Sudah memasuki bulan Agustus 2020 dan pandemi virus corona atau Covid-19 masih saja melanda dunia, termasuk Indonesia. Otomatis kehidupan banyak orang pun mengalami perubahan. Jadi, apa yang bisa dilakukan? Bisakah bertahan dengan memulai dan mengembangkan usaha modal kecil? Apakah pinjaman modal usaha GoModal untuk mengembangkan usaha dapat membantu pebisnis?

Ide Usaha Modal Kecil yang Bisa Dilakukan

Memulai usaha dianggap bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah keuangan keluarga. Walaupun sudah punya pekerjaan tetap, banyak orang yang masih berpikir untuk membangun usaha sendiri.

Sayangnya, kebanyakan di antara mereka bingung, usaha apa yang bisa dimulai dengan modal kecil? Apakah ada usaha yang bisa dijalankan dengan dana terbatas, tapi memiliki risiko kerugian yang kecil? Berikut ini beberapa ide usaha modal kecil yang bisa dilakukan.

1. Bisnis Properti

Properti merupakan salah satu produk usaha menjanjikan karena pada dasarnya, rumah merupakan kebutuhan utama manusia untuk tempat tinggal. Jenis properti hunian, seperti rumah kontrakan, kamar kost, sewa apartemen, dan sebagainya.

Properti bentuk lain yang juga masih memiliki peluang, misalnya jual beli dan sewa lahan, pabrik, gudang, ruko, bangunan, stand di pusat perbelanjaan.

Melihat prospek bisnis properti tahun 2020 bahkan hingga 2021 masih menjanjikan, tak ada salahnya Anda mencoba bisnis ini. Anda bisa menjalankan bisnis ini dengan modal kecil, atau bahkan tanpa modal sama sekali.

Cukup dengan mencari tahu siapa yang sedang membutuhkan properti, lalu Anda mencarikan properti seperti yang diinginkan pelanggan, dan keuntungan Anda adalah selisih dari harga jual dengan harga beli.

2. Bisnis Makanan Rumahan

Di masa sekarang, banyak orang yang membatasi diri untuk bepergian keluar rumah. Walau bisa memasak sendiri di rumah, tetap saja keinginan untuk jajan makanan dari luar masih sering menggoda. Itu makanya, bisnis makanan tetap jadi primadona bagi yang ingin memulai bisnis makanan.

Pilihlah jenis menu makanan rumahan. Kemas dengan tampilan yang menarik. Bisnis ini bisa dijalankan dengan modal kecil karena Anda bisa melakukan sistem puchase order (PO) terlebih dahulu. Ketika ada pelanggan yang mau melakukan pemesanan, mereka akan bayar duluan, otomatis Anda bisa menjalankan usaha ini meski dengan modal terbatas.

3. Bisnis Guide Tour Wisata

Saat ini, bisnis wisata sudah menggeliat dan tempat-tempat wisata sudah mulai bisa dikunjungi lagi. Memulai bisnis guide tour wisata bisa menjadi solusinya karena bisa dijalankan meski dengan modal terbatas.

Anda cukup membuatkan itinerary atau tempat-tempat wisata yang menjadi tujuan, membuatkan anggaran biaya perjalanan, lalu mencari rekanan untuk membuat perjalanan wisata itu jadi nyaman dan menyenangkan.

Sisanya, tinggal cari peserta wisata, yang otomatis melakukan pembayaran dulu sebelum melakukan perjalanan. Hanya saja, Anda perlu memiliki pengetahuan yang luas mengenai berbagai tempat wisata agar bisa memberikan pengalaman seru kepada peserta wisata.

4. Bisnis Reseller

Memulai usaha modal kecil juga bisa dilakukan dengan menjadi reseller. Caranya, cobalah kontak toko-toko online yang bersedia menerima rekan bisnis dengan sistem reseller. Tanyakan apa saja syaratnya dan bagaimana pembagian keuntungan yang bisa Anda dapatkan.

Menjadi reseller merupakan solusi yang bagus untuk menambah pemasukan tanpa perlu modal besar guna stok barang. Alasannya, Anda cukup mencarikan pembeli dan produk apa yang mereka butuhkan.

Cara lain, bisa juga Anda mulai dari lingkungan terdekat, menanyai kebutuhan mereka apa, mencarikan produk atau jasanya, dan Anda bisa ambil keuntungan dari selisih harga jual dan harga beli.

pinjaman modal untuk kembangkan usaha
Cara mengembangkan usaha

5. Bisnis Usaha Kreatif

Ada banyak usaha kreatif yang sebenarnya berpeluang besar dijadikan bisnis dengan keuntungan yang menjanjikan. Contohnya, pembuatan masker kain homemade yang saat ini lagi naik daun.

Anda tinggal cari pembuatnya yang ada di sekitar Anda, kemudian Anda bisa menjual produk mereka baik secara online melalui e-commerce atau media sosial, bahkan bisa berjualan secara offline.

Bentuk usaha kreatif ini banyak ragamnya, mulai perabot rumah tangga, kerajinan tangan, peralatan makan dari tembikar, hiasan dinding, kain batik, dan sebagainya. Anda tinggal mengajak kerjasama para pelaku usaha kreatif, dan menjadikan mereka sebagai bagian produksi sementara Anda yang jadi marketingnya.

Cara Mengembangkan Usaha Kecil Jadi Besar

Agar usaha yang saat ini Anda jalankan bisa jadi makin besar, tentunya ada upaya-upaya yang perlu Anda lakukan. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk bisa mengembangkan usaha kecil jadi besar, antara lain:

1. Membuat Perencanaan Bisnis

Membuat perencanaan bisnis atau bisnis plan penting untuk dilakukan karena di sinilah Anda perlu menuliskan semua tujuan yang ingin Anda capai melalui bisnis yang Anda jalankan.

Di dalam bisnis plan, Anda perlu memasukkan target jangka pendek, jangka menengah, dan jangka panjang. Jika perlu, buat pula tahapan-tahapan yang perlu dilakukan dalam mencapai setiap target.

2. Menambah Modal Usaha

Setelah membuat rencana bisnis, Anda bisa melihat perlu tidaknya menambah modal usaha untuk membuat usaha kecil yang sekarang Anda tekuni bisa jadi usaha besar. Keperluan dalam menambah modal usaha ini akan sangat berguna untuk melakukan promosi, menyewa tempat usaha yang lebih strategis agar bisa membuat usaha Anda jadi lebih prestise dan terpercaya.

Perlu tidaknya menambah modal usaha harus dipikirkan matang-matang. Meski dalam menjalankan usaha selama ini sebenarnya Anda sudah mendapatkan keuntungan, namun tetap saja perluasan bisnis, penambahan layanan dan fasilitas usaha, serta hal-hal lain yang mendukung usaha jadi besar perlu disiapkan dan dilakukan.

3. Menerapkan Digital Marketing Strategi yang Tepat

Menjalankan usaha di masa modern saat ini juga perlu disesuaikan dengan perilaku konsumen secara umum. Jika di masa sebelumnya, orang lebih senang berbelanja secara langsung, maka saat ini berbelanja atau memenuhi kebutuhan hidup apa pun lebih banyak dilakukan secara online.

Agar usaha Anda bisa besar dan bisa menjangkau lebih banyak calon pelanggan, Anda perlu mulai menerapkan digital marketing strategi yang tepat.

Digital marketing di sini berarti Anda memanfaatkan semua fasilitas promosi yang tersedia di internet, mulai dari memanfaatkan website, media sosial, penerapan SEO dan SEM, atau memanfaatkan e-commerce yang sudah memiliki banyak pengguna.

3. Kepuasaan Pelanggan Nomor Satu

Ketika seorang pelanggan kecewa, maka ia bisa menceritakan kekecewaannya itu pada orang-orang yang ia kenal. Hal yang sama terjadi pula kepada pelanggan yang puas dengan produk dan layanan yang Anda berikan. Nah karena itu, penting sekali menjaga kepuasan pelanggan karena akan sangat berpengaruh bagi kelangsungan usaha Anda.

4. Pertimbangkan Penggunaan Karyawan

Untuk memberikan layanan yang berkualitas dan cepat tanggap, maka Anda perlu mempertimbangkan penggunaan karyawan yang akan membantu Anda menjalankan usaha. Jika usaha Anda menjual produk tertentu, Anda sudah pasti butuh bantuan karyawan untuk menerima dan mencatat pesanan, pengemasan dan pengiriman produk.

Sementara jika bisnis Anda di bidang jasa, tetap keberadaan karyawan akan sangat membantu Anda untuk menjaga kredibilitas dan layanan terbaik pelanggan, misalnya dengan melakukan promosi online di media sosial, website dan sebagainya, lalu melakukan analisis pelanggan dan kebutuhan mereka, atau bisa juga membantu Anda melakukan pemasaran yang lebih masih.

5. Pentingnya Mencatat Keuangan

Hal penting berikutnya agar usaha kecil bisa berkembang menjadi besar, Anda perlu melakukan pencatatan keuangan, baik keluar masuk uang, perhitungan rugi laba, dan sebagainya.

Pentingnya mencatat keuangan dalam menjalankan usaha akan sangat membantu Anda untuk mengontrol persediaan uang yang ada. Selain itu, Anda bisa mengetahui apakah dana yang ada sekarang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha. Jika tidak, maka Anda perlu memikirkan solusi lain, misalnya dengan mengajukan pinjaman modal usaha.

6. Menambah Modal Usaha dengan Pinjaman Modal Usaha

Ada banyak cara untuk menambah modal usaha. Anda bisa menggunakan tabungan dari keuntungan yang selama ini Anda sisihkan. Penggunaan tabungan juga mesti diperhitungkan dengan baik agar tak sampai menghabiskan persediaan dana yang ada.

Cara lain untuk menambah modal bisa dengan menggandeng partner kerja sama dengan sistem bagi hasil, mencari investor yang mau menanamkan uangnya pada bisnis Anda sebagai pinjaman usaha dengan risiko lebih ringan, mengajak keluarga atau teman untuk berpartisipasi, dan bisa juga mencari solusi lain terkait pinjaman modal.

pinjaman modal usaha
Cara Mengajukan GoModal. Sumber: Gobiz

Pinjaman Modal Usaha GoModal Solusi untuk Mengembangkan Usaha Kecil Jadi Besar

Pernah mendengar salah satu unicorn di Indonesia yang sudah sangat terkenal namanya, dan bisa jadi Anda sudah menjadi pelanggan setianya.

Ya, GoJek, salah satu bisnis transportasi terkenal di Indonesia yang jadi solusi bagi pemenuhan kebutuhan akan kendaraan, telah melakukan inovasi besar. Salah satunya dengan menyediakan solusi bagi pemilik usaha yang membutuhkan pinjaman modal usaha. Solusi pinjaman usaha ini bernama GoModal.

Pinjaman Modal Usaha GoModal merupakan suatu program pinjaman modal yang diberikan kepada para mitra usaha Gojek yang terpilih untuk bisa mengembangkan usaha yang dijalankan.

Program yang diluncurkan pada September 2018 awalnya bernama Pinjaman Modal Usaha (PMU) yang ternyata sudah banyak membantu mitra Gojek untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah. Cocok sekali bagi Anda yang saat ini menjalankan bisnis skala UMKM dan UKM.

Berikut beberapa alasan kenapa Anda bisa memanfaatkan GoModal untuk melakukan pinjaman modal untuk mengembangkan usaha.

1. Pengajuan Mudah dan Pencairan Cepat Pinjaman Usaha GoModal

Untuk dapat mengajukan pinjaman modal usaha GoModal, Anda harus terdaftar sebagai Mitra Usaha GoJek yang terintegrasi dengan layanan GoFood. Selain itu, Anda sudah dinyatakan lolos kualifikasi untuk mendapatkan bantuan modal usaha ini.

Untuk bisa mengajukan pinjaman modal, pastikan Anda sudah terdaftar sesuai syarat pada poin 1 dan harus sudah terverifikasi masuk kualifikasi Mitra Usaha yang bisa melakukan pengajuan bantuan pinjam modal. Setelah terverifikasi, pinjaman modal bisa langsung cair dan masuk ke rekening Anda.

