Review OPPO F11 Pro Smartphone untuk Hasil Foto Terbaik

Home » Teknologi » Review OPPO F11 Pro Smartphone untuk Hasil Foto Terbaik

Saya ini orangnya minderan alias kurang pede kalau di foto, dan saya juga tidak bisa dandan. Alhasil kalau mau foto, mesti ambil foto berkali-kali untuk mendapatkan hasil foto yang bagus. Tapi saat tahu ada OPPO F11 Pro Smartphone, saya jadi pede untuk foto-foto. Apa sih keunggulan OPPO F11? Simak yuk review OPPO F11 untuk hasil foto terbaik di artikel ini.

Mencoba OPPO F11 Pro: Briliant Portrait in Low Light

Saya beruntung banget bisa ikutan mencoba OPPO F11 Pro. Jadi ceritanya, saya dan teman-teman Kelas Blogger berkesempatan ikutan uji coba kamera OPPO F11 Pro ini dalam acara OPPO F11 Pro: Briliant Portrait in Low Light.

Acara berlangsung pada tanggal 20 Maret 2019 lalu, di FX Mall Sudirman. Tepat jam 5 sore, saya sudah tiba di lokasi acara. Di sana, teman-teman juga sudah berkumpul bareng Mas Aryo dan Mbak Ira dari OPPO Indonesia. Kami pun ngopi-ngopi (eh bukan ngopi sih, makan dan minum bareng) sambil ngobrol santai, termasuk bahas fitur-fitur terbaru yang ada di OPPO F11 Pro, sambil menunggu gelap. Kok nunggu gelap?

Acara OPPO Indonesia

Iya, kami semua menunggu malam datang karena salah satu keunggulan OPPO F11 Pro ini, bisa menghasilkan Briliant Portrait in Low Light. Kualitas hasil foto malam harinya bagus banget. Katanya sih begitu. Jadi saya bertekad akan membuktikannya sendiri.

Di tengah perbincangan, Mbak Ira kemudian membagikan unit OPPO F11 Pro. Satu orang satu. Saya pun langsung tak sabar mencoba selfie… hehehe. Mumpung kan bisa coba selfie dengan smartphone baru. Satu kali jepret, eh saya langsung terpesona. Cuma dalam pengambilan satu kali foto, saya mendapati hasil fotonya bagus banget. Sayanya jadi makin manis… hahaha.

Kamera Depan dengan 16 MP dan Berteknologi AI

Karena belum benar-benar percaya, saya pun selfie beberapakali lagi dengan berbagai pose, dan hasilnya tetap bagus banget. Beda ih dengan kamera smartphone yang saat ini saya pakai (ya iyalah, smartphone saya kan bukan OPPO F11 Pro).

Usut punya usut, ternyata kamera depan OPPO F11 Pro ini besarnya 16 megapixel dan sudah berteknologi AI yang dapat mengenali wajah serta tersedia jutaan solusi skema percantik wajah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Kerennya lagi, kamera depan ini posisinya tidak terdapat pada layar seperti kebanyakan kamera depan smartphone lain, melainkan berupa rising camera, turun naik gitu, dengan desain transparan yang terinspirasi dari fosil getah kayu.

hasil foto kamera depan OPPO F11 Pro

Kamera Belakang OPPO F11 Pro

Puas bermain-main dengan kamera depan, saya pun mulai mencoba kamera belakang dengan mengambil foto makanan yang terhidang di hadapan saya. Dan hasilnya lagi-lagi oke banget. Jelas saja hasilnya ciamik karena kamera belakang OPPO F11 Pro ini berupa kamera ganda dengan besaran 48MP + 5MP, yang dilengkapi lensa 6P dan diafragma sebesar f/1.79.

Sekitar pukul 19.00 wib, saat suasana di luar sudah gelap dan makan malam telah selesai, saya dan teman-teman barengan keluar dari FX Sudirman. Persis di depan pintu lobi, saya langsung mengabadikan pemandangan gedung-gedung pencakar langit dengan lampu-lampunya yang berwarna-warni.

