Inilah 6 Cara Mudah Setting Jam Tangan Pintar Anak

Apakah kamu lagi mencari cara mudah setting jam tangan pintar anak? Jika iya, kamu mesti baca artikel ini sampai selesai. Sebab, pembahasan di artikel ini, meliputi cara setting bahasa, cara settingg tanggal dan waktu, cara melacak lokasi anak, dan sebagainya. Yuk, baca selengkapnya.

Popularitas Jam Tangan Pintar untuk Anak

Jam tangan pintar menjadi begitu populer, karena memiliki banyak fitur menarik, mulai dari bisa untuk menerima panggilan, tersedia pelacak GPS, juga fitur kamera. Tentunya semua fitur tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi para orang tua untuk diberikan kepada anaknya.

Nah, bagi kamu yang ingin membelikan jam tangan pintar atau smartwatch murah untuk anak, keponakan, atau adik, kamu perlu tahu pula cara mudah setting jam tangan pintar untuk anak, sehingga anak bisa memanfaatkan semua fitur berteknologi canggih yang tersedia.

panduan setting jam pintar anak

6 Cara Mudah Setting Jam Tangan Pintar Anak

1. Cara Setting Bahasa

Biasanya, bahasa yang digunakan pada jam pintar anak atau smartwatch yang masih baru bukan bahasa Indonesia. Untuk itu, kamu memerlukan setting ulang pada jam tangan pintar tersebut untuk menyesuaikan bahasa yang mau digunakan.

Anak-anak pasti lebih paham dengan bahasa Indonesia yang mereka gunakan sehari-hari dibandingkan dengan bahasa pabrikan smartwatch tersebut. Cara untuk melakukan setting bahasa pada smartwatch anak, yaitu:

  • Masukkan SIM card. Jangan lupa isi dulu juga kuota internet pada SIM card-nya.
  • Buka PlayStore dan cari aplikasi SEtracker2. Install aplikasi tersebut di smartwatch.
  • Daftar akun baru dengan memasukkan alamat e-mail dan password.
  • Login aplikasi Setracker2 dan masuk pada menu Pengaturan Bahasa.
  • Pilih Bahasa Indonesia sebagai mode awal dan tunggu sinkronisasi ke smartwatch.

2. Cara Setting Tanggal dan Waktu

Kebanyakan smartwatch yang ada di pasaran saat ini bukan buatan Indonesia. Itu sebabnya waktu yang tercantum di smartwatch bukan waktu lokal Indonesia. Kamu perlu melakukan pengaturan waktu terlebih dahulu sebelum memberikannya kepada anak.

Cara setting tanggal dan waktu di smartwatch tinggal hidupkan saja dulu smartwatch-nya. Ketika memasukkan SIM Card, secara otomatis waktu dan tanggal akan berubah sesuai dengan lokasi tempat kamu berada saat itu.

cara setting jam dan tanggal di smart watch

3. Cara Setting Pesan Suara

Ada banyak smartwatch yang bisa menerima panggilan dari ponsel orangtua, juga bisa menerima pesan teks dan pesan suara. Namun, tidak semua jam tangan pintar ini memiliki fitur ini, terutama jam tangan pintar berharga murah.

Ya, beberapa smartwatch murah ada yang tidak memiliki fitur pesan teks dan harus kamu perhatikan sebelum membelinya. Karena itu, kamu perlu memeriksa terlebih dahulu dan memperhatikan, apakah smartwatch yang mau dibeli telah memiliki fitur menerima pesan suara dan teks atau tidak.

Jika jam tangan pintar yang kamu beli memiliki fitur pesan suara, maka cara untuk setting pesan suara cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi SEtracker2 pada smartphone. Pilih menu Obrolan. Jika pesan terkirim akan muncul pop-up pada smartwatch anak yang bisa dibuka dan dibalas dengan membuka menu Obrolan Mikro.

4. Cara Melacak Lokasi Anak

Salah satu tujuan orang tua membelikan smartwatch untuk anak, ada akses untuk melacak keberadaan anak. Adanya fitur ini dapat mengurangi kekhawatiran orang tua karena dapat memantau lokasi anak, meskipun orang tua tidak bisa secara langsung mengawasi anak.

Cara yang bisa kamu lakukan cukup mudah. Kamu hanya perlu membuka aplikasi SEtracker2 dan pilih menu Jejak Kaki. Dengan menu ini, kamu bisa mengetahui lokasi anak lengkap dengan jalur yang anak lalui saat bermain.

5. Cara Remote Foto

Jika kamu ingin melihat gambar anak saat sedang bermain, kamu bisa menggunakan fitur remote foto secara jarak jauh. Fitur ini memungkinkan smartwatch memotret secara diam-diam aktivitas anak yang akan langsung dikirim ke smartphone kamu.