2. Anda Bisa Menentukan Pinjaman Usaha Sesuai Kebutuhan

Anda bisa menentukan sendiri, berapa bantuan tambahan modal yang Anda butuhkan lalu berapa lama pinjaman usaha yang Anda dapatkan itu dapat Anda kembalikan. Ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih, mulai dari dua bulan, 3, 6, hingga 12 bulan.

Jangan lupa, pinjaman modal usaha perlu Anda lakukan jika memang benar-benar membutuhkan dan sesuaikan dengan kemampuan Anda untuk melakukan pembayaran kembali.

3. Mitra yang Bisa Mendapatkan Pinjaman Usaha GoModal

Untuk bisa menjadi mitra usaha yang terkualifikasi, Anda wajib telah memiliki transaksi secara aktif minimal dalam 3 bulan terakhir. Terjadi minimal transaksi sebanyak 20 hari setiap bulannya. Jadi kalau bulan ini Anda berhasil mendapatkan transaksi untuk 25 hari, berarti Anda sudah bisa mencoba mengajukan pinjaman modal.

Syarat berikutnya, Anda sudah menjadi Mitra Usaha dengan layanan yang terintegrasi GoFood, serta sudah menggunakan aplikasi GoBiz, salah satu aplikasi yang memudahkan transaksi Mitra Usaha GoJek. Berikutnya, pastikan bahwa Anda memang pemilik usaha dari partner GoFood dan usaha tersebutlah yang hendak Anda kembangkan menjadi lebih besar.

Cara Mengajukan Pinjaman Modal Usaha GoModal

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, pinjaman modal usaha dari GoModal hanya bisa didapatkan oleh mitra usaha yang pemilik outlet dengan unit usaha cuma 1 outlet, dan datanya masuk kualifikasi penerima pinjaman. Namun tetap perlu diketahui cara mengajukan pinjaman modal usaha di GoModal sebagai berikut:

  1. Mitra usaha yang terpilih untuk menerima pinjaman modal biasanya akan dihubungi dengan adanya notifikasi melalui email atau SMS yang dikirimkan GoModal.
  2. Buka aplikasi GoBiz dan lihat pada bagian menu bertuliskan “Lainnya”.
  3. Masuk pada halaman GoModal, nanti akan langsung terlihat jumlah nominal maksimal pinjaman dan jangka waktu pinjaman. Anda perlu mempelajari informasi pada bagian ini dengan lebih detail dengan klik bagian “Learn More”
  4. Kalau sudah mempelajari semuanya, mengerti dengan persyaratannya, serta sudah yakin hendak meminjam modal untuk mengembangkan usaha, Anda tinggal klik bagian “Ajukan Pinjaman.” Lalu isilah data-data yang diminta sebagai syarat pengajuan.
  5. Pada halaman selanjutnya, Anda bisa memilih jumlah uang yang mau Anda pinjam beserta berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mengembalikan modal tersebut.
  6. Pada halaman-halaman yang harus Anda isi, akan selalu dilengkapi dengan penjelasannya. Bacalah setiap bagian dengan teliti sebelum Anda memberikan tanda tangan pada halaman kontrak. Lebih lengkap Anda bisa mempelajari panduannya di halaman khusus tentang pinjaman modal usaha pada website GoBiz.

Pinjaman modal usaha

Kesimpulan Tips Mengembangkan Usaha dengan Modal Kecil

Ada banyak ragam dan jenis bisnis yang bisa mulai Anda lakukan meski dengan modal kecil. Mulai saja dulu dan selama Anda berusaha, pasti ada jalan terbuka lebar untuk berbagai tantangan yang harus Anda hadapi dalam mengembangkan usaha.

Di luar sana, ada banyak sekali tips dan cara mengembangkan usaha dari modal kecil, yang akhirnya menjadi bisnis raksasa. Anda bisa mempelajari berbagai cara mengembangkan usaha dari banyak membaca buku, juga belajar dari pengalaman dan kisah seseorang yang sukses mengembangkan bisnisnya.

Belajar dari internet tentang pengembangan usaha atau mengikuti workshop bisnis juga bisa Anda lakukan demi kelangsungan dan perkembangan bisnis Anda. Jalani usaha dengan baik dan sepenuh hati.

