Kegiatan saat Me Time untuk Jaga Kesehatan Mental

Penting tidak sih punya kegiatan saat me time untuk jaga kesehatan mental? Sebentar, sebelum membahas tentang hubungan me time dan mental yang sehat, saya mau cerita dulu. Beberapa waktu lalu, ada salah satu percakapan saya dengan seorang kawan, di mana saya diminta instrospeksi diri dan banyak liburan sebagai me time biar kesehatan mental terjaga.

Menurutnya, saya ini kebanyakan kerja, makanya jadi tidak fokus, mental saya terganggu, jadi kurang bisa paham dengan tulisan atau pesan yang saya baca, apalagi saya sudah tua. Nasihat teman tersebut mungkin ada benarnya, terlepas dari sudut pandang, siapa yang benar dan siapa yang salah. Toh setiap masukan bisa jadi pacuan untuk jadi pribadi yang lebih baik di kemudian hari (yah semoga saja saya masih diberi kesempatan hidup lebih panjang).

Apa Itu Kesehatan Mental dan Apa Hubungannya dengan Me Time?

Cukup lama nasihat tersebut saya renungkan. Bisa jadi selama ini saya terlalu nyaman dengan kondisi sehari-hari, sehingga saya hanya fokus pada diri saya kemarin dan diri saya hari ini. Hmmm… kalo kata Pewe, saya tipe Alpha parah yang terlalu nge-push diri sendiri, kemudian tanpa sadar meminta orang di sekitar untuk melakukan hal yang sama.

Pertanyaan yang kemudian muncul dalam kepala saya, apakah hal demikian termasuk gangguan mental? Bagaimana cara mengatasi atau mengurangi perfeksionis dalam bekerja, termasuk mengurangi tekanan dan tingkat stres yang saya alami hingga tidak mengganggu kesehatan mental?

Jadilah kemudian saya browsing dan mencari definisi kesehatan mental. Jadi menurut WHO, kesehatan mental adalah suatu kondisi yang dialami seseorang di mana dia bisa memiliki batin dan pikiran yang tenang, mampu mengelola emosi dan tingkat stres, serta bisa bekerja secara produktif.

Kemudian, saya pun mencari arti me time itu sebenarnya apa? Dan saya menemukan dari banyak referensi di internet bahwa me tima adalah waktu yang dihabiskan untuk diri sendiri tanpa ada orang lain di sekitar saya. Saat me time, saya bisa melakukan aktivitas yang membuat saya merasa senang dan bahagia.

Hidup yang Bahagia

Hubungan Kegiatan Saat Me Time dan Kesehatan Mental

Nah kedua pengertian di atas ternyata memiliki hubungan yang sangat erat. Memiliki waktu me time secara rutin dan berkali bisa menjadi momen di mana saya bisa mengenal diri sendiri, recharge energi sehingga pikiran dan tubuh menjadi segar, sekaligus bisa reduce stress. Otomatis, kesehatan mental jadi terjaga dengan baik.

Punya me time yang memungkinkan saya melakukan berbagai kegiatan menyenangkan dan membuat bahagia juga akan membantu saya memperbaiki kualitas hubungan dengan pasangan, dengan relasi maupun orang-orang terdekat saya. Malah efek me time yang paling penting adalah bisa meningkatkan konsentrasi dan produktivitas harian.

Wah, ternyata banyak sekali ya manfaat me time bagi diri sendiri jika dilakukan secara rutin. Apalagi memang ada hubungannya antara melakukan me time dengan upaya menjaga kesehatan mental.

Kegiatan yang Biasa Saya Lakukan Saat Me Time

Karena sudah tahu manfaat me time bagi kesehatan mental, saya pun mulai menjadwalkan waktu khusus di mana saya bisa menghabiskan waktu secara efektif dengan diri saya sendiri. Ada beberapa kegiatan favorit yang saya lakukan pada saat me time di antaranya:

1. Bermain Game Tanpa Harus Kecanduan

Saat masa muda (iya, sekarang saya sudah tua), saya terkenal sebagai gamer, terutama di kalangan gamer yang mangkal di Kertajaya, Surabaya… hahaha. Otomatis main game masih jadi kegiatan pengisi waktu favorit saya. Hanya saja, sekarang saya sudah tidak se-addict dulu. Yah, pokoknya dalam sehari, ada waktu di mana saya bermain game tanpa harus kecanduan.

