Rate Asuransi Mobil yang Dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan

Memiliki asuransi akan membuat keuangan pribadi dapat terjaga dari risiko-risiko kerugian akibat kondisi yang membutuhkan biaya besar. Termasuk, saat Anda memilih asuransi mobil untuk melindungi kendaraan kesayangan. Cari tahu yuk, rate asuransi mobil sesuai kebutuhan dan kemampuan di artikel ini.

Asuransi Mobil Toyota Premi Terbaik untuk Kendaraan Roda Empat

Salah satu proteksi kendaraan yang bisa dipilih adalah, asuransi mobil Toyota premi terbaik untuk kendaraan roda empat. Memiliki asuransi untuk kendaraan Anda, maka biaya untuk perbaikan kerusakan di bengkel, kerugian akibat pencurian hingga kerusakan akibat hal-hal yang tidak diinginkan seperti bencana alam atau kerusuhan dapat teratasi.

Hanya saja, Anda bisa memperoleh seluruh benefit tersebut jika sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi. Selain itu, Anda juga harus memahami ketika memiliki produk proteksi, maka ada premi asuransi yang wajib dibayarkan.

Untuk rate asuransi mobil tentu saja berbeda-beda sesuai dengan jenis polisnya, apakah asuransi All Risk atau comprehensive atau asuransi Total Loss Only (TLO) yang umumnya dipilih pemilik kendaraan.

Mengenal Premi Asuransi

Premi asuransi merupakan iuran berkala (bulanan atau tahunan) yang wajib dibayar peserta asuransi ke perusahaan asuransi selama jangka waktu yang sudah disepakati. Premi asuransi yang dikenakan dan produk asuransi mobil yang dipilih tentu saling berkaitan.

Manfaat pertanggungan dari asuransi untuk berbagai jenis kendaraan dari dua, yaitu:

  • Polis All Risk (Comprehensive): Produk asuransi mobil yang menjamin semua pertanggungan biaya atas risiko kerusakan ringan hingga kerugian total pada kendaraan.
  • Polis TLO (Total Loss Only): Produk asuransi yang menjamin biaya atas kerusakan total saja atau kerugian di atas 75% dari harga mobil.

Produk asuransi mobil dari tiap perusahaan menawarkan manfaat pertanggungan yang unik alias berbeda-beda. Premi rutin sebenarnya tidak mahal jika di bandingkan dengan biaya perbaikan di bengkel. Apalagi, besaran premi bisa disesuaikan dengan kondisi keuangan Anda, sehingga tidak memberatkan.

Dengan premi yang tidak banyak, Anda bisa mendapatkan manfaat yang tidak sedikit juga. Bayangkan jika Anda harus membayar biaya perbaikan mobil secara tiba-tiba, tentu biayanya jauh lebih besar dari iuran premi.

Rate Asuransi Mobil yang Berlaku di Indonesia

Jika ingin mengetahui besaran premi yang perlu Anda bayar setiap bulan atau tahunnya, maka pahami rate asuransi berdasarkan jenis kendaraan terlebih dahulu. Sebab, nominal biaya yang dikenakan memang berbeda-beda, tergantung harga mobil yang Anda asuransikan, dan wilayah tempat tinggal atau domisili Anda.

Untuk memahami rate atau premi asuransi kendaraan yang berlaku di Indonesia, berikut ini penjelasannya sesuai dengan jenis polis yang dipilih.

1. Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil All Risk merupakan asuransi yang menjamin kerugian total, mulai dari sekadar lecet hingga kerusakan parah, sampai pencurian mobil. Untuk rate asuransi All Risk karena cakupan proteksinya luas, maka harganya bisa lebih lebih mahal di bandingkan dengan asuransi TLO. Sebab, asuransi risiko yang diganti rugi oleh asuransi TLO jauh lebih sedikit dari All Risk.

