Meningkatkan Kepercayaan Diri – Saya termasuk orang yang kurang percaya diri lho sebenarnya, dan sering merasa kesulitan jika harus berhadapan dengan orang lain, terutama dengan orang yang baru dikenal. Makanya akhir-akhir ini saya mulai mencoba berbagai tips Meningkatkan kepercayaan diri.

Tujuan meningkatkan kepercayaan diri tadi tentu saja agar saya bisa lebih baik dalam bertemu dan menjalin interaksi dengan orang lain, saat bertemu dan berkenalan dengan orang baru, saat berhadapan dengan klien, ketika berada di lingkungan baru, bahkan ketika harus mengambil suatu keputusan penting.

Tahun 2019 lalu banyak hal sudah saya lalu, entah jatuh lalu bangkit lagi, entah terhenti sejenak untuk menganalisis kelebihan dan kekurangan diri, juga bagaimana saya harus menjalin hubungan dengan orang lain. Untuk hal terakhir, hingga saat ini memang masih sangat sulit bagi saya yang suka saklek untuk urusan hitam-putih.

Namun di awal tahun 2020 ini, mumpung masih bulan Januari nih, saya bertekad untuk memperbaiki semua hal yang perlu diperbaiki dan meningkatkan pencapaian-pencapaian di tahun lalu agar jadi lebih baik.

Nah fokus saya untuk tahun ini adalah semakin meningkatkan kepercayaan diri. Kepercayaan diri ini memang memegang peranan penting di dalam kehidupan, mengingat kita hidup di dunia ini tak sendiri. Dengan memiliki kepercayaan diri yang baik, kita juga bisa fokus untuk melakukan pencapaian-pencapaian terbaik dari target yang telah ditetapkan.

Kamu juga mengalami krisis kepercayaan diri seperti saya? Yuk kita belajar bareng-bareng melalui tips terbaru 2020 tentang meningkatkan kepercayaan diri.

6 Tips Terbaru 2020 Tentang Meningkatkan Kepercayaan Diri

1. Optimis dan Ingat Tuhan Mencintaimu

Tips terbaru 2020 tentang meningkatkan kepercayaan diri yang pertama yaitu selalu ingat Sang Pencipta. Saat kamu merasa berada di titik terendah, biasanya rasa percaya diri juga ikut turun. Untuk itu tetap mengingat bahwa kamu masih punya Tuhan yang selalu bisa menjadi tempat mengadu dan berkeluh kesah bisa jadi solusi.

Selalu optimis bahwa Tuhan menyayangi kamu dalam kondisi apapun. Dengan begitu bisa jadi kamu lebih merasa terlindungi dan mempunyai support system yang kuat jika ada masalah yang datang dan mengganggu pikiran.

2. Jauhkan Pikiran Negatif yang Menghabiskan Energi

Pikiran negatif layaknya racun dalam tubuh yang harus dibuang jauh-jauh. Beberapa orang merasa insecure terhadap dirinya karena merasa tidak berharga, ketakutan terhadap banyak hal seperti pengalami penolakan, direndahkan, disalahkan, lebih rendah dan buruk dari orang lain, merasa ditertawakan, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa mengubah perasaan-perasaan negatif tersebut agar tidak terjadi krisis percaya diri. Caranya dengan memikirkan hal-hal positif sebaliknya seperti merasa diri kamu selalu berharga, kesalahan adalah bentuk pelajaran, penolakan adalah suatu hal lumrah dan hal-hal lainnya.

3. Perhatikan Kemampuan Diri

Kunci sukses adalah dengan memperhatikan kemampuan yang dimiliki agar fokus pada satu hal yang kamu bisa saja. Cara untuk melihat kemampuan diri adalah dengan memperhatikan aktifitas sehari-hari dan pahami kegiatan apa yang sesuai batas kemampuan kamu.

Jika masih kurang maksimal, bisa memperbaiki dengan cari titik kesalahan yang telah diperbuat dan perbaiki bahkan temukan solusi yang tepat. Agar semakin memotivasi diri, anggap saja kamu hanya hidup untuk hari ini untuk menghindari rasa malas dan membuang-buang waktu.

4. Jangan Pernah Takut Perbedaan

Tips terbaru 2020 tentang meningkatkan kepercayaan diri berikutnya adalah dengan tidak takut dengan adanya perbedaan dengan lingkungan atau sekitarmu.

Mengapa harus bermasalah dengan perbedaan yang ada?

Berbeda bukan sesuatu yang harus dihindari tapi justru bisa menunjukkan benar-benar bagaimana karakter atau ciri khas dari dirimu yang tidak dimiliki orang lain.

Perbedaan mungkin awalnya cukup sulit diterima oleh orang-orang disekitar, tidak apa, bersabarlah sambil terus berdoa dan jangan lupa berinovasi. Pastikan orang-orang suatu saat bangga dengan perbedaan positif yang kamu punya.

5. Ngobrol dengan Orang-orang Baru

Mungkin ini hal yang cukup sulit bagi kamu si tipe gampang minder. Perlahan cobalah untuk sekadar menyapa duluan orang baru yang ada di depanmu lalu lakukan obrolan ringan sampai kamu nyaman. Dengan begitu, kamu bisa berlatih memupuk kepercayaan diri dan menghilangkan rasa canggung dalam diri.

6. Bandingkan Diri Kamu dengan Diri Sendiri

Jika kamu suka membanding-bandingkan dirimu dengan orang lain, hentikan hal tersebut sedini mungkin karena malah bisa semakin menurunkan rasa percaya diri. Nah, kamu bisa mengganti hal tersebut dengan membandingkan dirimu dengan diri sendiri apa adanya.

Contohnya, bandingkan bagaimana pribadimu dari tahun ke tahun. Apa yang sudah semakin berkembang dan apa yang masih jadi PR mu di tahun depan.

Itu dia tips terbaru 2020 tentang meningkatkan kepercayaan diri yang bisa kamu terapkan di kehidupan sehari-hari. Selalu ingat bahwa kamu juga harus bersyukur tentang apa yang telah diberikan Tuhan di dalam hidupmu. Yuk ubah insecure jadi rasa bersyukur.

1,685 total views, 2 views today

SHARE
Previous articleBerani Mengambil Risiko dan Timing yang Tepat
Next articlePentingnya Aktivitas Fisik Dalam Proses Berpikir Kreatif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here