Anak laki-laki saya termasuk anak yang aktif berkegiatan di sekolah. Ia memiliki kecerdasan untuk bersosialisasi dengan banyak orang dan menyelesaikan solusi untuk permasalahan yang dihadapinya. Di saat yang sama, anak saya memiliki kekurangan dalam hal akademis, sementara nilai-nilai pelajaran yang diraih menjadi penentu untuk naik kelas atau tidak. Jadilah waktu itu saya kebingungan mencari guru yang mau memberi pelajaran tambahan. Masalah lain, ada larangan guru memberi pelajaran tambahan di luar sekolah. Wah, saat itu saya bingung sekali. Andai dulu sudah ada Realcom aplikasi belajar untuk semua orang, saya tentu tak akan bingung.

Realcom Aplikasi Belajar Untuk Semua Orang

Pada Sabtu, 6 Januari 2018 lalu, saya berkesempatan hadir di acara Meet and Greet – Blogger and Media Gathering Realcom di salah satu rumah makan di daerah Kemang. Sehari sebelum berangkat ke acara, saya menyempatkan diri mencari tahu mengenai Realcom di appstore. Ternyata aplikasi ini memang telah tersedia dan cukup banyak orang telah menggunakannya. Ukuran aplikasi ini hanya 4,8 Mb. Kecil dan ringan di ponsel. Akhirnya saya pun tahu kalau Realcom aplikasi belajar untuk semua orang. Tidak hanya untuk belajar, namun juga bisa untuk mengajar. Dengan kata lain, Realcom adalah aplikasi belajar dan mengajar yang mempertemukan guru dan murid secara online.

Nah, ketika hadir di acara meet and greet, saya pun semakin paham tentang berbagai kelebihan aplikasi Realcom. Pak Risanda Wijaya, selaku Founder Realcom, menjadi pembicara utama dalam acara ini. Beliau menjelaskan bahwa Realcom adalah media sosial berbasis pendidikan. Konsepnya bukan online e-learning biasa, namun telah menjadi beyond online e-learning. Sembari belajar dan mengajar, guru ataupun murid bisa melakukan transaksi online, seperti membeli tiket perjalanan, memesan hotel untuk liburan, dan sebagainya.

Aplikasi yang diluncurkan pada 1 September 2016 ini terus berinovasi dan melakukan pengembangan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya. Sejak awal tahun 2017, aplikasi ini telah memiliki berbagai macam fitur andalan, termasuk fitur video call dan video conference.

Oh ya, meskipun berbasis media sosial yang juga menyediakan fitur chat, proses belajar mengajar menggunakan aplikasi ini sangat terjaga privasinya. Jadi satu guru akan mengajar satu murid secara khusus dengan fasilitas chat tadi. Untuk menambah keamanan para murid yang mungkin masih berstatus pelajar, Realcom juga telah memblokir konten yang mengandung unsur pornografi, SARA, dan hal-hal buruk lainnya. Dengan keamanan yang terjaga dengan baik begini otomatis saya sebagai orangtua tidak akan khawatir mencarikan guru bagi anak saya.

Risanda Wijaya HP, CEO Realcom

Siapa yang Bisa Mengajar di Realcom?

Siapa saja bisa menjadi guru bagi orang lain. Di saat yang sama, semua orang juga bisa belajar dari orang lain. Artinya, siapa pun bisa menjadi guru di Realcom asalkan punya keahlian tertentu.

Contohnya: seorang blogger yang expert di dunia blogging bisa memberi pelajaran secara online mengenai membuat website dan blog atau cara meningkatkan trafik pengunjung blog.

Contoh lain, seorang yang mahir berbahasa Inggris bisa mengajar bahasa tersebut bagi murid yang memang membutuhkan bimbingan.  

Fitur yang Tersedia

Ada cukup banyak fitur yang tersedia di aplikasi Realcom, namun menurut saya ada beberapa yang istimewa dan akan memudahkan proses belajar mengajar. Realcom aplikasi belajar mengajar untuk semua orang ini memiliki fitur chat tanpa batas karakter.

Saya yang memang sering ngajarin teman-teman yang ingin belajar menulis buku jadi dapat ide untuk ikutan menggunakan aplikasi ini saja. Nanti murid saya bisa kirim contoh tulisan mereka yang panjang langsung di chat saja, tidak perlu pindah ke e-mail. Dengan adanya fitur ini jelas proses belajar mengajar jadi efektif dan efisien.

Fitur lain:

  1. Video call dan video conference, seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya. Dengan adanya fitur ini ketika materi pelajaran susah dijelaskan dalam bentuk tulisan, guru dan murid bisa langsung video call-an saja.
  2. Grup tanpa dibatasi member membuat guru bisa leluasa jika ingin membuat grup belajar. Dalam proses belajar mengajar tentu butuh grup atau komunitas agar guru dan murid bisa saling berinteraksi dengan murid lain. Diskusi sangat membantu untuk memahami suatu materi atau bahasan.
  3. Scheduling atau fitur penjadwalan membantu kita untuk menjadwal kegiatan belajar mengajar agar tidak lupa. Murid juga jadi tahu kapan ia bisa menghubungi guru ketika butuh bantuan.
  4. Fitur lain yang menurut saya keren adalah guru bisa punya staf di aplikasi Realcom ini. Misalnya Anda telah jadi guru di Realcom dan kewalahan karena punya banyak murid, Anda tinggal cari staf saja yang akan membantu Anda mengajar.
Ki-ka. Kiki Handiyani, Risanda Wijaya HP, Endang Purwati, Sevriani. sumber foto: Addo

Realcom aplikasi belajar mengajar untuk semua orang ini bisa dikatakan sebagai startup yang masih baru, meski begitu layak untuk diperhitungkan dan dimanfaatkan, mengingat banyaknya fitur pendukung yang telah tersedia. Nah, tunggu apa lagi? Langsung saja unduh Realcom di playstore dan appstore, jadilah guru bagi orang lain sekaligus bisa juga jadi murid untuk menambah pengetahuan dan wawasan.

838 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here