Tidak hanya sekali, saya mengambil cukup banyak foto sekaligus mencoba berbagai fitur yang tersedia di OPPO F11 PRO: Briliant Portrait in Low light ini. Hasil foto-fotonya bagaimana? Mari nikmati saja foto-foto yang saya sertakan di sini, untuk penjelasan, termasuk spesifikasi lengkap OPPO F11 Pro, akan saya tuliskan di bagian akhir artikel ini biar saya bisa menjelaskannya lebih detail. Makanya baca cerita saya sampai selesai ya.

Hasil Foto Kamera Belakang OPPO F11 Pro

Ultra Night Mode Portrait OPPO F11 Pro

Puas mengambil foto pemandangan gedung-gedung tinggi di depan FX Sudirman, kami lalu berjalan ke halte karena mau pindah tempat ke Grand Indonesia. Sambil menunggu bus datang, foto-foto lagi di jembatan kekinian yang lagi hits banget di Jakarta. Itu loh, jembatan penyeberangan orang di Jalan Sudirman, Kebayoran Baru, Jakarta.

Sewaktu memotret gedung-gedung di sekitar Jembatan Sudirman, saya sempat pula mencoba pengambilan foto biasa dan foto menggunakan ultra night mode 48 megapixel. Hasil foto yang menggunakan Ultra Night Mode 48 megapixel jauh lebih tajam. Bahkan tulisan yang tadinya kecil dan sangat jauh, begitu saya cropping maksimal, tetap terlihat detail dan tidak pecah. Keren sekali ini OPPO F11 Pro. Bikin mupeng saja.

Zoom Out Tanpa Pecah

Lihat deh pada foto terakhir, tulisan kecil di atas gedung yang terlihat kecil dan jauh, begitu saya lakukan perbesaran maksimal tetap terlihat jelas dan tajam. Ini nih kelebihan kalau foto dengan ultra night mode ditambah fitur 48 megapixel. Serius lho, ada pilihannya memang mau pakai 48 megapixel atau tidak.

Sesi foto-foto di jembatan berakhir sekitar 20.30 WIB, namun acara uji coba OPPO F11 Pro ini belum berakhir. Masih ada lanjutannya. Ketika Mbak Ira mengajak kami menunggu di halte, saya masih bolak-balik memandangi jembatan Sudirman. Pengen foto di jembatannya. Sayangnya malam itu manusianya lagi crowded banget, dan kalau memaksakan pergi foto ke atas jembatan, saya takut ditinggal rombongan. Eh, ngomong-ngomong tentang ketinggalan, akhirnya memang ada sih satu peserta yang ketinggalan sih… hahaha.

Ceritanya, ketika kami semua sudah berada di Trans Jakarta menuju ke Grand Indonesia, barulah kami sadar satu orang bapak itu ketinggalan. Hebohlah semua sekaligus geli juga karena bapak yang tertinggal ngedumel di grup… hahaha. Tapi kemudian beliau menyusul kami naik bus berikutnya dan bertemu di depan air mancur dekat Grand Indonesia.

Puas foto-foto di sekitar air mancur, kami berjalan lagi memasuki Grand Indonesia. Di sana ada booth OPPO Indonesia yang menyediakan area untuk foto-foto dengan kondisi low light loh untuk testing kamera OPPO F11 Pro bagi para pengunjung mall yang ingin mencoba.

Hasil Foto Kamera OPPO F11 Pro

Spesifikasi dan Fitur Lengkap OPPO F11 Pro

Okay, cerita seru-seruan saya mencoba sendiri OPPO F11 Pro kan sudah ya, sekarang waktunya saya cerita tentang spesifikasi dan fitur lengkap yang bikin hasil foto-fotonya beneran briliant potrait in low light.

Rising Camera

Pada OPPO F11 Pro, rising camera membuat tampilan layar jadi lebih luas tanpa noth (tanpa kamera maupun speaker yang dipasang di layar seperti kebanyakan smartphone lain. Pada rising camera inilah terpasang kamera depan 16 megapixel dengan aperture f/2.0 berteknologi face unlock yang memungkinkan kamera mengidentifikasi wajah pengguna dengan 137 titik yang dapat dikenali + 31 titik wajah yang baru dikenali.

Posisi rising camera yang berada di tengah membuat desain dan tampilan OPPO F11 Pro makin cakep dengan bodi yang tampak simetris (estetika akan harmoni dan keseimbangan yang simetris).

