serta Adreno 510 dan RAM 3GB yang sangat mendukung bagi pengguna yang gemar bermain game di smartphone. Apalagi ditambah dengan sistem operasi yang sudah merupakan gabungan dari Android Marshmallow yang dipasangkan dengan tampilan antarmuka EUI 5.8.

Pokoknya tidak ada yang namanya lag kalau main game apa pun menggunakan Coolpad Cool Dual, kata Tiyuk Grahayu dari Coolpad Indonesia.

Kamera Ganda di Belakang Coolpad Cool Dual

Jika ingin masuk ke menu pada kebanyakan ponsel dengan menggeserkan tangan dari posisi atas ke bawah di tampilan antarmuka, maka di Cool Dual ini menggunakan tombol di sisi kiri bawah sehingga proses membuka menu menjadi lebih cepat, sementara kalau kita menggeser dari atas ke bawah hanya akan memunculkan notifikasi saja.

Kapasitas baterai pada ponsel adalah hal berikutnya yang perlu diperhitungan ketika hendak membeli ponsel. Kalau selama ini Anda suka kerepotan karena harus membawa-bawa power bank atau sering panik gara-gara charger ketinggalan, maka sebaiknya Anda segera memiliki Coolpad Cool Dual ini. Mengapa? Karena kapasitas baterai Cool Dual yang sebesar 4.000 mAh mampu bertahan hingga 300 jam dalam keadaan standby, 36 jam kalau Anda sambil mengutak-atik kamera, dan 24 jam nonstop untuk main games. Sementara bagi para penggemar film atau drama Korea yang suka nonton dari aplikasi di ponsel, Cool Dual pasti akan sangat memuaskan karena mampu digunakan menonton film selama 40 jam dan jika hanya untuk mendengarkan musik maka daya tahan baterai bisa bertahan selama 120 jam.

Kelebihan Lain Dual Real Camera pada Cool Dual

  1. Hasil zoom lebih bagus karena adanya lensa wide angle sebagai tambahan dari lenasa normal yang memungkinkan pengguna untuk melakukan optical zoom seperti yang terdapat pada kamera DSLR.
  2. Karena memiliki dua lensa, Coolpad Cool Dual yang telah dilengkapi Sony BSI Sensor-Dual ISP, memiliki kemampuan untuk menangkap cahaya yang masuk sebanyak 40 persen sekaligus mengurangi noise hingga 78 persen sehingga hasil foto yang didapat (meski dalam keadaan low light) akan tetap bagus.
  3. Berkat adanya dua lensa pada seri Cool Dual dari Coolpad ini, DoF-nya tetap sebagus kamera DSLR dan foto yang dihasilkan memiliki ketajaman dan fokus yang sangat baik. Untuk diketahui Depth of Field (DoF) adalah rentang jarak yang dimiliki subjek foto untuk menghasilkan variasi ketajaman pada hasil foto.

Spesifikasi Lengkap Coolpad Cool Dual

2,394 total views, 1 views today

SHARE
Previous articleMengasah Intuisi ala Sherlock Holmes
Next articleMengenal Produsen Smartphone Canggih Coolpad

21 COMMENTS

    • Iya… Coolpad seri terbaru yang dikasi nama Cool Dual ini juga keren lho. Kemarin sempat coba berbagai fitur kameranya dan hasil fotonya bener-bener bagus.

  1. Saya selalu tertarik dengan smartphone yang punya keunggulan khusus pada kameranya. Berunrung sekali Mbak bisa hadir dan langsung mencobanya. Apa kabar Maudy Ayunda?

    • Ih sama. Aku juga tertarik dengan ponsel-ponsel dengan kamera ciamik. Untung penulis buku dan blogger, ponsel berkamera jadi senjata utama untuk menghasilkan foto-foto bagus yang bisa ditampilkan di blog atau di buku. Syukurlah saya memiliki kesempatan ke acara coolpad ini, tapi sayangnya saya nggak bertemu Maudy Ayunda … hahaha

    • Mas Dito, aamiin, pengen banget aku punya ponsel yang kameranya canggih, Mas. Hiks, kemarin yang lomba sebelumnya aku belum beruntung. Ini pas ada kesempatan makanya coba ikutan lagi. Soalnya beda banget hasil fotonya dari ponselku yang sekarang dengan ponsel yang dual kamera. Mudahan deh menang jadi foto-foto di blog-ku ini jadi makin ciamik.

  2. klu dilihat hasil fotonya terutama close up emang bokeh banget yak. Secara buat foto2 di blog kan lbh pada close up ketimbang selfie. Keknya bisa jadi pilihan nih Cool Pad…

    • Nah, itulah, Mbak Ety, bokehnya bisa diatur juga kalo pakai Coolpad Cool Dual ini. Bayangin aja kalo semua foto di blog ini diambil pake Cool Dual… pasti fotonya bagus-bagus …

    • bwahaha… serius? Berarti kita sehati, Kak Mia. Gpplah ya sama. Mudahan di masa mendatang kita berjodh lagi #eh

  3. Aseek mencoba Cool Dual Coolpad kemarin ya, fitur-fitur motretnya DSLR banget, ditambah tulisan Mbak Monica ini yg detail knowledge-nya. Woow jadi pengin punya

    • Mas Ahmed, fitur DSLR-nya itu loh bikin ngiler banget mana pas bikin efek blurnya bisa diatur pula tingkat buramnya. Asli, Mas, mau banget aku ponsel ini biar foto-foto di blog jadi tambah keren.

  4. Wah bahagia sekali jika suatu saat bisa memiliki Coplpad, tapi kapan? Tks utk mbak Monica, tulisannya bisa jadi reverensi…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here