Bagaimanakah prospek bisnis properti di Indonesia dan keuntungannya yang bisa didapatkan, terutama di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini? Ide bisnis properti apa saja yang memiliki prospek bagus di tahun 2020 – 2021?

Mengenal Bisnis Properti

Bisnis properti adalah bisnis yang berkaitan dengan kegiatan jual beli atau sewa menyewa produk properti, mulai dari rumah, apartemen, gedung kantor, mal, bangunan pabrik, tanah, dan sebagainya.

Di dalam bisnis ini, aset properti tidak harus milik sendiri. Anda bisa membantu orang lain menjualkan aset properti mereka, atau bisa pula Anda membeli dulu aset properti yang memiliki prospek menguntungkan, kemudian menjualnya kembali pada orang yang membutuhkan dengan harga yang pastinya jauh lebih tinggi dari harga waktu Anda membeli aset tersebut.

Para pelaku bisnis properti bisa dikategorikan menjadi beberapa, yaitu:

  • Perantara: orang yang hanya menjadi perantara dengan tugasnya menghubungkan antara pemilik properti yang ingin menjual propertinya dengan calon pembeli.
  • Agen properti (broker / marketing): orang yang secara individu atau mewakili perusahaan melakukan jual beli properti. Tugasnya kurang lebih seperti perantara.
  • Developer: disebut pula pengembang, adalah orang-orang atau perusahaan yang membangun properti, kemudian melakukan penjualan sendiri untuk properti yang telah dibangun tersebut.

Keuntungan Bisnis Properti

Bisnis properti dipercayai sebagai bisnis yang memiliki keuntungan jangka panjang dan bernilai investasi tinggi. Artinya, orang-orang yang menjalankan bisnis ini memiliki prospek yang cukup menjanjikan dalam hal mendapatkan keuntungan secara berkesinambungan.

Beberapa keuntungan yang bisa diambil dari bisnis properti:

1. Penghasilan Sepanjang Tahun

Jika ingin penghasilan yang rutin, terus menerus, bahkan berlangsung sepanjang tahun, maka Anda bisa berbisnis properti dengan sistem sewa menyewa. Properti yang bisa Anda sewakan misalnya rumah menjadi rumah kontrakan, rumah dengan beberapa kamar bisa menjadi rumah kost untuk mahasiswa, pekerja dari perantauan, dan sebagainya.

Properti yang bisa juga disewakan misalnya gedung perkantoran, ruang kantor, apartemen, bahkan lahan terbuka. Di kota-kota besar cukup banyak orang berbisnis dengan menyewakan lahan kosong yang mereka miliki untuk dijadikan lahan parkir kendaraan.

2. Keuntungan Dua hingga Tiga Kali Lipat

Jenis keuntungan lain yang bisa didapatkan dari bisnis properti adalah dengan sistem jual beli. Setiap tahun harga jual properti akan mengalami peningkatan, apalagi jika didukung dengan faktor-faktor lain, seperti lokasi yang strategis, bangunan terawat atau baru renovasi, dan sebagainya.

Anda bisa beli properti dengan harga murah, melakukan renovasi, dan menunggu ketika harga naik langsung bisa cari pembelinya untuk mendapatkan harga 2-3 kali lipat dari harga Anda beli.

Usaha properti tidak sekadar memberikan keuntungan sesaat saja, namun lebih bersifat jangka panjang. Inilah sebabnya bisnis properti selalu menjadi salah satu bisnis yang sangat menjanjikan, apalagi hingga hari ini masih banyak orang percaya bahwa investasi di bidang properti masih lebih menguntungkan dibandingkan dengan investasi di bidang lain.

Prospek Bisnis Properti di Indonesia

Anda sudah tahu bahwa bisnis properti memberi keuntungan yang besar, terlepas ada tidaknya modal untuk memulai bisnis ini. Nanti di artikel lain, kita akan membahas mengenai cara memulai bisnis properti dan modalnya. Namun untuk sekarang, mari kita lihat bagaimana prospek bisnis properti di Indonesia tahun 2020 ini.

Prospek usaha properti selama 5 tahun ke depan diprediksi masih sangat tinggi. Terlebih lagi dengan hadirnya banyak investor yang melakukan kerjasama dengan pengembang lokal. Perusahaan asal China, CFLD International dikabarkan telah berinvestasi sebesar 19,5 triliun di bidang pengembangan properti di Indonesia. Ini baru dari satu investor saja, belum lagi investor lainnya.

CFLD International sendiri sudah sangat berpengalaman dalam bidang bisnis properti di Indonesia. Sebab, perusahaan global asal negeri tirai bambu ini sudah menggarap banyak proyek besar sejak tahun 2016. Menurut Executive Director Indonesia Property Watch, Ali Tranghanda, adanya investor global seperti CFDL sangat membantu dalam permodalan. Dan tentunya, mereka membawa kabar baik dan harapan yang besar terhadap prospek bisnis properti di Indonesia di masa mendatang.

