Cara tingkatkan produktivitas dengan membuat rencana mingguan yang kali ini saya tuliskan hanyalah untuk sedikit berbagi berdasarkan pengalaman yang selama ini saya jalani.

Sebagai seorang penulis buku, blogger, pegiat sosial media, ada cukup banyak hal yang ingin (dan harus) saya kerjakan dalam waktu 24 jam yang tersedia (sebenarnya tidak full 24 jam ya karena saya kan juga harus tidur, harus jalan-jalan, harus ini itu).

Tak dipungkiri, adakalanya saya juga keteteran loh. Tapi dengan membuat rencana mingguan secara rutin, saya sedikit terbantu untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dan bisa lebih produktif.

Cara Tingkatkan Produktivitas Dengan Membuat Rencana Mingguan

Jadi bagaimana dampak membuat rencana mingguan bisa meningkatkan produktivitas? Mari kita bahas satu-satu.

1. Buat Rencana Mingguan di Hari Minggu

Setiap hari Minggu, bisa sore atau malam sebelum tidur, saya akan meluangkan waktu bersama kalender atau agenda kerja dan memikirkan pekerjaan apa saja yang harus selesai dalam satu minggu berikutnya. Setelahnya, saya menyusun daftar dari yang paling penting. Selain itu, saya juga menyusun langkah-langkah kecil yang perlu dilakukan secara rutin agar tujuan besar atau goal yang saya inginkan bisa tercapai.

Dengan membuat rencana mingguan, saya bisa mengefektifkan waktu yang saya miliki, menjadi lebih produktif, bahkan bisa melihat ada waktu kosong yang bisa digunakan untuk melakukan sesuatu yang saya senangi, misalnya membaca buku, pergi berenang, pergi jalan-jalan, dan sebagainya.

Latihan: sediakan waktu di hari Minggu sore atau malam untuk menyusun rencana mingguan. Susun terlebih dahulu yang paling penting, yang harus diselesaikan, atau yang membutuhkan fokus dan ketersediaan waktu lebih banyak.

2. Pahami Tugas dan Alur Setiap Pekerjaan

Di dalam hidup ini banyak hal yang ingin dilakukan dalam satu waktu. Ada banyak impian-impian yang juga ingin diwujudkan. Agar dalam sehari ada lebih banyak pekerjaan bisa diselesaikan dan satu persatu impian tercapai maka yang saya lakukan adalah memahami tugas dan alur setiap pekerjaan.

Dengan kata lain, pada tahap ini saya menentukan pekerjaan yang lebih dikerjakan berdasarkan skala prioritas. Pekerjaan yang membutuhkan effort besar dan dengan tingkat kesulitan tinggi akan saya kerjakan terlebih dahulu.

Kalau sudah selesai, rasanya pasti jauh lebih ringan untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan berikutnya. Menyelesaikan pekerjaan berdasarkan skala prioritas ini sudah terbukti banyak dilakukan oleh orang sukses dan dipercaya sebagai cara terbaik tingkatkan produktivitas.

Latihan: sediakan satu halaman di agenda atau sediakan bagian catatan di kalender untuk membuat diagram skala prioritas. Nanti bisa dibaca di artikel lain terkait diagram skala prioritas dalam blog ini ya.

3. Tetapkan Hal-hal Paling Penting

Progres mingguan akan terlihat jika ada lebih banyak pekerjaan yang selesai. Itu sebabnya, selain menentukan pekerjaan yang harus dikerjakan (dan diselesaikan), perlu pula menentukan 3 pekerjaan penting yang harus selesai dalam satu hari dan 5 pekerjaan besar yang mesti selesai dalam satu minggu. Semakin sistematis rencana mingguan dan rencana harian yang dibuat maka akan membantu banget untuk meningkatkan produktivitas.

Latihan: Di hari Minggu sore, setelah menyusun rencana mingguan, buatlah 5 hal besar yang mesti selesai dalam waktu satu minggu. Lalu setiap malam sambil mengevaluasi rencana harian, susun 3 pekerjaan yang perlu diselesaikan keesokan harinya.

