Sejak e-commerce menjamur pada 2016 hingga 2017 lalu, terjadi perubahan pola belanja dalam masyarakat Indonesia. Perilaku berbelanja secara online ini tidak hanya mendominasi masyarakat perkotaan, namun sudah merambah hingga ke pelosok daerah karena telah tersedianya berbagai layanan ekspress kirim paket ke seluruh Indonesia. Coba ingat-ingat deh, dalam satu bulan ini sudah berapa kali kamu membuka e-commerce dan melakukan belanja online?

Jujur, saya juga termasuk salah satu dari sekian banyak orang yang senang berbelanja online. Selain lebih ringkas, tinggal klik sana klik sini, barang bisa saya dapatkan tanpa saya perlu ke luar rumah. Dengan cara ini, saya bisa mengefisienkan waktu yang saya miliki. Kenapa? Karena saya tak perlu buang-buang waktu bermacet ria hanya untuk membeli satu stel baju, misalnya. Geliat bisnis online yang diikuti pertumbuhan konsumen yang senang berbelanja online membuka peluang pula bagi pebisnis jasa layanan kirim paket, termasuk Alfamart Digital Business yang meluncurkan Alfatrex layanan ekspress kirim paket ke seluruh Indonesia.

Alfamart Digital Business

Udah tahu Alfamart, kan? Harusnya sudah dong karena gerai retail yang satu ini mudah ditemukan di mana saja, bahkan bisa jadi di dekat rumahmu pun sudah ada. Nah, Alfamart Digital Business merupakan inovasi yang dilakukan Alfamart untuk menjawab tantangan modernisasi yang sedemikian cepat dengan tujuan memudahkan semua orang memenuhi kebutuhannya melalui genggaman tangan saja. Maksudnya, dengan ponsel yang ada di dalam genggaman, kita bisa mendapatkan produk dan jasa dengan lebih mudah dan efisien.

Alfatrex Layanan Ekspress Kirim Paket ke Seluruh Indonesia
Alfamart Digital Business

Mengingat kebutuhan tiap orang berbeda, maka Alfamart Digital Business berinovasi menciptakan 6 pilar penting demi memberikan nilai tambah bagi kehidupan masyarakat Indonesia. Lima pilar yang perlu diketahui terlebih dahulu, yaitu:

