Pusat Factory Outlet di Jakarta

“Ke Jakarta itu ya untuk shopping. Banyak mall dan pusat perbelanjaan.” Inilah kalimat yang sering saya dengar dari adik-adik yang memang jago shopping. Apalagi memang banyak kan pusat factory outlet di Jakarta. Nah, apa yang dimaksud factory outlet? Di mana sih pusat factory outlet di Jakarta? Baca cerita saya yang pernah jalan-jalan ke FO ini ya.

Apa yang Dimaksud Factory Outlet?

Factory Outlet (FO) adalah bisnis yang menjual produk pakaian langsung dari pabrik berkualitas ekspor. Mudahnya, produk yang dijual di FO adalah produk sisa ekspor dan harganya pun miring. Bahkan, cukup banyak FO sekarang yang punya pabrik sendiri.

Berkunjung ke Pusat Factory Outlet di Jakarta Utara

FO di Mangga Dua Square

Nah, saya pernah lho main ke pusat factory outlet di Jakarta Utara, tepatnya ke Mangga Dua Square. Saat memasuki pusat wisata belanja di Jakarta ini, mata saya langsung tertuju ke tulisan besar berwarna putih berlatar merah “DSE Factory Outlet”.

“Nah itu ada factory outlet DSE!” kata saya ke suami yang berjalan di sisi saya.

“Bagus-bagus tuh bajunya,” sahut suami seraya menunjuk ke salah satu manekin yang memajang setelan pria. “Eh, tapi ntar dulu, kita makan dulu. Laper nih,” lanjut suami seraya menarik tangan saya yang sudah tak sabar untuk memasuki factory outlet.

Iya sih, sekarang jam makan siang. Perut juga sudah keroncongan. Tadi sebelum pergi kami memang niat untuk makan siang di luar makanya kami tidak masak di rumah. Jadi akhirnya kami pun jalan-jalan dulu hingga ke lantai bawah untuk cari tempat makan. Namanya pusat perbelanjaan pastilah banyak tempat makan enak, kan?

Pilihan Outlet yang Beragam di Pusat Factory Outlet Jakarta

Selesai makan siang, kami melanjutkan kembali acara jalan-jalan. Karena makan di lantai bawah, kami pun mulai menjelajahi lantai bawah dulu. Benar saja, selain factory outlet DSE yang tadi sudah saya lihat, ternyata ada cukup banyak factory outlet di Mangga Dua Square, seperti Amira Factory Outlet, Premier Factory Outlet, Chois FO, Fifth Avenue, dan DSE Factory Outlet.

Factory Outlet Premier

Premier adalah factory outlet pertama yang saya masuki. Tempatnya luas dan penataan ruangnya juga bagus hingga lebih leluasa untuk memilih produk pakaian yang tersedia. Model-model pakaian di sini kekinian banget. Benar-benar mengikuti gaya pakaian generasi milenial.

Di salah satu sudut Premier terdapat area yang khusus memajang berbagai model jaket, mulai jaket parka, hodie, jaket tebal khusus untuk menahan udara dingin beserta perlengkapan penutup kepala dan kuping. Selain itu, tersedia pula pakaian pria, wanita, juga anak-anak.

Chois FO & Amira FO

Puas cuci mata di Premier, saya menjelajah ke Chois FO yang berada di belakang Premier dan menemukan koleksi pakaian big size, ukuran spesial untuk orang yang kebetulan bertubuh besar. Sementara saat menjelajah ke Amira, saya malah menemukan koleksi baby doll (pakaian tidur) lengan panjang dan kaki panjang hanya seharga 35 ribu. Murah banget dibandingkan harga di luaran, padahal kualitasnya bagus.

