Cara Membuat & Pengalaman Tanda Tangan Digital dengan Privy

Home » Bisnis » Cara Membuat & Pengalaman Tanda Tangan Digital dengan Privy

Pernah tidak kamu mengalami harus menandatangani dokumen penting di atas meterai, sementara kamu tidak mungkin bawa meterai ke mana-mana. Dalam kondisi seperti ini, kira-kira kamu bakal panik tidak? Hmmm… sebenarnya di era digital seperti sekarang, ada kok solusi praktisnya, asalkan kamu tahu cara membuat tanda tangan digital. Yuk, baca pengalaman saya di artikel ini.

Pentingnya Bisa Membuat Tanda Tangan Digital

Kenapa sih kita perlu bisa membuat tanda tangan secara digital? Sebagai seorang penulis dan freelancer di dunia digital, ada saja kejutan tak terprediksi.

Saya pernah berada pada situasi di mana saya harus menandatangani dokumen penting di atas meterai hanya dalam waktu satu jam. Iya, saya hanya punya waktu satu jam karena berkaitan dengan kesepakatan pekerjaan.

Kalau saat itu saya berada di rumah dan duduk di meja kerja dengan laptop terbuka, ya tak akan ada masalah. Sayangnya, saat itu saya sedang di atas bus yang lagi melintasi tol Trans Jawa menuju Surabaya, daaan saya tidak membawa meterai.

Tak mungkin kan saya minta supir bus untuk mampir sebentar ke toko terdekat hanya untuk beli meterai… hahaha.

Kenapa saya tidak minta waktu saja atau tanda tangan dokumen setelah tiba di rumah? Ya, bisa saja. Tapi tetap ada risiko pekerjaan batal. Pastinya sayang banget kan, kesempatan baik hilang hanya karena tidak bisa langsung menandatangani dokumen.

Saya rasa, kejadian seperti ini pasti sering juga dialami para pebisnis atau profesional di bidang lain.

Itulah sebabnya, penting banget lho di masa sekarang kita bisa membuat tanda tangan digital, apalagi sekarang ada Privy. Apa itu Privy? Sebentar, kita bahas satu persatu ya.

tanda tangan digital

Apa Itu Tanda Tangan Digital?

Tanda tangan digital adalah tanda tangan versi digital atau elektronik yang berguna untuk menandatangani dokumen secara online.

Bentuk tanda tangan digital bisa sama atau berbeda dengan tanda tangan yang tercetak di kertas, namun pembuatannya menggunakan teknologi kriptografi. Ini untuk menunjukkan integritas dan otentikasi dokumen yang kita tanda tangani.

Dengan memiliki tanda tangan digital, proses verifikasi dan mengesahkan dokumen bisnis jadi lebih mudah, efisien, dan praktis, tanpa harus bertemu muka. Bahkan bisa mengurangi biaya cetak dan pengiriman dokumen fisik.

Cara Membuat Tanda Tangan Digital dengan Privy

Waktu adalah aset yang sangat berharga. Ini saya yakin banget nih. Tak hanya bagi saya yang berprofesi sebagai freelancer, namun juga bagi banyak orang.

Salah satu manfaat memiliki digital signature adalah saya dapat menyelesaikan transaksi secara online dengan cepat, aman, dan bisa menghemat waktu dan tenaga dalam prosesnya. Cara membuat tanda tangan sebenarnya sangat mudah. Kita tinggal menggunakan Privy.

Jadi, Privy adalah platform yang menyediakan solusi lengkap untuk membuat tanda tangan digital dengan mudah dan aman, bahkan sampai proses penandatanganan dokumennya.

Berikut cara menandatangani dokumen menggunakan Privy:

1. Buat Akun di Privy

Untuk membuat dan memiliki tanda tangan versi digital, kita harus membuat akun dan mendaftar dulu di platform Privy.

Proses pendaftarannya sederhana dan cepat. Kita tinggal mengisi formulir yang tersedia dengan data yang benar.

Jika sudah, Privy butuh 1×24 jam kerja untuk melakukan verifikasi data dan memastikan data yang kita input memang benar.

contoh akun Privy

2. Login ke Akun Personal di Privy

Pantau proses verifikasi akun di email. Kalau data sudah terverifikasi, maka kita bisa menggunakan Privy untuk membuat tanda tangan digital.

Caranya:

  • Jika menggunakan laptop atau desktop, login dulu ke website Privy. Sementara kalau menggunakan aplikasi, unduh dulu aplikasinya.
  • Login menggunakan username dan password.
  • Tampilan dashboard akun Privy kita bisa dilihat pada gambar di bawah ini.

