Instagram menjadi salah satu media sosial yang mulai dilirik brand untuk berpromosi. Artinya, ini peluang bagi para pemilik Instagram yang tampilan feed-nya eye catching dan “menjual”. Masalahnya, tidak semua pemilik Instagram, termasuk saya, yang bisa bikin foto di Instagram jadi keren dan menjual tadi. Jadi, saya pun mencari referensi tentang Tips Agar Foto di Instagram Makin Keren.

Dari cukup banyak referensi yang saya baca, baik dari berbagai artikel tentang berbagai tips bikin foto maupun dari buku, maka saya pun terpikir untuk membuat rangkumannya pada tulisan saya kali ini. Selain sebagai pengingat buat diri saya sendiri, mungkin juga bisa bermanfaat bagi siapa pun yang juga lagi cari cara bikin foto di Instagram jadi dilirik brand.

Tips Agar Foto di Instagram Makin Keren

Sebelum saya mulai mencari referensi tentang cara bikin foto di Instagram yang bagus, saya sudah melihat cukup banyak feed Instagram milik teman-teman sesama Blogger dan selebgram. Banyak foto mereka yang baru saja diunggah ke Instagram sudah langsung mendapatkan banyak like. Melihat hal tersebut, saya ya pengen foto-foto di Instagram saya bisa dapat banyak like.

Lalu saya mencoba membandingkan foto-foto dari Instagram mereka dengan foto yang ada di Instagram saya, memang sih kualitas foto ternyata menjadi kunci utama. Kalau gelap dan tidak eye catching, jelas follower malas ya kasih like atau meninggalkan komentar.

Tadinya saya berpikir, “Ah, pasti foto yang bagus dihasilkan dari kamera yang mahal.” Tapi sejalan dengan waktu dan dari banyak berbincang dengan teman sesama Blogger, ternyata banyak juga yang bisa menghasilkan foto hanya dengan menggunakan smartphone. Kuncinya sih, mau belajar fotografi menggunakan smartphone.

Nah, agar foto di Instagram jadi makin keren dan bagus, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

1. Perpaduan Warna yang Cantik

Perpaduan warna memegang peranan yang penting dalam menghasilkan foto di Instagram agar lebih keren. Ketika hendak foto, coba perhatikan outfit yang dikenakan dengan background. Warna yang kontras antara keduanya akan membuat foto lebih hidup dan eye catching. Jadi, pilihlah spot foto yang pas dengan warna pakaian yang sedang dikenakan.

2. Tentukan Angle

Ada orang yang cantik jika di foto dari sisi kiri, ada pula sebaliknya. Lalu ada yang terlihat cantik kalau di foto dari jarak dekat, pun ada pula yang fotonya jadi lebih bagus kalau diambil dari jarak jauh dengan posisi tubuh yang sedikit menyamping. Angle foto adalah hal kedua yang perlu dieksplorasi demi mendapatkan hasil foto sesuai harapan. Carilah angle yang paling pas sehingga foto terbaik bisa diunggah ke Instagram dan memancing follower untuk melabuhkan jempolnya.

3. Pose Tak Berlebihan Tapi Tetap Menarik

Pose saat di foto juga menentukan banget kualitas foto yang dihasilkan. Ada sih pose gila-gilaan yang ternyata pas dengan karakter orang yang di foto, tapi gaya tersebut belum tentu sesuai dengan kita. Maka, kita perlu eksplorasi sendiri, pose seperti apa sih yang bagus untuk kita. Kadang pose yang simple jauh lebih menarik lho. Cuma kalau senang berpose simple, jangan juga yang monoton ya. Nanti follower bosen lihat foto-foto di Instagram kita.

4. Pelajari Teknik Komposisi Pada Fotografi

Sekarang mengenai teknik fotografi. Salah satu teknik yang perlu dipelajari adalah teknik komposisi untuk menghasilkan foto yang bagus. Komposisi di sini meliputi perpaduan warna, seperti yang sudah dibahas di poin 1, juga peletakan objek foto pada bidang foto. Jika memang ada bagian-bagian yang tak penting, jangan segan untuk melakukan cropping sehingga foto yang dihasilkan jadi lebih menarik.

5. Hasil Terbaik Tidak Berasal Dari Satu Kali Take Foto

Beberapa kali saya bepergian dengan teman-teman Blogger yang Instagram feed-nya cantik banget. Ketika mereka mengambil foto, saya coba memperhatikan, lalu ikutan menerapkan cara mereka. Pada akhirnya saya belajar, kalau hasil foto terbaik tidak berasal dari satu kali take foto. Malah kadang satu foto yang bagus dihasilkan dari puluhan pengambilan foto yang dilakukan berulangkali.

6. Hindari Menggunakan Flash

Ada cukup banyak referensi yang menyarankan agar menghindari penggunaan lampu flash ketika mengambil foto dalam kondisi pencahayaan kurang. Menggunakan flash dengan harapan akan membuat foto lebih terang ternyata malah bisa membuat hasil foto yang jelek. Selain itu, cahaya dari lampu flash malah meninggalkan jejak pantulan cahaya. Daripada menggunakan flash, coba pelajari fitur-fitur lain yang ada di kamera smartphone, yang sebenarnya bisa mengatasi masalah pencahayaan yang kurang tadi.

7. Hindari Menggunakan Fitur Zoom

Kesalahan berikutnya yang juga banyak dilakukan orang ketika mengambil foto yang berkesan dekat adalah menggunakan zoom. Daripada menggunakan zoom yang nanti bisa berakibat hasil foto terlihat pecah, mending ambil fotonya dari jarak dekat saja. Ini akan menghasilkan foto berkualitas bagus asalkan memperhatikan angle pengambilan fotonya juga.

8. Perhatikan Pencahayaan

Cahaya terbaik untuk hasil foto Instagram yang keren adalah menggunakan cahaya matahari. Saya pernah ikutan workshop fotografi dan disarankan kalau mengambil foto alangkah baiknya memanfaatkan cahaya matahari antara jam 9 sampai jam 11 siang, atau antara jam 3 hingga jam 5 sore. Jika pengambilan foto dilakukan dalam ruangan yang tak memungkinkan mendapatkan cahaya matahari, maka gunakan cahaya tambahan dari lampu sorot. Hanya saja, perlu pula mempelajari teknik pencahayaan menggunakan lampu tambahan ini.

9. Manfaatkan Aplikasi Edit Foto

Dengan teknologi yang demikian maju saat ini, ada banyak sekali fasilitas yang memudahkan apa pun yang kita butuhkan, termasuk ketersediaan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit foto. Manfaatkan aplikasi-aplikasi yang sesuai untuk mengatasi masalah foto yang gelap agar lebih terang, kombinasi warna, atau merevisi komposisi foto. Tapi ingat, menggunakan fitur pada aplikasi edit foto ini jangan berlebihan ya. Foto yang berkesan natural jauh lebih menarik dibandingkan foto yang jelas terlihat sebagai foto editan.

Masih banyak sih tips agar foto di Instagram makin keren yang bisa ditemukan dari berbagai artikel maupun buku. Tips pada tulisan ini hanya sebagian saja. Kapan-kapan kalau saya menemukan tips lain, saya akan coba rangkumkan lagi. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

3,285 total views, 1 views today

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here