Berikut ini tabel rate asuransi mobil dari OJK untuk asuransi All Risk (Comprehensive):

Rate Asuransi Mobil All Risk untuk Jenis Kendaraan Nonbus dan Nontruk

Rate asuransi mobil all risk untuk nonbus dan nontruk

Rate Asuransi All Risk untuk Jenis Kendaraan Bus, Truk, dan Pick up

Rate asuransi untuk kendaraan jenis bus, truk, dan pick up

Rate Asuransi All Risk untuk Jenis Kendaraan Roda Dua

Rate Asuransi All Risk untuk Kendaraan Roda Dua

2. Asuransi TLO

Asuransi TLO adalah asuransi yang menjamin kerugian seperti kerusakan berskala besar dengan tingkat kerusakan lebih dari 75 persen atau kerugian lain. Kerugiannya berupa pencurian mobil yang mana mobil itu selanjutnya tidak ditemukan hingga dalam waktu 60 hari.

Rate asuransi TLO lebih murah di bandingkan dengan rate asuransi kendaraan All Risk. Sebab, asuransi TLO tidak menanggung seluruh risiko yang dihadapi oleh mobil. Rate asuransi TLO juga biasanya kurang dari 1 persen dari harga mobil.

Berikut ini tabel rate asuransi mobil dari OJK untuk asuransi TLO:

Rate Asuransi TLO Mobil untuk Jenis Kendaraan Nonbus dan Nontruk

rate asuransi TLO untuk mobil

Rate Asuransi TLO untuk Jenis Kendaraan Bus, Truk, dan Pick up

rate asuransi TLO untuk bus, truck, pick up

Rate Asuransi TLO untuk Jenis Kendaraan Roda Dua

rate asuransi TLO untuk kendaraan roda dua

Faktor yang Menentukan Premi Asuransi Mobil

Besaran premi asuransi selain ditentukan oleh rate, ada faktor lainnya yang membuat biayanya berbeda setiap jenis mobil. Berikut ini faktor-faktor yang menentukan besarnya premi yang harus Anda bayarkan:

1. Jenis Kendaraan

Semakin tinggi nilai mobil Anda, maka premi yang dibayarkan tentu jauh lebih tinggi dari mobil tipe lainnya. Mahal tidaknya mobil selain dari harganya, juga dari generasinya serta fitur dan teknologi yang disematkan pada mobil tersebut.

2. Keseharian Mobil

Penggunaan mobil juga jadi pengaruh mahalnya nilai premi, apakah mobil digunakan untuk urusan pribadi atau dinas. Hal ini jelas, bahwa penggunaan mobil yang berbeda maka risiko yang diterima pun berbeda. Mobil keluarga yang jarang digunakan pergi jauh, memiliki risiko yang lebih minim di bandingkan mobil dinas yang selalu berkeliling kota, hingga keluar kota.

3. Beda Wilayah

Sebelumnya sudah dijelaskan bahwa setiap wilayah tentu beda preminya. Sebab, semakin padat wilayah tempat tinggal, maka semakin besar premi yang dibebankan. Tentu saja kepadatan kendaraan di wilayah tersebut juga berpengaruh pada besarnya risiko yang akan diterima.

4. Jenis Polis

Perbedaan harga premi juga dipengaruhi oleh pilihan polis, apakah Anda memilih asuransi All Risk atau TLO.

5. Pakai Jaminan Tambahan

Jaminan tambahan juga membuat premi naik, tentu jelas berbeda asuransi biasa dengan asuransi yang memiliki jaminan lebih. Jaminan lebih biasanya untuk diri sendiri atau sopir.

6. Usia Kendaraan

Selain spesifikasi dan harga, usia mobil juga jadi pembeda besaran premi yang Anda bayarkan. Semakin tua mobil tentu semakin banyak penyakitnya, maka premi lebih besar karena risikonya pun lebih banyak.

Selalu pastikan bahwa premi sudah disesuaikan dengan kesanggupan finansial pribadi. Tentukan pertanggungan yang Anda butuhkan agar premi yang dibayar nanti tidak terlalu mahal.

Itulah jenis proteksi kendaraan roda empat yang bisa dipilih dan rate asuransinya yang penting diketahui. Jadi, sudahkah Anda memutuskan memilih produk perlindungan yang mana?