Saat ini, CFLD International memiliki proyek terbaru hasil kerja sama dengan salah satu investor global asal Singapura, yaitu Samanea. Keduanya tengah dalam proyek pembangunan mal atau pusat perbelanjaan dengan nama proyek Tangerang New Industry City alias TNIC. Tercatat CFLD International dan Samanea telah menandatangani pembelian tanah seluas lebih dari 7 hektar pada April 2019 lalu.

Proyek TNIC ini diperkirakan akan menjadi salah satu jalur yang menghubungkan para calon investor, pedagang serta konsumen, dan proyeksi ini diprediksi akan menjadi salah satu pusat perbelanjaan modern terbesar di sekitar wilayah Tangerang dan Jakarta Barat.

Hal ini membuktikan bahwa prospek bisnis properti di Indonesia masih sangat cerah dan potensial selama beberapa tahun kedepan. Ali Tranghanda juga menambahkan bahwa meskipun Indonesia termasuk salah satu wilayah dengan harga lahan paling murah di Asia – Pasifik, namun peningkatan di bidang industri dan properti sangat pesat.

Real Estate Indonesia mencatat selama 3 tahun terakhir, sudah ada kurang lebih 105 triliun rupiah yang masuk sebagai nilai investasi. Mayoritas investasi adalah hasil kerja sama antara CFLD International dengan Alam Sutera Group. Summarecon dengan Mitsui, dan Hyundai dengan Metland.

Bukan hanya bisnis properti di kalangan menengah ke atas dengan total investasi hingga milyaran bahkan triliunan, namun prospek bisnis properti di tingkat menengah ke bawah juga masih sangat potensial.

Dari sumber lain, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Real Estate Indonesia (REI), Bambang Eka Jaya, menjelaskan bahwa perizinan mendirikan bangunan (IMB) untuk membangun rumah masyarakat berpenghasilan rendah akan sangat dibantu, termasuk adanya sistem subsidi uang muka yang bisa menjamin ketersediaan dana saat program mulai berjalan.

Ide Bisnis Properti di 2020 – 2021

Melihat potensi bisnis properti beberapa tahun ke depan, Anda bisa memulai bisnis properti sendiri. Oleh karena itu, berikut ini adalah beberapa ide bisnis properti yang bisa Anda mulai sesegera mungkin.

1. Bisnis Jual Beli Tanah

Bisnis jual beli tanah masih menjadi salah satu bisnis properti dengan prospek paling cerah. Hal ini karena semakin lama jumlah lahan di Indonesia semakin sedikit. Untuk mendapatkan lahan strategis, orang sudah tentu harus menyediakan dana dalam jumlah cukup. Untuk itu, jika Anda melihat peluang adanya lahan yang memiliki prospek tinggi, jangan buang kesempatan itu untuk menjadikannya sebagai bisnis.

Untuk bisa mendapatkan peluang bisnis dari jual beli lahan ini, modal utamanya adalah relasi dan networking seluas-luasnya, baik di kalangan pebisnis properti sendiri, masyarakat sekitar, developer, pengembang di wilayah tertentu, atau jaringan pertemanan.

2. Agen Properti

Hampir mirip dengan jual beli tanah, menjadi seorang agen properti juga merupakan salah satu cara memulai bisnis properti di tahun 2020 – 2021. Jadi tugas Anda adalah menjadi seorang penghubung, makelar, atau broker sebuah properti yang ingin dijual, baik dalam bentuk ruko, tanah, atau bangunan, seperti rumah, apartemen, perkantoran.

Sama seperti bisnis tanah, Anda juga membutuhkan relasi yang luas untuk menjadi agen properti. Selain itu, dibutuhkan skill pemasaran yang mumpuni agar bisa meyakinkan pembeli untuk membeli properti yang Anda tawarkan.

3. Developer

Ide memulai bisnis properti di tahun 2020 – 2021 yang terakhir adalah dengan menjadi developer atau pengembang. Bila kedua ide sebelumnya membutuhkan relasi sebagai modal utama, untuk yang satu ini Anda membutuhkan modal berupa materi atau uang. Sebab, developer akan terlibat dalam pembangunan properti baik skala kecil maupun besar. Dan anda juga perlu siap menerima kerugian dalam jumlah besar.

Sedangkan untuk keuntungannya, Anda akan mendapatkan pembagian dari hasil properti sesuai dengan perjanjian. Demi kelancaran bisnis, Anda perlu memiliki kerjasama yang baik antara pemerintah setempat agar proyek properti Anda bisa berjalan dengan lancar.

Seperti itulah perkiraan mengenai prospek dan keuntungan bisnis properti di Indonesia dan sedikit pembahasan tentang ide memulai bisnis properti di tahun 2020 – 2021. Dapat disimpulkan bahwa bisnis properti masih menjadi salah satu investasi paling menguntungkan dan potensial untuk jangka panjang di Indonesia. Jadi bila Anda tengah memikirkan memulai bisnis, maka bisnis properti menjadi salah satu cara yang perlu Anda pertimbangkan.

174 total views, 5 views today

SHARE
Previous articleO2 Plus Urban Pop Grand Wisata Rumah Impian Keluarga Indonesia
Next article6 Cara Memulai Bisnis Properti untuk Pemula

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here