Analisis progress dan kemajuan usaha Anda. Jika membutuhkan upaya lebih untuk memperbesar usaha, Anda bisa mengajukan Pinjaman Modal Usaha GoModal untuk Mengembangkan Usaha dengan Modal Kecil.

5,063 total views, 155 views today

SHARE
Previous articlePentingnya Mencatat Pengeluaran demi Keuangan Keluarga yang Sehat
Next article4 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

37 COMMENTS

  1. Berapa banyak nominal pinjaman yang bisa di dapat oleh mitra gojek jika meminjam dari gomodal ini kak?

  2. Beneran baru tahu lho kalau Gojek juga menyediakan modal untuk usaha. Apalagi di tengah pandemi kayak gini, banyak umkm mati suri. Sedih. Mudah-mudahan lebih banyak lagi yang bisa seperti gojek ini, pinjaman lunak gitu yaa sebutannya

  3. Bisa banget nih mbak buat referensi aku dan keluarga. Apalagi sekarang ibuk harus tutup warung grgr kantin sekolah lg tutup.
    Jadi bantuan modal bisa nih, buat usaha kecil kecilan dirumah.

  4. Jadi, untuk mengajukan pinjaman, pemilik outlet kudu jadi terdaftar sebagai pengguna gobiz juga ya kakak Mon.

    Okelah. Bisa nih yuni rekomendasikan buat teman yuni yang punya outlet kulineran deh.

  5. Modal usaha, jika dikelola dengan baik dan bagus perencanaan maupun penerapan usahanya, maka ada saja jalannya untuk berkembang. Semoga banyak pelaku atau perintis usaha yang terbantu dengan adanya pinjaman dana usaha dari GoModal ini.

  6. Serius nanya nih Go Modal bisa juga diajukan untuk bisnis properti? Soalnya kami bergerak dibidang itu meskipun masih 1 atau 2 unit saja

  7. Dengan menjadi mitra usaha gojek emang banyak banget manfaatnya ya mbak. Buat cuma buat membantu memasarkan bisnis kita saja tapi juga bisa mendapatkan pinjaman dana untuk tambahan modal dengan GoModal.

  8. Senangnya ada yang peduli pada UMKM seperti GoModal ini, kerasa memang saat ingin mengembangkan bisnis terhambat modal itu kadang cukup sulit untuk mendapatkannya…

  9. Sudah sampai di caranya, saya baru merasa, oh aku gak ada modal usaha, gimana mau nambah modal. Kalau begitu, matangkan rencana awal lagi.

  10. Wah ini sangat membantu buat yg mw bisnis ya mbak mon?
    Masa pandemi spt ini, banyak phk.
    Orang jadi mulai berbisnis

  11. aku udah coba menjelaskan tentang hal seperti ini ke mbakku untuk pengembangan bisnis jualannya, sama sekalian habis ini buat nambahin modalnya ibu jualan kue dan makanan ringan juga

  12. yang seneng dari GoModal ini bukan cuma dipinjemin modal doank mba, tapi juga di dampingi untuk pembuatan laporan dan perhitungan laba juga stok ya 🙂

    • Iya yaa..jadinya setelah dipinjamkan modal, gak dibiarkan gitu aja. Dengan adanya pendampingan, jadinya modal tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik. Gak asal pakai.

  13. Banyak banget usaha rumahan asalkan kita ada kemauan ya mba, aplagi skarang massa2 pandemi, huhuu. Semoga tetep semangat buay semuanya.
    Begitu pun dengan modal, jaman now dipermudah banget seperti GoModal

  14. Tipsnya lengkap Mbak Mon, termasuk mengenai modal … rupanya bisa di GoModal ya. Bisa dipergunakan oleh UMKM untuk mengembangkan usahanya.

  15. Keren banget ya Gojek , inovasinya selalu membantu banget khususnya buat UMKM, di mana masa seperti sekarang ini, butuh banget semangat dan suntikan dana buat bersemangat kembali membuka usaha.
    Banyak pula usaha yang bisa dilakukan 🙂

  16. Musim pandemi gini banyak yg mendadak jadi pengusaha UMKM tapi modalnya masih kurang.
    GoModal sangat bisa diandalkan ya Mba

  17. Selayaknya qt harus berpikir kreatif dalam mengahadapi situasi yang semakin sulit karena keterbatasan akibat pandemic. Nice articles mbak Monica. Salken

  18. Iyess setuju banget ini, bagaimanapun juga modal untuk usaha itu penting banget ya mbak.. sebagus apapun konsep usaha dan manajeman yang sudah disiapkan tapi jika tanpa modal maka tidak akan berjalan dengan baik juga..

