3 Tips Memilih Provider Internet untuk Keluarga di Rumah

Internet di zaman sekarang menjadi salah satu kebutuhan yang harus dipenuhi oleh semua orang, termasuk bagi saya. Makanya penting memilih provider internet yang paling tepat dan sesuai kebutuhan keluarga. Apalagi kita mengakses internet mulai bangun tidur di pagi hari, sampai nanti mau menutup mata di malam hari.

Otomatis saya perlu memilih provider internet yang cepat, stabil, dan lancar bagi seluruh keluarga di rumah. Nah, bagaimana sih tips memilih provider internet untuk keluarga di rumah? Simak yuk pengalaman saya.

Pentingnya Koneksi Internet yang Cepat dan Stabil

Kebutuhan akan koneksi internet yang stabil di masa sekarang tentu saja jadi bagian penting dalam kehidupan. Bagaimana tidak, melalui internet kita bisa mendapatkan beragam informasi serta melakukan berbagai macam aktivitas, seperti belanja online, belajar, ikut kursus online, berkomunikasi dengan relasi, teman, atau komunitas, hingga memesan transportasi dan makanan. Tanpa adanya internet, bisa jadi kita akan ketinggalan zaman.

Tak bisa dimungkiri, keberadaan internet memang memudahkan semua orang untuk melakukan beragam aktivitas. Oleh karena itu, hampir semua keluarga saling berlomba-lomba untuk memasang provider internet terbaik di rumahnya supaya tetap bisa update mengenai berita-berita terkini.

3 Tips Memilih Provider Internet untuk Keluarga di Rumah

Kebanyakan orang lebih memilih provider yang menyediakan paket internet unlimited supaya mereka tidak khawatir akan kehabisan kuota internet dalam jangka waktu tertentu. Saya juga begitu. Apa lagi saat saya memang sering browsing berbagai literatur luar dan melakukan pengunduhan demi kelancaran proses menulis buku. Sementara suami juga butuh akses internet yang stabil, cepat dan tentu saja unlimited, mengingat file-file kerjaan dia besar-besar.

Di saat yang sama, kami juga penggemar berbagai genre film dan sering melakukan streaming. Kadang satu film bisa kami menonton berdua, namun lebih sering menonton film kegemaran sendiri-sendiri. Kebayang tidak kalau akses internet di rumah tidak unlimited, wah bakal boros banget.

Jadi, kami pun memutuskan untuk pasang internet untuk satu rumah, yang bisa diakses bersama, tapi harus unlimited dan stabil. Begitu tips memilih provider internet untuk keluarga di rumah yang kami lakukan:

Pastikan Sinyal Provider Menjangkau Lokasi Tempat Tinggal

Hal pertama yang harus diperhatikan sebelum memilih provider internet adalah jangkauan sinyal yang provider sediakan. Pasalnya, tidak semua provider menjangkau lokasi di berbagai daerah di Indonesia.

Oleh karena itu, sebelum memastikan pilihan, sebaiknya cek terlebih dahulu kekuatan sinyal untuk di area lokasi rumahmu. IndiHome jadi salah satu provider internet yang saat ini mempunyai jangkauan yang luas sehingga cocok untuk menjadi opsimu.

Tentukan Kecepatan Internet Sesuai dengan Kebutuhan

Cari tahu juga kebutuhan internetmu bersama keluarga seperti apa. Apakah seringkali menggunakan internet untuk streaming drakor, nonton film lainnya, mengunduh berbagai file besar, sering mengirimkan file, atau hanya digunakan untuk bermain media sosial saja. Menentukan kebutuhan internet menjadi hal penting yang akan mempengaruhi proses kamu memilih provider internet yang tepat untuk keluarga di rumah.

Jika seringkali memanfaatkan koneksi internet untuk streaming film dan bermain game, sebaiknya pilih kecepatan internet yang cukup tinggi, entah itu 30 Mbps atau 50 Mbps sekaligus. IndiHome sendiri menawarkan kecepatan internet up to 100 Mbps saat ini.

Kamu bisa menjadikan IndiHome sebagai provider utama di rumahmu jika membutuhkan kecepatan internet yang tinggi.

Jumlah Perangkat yang Tersambung ke Internet

Hitung juga jumlah perangkat di rumah yang nantinya akan terhubung ke internet. Pasalnya, semakin banyak jumlah perangkat yang terhubung, maka semakin besar bandwidth atau frekuensi yang kita butuhkan.

Untung saja, IndiHome menyediakan paket internet yang dapat digunakan dari 3 hingga 18 perangkat sekaligus. Jadi, kamu tidak perlu takut lagi mengalami lagging saat menelusuri internet.

Itulah 3 tips yang perlu kita perhatikan saat memilih provider internet. Raih kenyamananmu dalam bermain internet bersama IndiHome sekarang juga, yuk!

20 pemikiran pada “3 Tips Memilih Provider Internet untuk Keluarga di Rumah”

  1. Sejak 10 tahun sy sudah langganan speedy dan sekarang indihome, nggak mau pindah ke provider lainnya. Karena banyak pengalaman dari teman-teman biasanya provider lain hanya kenceng sinyalnya pas masih baru dipasang, lama-kelamaan lemot.