Selain itu, dengan posisi rising camera yang berada di tengah memungkinkan distorsi gambar bisa diminimalkan dan hasil foto jadi terlihat lebih natural. Ngomong-ngomong, Rising Camera OPPO F11 Pro ini bisa bertahan selama 6 tahun meski setiap hari dinaikkan dan diturunkan sebanyak 100 kali.

Teknologi Tetracell pada Kamera Belakang

Di awal tulisan ini, saya sudah menyebutkan sedikit tentang kamera belakang OPPO F11 Pro yang bertipe dual kamera dengan besaran 48MP dan 5 MP. Kedua kamera belakang ini tersusun secara vertikal. Kamera utama adalah 48MP dengan aperture f/1.79, 1/2.25″; 0,8um pixel dan 6P lens. Kamera kedua yang berfungsi sebagai depth sensor dan LED flash adalah yang berukuran 5MP, 1.12um pixel.

Dengan sensor 48 megapixel dan diafragma sebesar f/1.79, maka kamera jadi lebih peka terhadap cahaya sehingga cahaya yan masuk ke lensa menjadi semakin banyak. Otomatis kualitas gambar jadi makin jernih, apalagi ditambah adanya lensa 6P.

Pada kamera belakang juga telah disematkan teknologi Tetracell yang mampu menganalisis dan menggabungkan data yang diperoleh dari empat pixel yang berdekatan, yang kemudian menggabungkannya menjadi setara dengan ukuran piksel tunggal 1,6µm

Adanya teknologi Tetracell inilah yang membuat hasil foto OPPO F11 Pro menjadi jernih dan terang serta mampu menangkap gambat dengan resolusi tinggi hingga 48MP kalau kondisi pengambilan foto dilakukan dalam keadaan cahaya terang. Sementara jika pengambilan foto dilakukan pada malam hari maka Tetracell akan melipatgandakan ukuran piksel foto sensitif sehingga hasil fotonya lebih terang dengan noise minimal.

Fitur Canggih Kamera Belakang OPPO F11

1. Ultra Night Mode

Pada penggunaan Ultra Night Mode, fungsi kecerdasan buatan bekerja lebih maksimal dan pengurangan noise juga terjadi pada banyak frame sehingga hasil fotonya minim noise, stabilitas pada saat pengguna menggenggam smartphone, serta terjadi peningkatan dynamic range, yang hasil fotonya menjadi lebih cerah dan detail.

Coba perhatikan beberapa foto yang mengkombinasikan Ultra Night Mode dan portrait. Ultra night mode akan melindungi detail wajah saat pengambilan foto. Artinya, pada saat melakukan pengambilan gambar pada malam hari, ultra night mode akan secara otomatis mampu membedakan mana wajah manusia dan mana latar belakang, kemudian akan melindungi area wajah dan menjadikannya lebih fokus pada wajah tersebut.

2. Portrait Mode

Suka dengan hasil foto bokeh, gunakan portrait mode. Bisa banget. Gunakan saja fitur portrait mode. Meskipun memotret dalam kondisi cahaya minim atau pada malam hari, hasil foto tetap jernih. Ini karena kamera dual OPPO F11 Pro memiliki sensor cahaya yang tersembunyi di antara tepi frame dan permukaan kaca serta memiliki sensor infrared yang letaknya ada di bawah layar.

3. Color Mapping

Keistimewaan OPPO F11 Pro hingga bisa menghasilkan Briliant Portrait in Low light terletak pada kemampuannya melakukan color mapping. Jadi kecerdasan buatan dalam kamera ini mampu mengidentifikasi 23 skema pemotretan.

Color Mapping ini mampu merekonstruksi warna dengan detail dan akurat karena sudah terintegrasi dengan modul pengendalian warna kulit, melakukan perlindungan warna pada wajah, dapat mencapai warna yang lebih kontras, bahkan menghasilkan skin tone terbaik untuk foto portrait. Itu sebabnya, hasil fotonya jauh lebih hidup.