Tampilan dashboard akun Privy

3. Buat Tanda Tangan Elektronik

Setelah berhasil masuk ke akun, maka selanjutnya kita perlu membuat tanda tangan elektronik atau tanda tangan digital terlebih dahulu.

Privy menyediakan berbagai opsi untuk menyesuaikan tanda tangan sesuai dengan preferensi kita. Artinya, kita bisa menyamakan versi digital dengan tanda tangan yang biasa kita tulis di kertas.

Cara lain, kita juga bisa menggunakan template yang sudah disediakan Privy. Tinggal buat gaya dan ukuran tanda tangan sesuai yang kita inginkan.

4. Miliki Sertifikat Digital

Setelah membuat tanda tangan, selanjutnya kita juga perlu memiliki sertifikasi digital untuk meningkatkan keamanan.

Menggunakan Privy, proses mendapatkan sertifikat digital akan jauh lebih mudah. karena tersedia fitur user identity verification menggunakan KTP dan face recognize.

Inilah yang membuat Privy juga menjadi salah satu Electronic Certificate Provider (PSrE) yang resmi dan terdaftar di Kementerian Komunikasi dan Informasi, serta terdaftar juga di OJK.

menandatangani kontrak kerja lebih praktis dengan Privy

Cara Menandatangani Dokumen Penting di Privy

Saya sudah menggunakan Privy sejak tahun 2021 dan hampir semua dokumen dalam transaksi digital saya tanda tangani dengan Privy.

Berdasarkan pengalaman saya selama ini, ya Privy sangat memudahkan ya. Apalagi saya bisa sekaligus membeli e-meterai untuk dokumen-dokumen resmi yang membutuhkan tanda tangan di atas e-meterai.

Untuk menandatangani dokumen penting di Privy, ikuti langkah berikut:

1. Login ke Akun Privy

Karena sudah memiliki akun yang siap digunakan, maka kita tinggal masuk atau login ke akun kita di Privy. Masuklah dengan username dan password terdaftar.

Login ke akun bisa melalui laptop atau desktop atau melalui aplikasi. Pastikan perangkat yang digunakan mendukung dan bisa memudahkan proses menandatangani dokumen ya.

Kalau saya, lebih suka mengakses Privy melalui laptop, karena prosesnya tinggal drag and drop. Atau kalau sedang di perjalanan, saya akan mengaksesnya menggunakan tablet yang sudah lengkap dengan stylus untuk membuat tanda tangan.

2. Beli e-Meterai

Jika dokumen harus menggunakan meterai, maka saya akan membeli dulu e-meterai langsung di Privy. Tinggal klik “isi ulang” pada kotak e-Meterai Balance.

Kemudian, lakukan pembayaran menggunakan Privy Balance. Bisa juga membayar melalui aplikasi pihak ketiga, seperti melalui dompet digital atau aplikasi pembayaran online lainnya.

3. Unggah Dokumen dan Pasang e-Materai

Setelah pembelian e-meterai sukses, unggah dokumen yang ingin kita tanda tangani. Lalu, klik “continue” dan pilih menu “tanda tangan dengan meterai”.

Jangan lupa, setujui “share” dokumen ke Peruri.

cara memasang e-meterai di Privy

4. Atur Posisi e-Meterai

Kalau e-meterai sudah terunggah, coba cari dulu letak e-meterainya. Dulu saya sempat bingung lho, dan langsung klik selesai. Alhasil posisi meterai tidak pada tempat yang seharusnya.

Jadi waktu itu, setelah mengunggah dokumen dan input e-meterai, ternyata posisi e-meterai muncul di bagian atas kiri dokumen. e-Meterai tersebut harus kita geser dulu ke bawah kanan dokumen.

Menggesernya bisa menggunakan mouse (di laptop atau komputer desktop), atau gunakan stylus kalau menggunakan jenis gadget lainnya.

Pokoknya, pastikan dulu ya letak e-meterai sudah benar dan sesuai dengan yang seharusnya, baru tandatangani dokumen.

5. Tips Tanda Tangan Digital dengan e-Meterai

Kamu pasti terbiasa menandatangani dokumen cetak yang bermeterai di atas meterainya, kan? Nah, kalau pembubuhan tanda tangan digital sedikit berbeda lho.

Jadi, penandatanganan dokumennya bukan tepat di atas gambar e-meterai (menimpa e-meterai), melainkan di samping e-meterai. Boleh di samping kiri atau samping kanan, dan tidak perlu mengenai e-meterai.

Keamanan Privy terjamin

Apakah Aman Membuat Tanda Tangan Digital di Privy?

Salah satu pertanyaan yang sering diajukan, aman tidak sih menggunakan Privy? Nah, Privy telah memastikan semua proses di platform ini memiliki tingkat keamanan yang tinggi karena sudah menggunakan teknologi enkripsi yang kuat dan protokol keamanan yang ketat.

Bahkan menggunakan platform dan aplikasi Privy bisa meminimalkan risiko terjadinya pemalsuan dokumen, pemalsuan tanda tangan, atau risiko dokumen rusak dan hilang.

Selain sudah terdaftar sebagai PSrE di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika serta telah diakui oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) & BI (Bank Indonesia), tanda tangan digital Privy juga sah secara hukum sesuai Peraturan Perundang-undangan Indonesia pasal 11 UU ITE.

Demikian ulasan tentang cara membuat tanda tangan digital dan pengalaman saya menandatangani dokumen menggunakan Privy. Semua prosesnya yang mudah dan praktis sudah tentu sangat membantu saya dalam urusan menandatangani dokumen dan transaksi digital lainnya. Kamu punya pengalaman yang sama? Yuk, berbagi di kolom komentar.

Sedang mengikuti pelatihan prakerja untuk meningkatkan skill

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

38 pemikiran pada “Cara Membuat & Pengalaman Tanda Tangan Digital dengan Privy”

  1. yang paling aku suka fitur e-meterai-nya nih. udah gampang banget beli dan bayarnya, pun mudah saat digunakan. benar-benar mempersingkat waktu dan tenaga untuk urusan administrasi

    Balas
  2. Dulu waktu aktif kerja, suka banget gunain tanda tangan digital. Sekarang ini bidang teknoloji semakin maju, tapi sayangnya banyak masyarakat yang masih ketinggalan dan kurangnya minat mengetahui hal-hal baru. Coba aja klo petugas kecamatan dan dukcapil tahu apa itu Privy, kita nggak usah bolak-balik, kasih copy ktp, tanda tangan manual, cap meterai dll.

    Balas
  3. Sepertinya saya harus mempelajari sekaligus install aplikasi Privy ini deh.. Mengingat pekerjaan saya banyak berhubungan dengan dokumen-dokumen yang harus ditandatangani di atas meterai lalu dikirim dan disimpan secara digital.

    Balas
  4. Semudah itu ya dengan teknologi ini, gak perlu lagi ngeprint, kasih sign, terus scan lalu kirim. Pakai privy jadi lebih praktis menghemat waktu dan hemat kertas

    Balas
  5. Praktis jadinya nggak perlu repot cari materai dulu buat bikin perjanjian kerja. Ada Privy jadi lebih cepat dan efisien. Kapan saja dan di mana saja.

    Balas
  6. Zaman pandemi aku mulai pakai PrivyId, untuk keperluan mengeluarkan nilai mahasiswa dan harus upload nilai dalam file PDF. Nah, di sini aku kenal ttd digital.
    Wah…malah sekarang u/ dokumen yg pakai materai, bisa pakai e-materai aja yah. Lebih praktis engga usah scan-scan ttd.

    Balas
  7. Emeterai ini berguna banget buat kerjaan, apalagi kalau butuh cepat. Ringkas dan praktis.
    Hanya perlu pembiasaan aja biar gak kagok makainya

    Balas
  8. Aku juga pakai Privy, kemarin itu kayaknya pas ikut tes PPPK. Memang sangat dimudahkan banget, apalagi statusnya legal. Tanda tangan digital adalah solusi di era digital

    Balas
  9. Pernah, Mbak. Waktu itu saya lagi ngebolang ke Makassar. Eh, ada SPP buku yang Harus ditanda tangani dan dokumen sudah dikirim ke kebumen. Duh panik. Untung penerbitnya mau mengerti.

    Coba kalau sekarang, kan tinggal kirim via email, Lalu pakai e-meterai saja, Lebih mudah dan cepat.

    Balas
  10. Mudah banget ya kak bikin tanda tangan digital di Privy. Tinggal bikin akun, ntr tinggal langsung hubungkan ke dokumen yg akan ditandatangani.