  • Alfamikro adalah aplikasi yang memudahkan mitra binaan Alfamart mengelola toko klontong di sekitar outlet Alfamart dan mendapatkan harga khusus sehingga mitra binaan tetap bisa menjual produk yang dibelinya di gerai Alfamart dengan harga bersaing. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Playstore dan telah dikembangkan pula untuk mempermudah komunikasi serta berbagai transaksi online perbankan seperti penerimaan pembayaran BPJS, pulsa, toko modal, bahkan token listrik.
  • Alfamind merupakan jaringan ritel toko virtual 3D AR-VR (Augmented Virtual Reality) pertama dan satu-satunya di Indonesia. Menggunakan aplikasi ini akan memudahkan siapa pun yang ingin menjadi pengusaha secara online. Ya, dengan Alfamind kita bisa punya toko online sendiri tanpa perlu repot mencari supplier dan memikirkan ketersediaan stok barang dagangan. Berbagai produk telah tersedia di sini, mulai dari kebutuhan sehari-hari, kebutuhan rumah tangga, hingga produk-produk yang menunjang gaya hidup. Dengan kata lain, kita bisa mulai jadi pengusaha dengan modal kecil dan tetap memiliki peluangan untuk mendapatkan keuntungan melimpah.
  • Pernah tidak kamu menemukan semacam komputer di gerai Alfamart yang memungkinkan kamu memesan produk apa pun, mulai dari produk kecantikan, kesehatan, elektronik, peralatan rumah tangga, bahkan memesan tiket pesawat maupun kereta api? Komputer (yang terlihatnya hanya seperti monitor layar datar) tersebut disebut Alfa Point of Purchase. Dengan Alfa POP, kita cukup menggerakkan satu jari, memilih produk di layar datar tersebut, membayar di toko (Pay at Store) atau melakukan transfer melalui bank, maka produk yang kita pesan bisa kita dapatkan di toko Alfamart terdekat atau bisa pula dikirim langsung ke rumah. Saat ini, telah tersedia lebih dari 1000 Alfa POP di berbagai gerai Alfamart.
  • Alfagift,¬†benefit tambahan bagi pelanggan Alfamart. Mengapa Alfagift saya katakan sebagai benefit tambahan bagi pelanggan Alfamart? Karena melalui aplikasi ini, kita bisa mengetahui berbagai promo spesial sekaligus mendapatkan voucher penawaran yang pastinya akan menguntungkan kita saat berbelanja berbagai produk di Alfamart. Di aplikasi ini juga terdapat fitur-fitur, seperti katalog produk yang sedang ada potongan harga dan dapat pula menukarkan poin yang didapatkan dari transaksi yang telah dilakukan dengan berbagai hadiah menarik. Oh ya, aplikasi ini telah menggunakan teknologi canggih Artificial Intelegence (AI) yang bisa memberikan saran mana produk yang sebaiknya dipilih sehingga menghemat waktu kita saat berbelanja.
  • Dengan mengusung tagline “Belanja Online Jadi Dekat”, Alfacart menjadi toko online yang menawarkan layanan Online to Online (O2O) untuk menjaga kepercayaan konsumen saat berbelanja online. Hampir sama seperti toko online kebanyakan, semua produk dan jasa yang dibutuhkan bisa didapatkan di sini. Bedanya, pembayaran bisa dilakukan secara offline di toko Alfamart terdekat dan nanti produk pun bisa diambil di toko tersebut. Jika ingin dikirim ke rumah dan pembayaran dilakukan dengan sistem Cash on Delivery (COD) juga bisa. Kita tingga pilih mana yang paling memudahkan kita. Aplikasi ini bisa diunduh di Google Play, di Apple Store, juga di website Alfacart.

Alfatrex Layanan Ekspress Kirim Paket ke Seluruh Indonesia

Alfatrex menjadi pilar penting keenam dari Alfamart Digital Business yang diluncurkan pada 7 Mei 2018 lalu di The Pallas, Jakarta. Ketika mendapatkan undangan dari Komunitas Emak Blogger (KEB) untuk hadir dalam acara bertema “Ngobrol Bareng Alfa Digital, saya sempat bertanya-tanya dalam hati. Apa sebenarnya Alfa Digital dan Alfatrex? Ternyata Alfatrex adalah layanan ekspress kirim paket ke seluruh Indonesia dengan memaksimalkan keberadaan 13.500 gerai Alfamart yang tersebar di seluruh Indonesia.

Alfatrex Layanan Ekspress Kirim Paket ke Seluruh Indonesia
Jaringan Alfatrex Meliputi Berbagai Wilayah di Indonesia

Acara peluncuran Alfatrex dibuka dengan presentasi yang dibawakan Bambang Setyawan Djojo yang merupakan Direktur Perseroan PT Alfa Mitramart Utama berdasarkan keputusan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tanggal 18 Mei 2017. Beliau mempresentasikan Alfa Digital dengan keenam pilarnya (yaitu lima pilar yang telah jabarkan sebelumnya dan memberikan sekilas gambaran mengenai Alfatrex dan latar belakang yang mendorong terciptanya inovasi pilar keenam ini.

Masih menurut Pak Bambang, transformasi digital yang berkembang pesat saat ini karena banyaknya pemain bisnis online di Indonesia. Hal ini terlihat dari data Ecommerce Foundation Report 2017 yang menunjukkan Indonesia berada diurutan pertama setelah India dan China dalam hal peningkatan pertumbuhan e-shopper. Fakta mengenai transformasi digital telah merambah ke berbagai sektor dan bidang kehidupan inilah maka Alfamart harus segera melakukan inovasi yang mampu memudahkan banyak orang dalam bertransaksi online, salah satunya dengan menciptakan Alfatrex layanan ekspress kirim paket ke seluruh Indonesia.