  19. Gojek semakin berkembang, ya. Memang deh selalu ada peluang usaha bagi yang mau berusaha di saat kondisi apapun. Semoga aja bisa membantu modal ini

  20. Terima kasih info & tips nya mba.. Saya baru tahu nih ttg GoModal ini. Bisa kurekomendasikan ke kerabat yg sedang mengembangkan usahanya nih..

  21. Saat pandemi seperti sekarang, modal jadi sesuatu yg sangat didambakan oleh para pengusaha. Apalagi kecil menengah yg rawan kena dampaknya. Semoga pandemi ini segera berakhir ya. Kasihan para pelaku usaha semuanya serba terbatas…

  22. waa ini jadi solusi banget yaa, bisa membantu juga buat mereka mereka yang punya bisnis dan mau mengembangkannya lebih besar lagi hihihi,

  23. GoModal bantu banget mitra usaha Gojek untuk mengembangkan usaha kecilnya ya. Aku malah baru tau nih ada GoModal padahal udah sejak tahun 2018. Prosedurnya mudah & cepat bikin mitranya dipermudah ya kalau maumengajukan pinjaman

  24. aku baru tahu ini mba ada Go MOdal jadi bisa membantu buat usaha-usaha yang memang membutuhkan suntikan dana apalagi ditengah pandemi begini

  25. Iya betul ya Mba harus mulai dulu aja, kalau terlalu banyak pertimbangan ini itu ga akan mulai-mulai nih usaha kita…Kalau sudah mulai yang lainnya akan mengikuti ….

  26. Baru-baru ini lagi mengembangkan usaha online ibu mbak dan memang lagi cari pinjaman untuk modal. Saya baru mengerti nih untuk Go Modal dan bisa membantu apalagi prosedurnya enggak ribet.

  27. Menambah modal ini yang aku perlukan pada saat ini dan tentunya bisnis yang coba aku lakukan saat ini menjadi pelajaran penting bagiku, hal baru juga yang aku tekuni, terima kasih tipsnya ya mbak

  28. Wow inovasi gojek keren ya, menjangkau semua kebutuhan manusia. Keren banget. Bantuan dana di musim pandemik ini memang bisa sangat membantu usaha masyarakat yang terkena dampak covid. Dengan Go modal semoga semakin banyak bisnis masyarakat yang bisa kembali bangkit.

  29. Langkah yang tepat nih bagi para mitra usaha yang sudah memiliki GoBiz apabila membutuhkan tambahan modal. Cara pengajuannya pun enggak ribet ya mba.

  30. Keren banget sekarang ya ada GoModal. Memang kita tetap harus semangat berusaha dan berbisnis meskipun di tengah pandemi.

  31. Pandemi begini yaa, kak onic…semua orang pasti membutuhkan suntikan modal yang aman dan bisa diandalkan.
    GoModal terobosan baru dari Gojek. Keren sekaliii..

  32. Tips yang sangat membantu dalam membuka bisnis ya, berharap saya bisa menggunakan layanan GoModal untuk usaha saya ke depannya dan cara pengajuannya sepertinya tidak sulit

  33. Iya sekarang banyak orang buka usaha nih ada banyaj temenku yang terkena dampak pandemi akhirnya buat usaha mulai dari makanan dan jasa. Untuk mengembangkan usahanya memang ada banyak cara ya termasuk dapat pinjaman modal.

  34. bener mbak monic. bisnis makanan yang kini jadi primadona, malahan aku aja sering pesen makanan secara online untuk memenuhi kebutuhan makan ku

  35. pinjaman2 kayak gini yang penting aman, legal, dan solutif buat temen2 yang butuh ya, Mbak. jangan sampee kayak berita yang sudah2 😀

  36. Kondisi pandemi butuh banget yang bisa support modal. Gojek terus berinovasi terhadap konsumennya ya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here