Koleksi pakaian kekinian

Fifth Avenue

Fifth Avenue adalah FO yang memiliki produk beragam. Tak hanya koleksi baju kekinian, namun juga ada koleksi berbagai tas wanita, dompet, boneka, dan pernak-pernik wanita lainnya. Dalam pikiran saya sudah mendata mau beli yang mana saja dari factory outlet yang sudah saya kunjungi. Mana lagi hampir di semua outlet penuh dengan diskon, mulai dari yang diskon 20 persen, 30 persen, bahkan ada produk pakaian yang diskon hingga 50 persen.

Factory Outlet DSE

Dan akhirnya, saya masuk juga ke factory outlet DSE, factory outlet pertama yang saya lihat saat baru datang ke pusat wisata belanja factory outlet ini. Di DSE, koleksi pakaian yang bagus-bagus jauh lebih banyak karena ruangannya lebih luas.

Produk yang paling banyak tersedia di sini adalah celana jeans berbagai merek dan ukuran. Di sinilah akhirnya pertahanan saya jebol karena melihat celana jeans Wrangler seharga 150 ribu dan ketika bayar di kasir masih dapat diskon lagi hingga akhirnya saya hanya bayar 105 ribu saja.

Mangga Dua Square Pusat Factory Outlet Jakarta

Mangga Dua Square adalah salah satu pusat wisata belanja di Jakarta, layaknya Mangga Dua yang ada di jalan Mangga Besar dekat Kota Tua, Jakarta, atau sama favoritnya dengan Tanah Abang. Selain pengunjung personal yang membeli produk untuk diri sendiri, banyak pula pedagang dari luar daerah yang kulakan barang di sini untuk dijual kembali di daerahnya.

Pada awal tahun 2018, Mangga Dua Square berbenah diri dan dicanangkan sebagai pusat factory outlet Jakarta. Apalagi, sudah ada lima factory outlet besar seperti yang sudah saya ceritakan di atas, bergabung di Mangga Dua Square. Nanti di pertengahan Desember 2018 akan ada factory outlet baru yang buka cabang di sini, yaitu Raja FO.

Pernah dengar kan, tentang Raja FO? Ya, Raja FO sudah terkenal dengan koleksi barang branded seperti Levi’s, Zara, Blueberry, dan sebagainya. Sebagai factory outlet yang baru buka maka ada program khusus yang disediakan bagi para pengunjung, yaitu:

  • Jaminan barang bagus dan berkualitas (tanpa cacat).
  • Barang boleh dikembalikan jika pembeli tidak puas dengan kualitasnya.

Tuh programnya sudah pasti menguntungkan banget, terutama pada bagian bisa kembaliin barang kalau tidak cocok dengan kualitasnya. Mesti siapin dompet nih untuk pertengahan Desember 2018 ini biar bisa borong baju baru di Raja factory outlet.

Banyak Pilihan Busana Berkualitas Ekspor di Mangga Dua Square

Lokasi Mangga Dua Square Strategis

Kalau kebetulan pengunjung berasal dari luar kota dan hendak menikmati wisata belanja di Jakarta yang lengkap, ya Mangga Dua Square Pusat Factory Outlet Jakarta ini tempatnya. Di sekitar Mangga Dua Square juga terdapat 4 hotel berbintang yang bisa kamu pilih sebagai tempat menginap selama berada di Jakarta.

Saya sudah berkunjung ke beberapa Factory Outlet di Jakarta. Kamu kapan? Pertengahan Desember 2018 ini aja yuk… kita borong baju baru untuk menyongsong tahun baru nanti.

Note: pada update hari ini, yaitu bulan Oktober 2022, saya belum main lagi ke Mangga Dua Square ya, terutama sejak masa pandemi melanda Indonesia. Namun dari berita yang saya baca, di Mangga Dua Square sekarang kita juga bisa mendapatkan berbagai produk UMKM dan UKM lokal lho. Pastinya sih koleksi produknya banyak pilihan. Untuk memastikannya, kamu bisa check dulu ke website Mangga Dua Square untuk cari tahu informasi terkini di sana ya.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

Tinggalkan komentar