    Lbh enak lagi kalo instansi yg butuh tanda tangan digital tuh udh kerja sama dgn Privy. Tinggal koneksikan aja dgn akun kita. Langsung beres dah tuh tanda tangan.

    Ini terjadi wkt aku bikin rekening tabungan dan membuka deposito perbankan. Kita ga perlu dtg ke bank loh. Ckp bikin dr rumah. Ga sampe 5 menit pun selesai. Rekening tabungan dan deposito lgsg jadi seketika. Untung bgt ada Privy.

    Balas
  11. Terjawab sudah, bikin tanda tangan digital di Privy itu aman karena sudah terdaftar PSrE dan diakui oleh OJK dan BI. Jadi secara legalitas. Tanda tangan kita di Privy itu sah.

    Balas
  12. Untung aku baca dulu review tanda tangan digital pakai Privy, kalau nggak pasti udah auto naruh tanda tangan digital di atas meterai. Nggak ngerti kalau harus di samping meterai.

    Balas
  13. Senang karena sekarang bisa langsung bikin dokumen gaknoerku banyak kali scan.
    Dulu kalau bikin invoice aja harus nyetak dulu, kasih tanda tangan terus materai scan lagi batu kirim
    Sekarang tinggal pakai Privy Alhamdulillah lebih mudah ya. Insyaallah aman karena sudah terdaftar sebagai PSrE di bawah Kementerian Komunikasi dan Informatika juga udah diakui OJK dan BI

    Balas
  14. Di era digital seperti sekarang, memang perlu juga punya tanda tangan digital, ya. Bisa dipakai kalau butuh proses verifikasi dan mengesahkan dokumen bisnis. Jadi lebih mudah, efisien, dan praktis, tanpa harus bertemu muka.

    Balas
  15. Pernah kepikiran sih tentang pemalsuan tanda tangan. Tapi dengan Privy, selain lebih cepat dan praktis, juga jadi lebih aman ya urusan tanda tangan ini.

    Balas
  16. Kejadian yang serba cepat dan tak terduga emang suka bikin pusing kepala, apalagi buat kita yang bergelut di dunia digital. Tanda tangan digital kayak jadi penyelamat deh, bisa bikin urusan yang biasanya ribet jadi lancar. Makanya, nggak ada salahnya untuk selalu siap dengan tanda tangan digital, siapa tahu kapan bisa jadi penyelamat kayak situasi yang mbak alamin tadi, kan? 😄🖋️

    Balas
  17. Enggak kebayang deh gimana kalau gak bisa tanda tangan digital dan gak ada materai digital. Di saat kita lagi dalam perjalanan tiba-tiba ada yang menghubungi untuk perjanjian kerja gitu, kan kudu gercep.

    Balas
  18. Cara membuat tandatangan digital di Privy semudah itu ya, MbaMon. Dan setelah baca pengalaman MbaMon pake Privy dari 2021, jadi pengen pake Privy juga nih buat menandatangani dokumen kerjaan, xixixi..

    Balas
  19. Praktis tandatangan digital, saat ini beberapa dokumen kesepakatan atau laporan audit juga menggunakan tandatangan digital
    Sepertinya beberapa persyaratan aplikasi lain pun juga menggunakan tandatangan dan meterai digital

    Balas
  20. Tanda tangan digital itu penting sekali sebagai bukti suatu dokumen sah.
    Dulu aku pakai tanda tangan digital secara manual
    Dan setelah tahu ada Privy bikin tanda tangan digital lebih mudah serta tersedia juga e-materai juga

    Balas
  21. Wih canggih ya ka Mon, jadi kita nggak perlu scan ini itu, nunggu lama. Semua bisa dilakukan bahkan saat kita sedang di dalam perjalanan.

    Balas
  22. Tanda tangan digital ini sangat dibutuhkan apalagi mengingat sekarang banyak sekali ya kesempatan yang bisa diraih dari bekerja di dunia digital. Privy ini sangat membantu sekali.

    Balas
  23. Kebayang mumetnya pas lagi dalam perjalanan jauh, sudah begitu si klien minta tanda tangan dokumen pakai meterai pula. Benar deh. Ya nggak mungkin bilang ke Pak Supir untuk menepi demi cari meterai dulu. Sepertinya keadaan begini juga nih yang menjadi pencetus kemunculan Privy untuk kita yang butuh kemudahan dalam menyelesaikan berbagai dokumen legal tanpa harus selalu berhubungan dengan kertas dan printer juga lem untuk menempel meterai. Privy memudahkan banget deh.

