Hidup sehat pastilah dambaan setiap orang. Namun untuk mendapatkan hidup yang sehat perlu diikuti dengan pola dan gaya hidup yang juga sehat, salah satunya dengan rutin melakukan aktivitas fisik seperti jalan kaki. Sayangnya, seringkali kesibukan harian membuat kebanyakan orang jadi minim melakukan aktivitas fisik. Padahal hanya dengan jalan kaki secara rutin sudah termasuk melakukan aktivitas lho. Dengan rutin jalan kaki biar tetap sehat, kita bisa terhindar dari berbagai penyakit. Memang sih kalau sudah jadi peserta JKN-KIS ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dalam hal mendapat layanan kesehatan, tetapi alangkah baiknya kalau kita tetap menjaga kesehatan.

Jalan Kaki Olahraga Murah yang Bikin Tetap Sehat

Dari laman jamkesnews.com milik BPJS Kesehatan, saya menemukan satu artikel tentang trik rutin jalan kaki bagi orang sibuk. Di dalam artikel tersebut disebutkan kalau aktivitas jalan kaki termasuk olahraga yang murah, mudah dilakukan, dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Dengan rutin jalan kaki, kita bisa mendapatkan berat badan yang tetap ideal, terhindar dari penyakit diabetes, dan tidak mudah mengalami stres.

Masih di laman tersebut, dokter spesialis olahraga, Andi Kurniawan, mengatakan bahwa jalan kaki termasuk olahraga atau aktivitas fisik yang bersifat kardio. Jika dilakukan secara rutin setiap hari, lima kali dalam seminggu, maka bisa meningkatkan kesehatan jantung dan paru-paru, juga meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

“Apabila dilakukan secara teratur, setiap hari minimal 30 menit, aktivitas jalan kaki bisa menurunkan risiko terkena penyakit kardiovaskuler,” kata dokter Andi Kurniawan kepada Info BPJS Kesehatan.

Bagaimana Caranya Agar Bisa Berjalan Kaki Ditengah Kesibukan Sehari-hari?

Ada cukup banyak tips beraktivitas jalan kaki meski sibuk akibat pekerjaan atau aktivitas harian. Misalnya saja memilih naik transportasi umum untuk pergi bekerja. Dengan naik busway, otomatis kita perlu jalan kaki menuju ke halte busway terdekat, kemudian berjalan di koridornya, dan begitu sampai kita masih harus jalan kaki lagi menuju tempat kerja.

Di kantor, biasakan untuk banyak minum air putih, sehingga aktivitas kita berjalan menuju toilet juga meningkat. Selain itu, biasakan untuk melakukan aktivitas sepele seorang diri alih-alih meminta tolong office boy, seperti mengambil atau membuat minuman di pantry kantor, mengantar surat ke ruangan lain, mengambil dokumen di meja rekan lain, menerima telepon sambil berjalan-jalan di ruang kantor, dan sebagainya. Saat makan siang, pergilah membeli makanan sendiri dan jangan minta office boy yang membelikan, atau setelah menikmati makan siang, jalan kakilah sejenak di taman yang ada di area perkantoran sebelum kembali ke meja kerja.

Manfaat Jalan Kaki Bagi Kesehatan

Saya menemukan banner dari Kemenkes Ri yang memuat mengenai manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh. Di dalam bener tersebut disebutkan ada 11 manfaat jalan kaki bagi kesehatan, seperti mengontol dan mencegah penyakit diabetes, memperkuat otot kaki, paha, juga memperkuat tulang. Jalan kaki secara rutin menghindarkan kita dari penyakit obesitas dan mengurangi risiko terserang stres atau depresi. Untuk lebih lengkapnya, bisa dilihat langsung pada banner yang juga saya sertakan daam tulisan ini.

Yuk jalan kaki biar tetap sehat
Manfaat Jalan Kaki. Sumber: Kemenkes RI

Gaya hidup sedentari dipercaya sebagai salah satu penyebab obesitas. Faktanya memang banyak masyarakat modern saat ini mengalami obesitas akibat aktivitas tubuh yang sangat kurang dilakukan sehari-hari. Hal ini bisa jadi karena banyaknya fasilitas dan teknologi yang memudahkan hidup manusia sehingga manusia hanya dengan duduk di depan komputer/laptop sudah bisa melakukan banyak hal, seperti memesan makanan dan minuman, berbelanja, melakukan pembayaran tagihan, dan sebagainya. Keluar dari ruangan, aktivitas fisik pun tetap kurang sekali dilakukan karena sudah ada lift sehingga kita tak perlu naik turun tangga, ada mobil, motor, bahkan transportasi online yang bisa membawa kita ke mana saja tanpa perlu berjalan kaki, dan sebagainya.

Padahal untuk mendapatkan tubuh yang sehat, gaya hidup sedentary ini perlu dikurangi. Nah, aktivitas fisik yang bagus dan mudah dilakukan ya seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, banyak-banyaklah jalan kaki. Jalan kaki di sini tak bisa disamakan dengan jalan kaki santai di mall lho ya, tetapi jalan kaki dengan intensitas sedang hingga tinggi atau bisa disebut pula dengan jalan cepat yang membuat napas kita terengah-engah dan berkeringat.

Jumlah langkah sehari-hari juga menentukan seberapa banyak kita melakukan aktivitas fisik. Ada alat yang namanya pedometer. Pedometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur jumlah langkah dan biasanya dipasang di pinggang, tungkai kaki, tangan, atau bagian tubuh lain. Setahu saya, sekarang pun di aplikasi ponsel sudah tersedia alat sejenis yang bisa membantu kita mengukur sebanyak apa kita jalan kaki setiap hari. Manfaatkanlah alat tersebut sehingga kita bisa menghitung jumlah langkah harian kita.

Yuk Jalan Kaki Biar Tetap Sehat
Jumlah Langkah Harian Dengan Jalan Kaki Biar Tetap Sehat

Yuk Jalan Kaki Biar Tetap Sehat

Sudah tahu kan berbagai manfaat jalan kaki bagi kesehatan tubuh. Yuk jalan kaki biar tetap sehat. Agar kegiatan jalan kaki menjadi lebih menyenangkan, ada tips nih yang bisa dilakukan, seperti berjalan kaki sambil mendengarkan musik, lakukan gerakan menari ketika sedang menyapu atau mengepel lantai, bahkan bisa pula menari sambil menunggu mesin cuci selesai mencuci pakaian.

Yuk Jalan Kaki Biar Tetap Sehat
Tips Biar Jalan Kaki Makin Asyik. Sumber: Kemenkes RI

Bangun lebih pagi dan berangkatlah lebih awal menuju tempat kerja dengan menggunakan transportasi umum dan berjalan kakilah. Kamu punya cara lain yang lebih asyik untuk jalan kaki biar tetap sehat? Diskusikan saja di kolom komentar ya.

456 total views, 2 views today

3 COMMENTS

  1. sekarang mah, kemana2 pada naik motor. padahal jaraknya deket. termasuk sha sih kadang gitu 😛 Jalan kaki memang harus di galakkan lagi yaaa. Kalo ada temen jalannya sih kadang gak kerasa capek jalannya. Kalo sendirian yang agak susah 😀

  2. Aku suka berjalan kaki dan membiasakan diri dari kecil untuk aktif bergerak tiap harinya.
    Jadi fisik ngga gampang terasa capek saat liburan ke suatu lokasi wisata yang memerlukan jarak tempuh cukup jauh berjalan kaki.

    Yook kita semua rajin berjalan kaki .. , biar sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here