Salah satu game favorit saya adalah game Solitaire. Pasti banyak yang tahu dong permainan kartu yang bisa juga untuk mengasah otak dan kecepatan berpikir ini, kan? Dulu, game ini tersedia hampir di semua personal computer dan bisa dimainkan secara offline.

Baru-baru ini saya menemukan situs main kartu online solitaire.org. Wah, saya senang sekali. Jadi berasa nostalgia, mengingat di masa saya kerja kantoran dulu, game Solitaire ini yang menemani jam istirahat makan siang saya (terutama saat akhir bulan dan saya harus hemat sehingga tak bisa ikut teman lain makan di luar atau pergi ke tempat makan terdekat).

Wait, nanti di bagian akhir artikel ini, saya akan ulas lengkap mengenai situs game Solitaire ini ya.

2. Manfaat Me Time dengan Journaling

Saya single fighter dan memang sejak kecil punya kesulitan bersosialisasi. Itu makanya, saya juga sering merasa tidak nyaman jika berada di tengah orang-orang, suka canggung, dan tidak terlalu suka didekati.

Teman terbaik saya dari dulu adalah buku harian. Saya bebas menceritakan apa saja melalui tulisan di dalam buku yang tidak akan menceritakan kisah saya kepada orang lain. Kebiasaan menulis harian, kemudian berkembang menjadi creative journaling.

me time dengan creative journaling

Nah menulis jurnal dengan cara kreatif ini memungkinkan saya mengungkapkan isi hati dan pikiran tidak hanya dalam bentuk tulisan, namun dengan gambar, stiker, dan sebagainya. Dan kegiatan mengisi jurnal menjadi me time favorit saya karena setelahnya saya jadi bisa melihat banyak hal dari sisi berbeda, hati lebih ringan, dan sering pula menemukan ide-ide mustahil yang akhirnya bisa saya wujudkan.

3. Jalan-jalan

Kalau ini mah wajib dilakukan. Kebetulan Pewe juga suka touring, naik motor ke tempat-tempat baru yang belum pernah kami kunjungi. Syaratnya cuma satu, kalau bisa cari tempat wisata alam saja dan tidak sampai harus berinteraksi dan berbasa-basi dengan orang lain. Saya kurang suka ke mall sebenarnya. Tapi untuk urusan pekerjaan, bolehlah sesekali berkumpul dengan relasi dan teman kerja.

Pokoknya jangan terlalu sering dan Pewe harus terus nempel dekat saya. Entahlah, saya sering merasa gelisah kalau ada orang lain yang tidak benar-benar dekat dengan saya, kemudian mendekat dengan melewati batas (yang mungkin batas ini hanya ada dalam kepala saya dan memang buatan saya).

Seminggu minimal sekali kami jalan-jalan yang dekat-dekat saja. Kalau sekarang kegiatan ini lebih sering digantikan dengan olahraga bersepeda. Sementara kalau ingin traveling yang jauh, bisa sebulan sekali atau tiga bulan sekali. Biasanya setelah jalan-jalan, pasti pikiran dan hati jadi segar. Tubuh jadi sehat dan bekerja jadi makin produktif (buat ganti pengeluaran yang habis selama liburan… hahaha)

Situs Main Kartu Online Bernama Solitaire.org

Sampailah artikel pada bagian spesial di mana saya ingin berbagi pengalaman saya bermain game di situs solitaire online. Memainkan permainan kartu di situs ini cukup mudah. Masuk saja ke situsnya, kemudian langsung pilih permainan kartu jenis apa yang mau dimainkan. Kalau saya lebih suka main Freecell Solitaire.

situs main kartu online solitaire org

Dalam permainan ini, saya akan berhadapan dengan empat ruang kosong yang digunakan untuk menyimpan kartu untuk sementara waktu pada bagian sisi kiri dan kanan. Sementara di bagian tengah ada 8 baris kartu yang miliki susunan acak. Nah kartu-kartu inilah yang harus saya susun menjadi urutan K, Q, J, 10, 9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2, A.