About the author

Hobi saya dalam hal kepenulisan menjadikan saya ingin selalu berkarya. Menciptakan ruang blog monicaanggen.com ini bukanlah sesuatu hal yang kebetulan gais. Sit, Enjoy, and Starting Read.. ^_^

30 pemikiran pada “Rate Asuransi Mobil yang Dapat Dipilih Sesuai Kebutuhan dan Kemampuan”

  1. Kami belum pernah ikut asuransi mobil, tulisan kak Monic jadi referensi nih.
    Premi fleksibel ya, busa disesuaikan sama kondisi kita.

    Balas
  2. wah kalau bisa di pilih sesuai kebutuhan dan kemampuan mah saya jamin orang ga bakal mikir dua kali buat ikut asuransi mobil ya mba

    Balas
  3. Memang paling aman kalau punya kendaraan itu ada asuransi, karena yang namanya musibah atau kecelakaan itu bener2 ga terduga dan sewaktu-waktu bisa terjadi, kalau ada asuransi lebih tenang dan aman ya

    Balas
  4. Asuransi dirasakan betul manfaatnya ketika mobil atau motor yang kita asuransikan rusak dan lain sebagainnya, jadi asuransi menjadi penting untuk rasa nyaman

    Balas
  5. Ternyata bisa beda tergantung banyak faktor, ya. Baru tahu aku. Kupikir hanya tergantung kesanggupan membayar.

    Balas
  6. asuransi kendaraan ini sangat bermanfaat. Saat masih kerja di leasing, hampir tiap hari ada konsumen yang datang mengajukan klaim asuransi ke kantor. Alasannya macam-macam, mulai dari mobilnya sedikit tergores hingga mobil atau motornya hilang

    Balas
  7. Asuransi dengan jaminan lebih membuat kita semua juga merasakan keamanan dan kenyaman saat berkendara. Karena kita gak pernah tahu apa yang terjadi selama berkendara. Asuransi sangat membantu sekali.. Karena kebayang mengeluarkan dana tak terduga ketika terjadi hal-hal yang tak diinginkan.

    Balas
  8. Sebagai travel bussiness owner, asuransi mobil buat aku penting banget banget, beberapa kali kejadian mobil diem diem digeret orang, belum lg ditabrak, nah itu semuanya dicover sama asuransi, cuma perlu bayar klaim udah beres ga pake pusing mikir biaya.

    Balas
  9. Wah, selama ini aku belum kepikiran buat nyari asuransi mobil. Sepertinya penting banget ya. Dan biar kalau ada apa2 nggak bikin emosi karena udah pasti dicover asuransi. Nice info, Mba!

    Balas
  10. Baru ngeh saya bahwa setiap wilayah tentu beda preminya. Di wilayah padat, lebih besar preminya dibandingkan wilayah kurang padat. Benar2 banyak yang harus diketahui dalam meilih asuransi, termasuk asuransi mobil. Terima kasih sudah berbagi, Mbak.

    Balas
  11. Asuransi bisa bantu memitigasi faktor resiko finansial terhadap diri dan harta pribadi kita tapi harus cermat memilih yg polis dan preminya sesuai kebutuhan dan kemampuan kita ya

    Balas
  12. Punya asuransi kendaraan roda empat emang sgt penting ya Mbak. Terutama jika itu adalah mobil yang tergolong mewah dan cukup mahal. Baret sedikit juga lumayan harganya.

    Balas
  13. asuransi kendaraan tu emang penting banget sih yaaa, soalnya kita nggak akan tau juga kapan musibah datengnya, sama aja kaya asuransi kesehatan hihi

    Balas
  14. Aku baru tau tentang asuransi ini. Bagus ya bisa memilih sesuai kebutuhan. Karena asuransi memang butuh bgt ya mbak

    Balas
  15. Penting sih punya proteksi untuk kendaraan yang kita miliki jadinya kalau ada apa-apa ga terlalu risau dengan biaya yq…hehe…..

