4 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil kembali saya tuliskan mengenai tema ini mengingat cukup banyak teman yang bertanya kepada saya, enaknya di masa sekarang berbisnis apa ya?

Mau Punya Bisnis? Mulai Saja Dulu

Kebanyakan orang ingin memulai suatu usaha, baik sebagai sampingan atau sebagai pengganti pekerjaan yang hilang akibat masa pandemi ini. Jika status kita masih sebagai karyawan, maka memiliki bisnis di rumah merupakan hal yang bagus karena bisa jadi tambahan pemasukan.

Kalau saat ini kita sedang menganggur maka memulai usaha dan berbisnis bisa jadi solusi untuk mengatasi masalah keuangan yang sedang dihadapi.

Di masa sekarang, peluang memulai bisnis masih terbuka lebar. Kita tinggal menyesuaikan ide bisnisnya dengan passion dan kemampuan serta keahlian yang kita miliki. Jika kita pandai memasak, alangkah baiknya membuka usaha makanan rumahan. Kalau punya kemampuan menulis, bisa saja kita merintis pekerjaan sebagai penulis buku, freelancer yang menulis artikel, dan sebagainya.

Mulai saja dulu dengan apa yang kita punya. Nanti perlahan akan selalu ada jalan yang terbuka lebar sehingga kita bisa menjalankan bisnis dengan lebih baik, atau malah bisa mengembangkan bisnis ini jadi semakin besar.

4 Ide Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

1. Bisnis Pulsa dan Data Internet

Ide bisnis dari rumah yang menguntungkan pertama adalah jual pulsa dan data internet. Meskipun banyak e-commerce atau dompet elektronik yang sudah menyediakan fitur pembelian pulsa dan data internet, peluang bisnis pulsa masih terbuka lebar. Selain itu, kita bisa melengkapinya pula dengan menyediakan kartu perdana dan kebutuhan lainnya yang berhubungan dengan internet dan smartphone.

Jika dahulu orang seringkali beranggapan bahwa menjual pulsa adalah pekerjaan yang tidak menjanjikan, maka anggapan itu sekarang mulai berubah. Tentu seiring dengan teknologi yang berkembang, orang semakin membutuhkan informasi terbaru, yang mana informasi ini bisa secara cepat dan mudah ditemukan lewat internet.

Maka dari itu, kuota data untuk internetan semakin tinggi peminatnya sehingga bisnis ini merupakan salah satu bisnis yang bisa dikerjakan dari rumah dan cukup menjanjikan. Bahkan bisnis ini bisa pula dijalankan sambil mengerjakan hal lain.

Ide bisnis dari rumah yang satu juga bisa dijalankan secara online dengan memanfaatkan media sosial dan grup Whatsapp kompleks perumahan. Ketika ada tetangga yang kehabisan pulsa atau kuota data, mereka tinggal menghubungi Anda.

2. Bisnis Makanan Rumahan

Salah satu bisnis yang tidak akan pernah mati adalah makanan dan minuman. Alasannya, setiap orang tentu butuh makanan dan minuman. Kalau Anda punya bakat memasak makanan rumahan dengan rasa yang unik dan pas di lidah, Anda bisnis menjalankan bisnis ini dan berpeluang untuk mendapatkan banyak pelanggan.

Caranya menjalankan ide bisnis dari rumah satu ini termasuk mudah. Anda bisa memasarkan usaha makanan yang Anda jalankan lewat online dan memanfaatkan media sosial dengan membuat iklan-iklan promosi. Penjualan pun lebih mudah dan tidak membutuhkan tempat atau etalase khusus untuk menjajakan dagangan.

Anda hanya perlu menunggu pesanan masuk, pelanggan melakukan pembayaran, baru Anda mengolah pesanan makanan dan mengirimkannya dengan kurir yang bisa didapatkan dengan mudah.

Khusus untuk bisnis makanan, Anda juga perlu memperhitungkan pembelian bahan baku secara grosir untuk mendapatkan harga lebih murah. Bekerja sama dengan supplier bahan baku makanan jelas akan sangat menguntungkan.

Jangan lupa membandingkan antara supplier satu dengan supplier lainnya, misalnya untuk harga beras 25 kg, untuk telur dengan pembelian satu kotak, untuk tepung terigu dan garam dalam jumlah karungan, dan sebagainya.

3. Menjadi Influencer

Salah satu ide bisnis yang juga banyak digandrungi dengan modal sedikit, namun banyak untung ialah menjadi influencer atau freelancer. Biasanya orang menjadi sosial media influencer karena mudah dan tidak perlu beranjak ke mana pun untuk menjalankannya.

Ide bisnis dari rumah satu ini memang membutuhkan beberapa persiapan, mulai dari membangun personal branding, tahu cara membuat postingan dan caption di media sosial seperti Instagram, dan juga membutuhkan peralatan pendukung lainnya.

Jika personal branding Anda bagus, maka akan ada banyak orang mempercayakan produk mereka untuk Anda promosikan demi meningkatkan brand awareness dan penjualan. Salah satu strategi digital marketing yang saat ini diminati memang bekerja sama dengan influencer. Inilah sebabnya, profesi influencer masih membuka peluang luas bagi siapa pun untuk mencobanya.

Biasanya kegiatan influencer adalah membuat berbagai konten menarik untuk mempromosikan produk atau jasa. Misalnya Anda mengunggah foto produk milik orang lain dan melakukan review, atau membuat video testimoni, dan sebagainya. Anda akan mendapatkan bayaran dari produksi konten yang Anda buat di media sosial milik Anda.

4. Jasa Desain Grafis

Jika Anda memiliki kemampuan dan keahlian dalam membuat berbagai desain grafis, maka ide bisnis dari rumah dengan membuka jasa desain grafis bisa Anda lakukan. Jenis bisnis yang bergerak di bidang jasa satu ini juga tidak membutuhkan banyak modal, namun tetap memerlukan berbagai peralatan yang mendukung Anda membuat desain sesuai dengan pesanan pelanggan.

Untuk jasa desain grafis ini, Anda bisa melakukan negosiasi dengan konsumen sesuai dengan kebutuhan mereka dan juga jasa yang dikeluarkan. Kisaran keuntungannya pun cukup besar dan tidak bisa dikatakan main-main jika Anda menekuninya secara baik. Bahkan, bisnis ini bisa dilakukan sebagai sampingan atau juga bisnis utama yang menjanjikan.

Tidak hanya ide bisnis dari rumah di atas saja, Anda juga bisa membuka jasa rumahan seperti laundry, membuka jasa les, atau berjualan lewat marketplace. Jenis-jenis bisnis online yang bisa dikerjakan dari rumah biasanya memang tidak membutuhkan banyak modal. Bahkan saat ini menjadi reseller toko online cukup bermodalkan smartphone dan kuota internet saja.

Intinya, ketika memilih ide bisnis yang mau dijalankan, pilihlah sesuai dengan diri Anda sendiri. Maksudnya, sesuai dengan kemampuan dan kegiatan yang Anda sukai sehingga Anda menjalankan bisnis ini bisa dengan sepenuh hati.

Nah, itulah 4 ide bisnis dari rumah yang menguntungkan dengan sedikit modal saja serta mudah untuk dijalankan. Apakah Anda tertarik menjalankan salah satunya? Semoga artikel ini bisa menjadi pencetus ide-ide bisnis lain yang bisa dilakukan dari rumah ya.

181 total views, 2 views today

SHARE
Previous articlePinjaman Modal Usaha GoModal untuk Mengembangkan Usaha
Next articleCara Membangun Personal Branding Melalui Buku

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here