4. Manfaatkan Kalender Secara Maksimal untuk Tingkatkan Produktivitas

Setelah mengelompokkan pekerjaan berdasarkan skala prioritas serta telah menentukan 5 pekerjaan yang perlu diselesaikan dalam satu minggu dan 3 pekerjaan yang harus selesai dalam satu hari, selanjutnya adalah menetapkan lamanya satu pekerjaan perlu dikerjakan. Artinya, ada skala waktu dalam bentuk jam tertentu yang perlu ditetapkan.

Pada saat menyusun jadwal berdasarkan skala waktu ini kita perlu pula memasukkan ke jadwal harian, hal-hal lain di luar pekerjaan, seperti jam makan, janji bertemu dokter, janji nongkrong dengan teman, dan di waktu kapan kita harus memblokir telepon masuk atau mematikan notifikasi media sosial. Memblokir telepon masuk dan notifikasi media sosial perlu dilakukan saat mengerjakan pekerjaan yang membutuhkan fokus lebih besar.

Latihan: dari rencana mingguan yang telah ditentukan, mulailah menetapkan jam mulai dan jam berakhir pekerjaan tersebut dan berusahalah menepatinya. Lakukan evaluasi setiap malam, berapa banyak daftar di rencana harian dan rencana mingguan yang berhasil direalisasikan?

5. Beri Reward untuk Setiap Keberhasilan Kecil

Bekerja keras dan fokus pada peningkatan produktivitas memang perlu dilakukan demi tercapainya impian dan tujuan yang telah ditetapkan. Namun di saat yang sama, perlu pula disadari bahwa hidup perlu keseimbangan. Tidak ada gunanya kita bekerja mati-matian, lalu pada akhirnya kita stres, depresi, dan jadi tak bahagia.

Agar hidup jadi seimbang, selain fokus pada keberhasilan terwujudnya rencana kerja dan meningkatnya produktivitas, perlu banget lho belajar menghargai diri sendiri. Caranya adalah dengan memberi reward bagi diri sendiri ketika ada progres, baik kecil maupun besar, yang berhasil kita capai setiap minggunya.

Reward ini bisa berupa ‘me time’, waktu khusus untuk mengerjakan hal-hal yang kita sukai, bisa pula bepergiaan bersama orang tersayang atau keluarga, atau membeli produk yang sudah lama diimpikan. Tahu tidak, memberi reward untuk keberhasilan-keberhasilan kecil ini, bisa pula menjadi motivasi untuk meraih lebih banyak keberhasilan di minggu berikutnya.

Ingin jadi lebih produktif, coba deh cara tingkatkan produktivitas dengan membuat rencana mingguan dalam tulisan ini. Jangan mengkhawatirkan hari esok, tetapi fokuslah untuk melakukan hal terbaik yang mampu dilakukan hari ini.

Pokoknya saya dan kamu sudah berusaha yang terbaik, percaya saja Tuhan akan memberikan jalan sehingga ada lebih banyak hal baik yang bisa kita lakukan di hari selanjutnya. Selamat mencoba cara tingkatkan produktivitas dengan membuat rencana mingguan dan semoga bermanfaat.

 15,336 total views,  2 views today

42 KOMENTAR

  1. […] Cara Menyusun Prioritas Kerja, ada baiknya kamu membaca terlebih dahulu tulisan lain saya mengenai Cara Tingkatkan Produktivitas Kerja Dengan Membuat Rencana Mingguan. Mengapa? Karena kedua tulisan ini berhubungan dan saling […]

  2. Nah pas nih ya minggu2 libur gini nyusun juga rencana kerja. Aku dari pagi udah selalu save di otak, biasanya habis subuh BW, beres2 buat sarapan. Kerja, hehe

  3. Lagi suntuk gini, menemukan tulisan yang sangat inspratif banget, memang sedang membutuhkan informasi bagaimana manajeman waktu, kadang aku merasa lelah karena kurang bisa membagi waktu dengan baik dan salah strategi ternyata.. well note kakak, tips diatas akan aku jalankan dengan semampu saya dan semoga mendapatkan manfaatnya langsung dengan menjalankan tips diatas

    • Sepakat banget nih mba Mon dengan cara meningkatkan produktivitas. Kalau saya sih sekarang pakainya dashboard due date dan pakai sticky note di laptop dengan warna tertentu untuk menentukan prioritas. Dan kalau tercapai terus mendapatkan imbalan, pastinya langsung ajak keluarga juga untuk menikmati rewardnya.

  4. Lagi suntuk gini, menemukan tulisan yang sangat inspratif banget, memang sedang membutuhkan informasi bagaimana manajeman waktu, kadang aku merasa lelah karena kurang bisa membagi waktu dengan baik dan salah strategi ternyata.. well note kakak, tips diatas akan aku jalankan dengan semampu saya dan semoga mendapatkan manfaatnya langsung dengan menjalankan tips diatas.. siap laksanakan!

  5. Wahhh aku ga pernah nulis-nulis di agenda nih mba, paling cuma diingatan aja. Kadang suka ngomong sendiri, “qw sekarang mau ngapain ya”

  6. Duhhh ini jadi menyentil aku banget deh. Memang kayaknya aku kudu bikin list untuk rencana kerja mingguan deh, biar lebih fokus dan produktif.

    Thanks atas sharingnya yaaa

  7. sebelum kerja di dunia kreatif aku tuh sering banget bikin agenda selama seminggu mau ngapain aja.. sampai kutulis detail lho, dan ku warna-warnain gitu tergantung skala prioritasnya. tapi sekarang mulai males nyusun to do things list kayak begini, padahal ya manfaatnya tuh kepake banget deh. Baca tulisan mba jadi bikin aku pengen ngelakuin lagi deh

  8. Wajib banget di catet tipsnya mbak monic, biar makin produktif, makasih yah sudah membuat tulisan yang bermanfaat, wajib di praktekin nih tips-tips nya.

  9. Nah pas banget nih mbak aku lagi mau naikin produktivitas juga nih. Selain catet di buku aku juga sekarang tempel note di dinding. Reminder gitu maksudnya hhehehehehe

  10. kasih reward emang paling pas buat ningkatin semangat kerja. hehe saya biasanya juga ngasih reward kerjaan setiap bulan sekali. biar bulan depannya tetep semangat terus kerjanya.

  11. Bisa dicoba nih tipsnya. Saya biasanya menyusun planning activity lbh sering dadakan pas malam atau 2 sampai 3 hari sebelumnya

  12. Bulan desember ini dapat kerjaan baru yang lumayan bikin keteteran nih. Jadi nemu artikel ini jadi terbantu buat menyusun kembali rencana biar makin produktif tahun depan.

  13. Membuat rencana mingguin aku sering lakukan, beneran deh semakin teratur kerjanya, jadinya produktivitas kerja semakin meningkat. Kadangkan aku suka pelupa, dengan membuat rencana jadinya tenang.

  14. stuju banget nih, kalo dilakukan dengan konsisten, produktivitas kita pasti maksimal. makasih ya tipsnya mba Monicaaa…

  15. Aku awalnya semangat sekali bikin rencana mingguan tapi emang dasarnya aku kurang tegas pada rencana yg gw bikin sih. Akhirnya aku cenderung spontan aja melakukan aktivitasnya. Untuk skrg ya rencana bulanan aja dulu deh. Takut bnyk yg skip utk rencana mingguannya. Intinya sih harus disipliiiiin aja. Ini sih yang susah.

  16. Bener banget mbamon, bikin rencana mingguan bikin kerjaan makin tertata karena ga bingung lagi seminggu ke depan mau ngerjain apa
    Bisa diterapkan juga baik di rumah maupun kerjaan kantor

  17. Intinya harus konsisten ya, Mba. Rutin membuat jadwal mingguan membantu memudahkan kita dalam bekerja. Dan memang yang paling penting jangan pernah menunda pekerjaan.

  18. Mba Mon iki pasti orang sibuk ya, jadwale padet nemen jeh. Ya ngeblog, ya nulis buku juga, sibuk sebagai pegiat sosmed dan masih banyak lagi aktivitas lainnya yang nggak mungkin saya sebutin satu per satu. Namun meski tetap sibuk, Mba Mon tetap bisa menjaga produktivitasnya dengan sangat baik, agar tetap bisa bekerja secara profesional. Keren deh.