Alfatrex Layanan Ekspress Kirim Paket ke Seluruh Indonesia
Alfatrex Trusted Reliable Express

Pembicara berikutnya ada Amalia dari Alfa Digital. Beliau mengatakan bahwa ada 3 hal pokok yang sangat dperhatikan dalam bisnis yang memungkinkan suatu bisnis berkembang pesat dan sukses, terutama bisnis e-commerce, yaitu sumber daya manusia yang berkualitas, pemanfaatan teknologi terkini, dan yang kemudian memegang peranan penting adalah layanan ekspress kirim paket yang akurat, cepat, dan efisien. Untuk itu, Alfatrex telah mempersiapkan 4 produk yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat akan layanan pengiriman barang, yang meliputi:

  • Same Day Service (SDS): pengiriman di hari yang sama, kurang dari 15 jam.
  • Next Day Service (NDS): pengiriman tiba di tujuan kurang dari 48 jam.
  • Regular Service (RGS): pengirman dengan biaya terjangkau ke seluruh wilayah Indonesia.
  • Economy Service (ECS): layanan ekspress kirim paket ke seluruh Indonesia dalam jumlah besar.
Alfatrex Layanan Ekspress Kirim Paket ke Seluruh Indonesia
Produk dan Service Alfatrex Layanan Ekspress Kirim Paket ke Seluruh Indonesia

Setelah menentukan produk layanan sesuai kebutuhan, kita bisa pula menentukan layanan pengiriman barang yang ingin kita gunakan, apakah langsung ke alamat tujuan (door to door), penerima bisa mengambil di gerai Alfamart terdekat (door to store), mengirim dari Alfamart dekat tempat tinggal pengirim dan penerima mengambil di gerai Alfamart dekat rumah penerima (store to store), dan terakhir adalah pengirim melakukan pengiriman paket melalui gerai Alfamart terdekat, kemudian gerai Alfamart yang dekat alamat penerima mengirimkan langsung ke rumah penerima paket (store to door).

Seluruh layanan ini bisa kita dapatkan hanya dengan melakukan klik di laptop atau dengan ujung jari di ponsel. Kita tinggal masuk saja ke website Alfatrex, melakukan pendaftaran, mengikuti prosedur, dan tinggal kirimkan paket ke gerai Alfamart terdekat. Untuk lebih mudah mengetahui cara kirim paket menggunakan Alfatrex, kamu bisa menonton video berikut ini:

Selain dua pembicara tadi, masih ada beberapa narasumber lagi yang berbagi pandangan mengenai pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia dan peluang-peluang yang bisa diambil oleh siapa pun yang berminat bergerak di dunia bisnis, yaitu Direktur Operasional Blibli.com, Ibu Lisa; Pak M. Feriadi yang merupakan Ketua Umum Asperindo, Pak Donny M. Wardhana, dan Mbak Mira Sahid selaku founder Kumpulan Emak Blogger (KEB).

Alfatrex Layanan Ekspress Kirim Paket ke Seluruh Indonesia
Pembicara di Acara Peluncuran Alfatrex

Transformasi digital mendorong siapa pun untuk terus bergerak agar tak tertinggal. Bagaimana dengan kamu? Mengambil peluang sekecil apa pun akan membawamu pada peluang-peluang besar yang patut direalisasikan, salah satunya terjun dalam bisnis e-commerce yang sudah diramalkan akan semakin berkembang di tahun ini. Untuk mendukung bisnis onlinemu, gunakan pula Alfatrex layanan ekspress kirim paket ke seluruh Indonesia sehingga konsumenmu puas karena barang yang mereka beli bisa dengan cepat, akurat dan efisien tiba di tangan mereka.

774 total views, 1 views today

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here