Saatnya memanfaatkan energi terbarukan untuk masa depan lebih baik. Apa sih sebenarnya energi terbarukan itu? Memangnya energi yang sekarang tidak bisa bikin kehidupan lebih baik? Wait, inilah pikiran-pikiran yang muncul dalam kepala saya ketika mendengar tentang energi terbarukan. Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan tadi, saya pun mencoba “menarik ingatan” ke beberapa tahun lalu.

Ingatan Masa Kecil yang Gelap

Serius! Itulah isi ingatan masa kecil saya. Gelap! Dalam seminggu, ada lebih dari 3 hari saya terpaksa berada dalam suasana gelap akibat tidak ada listrik di rumah. Jika listrik mati, saya dan adik-adik terpaksa belajar menggunakan lilin di malam hari. Rumah juga dipenuhi lilin yang menyala. Kalau listrik mati siang hari, maka semua aktivitas yang membutuhkan listrik terhenti.

Setiap listrik mati di rumah, saya selalu mengajukan pertanyaan yang sama kepada Papa, “Kenapa listrik mati?” Dan jawaban yang saya dengar pun kurang lebih sama, “Mungkin ada gangguan”. Atau kadang jawabannya, “Persediaan listriknya habis.” Kalau diingat-ingat kembali, saya rasa waktu itu Papa hanya menjawab sembarangan, namun ternyata setelah lewat belasan tahun, kemungkinan persediaan listrik habis bisa saja terjadi.

Bumi Menganga

Sekitar tahun 2015, saya mendapat kesempatan berkunjung ke perusahaan tambang batubara terbesar di Kalimantan Selatan. Di sana, saya melihat lubang raksasa yang semakin luas dan dalam seiring banyaknya batubara yang dikeruk dari perut bumi.

Pengerukan batubata prosesnya kurang lebih sama dengan gas dan minyak bumi. Semuanya diambil dari perut bumi. Sementara kita tahu dari pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) bahwa batubara, gas dan minyak bumi, termasuk sumber daya alam yang tidak bisa diperbaharui. Kalau habis, dari mana lagi kita bisa mendapatkan energi? Di saat yang sama, penggunaan energi fosil (batubara, gas, dan minyak bumi) memiliki dampak negatif bagi kehidupan.

Saatnya Memanfaatkan Energi Terbarukan
10 Masalah Lingkungan di Indonesia Dampak Penggunaan Energi Fosil. Sumber: Indonesia Environment & Energy Center (IEC)

Saatnya Memanfaatkan Energi Terbarukan untuk Masa Depan Lebih Baik

Pengetahuan saya tentang energi terbarukan bertambah ketika mengikuti acara Youth & Renewable Energy, yang diselenggarakan Coaction Indonesia, pada 27 November 2018 lalu. Untuk mengurangi permasalahan lingkungan di Indonesia (dan dunia), kita perlu segera mengubah gaya hidup agar lebih ramah lingkungan. Selain itu, kita juga perlu memikirkan sumber energi lain yang tak lagi menggunakan energi fosil, namun menggunakan energi terbarukan.

Energi terbarukan adalah energi atau sumber energi yang walaupun terus digunakan bisa memperbaharui dirinya sendiri secara alami. Artinya, sumber energi itu tak akan habis asalkan digunakan secara bijak sekaligus dikelola dengan baik. Apa saja sih sumber energi terbarukan ini?

Memanfaatkan Energi Terbarukan
Sumber Energi Terbarukan. Image: Instagram Coaction Indonesia

Acara yang diselenggarakan Coaction Indonesia ini tidak hanya untuk memperkenalkan energi terbarukan, namun juga mengajak generasi muda Indonesia untuk berperan aktif dalam menghemat energi yang bersumber dari energi fosil dan secara perlahan mulai memanfaatkan (mengembangkan) sumber energi terbarukan.

Coaction Indonesia juga membuka peluang bagi siapa pun yang hendak bekerja sama bagi semua kalangan dalam hal sosialisasi, pengembangan, pengelolaan, dan pemanfaatan energi terbarukan. Ya biar sama-samalah ya menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat (Go Green) demi kehidupan di masa depan yang lebih baik.

Saatnya Memanfaatkan Energi Terbarukan
Potensi dan Pemanfaatan Energi Terbarukan di Indonesia. Image: Coaction Indonesia

Selama mengikuti acara, otak saya terus berputar mencari ide. Apa sih yang bisa saya lakukan agar turut serta dalam memanfaatkan energi terbarukan? Di saat yang sama, saya jadi teringat kebiasaan-kebiasaan buruk saya dalam menggunakan energi secara sembarangan, mulai dari penggunaan listrik, AC, lemari pendingin, bahkan mesin cuci di rumah.

Tepat saat acara berakhir, saya bertekad untuk segera mengubah kebiasaan buruk tadi. Saya harusnya mulai belajar menghemat energi, dimulai dari rumah saya dulu, kemudian mengajak orang-orang terdekat saya untuk ikut melakukan hal yang sama, dan memanfaatkan media sosial maupun blog untuk mengajak lebih banyak orang agar bijaksana dalam menggunakan energi. Let’s, Go Green!

Memanfaatkan Energi Terbarukan
Tips Go Green. Image: dok.pri

Pada akhirnya, ketersediaan energi di Indonesia bukan lagi tugas pemerintah semata. Kini saatnya #EnergiMuda (kamu, saya, dan semua orang) berkolaborasi dan beraksi hingga tercipta #KolaborAksi yang dinamis dalam memanfaatkan energi terbarukan. Kemudian secara perlahan bisa mengurangi ketergantungan terhadap sumber energi fosil.

Karena saya belum mampu bikin infografis yang keren ataupun membuat video animasi demi menggambarkan maksud saya secara gamblang dalam tulisan ini, maka saya terpaksa mencarikan referensi video animasi yang sesuai. Kebetulan saya menemukan video animasi karya House of Infographics. Yuk, kita simak sama-sama saja.

Sudah selesai nonton video animasi dan baca tulisan saya ini, kan? Ayo, tunggu apa lagi. Inilah Saatnya Memanfaatkan Energi Terbarukan untuk Masa Depan Lebih Baik!

15,516 total views, 2 views today

5 COMMENTS

  1. Masalah energi memang tidak bisa diserahkan sepenuhnya pada pemerintah. Perlu upaya, kesadaran dan kontribusi semua pihak dalam menjaga keberlanjutannya. Ya meskipun cara2 sederhana, tp tetep aja ada dampaknya. Ya nggak?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here