Daya Baterai Lebih Tahan Lama

Ketika saya menerima smartphone OPPO F11 Pro (ini cuma pinjam lho ya, bukan untuk jadi hak milik), saya sempat memperhatikan baterainya dalam keadaan 99%. Ya, artinya full ya baterainya. Saya menggunakan HP ini mulai pukul 17.30 wib hingga 22.00 wib.

Ini smartphone terus saya gunakan nonstop untuk mencoba kameranya. Saat saya mengembalikan smartphone ini ke Mbak Ira, sisa baterainya masih sekitar 80%. Kebayang tidak sih betapa hematnya baterai HP ini?

Ya jelas saja lebih hemat karena daya baterai OPPO F11 Pro sebesar 4.000mAh (41% lebih besar daripada seri F OPPO sebelumnya). Dengan baterai yang berdaya besar, ternyata CPU yang tersemat dapat bekerja dengan rendah daya, yaitu dengan cara mengubah pemrosesan single-thread menjadi multi-threaded.

Gampangnya, ketika CPU harus bertugas, maka ia membagi tugas besar itu menjadi beberapa tugas kecil. Kemudian, memprosesnya secara bersama-sama. Itu sebabnya, kinerja CPU menjadi lebih optimal dan konsumsi daya pun menjadi rendah.

RAM pada Layar Terpisah

Bagian lain dari smartphone yang biasanya menghabiskan cukup banyak daya baterai adalah layar. Nah, layarnya bekerja dengan daya rendah berkat RAM tersendiri. RAM tersebut dapat menyimpan data yang ditransfer prosesor untuk mengurangi real-time refresh. Selain itu, juga mengurangi konsumsi daya pada skenario penggunaan statis, seperti ketika kita sedang melihat-lihat foto.

Teknologi Pengisian Daya Cepat

Lalu bagaimana proses charging atau pengisian daya baterai? Saat saya menggunakan smartphone OPPO ini, baterainya hemat banget, jadi saya belum sempat mencoba sendiri proses pengisian daya ini. Menurut sumber terpercaya, yaitu Mas Aryo, pengisian baterai yang cepat berkat adanya teknologi VOOC 3.0, yaitu teknologi pengisian daya cepat.

VOOC 3.0 ini memiliki kemampuan mengatur tegangan tinggi sewaktu melakukan tickle charging yang membuat waktu pengisian daya baterai jauh lebih singkat hingga 20 menit. Dengan kata lain, hanya butuh waktu 80 menit (1 jam 20 menit) untuk mengisi baterai sampai penuh. Cepat banget yak. Teknologi ini aman untuk digunakan karena telah mendapatkan sertifikasi TUV SUD (telah mendapatkan pengakuan dari organisasi internasional terkemuka berkaitan dengan keselamatan dan kecepatan dalam penggunaan).

Spesifikasi Lengkap OPPO F11 Pro: Briliant Portrait in Low light

Sepertinya saya tak perlu berpanjang kata ya untuk menerangkan lebih lanjut mengenai spesifikasi lengkap OPPO F11 Pro. Silakan langsung lihat saja tabel berikut:

Spesifikasi OPPO F11 Pro

OPPO F11 Pro Smartphone dengan Rising Camera 48 Megapixel yang Hasilkan Briliant Portrait in Low light tersedia dengan dua pilihan warna: Green Aurora dan Thunder Black. Kalau ingin segera memilikinya, kamu bisa membelinya langsung di official store OPPO Indonesia, di toko online, atau toko smartphone yang ada di dekat rumahmu, dengan harga Rp4.999.000,-

Sedang mengikuti pelatihan prakerja untuk meningkatkan skill

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

18 pemikiran pada “Review OPPO F11 Pro Smartphone untuk Hasil Foto Terbaik”

  1. Duh baru aja aku punya Oppo type terbaru ini udah mau keluar lagi Opp F11 ya mbak 🙂
    Tapi aku tertarik juga sih dibilang bagus di low light. Aku puas banget selama ini pakai Oppo apalagi hasil fotonya

    Balas
  2. OMG! Luarbiasa nih ya Oppo cepet banget punya produk baru dengan inovasi baru pula, bikin mupeng. Untung harganya cukup bersahabat ya?