Pada awal menemukan situs game online Solitaire ini, saya sempat berpikir kalau permainan yang tersedia hanya permainan kartu freecell seperti yang sering saya mainkan di masa lalu. Ternyata banyak kategori permainan yang bisa dipilih. Jadi, ada 7 kategori permainan yang meliputi:

Dari ke-7 kategori tersebut, masih terbagi lagi puluhan permainan yang tersedia di dalamnya. Contohnya seperti Card Games. Di dalam kategori ini tidak hanya ada permainan kartu Freecell saja, tapi juga ada Klondike, Spider, Pyramid, Tripeaks, dan Golf. Saking banyaknya jenis permainan di situs permainan ini, saya tidak akan kehabisan permainan untuk satu tahun mendatang.

main kartu solitaire online

Kamu bagaimana? Sudah coba situs games Solitaire tidak? Permainan apa yang paling kamu suka? Yuk, bagikan jenis permainan kesukaan kamu di kolom komentar ya.

14 pemikiran pada “Kegiatan saat Me Time untuk Jaga Kesehatan Mental”

  1. kalau aku main game online sama nonton drakor mba, kalau bosen keduanya, aku nge-bujo, gambar2 dan nempel2 sticker tuh bikin rileks kalau buat aku hehehee

    Balas
  2. Bagi saya “Me Time” itu memang hal yang wajib asalkan tidak berlebihan sih. Jalan-jalan adalah “Me Time” yang menyenangkan. Setuju sekali dengan bermain game online tapi tidak kecanduan bermain game online.

    Balas
  3. kalo me time ala aku biasanya baca buku, nonton sama main game juga sih kadang-kadang.
    solitaire jadi andalan banget dari dulu.. mayan mengasah otak juga.. hihi

    Balas
  4. Me time itu penting banget ya Kak, biar tetap waras, biar jadi lebih produktif lagi setelahnya sih ya. Btw itu journalingnya kece banget Kak 🙂
    Solitaire ini game jadul yang tak lekang waktu ya, saya juga suka ini bermain Solitaire di Solitaire.org 🙂

    Balas
  5. Kalo punya duo krucil yang aktif susah cari metime, kecuali mereka udah bobok, atau pas mereka sekolah, lumayanlah ada waktu sejam buat nonton drakor kesayangan, metime bisa menjaga kewarasan buat saya sih

    Balas
  6. Aku langsung cari tau tentan Alpha ini mbak, agak kudet ya aku. Ternyata punya waktu me time rutin ini bisa mengatasi kesehatan mental kita ya.
    Pilih aktivitas me time yang sesuai dan gak berlebihan perlu banget itu. Jangan karena kebanyakan me time malah pekerjaan utama terbengkalai, ini notes banget buat aku nih.
    Aku kurang suka main games tapi kalau permainan kartu gini masih suka soalnya ga ada musuhnya gitu hehehe, takut banget main game yg ada musuhnya

    Balas
  7. Me time memang penting sekali untuk menjaga ‘kewarasan’ kita yaaa, dan main game itu salah satunya tapi perlu dinote main game yang santuy dan relaxing kaya Solitaire gini nih, gak bikin emosi malah bikin ketagihan hahhaha

    Balas
  8. Inget Solitaire jd inget masa2 punya komputer yang gede itu zaman dulu hehe, pasti ngegame-nya ya Solitaire. Jd buka situs Solitaire berasa nostalgia, ternyata banyak permainannya mulai dari yang tradisional sampai yang udah banyak modifikasinya. Gpp sih me time main game asal jangan lupa waktu 😀

    Balas
  9. Teman terbaik saat sedang perjalanan nih, kak Mon..
    Situs bermain yang ringan, tanpa perlu instal dan gamesnya ada banyak. Jadi kalau bosan, bisa bergonta-ganti permainan sesuai mood. Asik banget main di solitaire.org

    Balas
  10. Kegiatan me time yang menyenangkan biasanya ke salon mbak hehe. Kalau lagi enggak sempat keluar rumah, biasanya saya pergi ke ruang buku, membaca dan kadang merenung. Kalau main game sesekali aja.

    Balas
  11. Setuju banget kalau Me time itu ada hubungannya dengan kesehatan mental. Kalau aku biasanya cuma pengin ninton film atau youtube tanpa distraksi anak2. 😄
    Btw, dulu sering main solitaire di komputer. Baru tahu ada yg online-nua.

    Balas
  12. bener ini. kita harus aware dengan respon tubuh dan keadaan diri sendiri, termasuk kesehatan mental ini. cara me-time orang bisa berbeda-beda. makasih saran kegiatan me-timenya ya mba ^^

    Balas
  13. Pas banget ini aku lagi merasa ga baik baik saja mentalku karena teror terus menerus. Me time gini asyek kayak ya

    Balas

Tinggalkan komentar