    Balas
  16. Zuzur aku bingung banget waktu mau milih asuransi mobil, musti yang kaya gimana sih yang dipilih, trus butuhnya apa aja… nggak kepikiran banget dan akhirnya sampe skrg belum punya asuransi mobil saking bingungnya. Padahal penting ya, dan biar ga kepikiran dikit2 duit… 🙂

    Balas
  17. Saya baru tahu kalau ada asuransi untuk kendaraan roda dua juga. Selama ini saya mikirnya asuransi buat mobil saja. Terima kasih infonya, Mbak.

    Balas
  18. Enak kalau ada tabel ratenya gini. Jadi tinggal cek taksiran harga mobil dan wilayahnya.
    Mobil udah 5 tahun masih bisa ga ya? Setahuku asuransi seringnya mobil baru sih…

    Balas
  19. Asuransi kendaraan ini penting banget untuk menjaga kendaraan tetap aman. Biar kalau terjadi hal yang tidak diinginkan gak bikin tambah pusing. hihi.

    Balas
  20. Ternyata jenis-jenis asuransi mobil ini banyak, ya. Ada pula dibedakan jenis mobilnya.

    Menambah wawasan baru nih. Kalau suatu saat udah punya mobil, gak bingung lagi mau pakai asuransi yang tipe apa.

    Asuransi ini aslinya menolong banget ya. Kalau ada apa-apa, misal mobil kesrempet, terus lecet-lecet, kita gak pusing mikirin abis berapa.

    Balas
  21. Kalau punya mobil, emang baiknya juga punya asuransi mobil ya mbak
    Biar kendaraan kita punya proteksi
    Aman deh buat berkendara

    Balas
  22. Memiliki kendaraan terutama mobil baru memang paling aman ikut asuransi all risk. Apalagi bagi new bie punya mobil dan masih belajar kemungkinan body mobil kesenggol, kegesrek besar kalau tdk di cover asuransi habisnya mahal apalagi kalau lampu mobil.pecah.

    Balas
  23. Dengan mengenal dan paham rate-nya berapa, saat cari proteksi yang sesuai jadi lebih tepat sesuai kebutuhan, bukan karena pas ada dana hari ini.

    Balas
  24. Nah saya jadi tahu nih kalau spesifikasi dan harga asuransi kendaraan ternyata ditentukan juga oleh usia kendaraan nya ya.

    Hem… memang sih, semakin tua mobil tentu semakin banyak penyakitnya, maka premi lebih besar karena risikonya pun lebih banyak. Masuk akal juga ya hehehe

    Balas
  25. Baru tahu aku mba kalau ada cara khusus dalam menentukan rate asuransi kendaraan. Jenis mobil, harga, bahkan wilayah ikut mempengaruhi rate asuransinya, ya.
    Jadi, bisa lebih mudah untuk memutuskan mau ambil TLO atau All Risk.

    Balas
  26. Kalau mau cari yg aman emang perlu lho bikinin asuransi buat kendaraan kita. Karena emang kendaraan digunakan untuk keperluan sehari-hari.

    Balas
  27. Aku baru tahu kalau asuransi kendaraan juga ada pilihan jenisnya. Kirain udah aja asuransi hehe. Ternyata ada yang All Risk sama TLO ya di Indonesia dan dibedakan lagi tergantung jenis kendaraannya. Tapi beneran deh kalau punya kendaraan emang lebih baik punya asuransi kendaraan biar kalau ada apa-apa perbaikannya gak kerasa gede biayanya

    Balas
  28. Baru tahu kalau polis asuransi mobil ada yg all risk dan TLP, kupikir ya kerusakan ringan sampai separah apapun sudah ditanggung asuransi sih. Dan dulu pas ada mobil juga enggak ikut di asuransikan. Padahal asuransi kendaraan tuh penting bgt.

    Balas
  29. Faktor yang mempengaruhi rate asuransi mobil membuatku berpikir kembali untuk mencari asuransi mobil yang pas

    Balas
  30. Ternyata banyak juga ya yang menentukan premi asuransi mobil, mulai dari jenis kendaraan, kesehatan mobil, perbedaan wilayah, bahkan sampai ke usia kendaraan. Saya yang kurang paham tentang asuransi mobil jadi dapat insight lebih dari postingan ini.

    Balas

Tinggalkan komentar