    Balas
  3. Harganya bikin mules. Tapi terbayarlah ya dengan kualitas yang super kece itu. Kudu menambah kesabaran aja nabungnya. Hahaha…

    Balas
  4. Baca dari atas ke bawah, sampailah pada tulisan harganya. Dan, langsung kubaca dengan keras lima juta euy. Tapi dengan hasil foto yang memuaskan apalagi bagi teman-teman yang suka traveling malam hari, cocok banget nih OPPO F11 pro.

    Jangankan OPPO F11 Pro, adeknya aja sudah keren ya kan. Langsung berdoa dan bersholawat semoga suamiku mau ganti OPPO F11 pro ini, kan aku bisa icip.

    Balas
  5. Oppo f11 pro gadjet dengan spesifikasi lengkap bin canggih ya mba monic. Sebagai pengguna oppo seri f jadul, aku pengen apgred hpku ke oppo f11 pro ini. Secara aku mupeng banget sama kamera belakangnya yang 48 MP. Dan kamera depan 16 MP aperture 2.0

    Balas
  6. Naksir banget sama OPPO F11.
    Iih…gemesh deh sama hasil fotonya yang keren. Dan teknologi OPPO di kamera ini cepat sekali berkembangnya.
    Ada rasa sedih karena OPPO yang aku pakai jadi makin tertinggal.
    Hiiks~

    Balas
  7. Ish kok keren banget sih hasilnya.. jadi pengen punya hape oppo ini.. suami aku lagi cari hape.. aku rekomendasiin oppo ini ya mba hehe semoga aja dia mau.. lumayan nanti aku bisa pinjem dan foto foto dengan hasil yang super keceh

    Balas
  8. Cakep banget ya hasilnya. Efek bokehnya dapet, kalau yang low light, lightingnya tetep kelihatan dan cakep! Hp yang cocok nih buat para pecinta fotografi.

    Balas
  9. Dirjen Pajak jadi keren gitu ya gedungnya mbak. Oppo memang pilihan sejuta umat apalagi teknologi AI di kameranya buat makin senang cekrak cekrek. Semoga aja tahun ini bisa ganti Oppo F11 Pro, nabung dulu yuks

    Balas
  10. Wah bagus ya hasil foto malam harinya. Trus, bagian belakangnya ngeblur ya. Oppo emang juara sih kameranya. Pengen punya tapi belum ada kesempatan hehehe

    Balas
  11. Langsung terpukau dengan hasil jepretan kamera oppo F11 ini. Keren banget mbak, biar diambil saat malam pun fotonya tetap terang dan jelas. Duh, mupeng banget saya dengan oppo yang baru mau rilis ini. Jadi pengen ganti hape deh

    Balas
  12. Wah keren banget hasil fotonya kalau malam ya, beberapa kamera pun kadang ga bisa menghasilkan foto sebagus ini kalau malam.

    Balas
  13. Bener-bener juara deh mba kamera di ponsel ini. Yang ultra nightnya bagus ya… low light tetap stabil dan ngg soft fotonya

    Balas
  14. Lagi ngehits ya foto2 di area Sudirman? Bbrp waktu yang lalu juga poto2 di sana saat malam 😀
    Banyak fotografer dan model jg pas lagi di sana 😀
    Jd kepengen juga nih punya Oppo F 11 ini mbak, kameranya oke banget hasilnya ya 😀

    Balas
  15. Oppo tuh merk gadget favorit banget..skrg jg pke Oppo sempat ganti krn rusak beli merk lain ttp aja mangginya Oppo..skrg sdh balik lg ke Oppo hehe.

    Balas
  16. Oppo makin keren aja hasil fotonya. 48 MP, udah kayak kamera DSLR. Udah nggak perlu bawa gadget besar kayaknya nih. Tinggal bawa smartphone aja.

    Balas
  17. Foto2nya cetar Mbak, kereenn banget deh.
    Selfie makin oke ini dengan OPPO F11 Pro. Speknya bagus banget deh, tunggu harganya turun dulu aahh *upsss

    Balas
  18. Ya ampun bisa keren banget gitu sih shoot di malam hari, jelas juga, dan detail… Speknya helio p70 bikin mupeng.. terlebih dukungan VOOC fast charging, beneran ngedukung semua aktifitas tuh.. Bikin iri yah kamu…

    Balas

Tinggalkan komentar