Sudah Tahu Tugas dari Kebun Raya Bogor? Berikut 5 Pilarnya

Kebun Raya Bogor menjadi salah satu tempat paling nyaman dan menenangkan untuk menghilangkan kepenatan di akhir pekan. Apalagi, Kebun Raya Bogor masih termasuk dekat bagi kamu yang tinggal di Jabodetabek. Kamu cukup membayar tiket sebesar 16.500 rupiah pada hari biasa dan 26.500 rupiah di waktu libur untuk menikmati akhir pekan seru dan menyenangkan di kebun raya. Ngomong-ngomong, pada tahu tidak tentang 5 pilar dari tugas Kebun Raya Bogor? Yuk, baca selengkapnya kelima pilar yang membuat keberadaan kebun raya penting untuk dijaga.

Konservasi

Tugas pertama dari kebun raya adalah terus mengadakan konservasi atau melestarikan beragam jenis tanaman dan tumbuhan melalui proses ex situ. Maksud dari es situ adalah proses pelestarian di luar habitat atau lingkungan aslinya. Hal ini bertujuan agar bisa mengembangkan potensi dan pemanfaatan secara berkelanjutan. Serta menjadi upaya untuk melestarikan tumbuhan yang berpotensi punah sehingga perlu sekali diadakan konservasi secara terus-menerus.

Edukasi

Kebun raya harus bisa memberikan edukasi kepada semua masyarakat Indonesia agar pengunjung mendapatkan pengetahuan yang lebih banyak lagi tentang proses pemanfaatan tanaman. Tujuannya, agar masyarakat tersadar dan lebih peduli serta bertanggung jawab untuk melestarikan berbagai tumbuhan yang ada di sekitar.

Penelitian

Kebun raya wajib memfasilitasi dan mengadakan setiap kegiatan penelitian yang dilakukan siapa saja, terutama yang berkaitan dengan proses konservasi atau reintroduksi berbagai tumbuhan atau tanaman serta kepedulian terhadap botani ekonomi.

Wisata Alam

Setiap pengelola kebun raya harus menghadirkan wisata alam yang mempunyai makna ilmu pengetahuan. Selain itu, pengelola kebun raya juga sudah tentu harus merawat dan menjaga lingkungan kebun raya dengan baik, sehingga mampu menyegarkan serta memberikan inspirasi kepada pengunjung. Tujuannya, untuk mendukung terciptanya sosial kemasyarakatan pada setiap orang.

Jasa Lingkungan

Kebun raya harus memberikan pengaruh ekologis agar kualitas lingkungan seperti tata air, penggunaan karbon, dan keanekaragaman hayati bisa terus meningkat dan berpengaruh terhadap kondisi lingkungan secara keseluruhan.

Untuk lebih jelas dan merasakan implementasi 5 pilar tugas dari kebun raya, weekend ini jalan-jalan saja ke Bogor, lalu mampir ke Kebun Raya Bogor. Ada banyak destinasi wisata di Bogor. Ditambah banyak hotel di Bogor pilihan Pegipegi yang dekat dari kebun raya dan tempat wisata lainnya, salah satunya Hotel Permata. Hotel bintang 3 ini hadir dengan fasilitas yang mewah dan lengkap serta harga yang masih terjangkau atau sekitar 400 ribuan. Sekarang cari hotel terdekat makin praktis dengan adanya website dan juga aplikasi Pegipegi.

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

12 pemikiran pada “Sudah Tahu Tugas dari Kebun Raya Bogor? Berikut 5 Pilarnya”

  1. Keren memang kebun raya bogor ini. Kagum deh sama pendahulu kita yang terpikir untuk mengadakannya.

    Balas
  2. kalo kebun raya tuh enaknya selain untuk konservasi juga bisa untuk sarana jalan2 dan pembelajaran yaa mba.. aku sendiri belum pernah main ke kebun raya bogor lho. kudet benerr

    Balas
  3. Wih tempat wishlist buat dikunjungi nih Mba, udah lama penasaran sama kebun raya Bogor.
    Murmer pula ya tiket masuknya, dan banyak hal yang bisa dilakukan di sana.
    Btw, PegiPegi selalu jadi salah satu aplikasi andalan kami buat cari hotel.

    Balas
  4. Aku udah 4 kali ke Kebun Raya Bogor, dan masih pengen lagi bisa berkunjung kesana. Nggak ada bosannya pokoknya karena tempatnya beneran bikin adem dengan koleksi pohon yang beragam dan jumlahnya juga banyak banget.

    Aku belum pernah nginap di kota Bogor karena ada saudara yang rumahnya nganggur. Tapi boleh juga sih sesekali staycation di hotel yang ada di dekta KRB, apalagi kalo ada harga bagus saat check in

    Balas
  5. Wah jadi kangen main ke sana ..sudah lama banget ga ke Kebun Raya Bogor nih. Mudah2an ada rezeki bisa ke sana lagi….

    Balas
  6. Selain ada unsur konversasi, lingkungan, kebun raya punya kewajiban mengedukasi juga, jadi ada nilai pengetahuan terutama menjaga kelestarian

    Balas
  7. Sempat beberapa kali lewat depan sana, tapi belum sempat aja masuk ke dalam Kebun Raya Bogor.
    Kebayang deh, adem dan sejuknya kalau bisa jalan-jalan di Kebun Raya Bogor

    Balas
  8. Paling seneng main ke Kebun Raya Bogor karena memang selain nyaman juga banyak hal baru yang bisa dipelajari. Meski memang pembelajaran jadi disesuaikan dengan usia anak yaa..
    Aku inget banget kak Mon, diajakin Bapak rahimahullah ke Kebun Raya Bogor dan aku bawa buku. Setiap tulisan dari nama latin pohon, aku catet donk…

    Trus sampe rumah aku sadar.. Kan aku gak punya fotonya yaa..
    Gimana bisa inget sama bentukan pohonnya dah??
    Hhaha..

    Balas
  9. Kadang-kadang kita ga ngeh ya seberapa berpengaruhnya sebuah taman untuk lingkungan. Kebun Raya Bogor nih bakalan jadi destinasi yang harus dituju ntar kalau ke Bogor sama keluarga.

    Balas
  10. Edukasi yg mantab bangettt mba Mon.
    Karena memang kita semua kudu paham ya, serba serbi kebun Raya Bogor kebanggaan kita semuaaaaa😍👍

    Balas
  11. Pengen banget kesana, baca tulisan ini jadi pengen kesana, belajar tentang alam, belajar tentang tumbuhan, belajar tentang menjaga itu semua

    Balas
  12. keberadaan kebun raya ini sangat bermanfaat yaa, bukan cuman buat lingkungan namun juga buat ilmu pengetahuan. Selain itu bisa pula dijadikan tempat berwisata. Memang sudah seharusnya dijaga yaa

    Balas

Tinggalkan komentar