    Balas
  2. Sebelum pindah rumah, saya langganan Indihome. Ngerasain jadi sultan kuota, soalnya bebas mau ngapain aja, streaming film seharian, nonton youtube seharian, download video dan upload video ke youtube. Nggak perlu takut kehabisan kuota. Apalagi saya pakai yang 20 Mbps. Penting banget memang mempertimbangkan kecepatan internet, apalagi kalo di rumah banyak perangkat, jangan sampe lemot deh.

    Tapi sekarang saya udah pindah rumah ke pedesaan dan sulit dapat akses Indihome, soalnya agak pelosok gitu. Pengen sih dapat akses internet Indihome lagi, biar nggak bete internet lelet mulu, hehehehe. Kok malah curhat sih sama Bu Boss….

    Balas
  3. Bener nih tips no 3. Penting untuk mengecek jumlah perangkat yg terhubung. Perlu banget untuk dicek dan dihapus jika sudah tidak dipergunakan.

    Terima kasih banyak kak atas tips bagusnya ini.

    Balas
  4. Benar mba dirumah memang enaknya pakai internet yang unlimitted, apalagi kayak anakku yang bisa non stop nonton youtube. Kepikiran juga pakai Indihome, beberapa tetangga disini juga udah pasang

    Balas
  5. Memang bener Indihome ini menjangkau hingga ke mana-mana. Di kantor, provider ini jadi andalan buat akses internet. Setiap buka lokasi baru, selalu Indihome yang jadi rujukan pertama.

    Balas
  6. Aku udah 2x ganti provider internet kak mon, huhu salah satunya karena masalah kecepatan yang ngga stabil banget. Akhirnya pindahh.
    Yang sekarang lumayan oke sihh. Jadi bener banget tuh jangan asal murah lalu sikaaat, hehe perhatikan jg gimana kecepatannya sesuai kebutuhan

    Balas
  7. di tempat saya sudah ada beberapa provider internet yang masuk meskipun hanya provider lokal bukan nasional, sehinggai belum bisa mengalahkan indihome dari segi kualitas dan layanan. Karena menjadi satu-satunya ISP nasional

    Balas
  8. Indihome memang menjadi pilihan utama kalau internetan sepuasnya ya mba, paket internetnya juga bervariasi tinggal menyesuaikan kebutuhan aja, untuk di kantor aja cocok di rumah apalagi 🙂

    Balas
  9. Penting banget nih memperhatikan tips memilih provider di rumah. Mengingat internet sekarang bisa dibilang udah jadi kebutuhan primer tiap orang.

    Balas
  10. di rumah ibuku juga pakai indihome, mbak. yah, lumayan cepat sih kecepatannya buat internetan dan ada paket-paket tertentu yang bisa dipilih sesuai kebutuhan kita

    Balas
  11. saat ini provider internet di rumah adalah kebutuhan utama yang penting ya mbak
    harus pilih yang terbaik seperti indihome ya mbak, biar wfh dan sfh nya lancar jaya

    Balas
  12. Bener mbak kebanyakan orang memilih paket internet unlimited supaya ga kepikiran saat bayar. Tapi sekarang unlimited aja gak cukup kalau koneksinya lelet bisa-bisa yang kerja dari rumah jadi ada kendala.
    Kecepatan internet jadi andalan banget buat yang kerja, sekolah maupun cari hiburan di rumah. Alhamdulillah gak ada kendala untuk 4 orang di rumah sekarang pakai Indihome. Tipsnya Mbak Mon bermanfaat banget dalam. memilih provider internet

    Balas
  13. Jumlah perangkat yang digunakan but mengkoneksikan internet jadi perhitungan juga ya. Jadi punya persiapan juga, semisal ternyata malah banyak perangkat. Kalau kurang sih gak masalah hehe

    Balas
  14. Makasih tipsnya mba Monic benar yang aku terapkan di rumah gini. Kalau nggak yang menjangkau rumah sinyalnya karena di desa bawaannya pengen Marah terus hehehhe. Soalnya kan buat kerja kan. IndiHome luar biasa

    Balas
  15. Manajemen penggunaan internet penting juga ya kak mon, bisa digunakan secara maksimal tapi harga yang dibayarkan tetap terjangkau. Yang penting kudu produktif sih menurut aku, biar bisa terus berkarya dengan internet yang wajib dibayar setiap bulan.

    Balas
  16. Urusan internet sekarang vital banget ya.. kita carinya yang kualitas internet bener-bener bagus dan harga juga terjangkau…karen semua pake buat belajar, kerja..

    Balas
  17. Udah sejak kapan hari pengen nambah provider internet di rumah. Selama ini pakai yang sekalian sama langganan tv berbayar itu sering lemot. Mungkin karena perangkat yang dipakai juga banyak, secara sejak pandemi semua WFH dan sekolah daring. Udah ngincer Indihome ini, kebetulan udah cek juga jaringannya sampai di rumah. Baca ini jadi makin mantap mau pakai Indihome.

    Balas
  18. Nah, sejak pandemi ini mau nggak mau saya harus naikin bandwith karena makin banyak yang menggunakan. Biasanya dalam sehari hanya saya sendiri yang di rumah. Sekarang anak-anak full di rumah. Pagi sampai siang bisa 3 device jalan bareng. kalau pas suami WFH jadi 4 kadang 5. Lemes dah kalau masih pakek ukuran bandwith lama

    Balas
  19. Sepakat banget kak unlimited lebih puas dan ga was2. Apalagi sekarang suami, dan dua anakku sekolah di rumah semua. Laptop nyala, hp nyala, tentunya semua pakai Internet.

    Balas

Tinggalkan komentar