5 Penghasilan Tambahan Blogger yang Perlu Diketahui

Penghasilan tambahan Blogger saat ini memang bukan rahasia umum lagi, karena di era digital seperti ini blogger menjadi profesi yang tak bisa dipandang sebelah mata. Walau sebagian masyarakat masih heran, tapi profesi yang satu ini bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah, menghasilkan uang dari blog sudah terbukti dan banyak juga bisa membiayai kebutuhan hidup yang semakin melambung.

Asalkan memang memiliki kualitas tulisan yang bagus dan rajin share ke berbagai media soisal yang dimiliki. Untuk itulah seorang blogger harus terus mengupdate ilmu pengetahuan yang setiap harinya semakin berkembang. Biasanya seorang blogger itu harus datang ke event untuk meliput lalu menuangkan tulisan tersebut ke blog.

5 Penghasilan Tambahan Blogger yang Perlu Diketahui

Sejak kondisi merebaknya covid-19, maka blogger lebih banyak di rumah saja, walau begitu harus tetap produktif untuk mencari tambahan. Ada banyak hal yang bisa dilakukan oleh seseorang yang berprofesi sebagai blogger, misalnya saja menjadi konten kreator, influencer, Youtuber, dan sebagainya. Namun untuk 5 penghasilan tambahan blogger yang kali ini saya bahas di artikel ini, antara lain:

1. Memasang Iklan

Bisa dibilang memasang iklan di google adsense ini salah satu cara memberikan penghasilan tambahan pada blog. Untuk harga disesuaikan dengan jangka waktu kerjasama, ukuran banner maupun letak di blog.

2. Membuat Toko Online

Saat ini berbelanja banyak yang sudah lewat toko online, terbukti lebih mudah, praktis dan hemat tenaga juga uang. Jadi untuk mendapatkan penghasilan tambahan seorang blogger bisa membuat toko online sesuai dengan kebutuhan dan keahlian masing-masing, bisa dibidang kecantikan, fashion, masak, traveling, buku atau lainnya. Intinya yang penting bermanfaat dan disesuaikan dengan kondisi masing-masing.

3. Sponsored Post

Sponsored post memang banyak dilakukan untuk menambah penghasilkan, dimana ada pihak yang mengiklankan sesuatu hal lewat blog kita melalui tulisan, baik yang sudah disediakan dari pihak pengiklan atau dengan cara menulis sendiri, dengan ketentuan publikasi bisa menyertakan backlink dofollow.

Rate card sponsored post ini juga beragam, tergantung Domain Autority (DA), semakin tinggi DA akan semakin tinggi pula harga yang ditawarkan. Intinya selalu berikan konten yang berkualitas dan konten yang disukai oleh pembaca, agar dipercayai oleh pihak yang memberikan job sponsored post.

4. Membuat Desain Website atau Blog

Semakin banyak orang yang ingin menjadi blogger, semakin banyak peluang jasa membuat website, jasa cari nama domain, bahkan jasa desain website atau blog. Tujuannya, tentu saja agar blogger memiliki tampilan blog jauh lebih menarik, lebih ramah pembaca dan mesin pencari, serta responsive untuk pembaca. Jangan sampai kan untuk cari penghasilan tambahan malah membuat website atau blog ala kadarnya saja.

Karena adanya urusan waktu atau banyak yang belum paham mengenai otak atik kode html, maka jasa membuat design website atau blog sangat diperlukan, bahkan bisa mendapatkan penghasilan tambahan, intinya yang penting harus kreatif dan paham dengan kode html.

5. Jasa SEO

Artikel yang popular pastinya digemari, karena akan mendapatkan page views yang tinggi dan akan dikenali oleh google, terlebih kalau bisa menduduki page one. Untuk mengoptimasi hal ini itulah perlu hadirnya jasa search engine optimization atau lebih dikenal dengan sebutan SEO ini.

Jasa SEO bisa menjadi peluang untuk menambah penghasilan asalkan jujur dan amanah. Harga jasa SEO juga sangat beragam, tergantung dengan kualitas tulisan yang kita miliki.

Nah, itulah 5 penghasilan tambahan blogger yang harus diketahui, dengan begitu blogger juga menjadi profesi yang memang memiliki penghasilan sendiri, walaupun bisa dikerjakan dari rumah atau freelance, ternyata bisa memenuhi kebutuhan hidup yang setiap harinya semakin meroket, asalkan bisa merawat blog dengan baik dan terus mengupdate kemampuan menulis. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar