Belajar Digital Marketing

Digital marketing adalah upaya mempromosikan brand atau produk dengan memanfaatkan media elektronik atau digital. Untuk tahu secara tepat penerapan dan pemanfaatannya dalam memperkenalkan ataupun bahkan menimbulkan rasa penasaran konsumen untuk mengenal produk maupun brand usaha maka saya mulai belajar digital marketing.

Pentingnya Promosi untuk Bisnis

Dulu, mempromosikan produk maupun jasa usaha hanya melalui pemasangan iklan di televisi atau radio yang memberikan informasi satu arah. Pelaku bisnis dan usaha, dari tingkat menengah sampai perusahaan besar di masa itu banyak sekali memanfaatkan cara ini.

Namun di era teknologi dan internet yang canggih seperti sekarang, jelas cara promosi itu sudah tertinggal. Alasannya tentu saja, orang-orang modern masa kini lebih banyak menghabiskan waktu mereka dengan berselancar di internet, mulai dari menonton tayangan yang disukai, bekerja, belajar, berbelanja, dan sebagainya. Untuk bisa memanfaatkan media digital sebagai sarana promosi kita harus tahu cara menerapkan digital marketing yang tepat.

Beberapa contoh teknik digital marketing, antara lain: menggunakan website dengan penerapan teknik SEO (Search Engine optimization), SEM, email marketing, mobile marketing, Facebook ads, Google ads, sosial media dan lain sebagainya.

Manfaat Promosi Secara Digital

Seiring dengan berkembangnya teknologi, strategi pemasaran juga mulai berubah ke arah yang lebih modern. Jika dulu promosi hanya menggunakan media seperti surat kabar, majalah, radio, ataupun televisi, kini pemasaran sudah dilakukan dengan teknologi internet, atau yang kemudian dikenal dengan istilah digital marketing.

Sebagian orang menganggap konsep digital marketing diterapkan dalam bisnis adalah hal yang sepele, padahal banyak pelaku bisnis yang mengakses informasi melalui komputer, tablet, ataupun ponsel. Strategi ini memungkinkan kita mengembangkan rencana pemasaran dan tetap kompetitif di industri yang sedang digeluti. Kita dapat mengakses internet dengan sangat mudah, di mana saja dan kapan saja.

Inilah sebab kenapa digital marketing sangat penting untuk menjaga kestabilan dan meningkatkan pertumbuhan bisnis atau usaha dari perusahaan. Kita akan mendapatkan manfaat digital marketing dan mendapatkan keuntungan darinya.

Apa saja manfaat digital marketing untuk pengembangan dan promosi bisnis?

1. Lebih Kompetitif

Kondisi bisnis sekarang dan di masa yang akan datang dapat diketahui melalui digital marketing. Bisnis akan semakin kompetitif karena telah menggunakan strategi pemasaran yang cerdas dan efektif.

Jika mengalami kesulitan dalam teknik digital marketing, kita dapat menggunakan jasa perusahaan pemasaran digital. Namun, kita juga harus pintar-pintar memilih, jangan sampai perusahaan jasa yang kita gunakan merupakan perusahaan yang abal-abal atau kurang bagus.

2. Meningkatkan Pendapatan

Tren transaksi online yang meningkat menjadi saksi adanya peningkatan pendapatan para pengusaha UKM. Ketika konsumen sudah percaya pada sebuah bisnis, mereka akan menjadi pelanggan yang loyal dan belanja lebih banyak.

Tentunya ini sangat bagus untuk bisnis. Pemasaran digital dapat menjangkau lebih banyak target pelanggan, hal ini nantinya juga akan berimbas pada meningkatnya penjualan.

3. Biaya Promosi Lebih Murah

Strategi promosi menggunakan media internet jauh lebih murah dibandingkan dengan cara-cara konvensional seperti brosur, baliho, atau membuat iklan di radio dan televisi. Bagi yang baru memulai bisnis dan ingin bisnis bisa cepat dikenal banyak orang, sebaiknya pilihlah strategi digital marketing untuk melakukan promosi. Digital marketing dapat menghemat anggaran iklan.

Kenapa Harus Belajar Digital Marketing?

1. Generasi Milenial Lebih Menyukai Media Digital

Tidak dapat dimungkiri bahwa generasi milenial adalah generasi yang tidak bisa lepas dari ponsel. Begitu juga untuk urusan belanja. Mereka lebih menyukai promo yang ditawarkan melalui media sosial, baik Facebook, Instagram, dan lain sebagainya. Generasi milenial ini bisa jadi sasaran yang tepat untuk mempromosikan bisnis.

2. Informasi Mengenai Produk atau Brand Lebih Mudah Didapat Konsumen

Toko dan informasi dalam genggaman, sepertinya bisa menjadi frasa yang tepat. Coba kita lihat, kebiasaan masyarakat yang mencari banyak hal melalui internet, termasuk soal belanja. Menggunakan digital marketing artinya kita mendekatkan diri dan memudahkan konsumen mengenal bisnis kita.

3. 24 Hour Store

Dengan menggunakan digital marketing, kita seperti memiliki toko yang selalu buka 24 jam dalam sehari. Konsumen tetap bisa melihat-lihat barang yang dijual tanpa harus menunggu toko dibuka.

4. Bisnis Dikenal Lebih Luas

Digital marketing membuat bisnis dikenal masyarakat dunia. Dalam hal ini juga akan memudahkan konsumen dalam berbelanja. Mereka tidak perlu jauh-jauh pergi ke pasar atau mall, cukup menggerakkan jemarinya di atas layar ponsel, dan barang belanjaan pun segera tiba di pangkuan.

Sebagai pelaku usaha, tentu saja kita akan mengikuti perkembangan zaman, sekalipun tidak menginginkannya. Sekarang ini, menggunakan digital marketing merupakan cara yang tepat untuk kita gunakan sebagai alat promosi. Kitabisa menghemat biaya untuk promosi.

Menggunakan internet sebagai alat promosi adalah cara yang paling murah jika dibandingkan cara manual seperti membagian brosur, poster, pamflet, dan sejenisnya. Namun, Anda juga harus tahu strategi yang digunakan.

Kesimpulan

Menerapkan digital marketing untuk bisnis dapat memberikan nilai tambah bagi bisnis sehingga bisa semakin kompetitif dalam menghadapi era digital seperti sekarang. Dengan adanya strategi digital marketing, tentunya akan lebih banyak dimanfaatkan daripada pemasaran secara konvensional. Jika kita tidak segera menerapkannya, bisa jadi bisnis kita akan semakin tertinggal oleh pesaing-pesaing yang sudah memanfaatkan pemasaran digital.

Kita dapat menggunakan beberapa platform yang dianggap penting, seperti email, media sosial, blog, hingga penerapan Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Management (SEM).

Dengan segudang manfaat yang dimiliki, sudah saatnya kita menerapkan strategi pemasaran ini jika ingin bisnis berkembang pesat dan tidak kalah dengan para pesaing. Demikianlah beberapa hal yang saya dapat saat belajar digital marketing untuk promosi bisnis.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

Tinggalkan komentar