10 Rahasia Menang Lomba Menulis Blog

Sekarang ini banyak sekali informasi lomba menulis blog yang berseliweran di beranda media sosial. Itu sebabnya, banyak yang senang berburu informasi lomba menulis blog. Maka pada artikel kali ini, saya akan berbagi tulisan 10 rahasia menang lomba menulis blog.

10 Rahasia Menang Lomba Menulis Blog

Agar lebih mudah menerapkan setiap rahasia supaya kita bisa memiliki peluang yang lebih besar untuk memenangi lomba menulis blog, saya akan mengelompakkan ke-10 rahasia menang lomba blog tersebut menjadi dua bagian ya.

Kenapa perlu tahu rahasia menang lomba ini? Jadi awalnya saat saya ingin ikut lomba menulis blog. Tapi keraguan selalu memenuhi hati saya. Penyebabnya, saya tak terlalu suka berkompetisi dengan orang lain. Bukan tipikal diri saya banget.

Sejak kecil, saya selalu dilatih untuk mengalahkan diri saya sendiri. Diri saya sebulan lalu, diri saya minggu lalu, kemarin, dan saya yang hari ini. Setiap pilihan hidup, mau jadi winner atau loser, ya fokusnya harus pada apa yang bisa saya hadapi dan kemungkinan-kemungkinan yang bisa saya ambil.

tips menang lomba blog
Lakukan persiapan agar bisa menang lomba blog

Mengetahui sepak terjang kompetitor penting, karena kita bisa belajar dari langkah-langkah yang mereka lakukan. Belajar lho ya, ini perlu digarisbawahi, bukan untuk mengalahkan mereka. Kebayang tidak sih, hidup kita akan jadi seperti apa kalau sibuk memikirkan tiap langkah yang diambil orang lain, lalu kita lupa dengan langkah kita sendiri?

Saran terbaik ketika hendak memutuskan mengikuti lomba blog, fokus pada diri sendiri dan motivasi apa yang mendorong kita untuk mengikuti lomba tersebut. Menang kalau itu urusan belakang. Hal terpenting, kita berani mencoba untuk uji kemampuan. Ya, ikut lomba blog atau lomba apa pun adalah sarana yang bagus untuk menguji kemampuan dan pengetahuan yang kita miliki

5 Rahasia Menang Lomba Menulis Blog Bagian 1: Memilih Lomba

Pada bagian 1 dari rahasia menang lomba menulis blog adalah memilih lomba yang hendak diikuti. Bisa saja kita ikut banyak lomba, namun kalau hasilnya tidak maksimal hanya karena kejar-kejaran deadlina ya buat apa. Belum lagi, ikut lomba itu butuh persiapan matang, maka perlu menentukan mana lomba yang paling ingin diikuti dan memiliki peluang lebih besar.

Oke, jadi apa saja rahasia dalam memilih lomba? Berikut ini ada 5 tips memilih lomba blog yang hendak diikuti agar peluang jadi pemenang menjadi lebih besar.

1. Sesuaikan dengan Kemampuan

Hal pertama dan paling utama adalah sesuaikan lomba menulis blog yang ingin diikuti dengan kemampuan yang dimiliki. Misalnya, ada lomba tentang SEO. Coba telaah dan pelajari dulu, apakah diri sendiri memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai teknik SEO? Jika punya, tapi belum memadai, maka pertanyaan selanjutnya, apakah masih ada waktu untuk mempelajarinya?

Mengikuti lomba yang tak sesuai kemampuan akan jauh lebih berat lho, karena sudah pasti kita harus mempelajarinya terlebih dahulu. Namun hasilnya sudah pasti juga akan terbaca pada tulisan, apakah kita benar-benar menguasai temanya atau hanya sekadar mendapatkan bahan tulisan dari referensi tulisan lain yang sudah ada dan bisa ditemukan di internet.

Memperbesar peluang menang bisa dengan cara memasukkan pengalaman pribadi terkait tema atau brand yang jadi bahan lomba. Tulisan pasti akan jauh lebih bernas dan “berisi”, bahkan bisa memukai pembaca dan juri lomba yang membaca tulisan kita.

Rahasia Menang lomba menulis blog
Perhatikan deadline lomba, jangan sampai terlewat

2. Lihat Tenggat Waktu Lomba

Hal berikutnya, coba lihat dulu kapan batas akhir pengumpulan tulisan dari lomba yang ingin diikuti. Salah satu rahasia menang lomba menulis blog adalah mengambil tenggat waktu yang masih jauh agar kita bisa melakukan persiapan dengan lebih lengkap dan detail.

Memang, ada banyak pula orang yang tenggat waktunya tinggal 2-3 hari, ternyata mampu ikut lomba, bahkan jadi pemenang. Hal ini terjadi, jika orang tersebut memiliki kemampuan dan menguasai bahan tulisan yang hendak dia ikutkan dalam lomba. Sementara kalau tak punya kemampuan tersebut ya mending jangan dipaksakan.

3. Pelajari Syarat dan Ketentuan Lomba Blog

Ikuti lomba yang memang kredibel. Namun, kita perlu memahami syarat dan ketentuan lomba blog yang mau kita ikuti. Jika syaratnya harus follow media sosial penyelenggara, baiknya follow dulu saja biar tak lupa.

Jangan sampai karena kita tak melakukan follow, peluang kita jadi hilang dan malah tersingkir di babak penyisihan. Kalau syarat untuk ikut lomba adalah dengan membeli produk, maka kita perlu membeli produk yang dimaksud agar user experience-nya bisa kita sertakan dalam tulisan.

Jangan lupa, periksa pula syarat dan ketentuan lain yang harus kita penuhi sebagai peserta lomba. Intinya, sebelum menulis dan mengirim alangkah baiknya jika kita mempelajari mengenai syarat dan ketentuan ini dengan sedetail mungkin.

4. Cari Tahu Tentang Juri Lomba

Jika sudah yakin ingin ikut lomba blog yang diinginkan, hal berikutnya kita perlu mencari tahu mengenai siapa saja yang menjadi juri lomba. Mengenal karakter, latar belakang, bahkan profesi para juri sangat bagus bagi kita. Dari informasi tersebut, kita bisa menyesuaikan dengan gaya tulisan dan tampilan tulisan yang harus kita sajikan.

Mengenai penjurian, selain hal-hal teknis juga dipengaruhi karakter para jurinya lho. Ada juri yang senang dengan tulisan yang lengkap dan detail, sementara juri yang lain lebih fokus pada desain dan tampilan visual dari blog.

5. Siapkan Materi, Referensi, dan Outline

Mencari bahan tulisan, materi, maupun referensi adalah tahap yang paling banyak menghabiskan waktu. Cobalah sesaat memutuskan hendak ikut lomba menulis blog, cari dulu materi dan referensinya. Tulisan yang bernas itu jika disertai data-data yang lengkap atau referensi pendukung.

Maka pada tahap ini, kita bisa mencari jurnal, artikel, buku, atau bahkan video yang bisa jadi memuat materi dan referensi yang kita butuhkan dalam proses penulisan. Kumpulkan semuanya dalam catatan, jurnal, atau dalam satu folder. Kelompokkan juga sekalian supaya ketika kita membutuhkannya, kita tak perlu mencari-cari lagi.

Kalau sudah, buat pula outline atau kerangka karangan untuk tulisan yang akan kita ikutkan lomba. Membuat outline akan mempercepat proses penulisan dan membuat kita jadi lebih fokus dalam menuangkan semua hal yang hendak dimasukkan di dalam tulisan. Manfaat adanya outline ini juga menjadi rambu agar tulisan kita tidak melantur dan melebar ke mana-mana.

5 Rahasia Menang Lomba Menulis Blog Bagian 2: Menulis Sepenuh Hati

1. Waktu Khusus Agar Menulis Lebih Fokus

Kapan waktu produktif tubuh kita? Hal ini perlu kita ketahui terlebih dahulu. Ada orang yang lebih produktif di tengah malam ketika suasana sepi. Orang lainnya lebih fokus menulis pada pagi hari sebelum matahari terbit. Ada pula yang waktu produktif tubuhnya siang hari. Waktu mana pun tak masalah, namun usahakan pada waktu inilah kita meluangkan waktu khusus untuk menulis.

Tujuan menyiapkan waktu khusus ini, agar kita menulis lebih fokus dan dengan hasil yang jauh lebih baik dibandingkan kita menulis sambil mengerjakan kerjaan lain. Ini merupakan salah satu rahasia menang lomba menulis blog yang paling saya terapkan setiap mau ikut lomba.

2. Paragraf Awal yang Memikat dan Mengundang Rasa Penasaran

Ada banyak penelitian yang menyebutkan, seorang pembaca itu akan memutuskan apakah ia akan terus membaca suatu tulisan di 5-10 detik pertama ketika mereka menemukan tulisan. Maka buatlah paragraf yang memikat dan mengundang rasa penasaran. Dengan alasan yang sama, banyak penulis novel yang membuat paragraf-paragraf dengan konflik pada awal bab novel mereka, atau pada 1-2 halaman buku novel.

cara menang lomba blog
Menulis dengan hati

3. Menulislah dengan Hati

Ada ungkapan yang sudah diwariskan sejak waktu yang lama dari para penulis generasi pendahulu kita. Katanya, menulislah dengan hati. Ini benar adanya. Karena tulisan yang ditulis dengan hati akan bisa sampai ke hati pembaca.

Menulis dengan hati di sini bisa dilakukan dengan cara menulis saja dulu semua hal yang ingin kita tuliskan tanpa berhenti. Jangan sambil mengedit. Jangan sampai terdistraksi juga dengan notifikasi chat, Whatsapp, atau media sosial. Begitu kita berhenti, nanti “rasa” yang ingin kita masukkan ke dalam tulisan jadi hilang.

4. EYD dan Typo

Penting tidak penting nih bagian ini. Memang banyak yang mengatakan kalau menulis itu memiliki kebebasan dalam hal EYD. Tetapi kalau untuk tulisan lomba, ada banyaknya tetap memperhatikan kaidah-kaidah berbahaya yang baik, tentu tanpa menghilangkan ciri dan gaya tulisan kita.

Nah, untuk urusan EYD dan Typo ini, kita bisa melakukannya setelah tulisan jadi secara keseluruhan. Berilah jeda antara waktu kita menyelesaikan tulisan, dengan waktu kita akan melakukan editing. Kalau saya biasanya antara 2-3 hari jika tenggat waktu terlalu dekat.

Namun, jika deadline penyerahan tulisan untuk lomba blognya masih lama, saya bisa membiarkan draft tulisan pertama selama seminggu dulu. Selama waktu jeda ini kita bisa sambil menyiapkan foto, ilustrasi, layout yang ingin ditampilkan, infografis dan sebagainya.

rahasia menang lomba blog
Lakukan editing setelah seluruh tulisan selesai

Begitu memasuk proses editing, lakukan sambil membuka KBBI. Fokuslah pada penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dulu. Lalu secara bertahap mulai perhatikan pula kalau ada kesalahan ketik. Perbaiki semuanya satu persatu.

Jika sudah selesai semua, baca ulang lagi keseluruhan tulisan kita. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam proses editing, antara lain:

  • Penggunaan istilah-istilah penting.
  • Penulisan nama produk dan brand harus benar.
  • Perbaiki kesalahan ketik atau typo.
  • Lakukan perbaikan pada kalimat-kalimat yang kurang nyambung, atau kurang pas penggunaannya.
  • Perhatikan perpindahan antar paragraf, dan perbaiki jika pada bagian tersebut adalah yang terasa aneh atau malah melenceng dari pembahasan.

5. Desain Tampilan Keseluruhan Tulisan

Hal terakhir dari Rahasia Menang Lomba Menulis Blog dari pengalaman saya, adalah pemilihan desain tampilan keseluruhan tulisan. Layout seperti apa yang hendak digunakan. Image atau gambar pendukung yang mana saja yang paling sesuai dengan bahasan kita.

Jika pun ingin menggunakan infografis, maka buatlah infografis yang tidak sekadar jadi, atau ala kadarnya. Untuk tambahan, jika memiliki kemampuan dalam mendesain yang lebih detail, kita bisa pula menggunakan builder, seperti divi atau elementor. Untuk menjadi pemenang perlu effort lebih, namun setimpal dengan kerja keras yang kita lakukan.

Semoga 10 rahasia menang lomba menulis blog yang ada di artikel kali ini bisa membantu kamu yang ingin jadi pemenang di lomba berikutnya.
Selamat berlomba.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

Satu pemikiran pada “10 Rahasia Menang Lomba Menulis Blog”

  1. Untuk bahasa yang digunakan ketika lomba bagusnya pakai bahasa resmi atau bahasa sehari hari kak Monic? Soalnya kulihat yang menang lomba, ada menceritakan pengalamannya dan pakai bahasa sapaan sehari-hari.

    Balas

Tinggalkan komentar