Cara yang bisa kamu lakukan cukup sederhana. Kamu hanya perlu membuka aplikasi SEtracker 2 dan pilih menu Kamera Remote. Setelah itu, klik Foto untuk memotret obyek dari jarak jauh.

smart watch for children

6. Cara Mematikan Jam Tangan Anak dari HP Orangtua

Salah satu keunggulan menggunakan smartwatch untuk anak adalah orang tua bisa kapanpun mematikan smartwatch hanya melalui HP orang tua. Cara ini akan mempermudah kamu untuk mematikan smartwatch tanpa memencet tombol power pada smartwatch.

Dengan adanya teknologi yang semakin berkembang, kamu jadi bisa melacak keberadaan anak, keponakan, maupun adik. Asalkan, mereka smartwatch. Meskipun banyak jenis smartwatch murah, kamu harus memilih smartwatch dengan spesifikasi sesuai kebutuhan.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

15 pemikiran pada “Inilah 6 Cara Mudah Setting Jam Tangan Pintar Anak”

  1. Jam anak ini lagi happening banget yak.
    Karena kemampuannya yg dibutuhkan oleh ortu jaman now, terutama utk bisa mengetahui posisi buah hati.

    Balas
  2. Anak saya pengen punya jam tangan pintar gini dong, tapi belum kesampaian dibelinya, pengennya dia nabung sendiri buat beli.

    Ternyata setting-nya pun lumayan mudah ya Mba, fiturnya pun lengkap banget.
    Makanya anak-anak pada suka 🙂

    Balas
  3. Saya mungkin sebagian orang tua yang tidak niat membeli jam tangan sejenis ini buat anak. Eh, malah dibelikan sama tantenya katanya hadiah berhasil naik gunung kerinci. Tapi dia kasih ga sama simcard nya. Sudah sampai sekarang ga hidup deh jam nya. Saya juga ga ngurusin hehehe. Anaknya juga emang seperti tidak tertarik.

    Balas
  4. Keren juga fitur2 smartwatch untuk anak ini ya, bisa pantau lokasi anak dari jarak jauh dan bisa kirim foto lagi jadi orangtua ga perlu kawatir akan kegiatan anak di luar rumah

    Balas
  5. Ini jam tangan lagi hits dikalangan anak2, anak temenku aja sampe mau dibelikan padahal anaknya masih 2 tahun.. Ternyata settingnya kudu detail juga ya 🙂

    Balas
  6. Jam yang lagi ngehits nih!
    Fitur jam tangan pintar ini penting buat menjaga keamanan dimana pun anak berada supaya orang tuanya ngga kuatir walau jauh dari rumah.
    Enaknya bisa dipantau lewat smartphone orang tua

    Balas
  7. Ponakanku yang SD merengek rengek minta beliin ini sama orangtuanya, mana harganya lumayan pula. Tapi di sekolahnya pun gak boleh dibawa cuma dipake pas jalan jalan aja

    Balas
  8. Anakku minta ini tapi aku gak kasi haha blm waktunya, Entah mungkin kalau pas sekolah ya?
    Iklannya masif banget di mana2 sampek kyk anak terbrainwash wkwkwkw 😀
    Paling beliin yang murah yang bis abuat telp aja pas nanti udah sekolah jd mudah komunikasi kalau mau jemput, drpd dikasi henpon 😀

    Balas
  9. Pernah pakai jam tangan pintar ini, tapi ekstra juga menjaganya bisa kena air, tapi mengingat manfaatnya wajib punya deh

    Balas
  10. Anakku kapan hari beli smartwatch tapi yang gak lengkap fiturnya alias kawe, hahaha. Jadi aku males ikutan utak-atik. Dia sendiri yang setting-setting 🙂
    Kapan-kapan kalo beli smartwatch yang bagus maen ke sini, deh, buat nyontek cara-cara settingnya. TFS, Mbak 🙂

    Balas
  11. Anakku lagi seneng-senengnya ama jam tangan ini. Sampe om2 ama tante2nya disuruh nelponin ke nomernya terus. Saking senengnya dia kalo ngeliat jamnya bunyi, hehehe

    Balas
  12. Anak saya udah merengek minta dibelikan ini sejak kemunculannya di layar kaca
    Saya dan ayahnya hanya bisa bersabar ketika tiap kali ditanya kapan beli sebab menurut kami karena masih TK
    Mungkin kalau sudah SD, kami bisa pikirkan kembali

    Balas
  13. Anak-anakku minta ini tapi kok aku takut hilang ya barangnya. Kacamata aja hilang wkwk… Padahal berguna banget buat memantau keberadaan anak.

    Balas
  14. Nah, artikelnya membantu sekali nih Mbak, terutama bagi yang masih awam dengan smartwatch. Ternyata kebanyakan smartwach dari LN ya jadi kalau mau dipke kudu disetting dulu waktu dan bahasanya.

    Balas

Tinggalkan komentar