    Balas
  24. jadi ingat pertama kali tanda tangan dokumen secara digital, bingung juga gitu harus gimana padahal biasa nge gambar digital ya, hehe. ternyata mudah banget dan anti ribet. gak perlu nyari materai ke fotocopian yang kadang abis stonya dna kudu nyari lagi. btw privy ini aku belum pernah pakai loh., ternyata lengkap ya fiturnya dan menggunakannya juga mudah banget. auto pakai dong!

    Balas
  25. Selama ini masih pake ttd yang hasil scan itu kak, risikonya ya kurang terlindungi gitu deh, masih rawan pemalsuan. Sudah harus menggunakan Privy nih kayaknya agar lebih aman dan bisa membeli e-materai dengan mudah.

    Balas
  26. Bicara meterai jadi ingat waktu itu harus bikin surat pernyataan keaslian karya saat anak aku ikut lomba. Kebetulan ngirim karyanya di hari terakhir, jam cinderela pula. Laluuu harus pakai meterai. Pukul 23.30 pasti toko fotokopi sudah tutup. Alhasil kirim tanpa meterai, yang sudah pasti nggak sesuai ketentuan. Coba waktu itu tahu tentang e-meterai dan Privy…

    Balas
  27. Aku dah pernah beberapa kali nanda tanganin dokumen pake Privy nih, enak banget super praktis. Nggak nyangka ternyata sekarang kecanggihan teknologi bener bener memudahkan kita yaaa

    Balas
  28. Cara membuat tanda tangan digital di Privy ternyata semudah itu ya. Kalau udah ada tanda tangan digital ini urusan legalisir dokumen jadi lebih mudah dan juga praktis nih.

    Balas
  29. Jaman sekarang semakin canggih ya mbak mon, berasa hidup dibuat lebih mudah dan simple dengan bantuan teknologi. Semua bisa banget dibuat digital, termasuk tandatangan menggunakan privy. Kalau dipelajari cara membuat tanda tangan digital dengan privy juga gak susah ya, relatif mudah dan bisa banget dilakukan orang-orang yang gabtek sepertiku. hehehe… Bisa banget aku coba nih.

    Balas
  30. Waaa semudah itu tanda tangan digital menggunakan privy plus udah pakai materai digital. Aku setuju sih kalau satu manfaat punya digital signature jadi bikin transaksi kerja sama secara online bisa lebih cepat, aman, dan hemat waktu gitu

    Balas
  31. Privy bisa jadi solusi banget nih untuk tanda tangan dokumen secara digital. Secara selama ini sebelum ada Privy, kalau mau tanda tangan kudu tandatangan dulu, baru deh scan dokumen kemudian kirim. Ribet banget jadinya. Kalau pakai Privy, simple, cepat juga

    Balas
  32. E-meterai dan tanda tangan digital dari Privy ini beneran mempermudah urusan legalisasi di ranah digital ya, Kak Monic. Sebagai pekerja freelance saya terbantu banget dengan Privy ini, terutama untuk urusan kontrak kerja.

    Balas
  33. Melalui artikel ka Moon, aku sekarang uda siap mencoba menggunakan aplikasi Privy untuk kebutuhan digital dari mulai dokumen dengan ematerai hingga pembubuhan Tanda Tangan Digital di Privy. Semua bisa dengan mudah dilakukan dan cepat.

    Balas
  34. betul-betul memudahkan ya tanda tangan digital ini..apalagi privy melengkapinya dengan berbagai fitur yang bikin pengguna nyaman dan tentu saja aman..mantap privy

    Balas
  35. aku pertama kali tau dan akhirnya unduh Privy gara-gara kontrak kerja sama media secara digital. jadi tau kalau ternyata ada app yang bisa memudahkan kita buat tanda tangan dokumen ya, ketimbang tanda tangan biasa terus difoto, lalu dihapus backgroundnya wkwk.

    Balas
  36. Benar juga. Apalagi kalau tinggalnya di desa yang nggak mudah menemukan di mana tempat jual materai yang ditempel itu, Kak Mon. Emang paling bener kalau kita bisa beli e-materai. Jadi, tanda tangan dokumen juga lebih praktis

    Balas
  37. Kalau menggunakan privy, tanda tangan surat berharga pun rasanya praktis banget dan bisa dilakukan di mana saja ya mba. Aku ingat baru sekali tanda tangan menggunakan privy ini karena ada transaksi jarak jauh di BPR komunal waktu itu.

    Balas

Tinggalkan komentar