    Ternyata triknya ini toh, pantesan ya meski sibuk, tapi semua task bisa terselesaikan dengan baik. Terima kasih Mba, saya jadi termotivasi untuk membuat tips yang sama, meski nggak sama plek banget, tapi setidaknya bisa dijadikan acuan.

    Thanks for sharing it my bosss, hehehe…

  19. Setelah sebulan kmrn karena riweuh mudik akhirnya bulan ini aku isi lagi jurnalnya dan bikin rencana lagi. Kadang momen liburan itu bisa bikin buyar bgt produktifitasnya.

    Membuka kita produktif lg salah satu cara paling ampuh dengan membuat prioritas ya. Biar ga overwhelming. Thanks utk tipsnya mbak. Semoga sehat selalu

  20. Saya nih sering banget keteteran. Jadwal momong, ngajar dan ngeblog bikin puyeng juga. Saya biasanya bikin jadwal to do list aja kak mon. Trus diisi ama target2 pribadi buat penyemangat.
    Tapi yaa entahlah meski udah bikin jadwal ternyata masih sering aja keteteran. Haha.. Kayaknya kudu dirukyah nih aku

  21. Jadi tercerahkan dengan tekniknya Mbak Mon, karena dilengkapi juga dengan cara latihannya. Dapat dipraktikkan langsung juga ya. Semoga daku bisa Istiqomah untuk melakukannya

  22. Keren.

    Masih PR banget nih buat aku soal skala prioritas sebenarnya. Aku cenderung menyelesaikan pekerjaan ala first in first out gitu Kak. Aku menyusun mana yang tanggal pengerjaannya lebih dulu.

    Tapi ya gitu deh jadinya. Kadang jadi mengerjakan yang mudah dulu. Kadang yang sulit dulu.

    Terima kasih banyak atas sharing-nya ya Kak. Mana tau bisa aku coba, semoga cocok sama cara kerja aku, biar tetap punya waktu me time.

  23. aku kalau bikin rencana mingguan seringnya buyar gara gara kepentok sama yang lain, kadang sama suami kadang anak juga. Tapi kalau harian lebih sering berhasil sih… Pengen juga punya rencana mingguan biar lebih produktif gitu…
    Btw, kalo urusan ngasih reward ke diri sendiri aku maju duluan ahahaha

  24. Makasih tipsnya, Mbak. Bikin rencana mingguan itu memang membantu banget meningkatkan produktivitas. Tapi belakangan ini saya males huhuhu, jadi suka keteteran dan bingung sendiri ngatur skala prioritas. Abis ini mau semangat bikin lagi ah.

  25. hm iya sepertinya buat to do list harian saja nggak cukup ya mbak mon, kudu buat rencana kerja mingguan, biar lebih produktif

  26. Mantap banget ini tipsnya. Perlu banget dicatat dan dipraktekkan. Makasih banyak ya mba. Btw, beri reward buat diri juga penting yaaa… Oke lah mulai sekarang harus meningkatkan produktivitas kerja nih

  27. kayanya emang biar lebih produktif aku harus bikin rencanan mingguan deh. Mau cobain bua minggu depan aaahhhhhh. Semangaaaatttt

  28. Tips-tipsnya oke banget, makasih ya Kak Mon, sejak jadi full time mom kayaknya saya jauh dari kata produktif huhu, sulit ngatur waktu juga

  29. Seringnya agenda dibuat Minggu over dari realita akhirnya lelahnya numpuk
    Huhu perlu manajemen produktif yang lebih baik dengan mengikuti info di artikel ini
    Challenge diri aaah…

  30. ka Mon sama saya suka buat rencana mingguan gitu, bahan saya list by day day biar tahu sudah selesai apa belum dan memudahkan juga mau ngerjain apa di hari itu dan rasanya lebih terontrol semua aktifitasnya

  31. Tips memang ampuh, aku sering terapkan dalam keseharian aku. Untungnya apa yang kita kerja itu terencana dan dapat mengefesiensikan waktu.

  32. Rencana mingguan itu penting banget memang mbak. Aku selama ini tipe yang suka spontan tapi malah keteteran dan bingung mau ngerjain yang mana deluan. Semenjak bikin planning jadi lebih tertata dan produktif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here